Melanie
Melanie | Sightseeing
Lampung Barat, Lampung, Indonesia | lake
3.68 K1

Berpetualang ke Danau Suoh, Wisata 3 Danau yang Unik Juga Cantik

danau suoh lampung

danau yang cantik ini memang sangat berkesan!
What to Do

Setibanya kami di Danau Suoh, kami langsung disambut dengan hamparan savana ilalang yang indah sekali. Luasnya mungkin puluhan hektar dan sejauh mata memandang hanya terdapat padang ilalang hijau yang memanjakan mata. Sedikit cerita tentang asal usul Danau Suoh ini guys, konon danau disini terbentuk atas letusan gunung berapi saat jaman purbakala. Letusan dahsyat itu kemudian meninggalkan cekungan di daerah yang kini bernama Suoh ini. 

danau suoh lampung

Suoh memang dikenal sebagai negeri yang hidup diatas sumber panas bumi atau geothermal. Pada keadaan tertentu saat tertidur lelap, bisa merasakan gemuruh dibawah bumi. Suoh memang berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut dengan bentuk permukaannya yang disebut Daerah Kantong atau Enclave di tengah-tengah pegunungan bukit barisan.

Video by Pasukan Hitam

Nah, ketiga danau yang terdapat di Suoh ini memang cukup unik guys, ngga heran kalo cukup fenomenal. Ketiga danau ini letaknya cukup berdekatan dan hanya dipisahkan oleh savana ilalang saja.

Danau pertama yang kami lihat waktu itu adalah Danau Lebar atau Danau Belibis. Danau ini diberi nama Danau Lebar karena luasnya paling lebar diantara kedua danau lainnya, yaitu sekitar 65 hektar. Danau ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk serta memiliki air jernih. Kalau dilihat dari kejauhan warna air danau ini berwarna biru pekat. Danau ini punya keunikan yaitu adanya sebuah pulau yang ada ditengah danau yang disebut sebagai Pulau Lebar. Untuk menjangkau pulau ini, kalian bisa lewat perkebunan kakao milik warga dengan jalan kaki.

danau suoh lampung

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan melewati hutan dan sungai kecil. Sepanjang jalan ini kami mencium bau sulfur yang menyengat yang berasal dari semburan gas alam yang kami jumpai di kanan kiri jalan setapak yang kami lalui. Sekitar 20 menit perjalanan, kami tiba di tempat yang menjadi Pasir Kuning.

danau suoh lampung

Hamparan Pasir Kuning ini cukup luas dan sekilas mirip dengan pasir pantai, disana juga terdapat gundukan pasir yang menyerupai anak gunung dengan bagian tengahnya keluar asap putih. Pasir Kuning ini berada di tepian Danau Asam yang memiliki luas 85 hektar. 

danau suoh lampung

Dan yang terakhir adalah Danau Minyak. Danau Minyak memiliki luas sekitar 15 hektar dan kerap disebut sebagai danau tiga warna oleh masyarakat sekitar karena warna airnya seringkali berubah. Diberi nama Danau Minyak karena ada minyak di permukaan airnya. Danau ini cukup unik dan bisa jadi spot foto yang menarik. Didekat danau ini juga terdapat dataran tinggi yang bisa kalian daki untuk memandang keseluruhan kawasan Danau Suoh. Indah sekali!

danau suoh lampung

Kalau kalian ada rencana untuk jalan-jalan ke Lampung, tidak ada salahnya untuk sekalian berkunjung ke Suoh dan jelajahi ketiga danau fenomenal ini. Selamat jalan-jalan.

danau suoh lampung


How to Get There

Main ke danau lagi yuk. Saya memang tipikal orang suka sekali berwisata ke danau, entah kenapa rasanya lebih sejuk dan tenang aja kalo ada di danau itu. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengulas tentang perjalanan saya menuju Danau Ranau, kali ini saya ingin mengulas tentang perjalanan saya menuju salah satu yang ngga kalah fenomenal di Lampung, yaitu Danau Suoh. Kenapa fenomenal? Pasalnya di kawasan ini kalian akan menemukan 3 danau sekaligus, yaitu Danau Minyak, Danau Lebar (Danau Belibis) dan Danau Asam. Wah, lumayan ya jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Ahahaha..

Dari Bandar Lampung, saya pergi bersama sahabat-sahabat saya dengan mobil dan langsung menuju Lampung Barat. Butuh waktu sekitar 7 jam perjalanan untuk tiba di Danau Suoh ini. Perjalanan ini melewati kota Bandar Jaya, kota Bumi hingga tiba di bukit kemuning lalu ambil ke jalur Liwa. Dilanjutkan menuju Sumberjaya, Pajar Bulan Way Tenong, Sekicau hingga tiba di Batubrak. Ikuti terus jalan utama ini hingga tiba di Suoh.

Tips and Trick danau suoh lampung

  • Sebenernya ada beberapa transportasi umum yang bisa digunakan, tapi saya sarankan untuk membawa kendaraan pribadi aja.
  • Ajak teman-teman dan keluarga, soalnya kalo pergi sendirian kurang seru.
  • Bawa bekal yang cukup.
  • Pakai sepatu yang nyaman.
  • Bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data