Kuliner

10 Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal Enak Dan Murah

Oleh oleh khas Solo tentu menjadi sesuatu yang dicari oleh wisatawan yang tengah berkunjung. Beberapa oleh – oleh berikut ini dapat menjadi pilihan karena terkenal enak dan juga murah.

Makanan Tradisional Oleh Oleh Khas Solo

Intip

Intip merupakan makanan ringan yang terbuat dari kerak nasi yang digoreng. Makanan ringan intip yang masih orisinil benar – benar dibuat dari kerak nasi yang terdapat di bagian bawah ketel atau panci khusus untuk menanak nasi. Intip jaman dahulu juga tidak dibumbui dan hanya ditaburi garam setelah digoreng. Kini seiring dengan perkembangan jaman. Intip dibuat secara khusus dengan menggunakan cetakan dan tersedia dalam berbagai rasa karena dibumbui sebelum digoreng. Bahkan beberapa intip kini juga memiliki topping; seperti gula karamel yang dioleskan di atas gorengan intip berbentuk bulat untuk memberikan rasa manis.

Srabi Solo

Srabi atau surabi merupakan makanan khas dari solo yang dibuat dengan cara tradisional. Srabi yang terbuat dari bahan tepung beras yang dicampur santan diolah dengan cara dimasak di atas api yang berasal dari kayu bakar atau arang dengan menggunakan semacam cobek dari tanah liat. Seiring dengan perkembangan teknologi; kini alat memasak srabi terkadang telah digantikan dengan menggunakan api berbahan bakar gas serta menggunakan cetakan dengan bahan logam yang lebih praktis dan juga hemat energi. Selain srabi dengan rasa asli yang gurih; kini juga ada berbagai macam pilihan rasa lain seperti srabi cokelat yang ditaburi meses dan juga rasa buah – buahan.

Rambak Petis

Rambak merupakan semacam kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang sebelumnya telah dikeringkan. Kebanyakan rambak kini dibuat dari bahan kulit sapi mengingat bahan baku berupa kulit kerbau lebih jarang ditemui. Rambak Petis khas Solo memiliki rasa yang gurih dan renyah ketika dimakan. Sesuai dengan namanya; kerupuk rambak khas Solo ini akan semakin nikmat ketika dimakan bersama sambal petis yang terbuat dari bahan udang dengan rasa yang pedas. Penggemar makanan pedas dapat membeli kerupuk rambak ini satu paket bersama dengan sambal petisnya. Sedangkan mereka yang tidak suka makanan pedas tetap dapat menikmati kerupuk rambak yang lezat dengan rasa orisinil tanpa menggunakan sambal petis yang pedas.

Ampyang Oleh Oleh Khas Solo

Ampyang merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari gula Jawa dan kacang tanah. Makanan ringan yang biasanya berbentuk bulat ini sebenarnya lebih mirip permen karena memiliki rasa manis gula Jawa. Ampyang dibuat dengan cara melarutkan gula Jawa dengan kacang tanah yang telah dikupas dan kemudian dicetak dalam bentuk bulat. Perpaduan antara manisnya gula Jawa dengan gurihnya kacang tanah membuat ampyang menjadi makanan yang unik; seperti halnya coklat yang dipadukan dengan kacang mete. Salah satu kelebihan dari ampyang jika dijadikan buah tangan adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa, murah dan juga tahan lama. Meski tidak menggunakan bahan pengawet; ampyang menjadi tahan lama karena berbahan gula Jawa yang merupakan pengawet makanan alami.

Makanan Ringan Oleh Oleh Khas Solo

Roti Kecik Ganep

Roti kecik merupakan salah satu oleh oleh khas Solo yang terbilang unik. Roti kecik merupakan semacam kue kering yang terbuat dari bahan tepung ketan. Roti Kecik Ganep memiliki rasa yang unik dan sangat cocok jika dimakan sambil menikmati minuman hangat seperti teh ataupun serbat jahe khas Solo. Selain praktis dan mudah dibawa; Roti Kecik Ganep juga memiliki kelebihan lain sebagai oleh – oleh yang khas berupa tahan lama. Roti kecik ini dapat dibeli dengan berbagai kemasan; mulai dari kemasan 45 gram hingga kemasan setengah kilogram yang biasanya dijual dengan rentang harga sekitar 5 ribu hingga 60 ribu Rupiah. Cukup murah untuk makanan unik yang hanya ada di kota Solo.

