6 Makanan Khas Binjai Kelezatannya Asli Bikin Ngiler!


Fida  November 16, 2021  0 Comment

Binjai merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu ini kerap didatangi wisatawan karena tidak hanya menawarkan tempat wisata indah tetapi juga berbagai kuliner lezat. Kamu akan dimanjakan sebagai makanan khas Binjai yang unik dan menggugah selera. Berbagai rempah yang digunakan tentu menghasilkan cita rasa khas serta keunikan tersendiri.Tidak perlu bingung, berikut daftar 6 rekomendasi makanan khas Binjai yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Mie Sop Ayam Baruna

mie sop baruna
foursquare.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Binjai yang populer dan menarik untuk kamu coba adalah Mie Sop Ayam Baruna. Mie yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa lezat dan khas. Kamu akan dimanjakan dengan sensasi kuah yang segar saat mencobanya.

Mie Sop Ayam Baruna juga dibuat dengan berbagai tambahan rempah yang unik dan tidak dapat dijumpai di daerah lainnya. Satu porsi menu yang satu ini berisi daging ayam suwir, bihun, mie kuning, dan tambahan kuah yang sangat lezat. Kamu akan dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini saat berkunjung ke daerah Binjai. Mie Sop Ayam Baruna biasa dijual dengan harga sekitar Rp 8.000,- per porsi. Cukup terjangkau bukan?

Bagi kamu pecinta makanan pedas, tidak ada salahnya untuk menambahkan sambal pada satu porsi Mie Sop Ayam Baruna yang telah kamu pesan. Setelah mencoba makanan khas Binjai yang satu ini, kelezatan yang ditawarkan akan membuat siapapun ketagihan.

Gotravelly

Rumah Blepots ! Serius Blepots Nya, Serius Kenyangnya, Serius Puasnya

Kefi Coffee & Eatery, Tawarkan Pengalaman Ngopi Penuh Kehangatan

2. Tau Kua Heci

tau kua heci
makanmana.net

Rekomendasi makanan khas Binjai selanjutnya adalah Tau Kua Heci. Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing di kalangan warga lokal Binjai maupun beberapa wisatawan yang datang ke Binjai. Jika dilihat dari namanya, makanan yang satu ini memang memiliki sebutan yang unik. Benar saja, Tau Kua Heci merupakan makanan peranakan khas Tionghoa yang telah dimodifikasi sehingga menghasilkan cita rasa yang pas dan cocok dengan lidah masyarakat Binjai.

Makanan yang satu ini memiliki berbagai isian yakni tahu, berbagai sayur, serta lauk yang memiliki bahan dasar udang. Tidak hanya itu, makanan ini juga disajikan dengan kuah yang lezat dan segar. Kuah yang digunakan memiliki cita rasa perpaduan saus tomat dan berbagai bumbu lainnya.

Makanan khas Binjai yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 18.000,- hingga Rp 30.000,- per porsi. Kamu dapat menjumpai makanan yang satu ini di beberapa warung pinggir jalan di daerah Kota Binjai. Menikmati tau kua heci dalam keadaan hangat tentu menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mencoba lezatnya salah satu makanan khas Binjai.

3. Ifumie Binjai

ifumie binjai
selerasa.com

Makanan khas Binjai yang menarik untuk kamu coba selanjutnya adalah ifumie Binjai. Makanan yang satu ini memang memiliki tampilan yang sedikit mirip dengan cap cay. Proses memasaknya memang hampir mirip dengan cap cay, tetapi untuk isiannya ifumie memiliki tambahan isian berupa mie kuning. Mie kuning yang terlebih dahulu telah digoreng kemudian disiram dengan menggunakan tumisan sayur.

Untuk menikmati lezatnya menu makanan khas Binjai yang satu ini, kamu perlu membayar sekitar Rp 20.000,- saja per porsi. Tidak hanya lezat dan khas, makanan yang satu ini juga dikenal sangat mengenyangkan. Ifumie juga memiliki beberapa isian tambahan yang menghasilkan cita rasa semakin lezat seperti udang dan juga jamur. Saat ingin mencoba lezatnya salah satu makanan khas Binjai, tidak ada salahnya untuk mencoba ifumie Binjai.

4. Tahu Balek

tahu balek
pariwisatasumut.net

Tidak hanya makanan berat, kamu juga dapat menjumpai berbagai camilan saat berburu makanan khas Binjai. Salah satu camilan yang populer dan banyak disukai oleh masyarakat Binjai maupun wisatawan adalah tahu balek. Tidak sedikit wisatawan yang berburu jajanan ini bahkan beberapa diantaranya memilih untuk membawa tahu balek sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Makanan yang satu ini dibuat dengan cara membalik tahu sebelum digoreng. Tahu balek menjadi lezat dan menarik karena diisi dengan adonan bakso ayam. Setelah digoreng hingga kering dan matang, kamu dapat mencoba lezatnya camilan yang satu ini dengan menambahkan bumbu sebelum dinikmati. Sambal TB menjadi ciri khas sambal dari tahu balek. Untuk mencoba lezatnya makanan yang satu ini, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 25.000,- per porsi. Cita rasa yang renyah di luar dan lembut di dalam menjadikan makanan ini disukai oleh semua kalangan. Kamu dapat memilih camilan ini sebagai teman untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Saat berkunjung ke daerah Binjai, tidak ada salahnya untuk menikmati lezatnya makanan yang satu ini.

5. Rambutan Binjai

rambutan binjai
tokopedia.com

Rambutan Binjai menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Binjai yang populer dan mudah kamu jumpai. Jika dilihat sekilas, rambutan Binjai memang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan rambutan pada umumnya. Daging rambutan Binjai dikenal memiliki cita rasa yang manis serta daging yang kenyal dan mudah lepas dari bijinya. Karena dikenal sebagai kota yang memiliki kekayaan alam berupa pohon rambutan, maka Kota Binjai dijuluki dengan kota rambutan.

Saat berkunjung ke daerah Binjai, tidak ada salahnya untuk berburu rambutan Binjai untuk dinikmati langsung maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk 1 kg rambutan Binjai dihargai sekitar Rp 19.000,-. Meskipun rambutan yang satu ini juga mudah dijumpai di berbagai daerah lain, tetapi sensasi yang ditawarkan tentu akan berbeda jika Anda membeli langsung dari daerah asalnya.

6. Es Campur Kalimantan

Makanan Khas Binjai
medan.tribunnews.com

Tidak hanya berburu berbagai makanan berat khas Binjai maupun camilan, kamu juga dapat mencoba lezatnya es campur Kalimantan. Es campur Kalimantan menjadi salah satu makanan khas Binjai yang legendaris dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Satu porsi es yang satu ini berisi tape ubi, cendol, lengkong, dan juga kacang merah. Adanya tambahan es serut serta gula merah untuk menjadikan kuliner yang satu ini sangat menggugah selera.

Kamu dapat mencoba lezatnya es campur Kalimantan dengan hanya menyiapkan biaya sekitar Rp 10.000,- per porsi. Es campur Kalimantan juga dapat dinikmati di salah satu warung legendaris yang terletak di Binjai yang telah berdiri lebih dari 50 tahun. Tertarik untuk mencoba lezat dan segarnya es campur Kalimantan saat berkunjung ke Binjai.

Nah itulah daftar 6 makanan khas Binjai yang sangat menarik untuk dicoba. Makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba saat berkunjung ke daerah Binjai Sumatera Utara?



Leave a Reply