Indahnya 10 Wisata di Baubau, Bikin Betah!


Fida  January 2, 2023  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Saat berada di Baubau, terdapat banyak pilihan destinasi wisata yang bisa kamu datangi mulai dari tempat wisata alam, tempat wisata religi, hingga tempat wisata bersejarah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Baubau yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Pantai Lakeba

pantai lakeba
celebes.co

Pantai Lakeba menjadi salah satu destinasi wisata di Baubau yang sayang untuk kamu lewatkan. Pantai yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah serta suasana yang masih sangat alami. Di Pantai Lakeba, pengunjung dapat merasakan suasana sejuk dan tenang. 

Hamparan pasir putih yang luas serta perairan yang jernih tentu sangat memanjakan mata. Pengunjung juga dapat mencoba berbagai kegiatan seru selama berada di pantai ini seperti banana boat, jet sky, hingga bersantai dan menikmati live music di pinggir pantai. Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung dapat datang langsung ke kawasan Katobengke, Kecamatan Betoambari, Kabupaten Baubau.

Romansa Hutan Pinus Samparona Baubau

JI Gelato: Restoran Gelato Pertama Di Tanah Buton

2. Pantai Nirwana

pantai nirwana
travelingmedan.com

Selain Pantai Lakeba, Pantai Nirwana juga menjadi salah satu destinasi wisata di Bau-bau berupa pantai dengan pemandangan indah. Pantai yang satu ini dikenal dengan hamparan pasir putihnya yang luas serta perairannya yang jernih dan bersih. Pengunjung yang datang dapat melihat langsung perpaduan 3 warna air yakni putih, biru kehijauan, serta biru muda. 

Baca juga :  20 Wisata di Berlin Mulai Istana Megah Hingga Wisata Alam Indah

Karena dikenal memiliki ombak yang tenang, maka tidak heran jika pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas dengan aman seperti berenang hingga diving. Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai di gazebo atau tempat beristirahat yang telah disediakan. Bagi pecinta foto, pantai ini menawarkan banyak spot menarik dan instagramable yang sayang untuk dilewatkan. Berkesempatan datang ke kawasan Bau-bau, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mengunjungi Pantai Nirwana di daerah Sula, Kecamatan Batoambari. 

3. Cagar Alam Wakonti

cagar alam wakonti
wisato.id

Bagi pecinta alam, mengunjungi indahnya Cagar Alam Wakonti sebagai salah satu tempat wisata di Baubau tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini merupakan objek hutan lindung yang menyimpan banyaknya flora serta fauna yang dilindungi. 

Di Cagar Alam Wakonti, pengunjung dapat merasakan suasana yang masih sangat alami. Beberapa hewan yang dapat dijumpai di kawasan wisata ini diantaranya kuskus, kera kakatua, kupu-kupu, berbagai jenis burung, dan masih banyak lagi. Untuk mengunjunginya, kamu dapat datang ke kawasan Kadolokatapi, Kecamatan Wolio, Kabupaten Baubau. 

4. Pemandian Alam Bungi

pemandian alam bangi
dimensiindonesia.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu tempat wisata di Baubau, kamu dapat mengunjungi indahnya Pemandian Alam Bungi. Tempat wisata yang satu ini dikenal menawarkan suasana yang masih sangat alami dengan perairan yang jernih dan bersih.

Pengunjung yang datang dapat melakukan berbagai aktivitas di Pemandian Alam Bungi. Suasana sejuk dan alami yang ditawarkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Baubau untuk tiba di Pemandian Alam Bungi. 

5. Air Terjun Samparona

air terjun samparona
travel.detik.com

Air Terjun Samparona juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Baubau dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Air terjun yang satu ini kerap menjadi tujuan wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Selain menyuguhkan aliran air yang deras dan jernih, adanya tebing dan pepohonan di sekitar air terjun juga menambah keindahan serta kealamian Air Terjun Samparona.

Baca juga :  8 Wisata di Pangkep dan Sekitarnya, Menakjubkan!

Pengunjung tidak hanya dapat bersantai dan menikmati indahnya pemandangan, tetapi dapat mencoba untuk bermain air hingga berenang. Bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun melepas penat, Air Terjun Samparona dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi.

6. Benteng Keraton Buton

benteng keraton buton
travel.kompas.com

Tidak hanya wisata alam, kamu juga dapat kunjungi tempat wisata di Bau-bau bertema sejarah. Salah satu tempat wisata bersejarah yang populer dan bisa kamu kunjungi adalah Benteng Keraton Buton. Destinasi wisata yang satu ini dikenal memiliki arsitektur yang unik sehingga tidak heran jika mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya.

Di Benteng Keraton Buton, pengunjung dapat melihat langsung adanya benteng yang terbuat dari batu kapur dengan bentuk lingkaran yang memiliki panjang keliling mencapai 2740 meter. Benteng yang satu ini juga telah mendapat penghargaan dari MURI sebagai benteng terluas. Menarik sekali bukan? Lokasinya yang berada di atas bukit juga menjadikan pengunjung dapat menikmati tempat wisata bersejarah sekaligus tempat wisata alam di benteng yang satu ini. 

7. Masjid Quba

masjid quba
telisik.id

Tidak hanya tempat wisata alam dan tempat wisata bersejarah, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata religi saat berada di Baubau. Masjid Quba menjadi salah satu masjid yang populer banyak didatangi oleh wisatawan. Masjid yang telah berdiri sejak tahun 1826 ini memiliki arsitektur yang unik dan cukup berbeda dengan masjid pada umumnya.

Pengunjung tidak hanya dapat beribadah, tetapi juga akan dimanjakan dengan arsitektur yang unik dan khas dari Masjid Quba. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke Jalan Baadia, Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kabupaten Baubau.

8. Air Terjun Lagawuna

air terjun lagawuna
allindonesiatourism.com

Tidak kalah indah dengan wisata di Baubau lainnya, Air Terjun Lagawuna juga menjadi salah satu yang wajib kamu datangi. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan indahnya panorama air terjun yang dapat kamu kunjungi di kawasan Karya Baru, Kecamatan Sorawolio, Kabupaten Baubau. 

Baca juga :  Suka Touring? 10 Destinasi Mengasyikan Untuk Touring di Indonesia

Pengunjung yang datang dapat merasakan suasana yang tenang saat berada di sekitar air terjun. Tak hanya itu, destinasi wisata yang satu ini juga cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun melepas penat. Saat berkunjung ke Baubau, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir dan menghabiskan waktu berlibur di air terjun yang satu ini. 

9. Gua Kaisabu

gua kaisabu
celebes.co

Terdapat cukup banyak pilihan destinasi wisata di Baubau yang menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Gua Kaisabu. Gua yang satu ini berhasil menarik perhatian wisatawan yang datang ke Baubau untuk mengunjunginya. Untuk tiba di bagian mulut gua, pengunjung harus memanjat tebing dengan medan yang cukup terjal. Meskipun terbilang cukup melelahkan, tetapi rasa lelah akan hilang saat tiba di mulut gua. 

Pemandangan yang masih sangat alami dapat kamu nikmati dengan berkunjung ke Gua Kaisabu. Gua yang satu ini berlokasi di kawasan Kaisabu, Kecamatan Sorawolio, Kabupaten Baubau.

10. Bukit Kalampa

bukit kalampa
celebes.co

Selain pantai, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Baubau berupa bukit. Bukit Kalampa menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Kamu dapat mengunjungi bukit ini di kawasan Lipu, Kecamatan Betoambari, Kabupaten Baubau. 

Bagi pecinta foto, tempat ini tentu sangat cocok untuk kamu datangi. Bagaimana tidak, terdapat banyak spot menarik dan instagramable di kawasan Bukit Kalampa. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. 



Leave a Reply