11 Tempat Wisata di Brunei, Nomer 7 Favourite Wisatawan Mancanegara


Reni  February 27, 2019  0 Comment


Tempat Wisata di Brunei – Negara yang mempunyai ibukota Bandar Seri Begawan ini memiliki 11 tempat wisata menarik di Brunei yang wajib Anda kunjungi. Ya, Brunei Darussalam termasuk negara di Asia Tenggara yang landmark-nya adalah masjid. Jadi, wajar jika Anda menemukan masjid unik dan megah di sana. Berikut lokasi wisata terkenal Brunei.

1. Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah

Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah
photo via Flickr


Masjid ini merupakan masjid paling besar di Brunei. Dibangun guna memperingati pemerintahan Sultan Bolkiah Hassanil yang ke 25 tahun. Uniknya, Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah ini mempunyai 29 kubah yang terbuat dari emas. Masjid ini mendapat julukan masjid Kiarong dari masyarakat lokal. Meskipun fungsi masjid adalah untuk beribadah sholat umat muslim, namun umat non-muslim pun diperbolehkan masuk setiap harinya, kecuali hari kamis.

Review wisata

MAKMU Coffee And Eatery, Tempatnya Nongkrong Seru Ditemani Live Music!

Warung Oemah Kepiting: Sajian Seafood Lezat, Porsi Banyak Harga Minim

2. Royal Regalia Building

Royal Regalia Building
photo via borneobulletin.com.bn


Bangunan ini ialah tempat untuk menyimpan koleksi sultan Brunei seperti mahkota, harta karun, dan kereta kerajaan. Kereta emas yang dipamerkan di Royal Regalia Buiding ini memiliki sejarah tersendiri, karena pernah mengiringi Sultan Brunei saat penobatannya sebagai Raja pada tahun 1967. Selain itu, masih ada koleksi lainnya seperti senjata-senjata milik kerajaan yang mempunyai nilai tambah. Yang paling membuat kagum adalah terdapat review historis tentang kehidupan sultan melalui foto keluarga, tulisan narasi, dan hologram.
Sebenarnya, museum Royal Regalia dulunya bernama Churchill’s Memorial Building. Nama ini diberikan karena Ayah Sultan mengagumi Winston Churchill. Lalu, tanggal 2 Desember 2017 namanya diubah menjadi Royal Regalia Museum. Jika Anda ingin mengunjungi bangunan ini silahkan menuju Jalan Sultan Bandar.

3. Museum Brunei

Museum Brunei
photo via TripZilla


Mirip Royal Regalia Building, objek wisata ini adalah sejenis tempat koleksi barang berharga. Perbedaannya, Museum Brunei dibangun untuk menyimpan barang bersejarah dan benda adat Borneo, seperti belati dan meriam antik. Koleksi lainnya berupa artefak dan benda temuan yang diperoleh dari bangkai kapal yang terletak di lepas pantai Brunei. Luas museum ini sekitar 48 hektar termasuk taman.
National Museum of Brunei ini terletak di Kota Batu dekat Bandar Seri Begawan. Museum ini telah mempublikasikan sebuah jurnal akademik, bernama “Jurnal Museum Brunei” pertama pada tahun 1969. Pembangunan dimulai pada 1968 dan selesai pada 1970. Perayaan pembukaan secara formal / formal opening dilaksanakan tanggal 29 Februari 1972 oleh Ratu Kerajaan Inggris, yaitu Ratu Elizabeth II.

4. Kampong Ayer

 Kampong Ayer
photo via Tripfreakz.com


Kampong Ayer atau biasa disebut Water Village ialah sebuah desa air terbesar, bukan hanya di Asia, tapi juga di dunia. Bahkan kampong ini sering dijuluki Venesia dari Timur. Desa prasejarah ini pernah disinggahi selama satu milenium. Kini, tempat bersejarah ini dihuni oleh 40 ribu warga Brunei yang merupakan 10 % dari total penduduk.
Kampong Ayer tidak seperti desa biasanya, karena dibangun di atas air. Walaupun demikian, kampung ini sudah bertahan hingga 1 millenium. Fasilitasnya sama dengan desa kebanyakan, selain rumah-rumah, di sana juga terdapat sekolah, wifi, layanan darurat, dan sebagainya. Untuk sarana mobilitas, tersedia taksi air untuk berpindah tempat. Water Village ini terletak di daerah Bruney Bay.

5. Billionth Barrel Monument

 Billionth Barrel Monument
photo via Flickr.com


Salah satu dari 11 tempat wisata menarik di Brunei ini didirikan tahun 1991. Kenapa dibangun? Ternyata Billionth Barrel Monument dibangun untuk memperingati produksi 1 miliar tong minyak di Seria. Letak monumen ini ada di dekat Seria Oil Field dimana ladang minyak pertama ditemukan.
Brunei termasuk produsen gas alam cair terbesar ke 4 di dunia. Sedangkan untuk produsen minyak, negara ini merupakan produsen terbesar ke 3 di Asia Tenggara. Setiap 24 jam, Brunei bisa menghasilkan 180 ribu barel minyak.

6. Istana Nurul Iman

 Istana Nurul Iman
photo via Dream.co.id


Istana Nurul Iman merupakan kediaman resmi keluarga Kerajaan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah dan seluruh pegawai pemerintahan. Letaknya di sebelah selatan ibukota Bandar Seri Begawan. Luas istana ini sebesar 200 ribu meter persegi. Selesai didirikan tahun 1984 dengan arsitektur yang dipengaruhi akulturasi budaya Islam dan Melayu. Setiap hari raya Idul Fitri, istana ini mengadakan open house selama tiga hari supaya warga dapat berkunjung.
Nama Nurul Iman berasal dari bahasa Arab yang berarti Cahaya Keyakinan (Palace of the Light of Faith). Istana ini didesain oleh arsitek Filipina Visayan, Leandro V. Locsin. Sedangkan desain interiornya dibuat oleh Khuan Chew, seorang desainer KCA internasional. Istana Nurul Iman adalah kompleks perumahan paling besar di seluruh dunia. Di dalamnya dipenuhi kubah dari emas dan rancangan atap kubah ini perpaduan 2 budaya, yaitu Melayu dan Islam.

7. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien
photo via Shutterstock


Masjid yang terletak di ibukota Brunei ini adalah masjid termegah. Terdapat kubah emas dengan tinggi 52 m dan terdapat menara marmer. Tahun 1958, masjid Sultan Omar Ali Saifuddien selesai didirikan sebagai peringatan kelahiran Sultan Omar Ali Saifuddien 3. Tak tanggung-tanggung, masjid termewah ini memiliki 28 kubah dan dapat bersinar dalam gelap.
Masjid ini menjadi simbol tali silaturahmi umat muslim, situs sejarah, dan sebuah atraksi terkenal di kalangan para turis. Gaya arsitektur menyatukan arsitektur Mughal dan Malay serta didesain oleh Rudolfo Nolli. Materialnya diimpor dari luar negeri; marbel dari Italia, granit dari Shanghai, Kristal Chandeliers dari Inggris, dan karpet dari Saudi Arabia.

8. Safari River (Bekantan)

Safari River
photo via twitter


Bekantan merupakan jenis monyet yang ada di Brunei. Ciri khasnya ialah mempunyai hidung panjang, berwarna coklat kemerahan. Hewan ini termasuk spesies endemik dari timur Borneo dan pulau selatan. Apabila Anda ingin melihat hewan ini, silakan ke hutan bakau yang berada di Brunei Bay.

9. Taman Nasional Ulu Temburong

Taman Nasional Ulu Temburong
photo via liawisata.com


Taman Nasional Ulu Temburong ialah taman nasional pertama Brunei Darussalam. Tahun 1991, taman nasional ini mulai dilindungi. Ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi wisata ini. Sebagai rekomendasi, Anda dapat melihat pemandangan indah berupa hutan hijau dari tempat dengan ketinggian 60 m lebih. Untuk mencapai kesana Anda harus melewati Canopy Walkway.

10. Sumbiling Eco Village

Sumbiling Eco Village
photo via Lonely Planet


Satu lagi lokasi wisata asyik yang tak boleh ketinggalan, yaitu Sumbiling Eco Village. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan keindahan alam berupa hutan hujan, fauna, dan sungai Temburong yang bersih. Objek wisata ini berupa pemukiman sederhana, terletak di dekat Sungai Temburong.

11. Country Club

tempat wisata terdekat
photo via theempirehotel.com


Country Club adalah sejenis resor mewah milik Jack Nicklaus. Terdapat fasilitas olahraga berupa lapangan golf, bulu tangkis, pusat olahraga air, dan tempat bowling. Juga ada fasilitas hiburan / entertainment seperti bioskop; dan tempat perawatan tubuh seperti spa. Terdapat tujuh restoran, tempat untuk menikmati kuliner Brunei. Dan sebuah pemandangan laut yang elok.
Nomor 7 paling oke! Lokasi manakah favorit Anda? Masih ada banyak objek wisata unik lainnya di Brunei Darussalam. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi ke 11 tempat wisata menarik di Brunei?



Leave a Reply