6 Wisata Anak di Banyuwangi, Cocok Didatangi Saat Liburan


Fida  January 25, 2023  0 Comment

Banyuwangi merupakan sebutan bagi salah satu kawasan di Jawa Timur. Selain dikenal memiliki lokasi yang perbatasan langsung dengan laut, banyuwangi juga menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata yang menarik untuk didatangi. Jika berencana untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak-anak, tidak ada salahnya jika kamu datang ke salah satu tempat wisata anak di Banyuwangi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 6 rekomendasi wisata anak di Banyuwangi yang bisa kamu datangi. 

1. Mangrove Bedul Ecotourism

mangrove bedul ecotourism
banyuwangibagus.com

Saat ingin mengajak anak anak dan keluarga berlibur, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Mangrove Bedul Ecotourism. Tempat wisata yang satu ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata anak di Banyuwangi yang menarik untuk didatangi. Selain sebagai sarana rekreasi, Mangrove Bedul Ecotourism juga banyak dikunjungi sebagai sarana edukasi. 

Sesuai dengan sebutannya, tempat yang satu ini merupakan area konservasi mangrove. Pengunjung dapat menyusuri hutan mangrove sekaligus mengetahui banyak hal baru. Selain itu, Mangrove Bedul Ecotourism juga menawarkan banyaknya pilihan spot menarik dan instagramable sehingga kamu dapat mengabadikan momen bersama keluarga.

Jika ingin mengunjungi Mangrove Bedul Ecotourism, kamu dapat langsung menuju ke Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Suasana sejuk dan segar akan memanjakan pengunjung selama berada di wisata yang satu ini. Kamu dapat datang dan menghabiskan waktu berlibur di Mangrove Bedul Ecotourism bersama keluarga maupun anak anak. 

2. Umbul Bening

umbul bening
sikidang.com

Wisata anak di Banyuwangi berikutnya yang tidak kalah menarik untuk didatangi adalah Umbul Bening. Destinasi wisata yang satu ini tidak hanya dikenal menyuguhkan kolam renang, tetapi juga berbagai permainan air. Lokasinya yang berdampingan langsung dengan alam menjadikan pengunjung dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar saat berada di Umbul Bening. 

Selain kolam khusus anak, Umbul Bening juga menyediakan kolam renang khusus dewasa. Untuk masuk dan menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 30.000,- per orang. Dengen begitu, pengunjung sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan mulai dari adanya permainan, gazebo atau tempat beristirahat, hingga banyaknya spot foto menarik dan instagramable. 

Tempatnya yang luas serta pemandangannya yang indah menjadikan destinasi wisata ini sayang untuk kamu lewatkan. Umbul Bening dapat kamu datangi di kawasan Sumbergondo, Kecamaran Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. 

3. Wisata Pancoran

wisata pancoran
renangloka.com

Wisata Pancoran juga menjadi salah satu destinasi wisata anak di Banyuwangi yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Wisata yang satu ini menawarkan banyaknya pilihan permainan mulai dari adanya kolam renang anak hingga berbagai permainan seru lainnya. Adanya kolam arus atau kolam ombak menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Untuk masuk dan menyusuri kawasan Wisata Pancoran, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000,-. Kamu tidak perlu khawatir karena wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat parkir yang luas, adanya gazebo atau tempat beristirahat, hingga banyaknya tempat makan. 

Selain dikenal dengan kolam renangnya, Wisata Pancoran juga menyajikan adanya kebun binatang mini. Oleh karena itu, tidak heran jika wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama anak anak. Selain menjadi sarana rekreasi, Wisata Pancoran juga menjadi sarana edukasi. Anak anak dapat mengetahui dan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan. 

Jika penasaran dan ingin mengunjungi indahnya Wisata Pancoran, kamu dapat datang ke kawasan Pancoran, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Wisata Pancoran buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore setiap harinya. 

4. Pemandian Tamansuruh

pemandian tamansuruh
erawisata.com

Rekomendasi wisata anak di Banyuwangi yang tidak boleh kamu lewatkan berikutnya adalah Pemandian Tamansuruh. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Jalan Perkebunan Kalibendo, Taman Suruh, Kabupaten Banyuwangi. Sesuai dengan sebutannya, pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan adanya kolam atau pemandian yang luas. Tidak hanya, itu pengunjung juga dapat menghirup udara segar karena wisata ini juga merupakan wisata alam dengan luasnya hamparan rumput dan banyaknya pepohonan.

Baca Juga :

7 Daftar Tempat Wisata Keluarga di Banyuwangi

Meskipun memiliki area yang terbilang luas dengan fasilitas lengkap, tetapi Pemandian Tamansuruh tetap menawarkan biaya tiket masuk yang terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 15.000,- per orang. Di antara banyaknya kolam renang, kamu juga dapat memilih private pool jika ingin merasakan suasana yang lebih privat. Kamu dapat menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak-anak di pemandian yang satu ini. 

Pemandian Tamansuruh juga tidak jarang dipilih sebagai tempat diadakannya gathering maupun rapat. Terdapat beberapa fasilitas seperti adanya gazebo, aula, hingga beberapa tempat makan. Lengkap sekali bukan?

5. Taman Blambangan

taman blambangan
kompasiana.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan wisata anak di Banyuwangi yang dapat dikunjungi, kamu dapat langsung menuju ke Taman Blambangan. Taman yang satu ini terletak di Jalan Diponegoro Nomor 2, Kepatihan, Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya yang sangat strategis dan tidak jauh dari alun-alun menjadikan taman ini sayang untuk tidak kamu datangi. 

Taman Blambangan menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak-anak. Bagaimana tidak, pengunjung dapat bersantai sekaligus merasakan udara yang sejuk dan segar serta pemandangan indah. Saat pagi hari, kamu dapat mengunjungi taman ini sembari berolahraga seperti jogging maupun bermain basket. 

Baca Juga :

Nikmatnya Sarapan di Tamansari Resto, Pemandangannya Bikin Betah

Taman Blambangan juga menawarkan banyaknya pilihan permainan yang dikhususkan bagi anak-anak. Pengunjung juga dapat menjumpai banyaknya kuliner serta jajanan yang dapat dicoba di sekitar taman. Untuk masuk dan menyusuri Taman Blambangan, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Asik sekali bukan?

6. Alun-alun Banyuwangi

alun alun banyuwangi
surabaya.kompas.com

Satu lagi rekomendasi tempat wisata anak di Banyuwangi yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Alun-alun Banyuwangi. Tempat yang satu ini juga biasa dikenal dengan sebutan Taman Sri Tanjung. Tempat wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Banyuwangi, kamu tidak perlu khawatir karena wisata yang satu ini memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah didatangi. 

Baca Juga :

Kokoon Hotel, Hotel Estetik Dengan Budaya Banyuwangi yang Kental

Pengunjung yang datang dapat menyusuri kawasan wisata Alun-alun Banyuwangi kembali menikmati area hijau yang lebat. Suasana sejuk dan alami tentu dapat dirasakan oleh pengunjung saat datang ke Alun-alun Banyuwangi. Selain melewati jalan setapak, kamu juga dapat bersantai di tempat yang telah disediakan, hingga berfoto dengan berbagai spot instagramable. Alun-alun Banyuwangi menjadi rekomendasi wisata ekonomis yang dapat kamu datangi bersama keluarga dan anak-anak.

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi wisata anak di Banyuwangi yang populer dan bisa kamu datangi. Jika berkesempatan datang dan menghabiskan waktu berlibur di Banyuwangi, tempat wisata manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply