10 Oleh-oleh Khas Asahan Yang sangat Berkesan!


Fida  November 11, 2021  0 Comment

Berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Puas mengelilingi tempat wisata dan mencoba berbagai kuliner lezat, tidak ada salahnya jika kamu pulang dengan membawa oleh-oleh setelah berlibur.Asahan merupakan salah satu daerah yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata, daerah yang satu ini juga dikenal memiliki berbagai oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan. Berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Asahan yang menarik untuk kamu coba.

1. Anyang Pakis

anyang pakis
merdeka.com

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Asahan yang cocok untuk kamu bawa pulang adalah Anyang Pakis. Anyang Pakis merupakan salah satu makanan yang dibuat dari Pakis yakni tumbuhan paku dan dicampur berbagai bumbu sehingga menghasilkan cita rasa lezat. Bumbu yang digunakan diantaranya bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, serai, daun jeruk, serta diberi tambahan rebusan daun pepaya, tauge, dan juga kacang panjang.

Tidak hanya disukai oleh warga lokal saja, makanan yang satu ini juga kerap diburu oleh wisatawan untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Makanan ini tentu sangat cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi. Saat berkunjung ke Asahan, tidak ada salahnya untuk berburu dan mencoba lezatnya Anyang Pakis.

Gotravelly

Kefi Coffee & Eatery, Tawarkan Pengalaman Ngopi Penuh Kehangatan

Kakkoii Japanese BBQ & Shabu-Shabu, Tawarkan 120++ Item Yang Siap Bikin Kamu Kalap!

2. Bika Ambon

bika ambon
lifestyle.okezone.com

Bika ambon menjadi pilihan tepat bagi kamu yang sedang mencari oleh-oleh khas Asahan. Meskipun terdengar seperti berasal dari Kota Ambon, tetapi sebenarnya tidak. Makanan yang satu ini tentu sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Asahan. Kemasan yang praktis dan menarik juga membuat siapapun tertarik untuk mencobanya.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti tepung terigu, gula, telur, tepung tapioka, garam, dan ragi untuk fermentasi. Tidak hanya dimanjakan dengan cita rasa lezat, kamu juga dapat mencium aroma yang khas dari makanan yang satu ini. Bika ambon sangat cocok dinikmati bersama dengan satu cangkir teh atau kopi.

3. Batik Suluk

batik suluk
andalastourism.com

Tidak hanya lezatnya makanan, kamu juga dapat membeli batik suluk sebagai oleh-oleh khas Asahan. Penamaan batik ini berasal dari tempat pembuatannya yakni di Jalan Suluk. Hasil kombinasi batik cap dan batik tulis murni menghasilkan motif yang indah.

Berbagai motif yang dibuat menggambarkan kearifan lokal dan cerita sejarah dari daerah Asahan. Kamu dapat membeli batik ini dalam bentuk lembaran kain maupun siap pakai seperti pakaian. Harga yang ditawarkan untuk setiap lembar atau pakaian juga sangat beragam.

4. Kerajinan Batok Kelapa

kerajinan batok kelapa
bp-guide.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Asahan yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah kerajinan batok kelapa. Kerajinan batok kelapa menjadi karya yang populer di daerah Asahan. Sesuai dengan namanya, kerajinan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama batok kelapa.

Batok kelapa yang dihias hingga memiliki bentuk indah tentu sangat menarik perhatian wisatawan. Kamu dapat membeli kerajinan yang satu ini sebagai hiasan di rumah atau untuk diberikan kepada kerabat. Kerajinan yang satu ini dibuat sendiri oleh masyarakat setempat yang sebelumnya telah diberikan pelatihan oleh pemerintah Kabupaten Asahan. Dengan membeli kerajinan batok kelapa, kamu juga turut membantu perekonomian masyarakat setempat.