Abon Mesran

Abon Mesran merupakan abon khas dari kota Solo. Abon ini terbuat dari bahan daging ayam dan daging sapi. Terdapat pilihan Abon Mesran yang terbuat sepenuh dari daging ayam, dari daging sapi ataupun campuran antara keduanya. Abon ayam memiliki tekstur serat yang lebih halus; sedangkan abon sapi memiliki tekstur serat yang lebih kasar dan juga lebih kenyal. Abon dapat dijadikan lauk yang lezat sekaligus praktis dan bergizi tinggi karena terbuat dari bahan yang memiliki kandungan protein tinggi. Abon sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh karena praktis untuk dibawa dan juga awet. Abon Mesran juga memiliki nilai keunikan berupa dikemas dengan cara tradisional dan tidak berubah selama bertahun – tahun.

Srundeng

Srundeng memiliki bentuk yang sangat mirip dengan abon; sama – sama berwarna kecoklatan karena digoreng dan juga berbentuk serpihan kecil yang dapat ditaburkan di atas nasi ketika digunakan sebagai lauk. Perbedaan mendasar srundeng dari abon adalah bahan yang digunakan. Jika abon dibuat dari bahan daging; maka srundeng dibuat dari bahan parutan buah kelapa. Srundeng khas Solo juga dapat menjadi pilihan oleh – oleh unik yang praktis dan pasti juga lebih murah jika dibandingkan dengan abon sapi atau sabon ayam. Srundeng merupakan makanan khas dari Jawa yang dapat dijadikan lauk atau dimakan bersama lauk lain.

Brem

Banyak orang mungkin akan mengasosiasikan brem dengan kota Madiun. Ternyata Solo juga memiliki brem sebagai salah satu makanan unik dan oleh – oleh yang murah meriah. Sama seperti brem dari kota Madiun; brem Solo juga dibuat dari sari tape ketan. Salah satu hal yang membedakan brem Madiun dengan brem Solo ada pada bentuknya. Jika brem Madiun memiliki bentuk kotak; maka brem dari kota Solo memiliki bentuk bulat pipih. Warna brem Solo biasanya juga lebih putih dan memiliki tekstur lebih kering.

Minuman Tradisional OlehOleh Khas Solo

Serbat Jahe

Serbat jahe merupakan jenis minuman yang terbuat dari bahan jahe dan beberapa tempat lain. Serbat lazimnya diminum dalam keadaan panas atau hangat untuk menambah efek rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe dan rempah – rempah. Serbat Jahe khas Solo dapat menjadi pilihan oleh – oleh yang unik dan praktis; sekaligus murah dan juga tahan lama.

Souvenir Unik Oleh Oleh Khas Solo

Kaos Khas Solo

Layaknya kota – kota besar yang lain; salah satu oleh – oleh khas dari kota Solo adalah kaos atau t-shirt yang memiliki desain khas dan unik yang berkaitan dengan kota tersebut. Ada banyak pilihan kaos unik khas Solo yang dapat ditemui di Pasar Gede Solo ataupun di berbagai pusat perbelanjaan. Kaos dengan desain berupa ungkapan khas orang Solo hingga gambar bangunan ikonik kota Solo dapat menjadi pilihan suvenir murah dan mengesankan.

Membeli oleh – oleh tidak selalu harus menguras isi dompet; karena selalu ada alternatif oleh – oleh unik yang tidak mahal. Beberapa makanan dan suvenir unik tadi dapat menjadi referensi bagi siapapun yang berkunjung ke kota Solo dan ingin pulang dengan membawa oleh oleh khas Solo.

Join The Discussion