5 Waduk di Malang Dengan Keindahan Alami


Fida  July 2, 2021  0 Comment

Waduk di Malang dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Timur yang menawarkan banyak tempat wisata indah. Wisatawan akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan wisata mulai dari wisata alam, wisata bersejarah, hingga berbagai destinasi menarik lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika Malang dipilih sebagai salah satu kota favorit wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Tidak hanya gunung dan pantai, Malang juga menawarkan beberapa wisata Waduk yang dikenal menawarkan pemandangan indah. Ada cukup banyak pilihan waduk di Malang yang cocok dipilih sebagai tujuan untuk menghabiskan waktu berlibur. Berikut daftar Waduk Terindah di Malang

1. Waduk Selorejo

Waduk Selorejo
tempatwisataindonesia.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan Waduk Selorejo. Waduk yang satu ini termasuk salah satu waduk di Malang yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Anda dapat mengunjungi Waduk Selorejo di Dusun Selorejo, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Meskipun menawarkan pemandangan alam yang sangat menarik, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 15.000,- per orang.

Waduk yang satu ini dikenal dibangun pada masa pendudukan Jepang. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan berlatar Gunung Arjuno, Gunung Kawi, dan Gunung Kelud. Waduk Selorejo menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung diantaranya tempat parkir yang luas serta adanya penginapan dan tempat makan. Di tengah waduk, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya Pulau Jambu. Sesuai dengan namanya, pulau yang satu ini dikenal menawarkan banyak pohon jambu klutuk yang tumbuh subur. Bagi anda pecinta foto, tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi karena menawarkan pemandangan indah serta memiliki banyak spot instagramable. Anda juga dapat melakukan aktivitas camping di camping ground yang telah disediakan. Pengunjung juga dapat mencoba sensasi menaiki perahu mesin maupun perahu dayung di kawasan waduk. Cukup menarik untuk dikunjungi bukan? Saat ingin menghabiskan waktu berlibur, waduk di Malang yang satu ini sayang untuk tidak Anda datangi.

Menapaki Indahnya Coban Rondo, Air Terjun Legendaris Dengan Pemandangan Asri

Kampoeng Heritage Kajoetangan, Wisata Sejarah Seru Di Malang Jawa Timur

2. Waduk Karangkates

Waduk Karangkates
travelloratour.com

Salah satu wisata Waduk di Malang yang sayang untuk dilewatkan adalah Waduk Karangkates. Waduk yang satu ini dibangun pada tahun 1970 an dan digunakan untuk pembangkit tenaga listrik. Tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan diantaranya tempat parkir yang luas, adanya tempat bermain, camping ground, kebun binatang kecil, lapangan tenis, kolam renang, dan masih banyak lagi.

Waduk Karangkates menjadi destinasi menarik yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba bermalam di sekitar waduk yang satu ini. Waduk Karangkates berlokasi di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Anda dapat datang dan menyusuri kawasan waduk yang satu ini dengan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Anda juga dapat memilih aktivitas menarik yakni menaiki perahu atau perahu mesin.

3. Waduk Andeman

Waduk Andeman
dakatour.com

Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata waduk di Malang yang bisa Anda datangi, salah satunya adalah Waduk Andeman. Waduk yang satu ini berlokasi di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Anda dapat datang dan menyusuri kawasan waduk dengan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,-per orang. Cukup terjangkau bukan?

Waduk Andeman menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Pengunjung akan dimanjakan dengan luasnya waduk serta pemandangan di sekelilingnya yang tampak menakjubkan. Bagi Anda pecinta foto, kawasan waduk yang satu ini menawarkan banyak foto instagramable yang menarik untuk dikunjungi. Pengunjung akan merasakan suasana yang sangat tenang dan sejuk saat berada di kawasan Waduk Andeman. Suasana yang masih sangat alami tentu membuat pengunjung betah dan enggan pulang. Waduk Andeman juga kerap disebut dengan Waduk Boon Pring Andeman. Boon Pring memiliki arti hutan bambu dan sesuai dengan namanya, sekitar waduk yang satu ini terdapat area hutan bambu. Pengunjung dapat mencoba sensasi berenang dengan pohon pohon bambu sebagai pagar. Untuk melakukan hal seru tersebut, dikenakan biaya yang sangat terjangkau.

4. Waduk Jurang Toleh

Waduk Jurang Toleh
amazingmalang.id

Beberapa dari Anda tentu sudah mengetahui banyaknya lokasi wisata di Malang. Waduk Jurang Toleh menjadi salah satu destinasi wisata waduk di Malang yang cukup populer dan banyak didatangi wisatawan. Anda dapat mengunjunginya di Dusun Kebon Klopo, Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Dulunya kawasan yang satu ini banyak dikenal sebagai lokasi pemancingan, namun berkat ide karang taruna kawasan ini menjadi destinasi wisata yang ramai didatangi wisatawan dari berbagai daerah.

Waduk Jurang Toleh cocok didatangi bagi Anda yang ingin mengembangkan diri maupun menyegarkan pikiran. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami. Saat berlibur ke kawasan ini, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak fasilitas yang ditawarkan. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya Dermaga Cinta ditengah waduk. Untuk sampai di dermaga atau rumah apung tersebut, pengunjung harus menaiki perahu. Seru sekali bukan? Tidak hanya itu, kawasan waduk dan dermaga juga menawarkan banyak spot instagramable yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam dari ketinggian dengan menaiki gardu pandang yang ada. Di sekitar waduk, pengunjung dapat menikmati taman bunga yang luas lengkap dengan kostum indian yang dapat dipinjam secara gratis. Tertarik untuk mengunjungi indahnya waduk yang satu ini?

5. Waduk Lahor

Waduk  di Malang
ngalam.co

Waduk Lahor menjadi salah satu waduk di Malang yang dikenal menawarkan keindahan alam luar biasa. Waduk yang satu ini memiliki lokasi yang cukup berdekatan dengan waduk Karangkates. Anda dapat mengunjunginya di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Waduk yang satu ini cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki hobi memancing karena Waduk Lahor dikenal menyimpan beragam ikan air tawar. Di kawasan ini juga terdapat keramba yang sengaja dibudidayakan. Saat tidak ingin memancing ikan, Anda dapat mencoba berbagai kuliner dengan bahan utama ikan di warung-warung makan di sekitar waduk. Berbagai menu yang biasa ditawarkan diantaranya lele, wader, tawes, dan lain-lain. Waduk Lahor menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung diantaranya adanya gazebo untuk bersantai dan beristirahat hingga playground untuk anak-anak. Kawasan waduk ini juga menawarkan beberapa permainan seperti speed boat, banana boat, dan juga outbond. Meskipun menawarkan pemandangan indah dan berbagai aktivitas seru yang bisa dicoba, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau untuk menyusuri kawasan waduk yang satu ini.

Nah itulah daftar 5 wisata waduk di Malang dengan keindahan alam luar biasa. Saat berkunjung ke Malang, wisata waduk manakah yang paling ingin Anda datangi?



Leave a Reply