5. Sayur Gurih Tauco

sayur gurih tauco
food.detik.com

Salah satu dari banyaknya oleh-oleh khas Asahan yang menarik untuk dicoba adalah sayur gurih tauco. Selain menjadi makanan favorit warga lokal, sayur gurih tauco juga membuat banyak wisatawan penasaran bahkan memilihnya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sayur gurih tauco memiliki isian daging sapi, udang, berbagai sayuran seperti buncis dan nangka muda. Adanya potongan tempe berbentuk dadu juga menjadi ciri khas yang tidak boleh dilewatkan. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan sensasi kuah kental yang lezat. Kuah dengan kenikmatan luar biasa dibuat dengan berbagai bahan seperti santan, tauco, cabai, garam, merica, lengkuas, gula, dan juga jahe. Saat berkunjung ke daerah Asahan, makanan yang satu ini tentu akan dengan mudah kamu jumpai.

6. Kue Putu Bambu

kue putu bambu
idntimes.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Asahan berikutnya adalah kue putu bambu. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini bukan? Kue putu bambu dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras dan diisi dengan gula merah. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan aroma pandan yang khas.

Kue putu bambu dikenal memiliki tekstur yang sangat lembut dan legit saat dicoba. Kamu juga akan merasakan sensasi gula merah yang lumer dan manis di mulut. Makanan ini tentu sangat cocok dipilih bagi kamu pecinta olahan makanan manis. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, beberapa wisatawan juga berburu kue putu bambu sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Asahan.

7. Ikan Bakar Asahan

ikan bakar asahan
andalastourism.com

Salah satu makanan yang juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh khas Asahan adalah ikan bakar Asahan. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang khas yakni perpaduan antara pedas dan manis. Berbagai bumbu yang digunakan untuk membuat ikan bakar Asahan adalah cabe rawit dan bumbu kecap manis.

Menikmati ikan bakar Asahan tentu sangat cocok jika bersama dengan satu porsi nasi hangat. Tidak hanya diminati oleh warga lokal saja, banyak wisatawan yang tertarik bahkan ketagihan setelah mencoba lezatnya ikan bakar Asahan. Memilih membawa ikan bakar Asahan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang tentu menjadi pilihan yang tepat. Pastikan kamu membawa ikan bakar Asahan di tempat yang bersih dan tertutup.

8. Dali Ni Horbo

dali ni horbo
merdeka.com

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Asahan yang populer dan banyak membuat wisatawan penasaran adalah dali ni horbo. Makanan yang satu ini merupakan olahan susu kerbau yang hingga berbentuk gumpalan. Gumpalan tersebut menyerupai keju dan tidak berbahaya apabila dimakan karena tidak mengandung campuran kimia.

Susu kerbau diambil dari induk kerbau yang baru saja melahirkan anak kerbau yang berumur 1 bulan. Susu yang digunakan sebagai bahan utama dali ni horbo hanya diperah pada saat pagi hari saja. Susu kerbau sendiri hanya dapat diperah satu kali dalam lima bulan. Pada saat proses pengolahan, susu kerbau dicampur dengan air perasan daun pepaya dan air nanas. Penggunaan air pepaya bertujuan untuk menghilangkan amis dari susu kerbau, sedangkan penggunaan air nanas untuk mengentalkan susu kerbau.

9. Sate Kerang

sate kerang
sarihusada.co.id

Oleh-oleh khas Asahan yang menarik untuk kamu coba selanjutnya adalah sate kerang. Pernah mencoba lezatnya makanan yang satu ini? Sate kerang khas Asahan memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan sate kerang pada umumnya, namun cita rasa yang ditawarkan sangatlah unik dan lezat.

Kamu tidak perlu khawatir saat memilih makanan yang satu ini sebagai oleh-oleh karena sate kerang akan dibungkus dengan menggunakan alumunium foil. Kamu juga dapat mencoba berbagai rasa yang ditawarkan seperti original, pedas, dan juga pedas manis.

10. Lemang

Oleh oleh Khas Asahan
food.detik.com

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Asahan yang menarik untuk kamu coba adalah Lemang. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan yang dicampur dengan santan. Lemang kemudian dimasak pada sebilah bambu yang telah diberi alas daun pisang di dalamnya.

Proses memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional tentu menjadi daya tarik tersendiri. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih saat mencobanya.



Leave a Reply