10 Makanan Khas Tiongkok Yang Paling Populer di Indonesia


prita  May 12, 2021  0 Comment

Kelezatan sajian khas Tiongkok memang tak perlu diragukan lagi. Kuliner asal Negeri Tirai Bambu ini memang cukup terkenal di dunia karena Bangsa Tiongkok dikenal sebagai bangsa yang suka merantau, tak heran jika etnis ini selalu ada di setiap Negara dimana makanan khas Tiongkok juga bisa ditemukan di banyak Negara. Hampir semua Negara menyediakan Chinese Food, mulai dari yang otentik maupun fusion.

Indonesia juga menjadi salah satu Negara yang menjadi tempat persinggahan Bangsa Tiongkok, sehingga banyak sekali ditemukan sajian khas Tiongkok disini. Mulai dari tenda pinggir jalan hingga restoran mewah pasti menyediakan sajian khas Tiongkok. Lalu, apa saja Chinese Food paling populer di Indonesia?

1. Kwetiaw

Kwetiaw
nibble.id

Chinese food paling populer di Indonesia yang pertama adalah Kwetiaw. Sajian yang satu ini memang cukup banyak ditemukan di Indonesia karena memang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.

Sekilas Kwetiaw memiliki tampilan seperti bakmi, namun kwetiaw memiliki bentuk yang berbeda dengan kwetiaw. Kwetiaw memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dengan bentuk pipih dan lebar. Bagi pecinta mie, kwetiaw juga menjadi salah satu sajian paling favorit. Kwetiaw juga banyak ditemukan di penjual mie atau rumah makan Chinese Food.

Review kuliner

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Melaka Street Food: Segarnya Mango Smoothie Ice Cream Ini Bikin Lupa Diri

2. Tamie Capcay

Tamie Capcay
masakapaya.com

Tamie Capcay atau yang sering dikenal sebagai I Fu Mie ini juga menjadi salah satu Chinese Food paling populer di Indonesia. Tamie Capcay ini merupakan sajian mie yang digoreng kering kemudian disiram dengan kuah capcay yang kental dan lezat.

Sajian yang satu ini sangat mudah ditemui di restoran Chinese Food atau depot makan yang menyajikan aneka menu mie. Kentalnya kuah capcay panas yang dipadukan dengan tamie menjadikan kuliner ini semakin gurih dan terasa kriuknya.

3. Jiaozi

Jiaozi
cookingwithdog.com

Jika berbicara soal Chinese Food memang tak bisa lepas dari dumpling. Salah satu dumpling yang cukup populer di Indonesia selain Siomay adalah Jiaozi.

Jiaozi merupakan salah satu dumpling yang terbuat dari daging ikan atau udang yang diolah sampai matang kemudian dibungkus menggunakan adonan kanji dan terigu. Jiaozi menjadi salah satu Chinese Food paling populer di Indonesia. Biasanya Jiaozi dinikmati dengan saus sambal agar terasa lebih lezat.

4. Bakpau

Bakpau
cookingwithdog.com

Chinese food paling populer di Indonesia selanjutnya adalah Bakpau. Bakpau merupakan camilan yang cukup populer di Indonesia dan biasa dinikmati oleh semua kalangan.

Secara harfiah, Bakpau adalah daging yang dibungkus. Awalnya, daging yang digunakan pada bakpau ini adalah daging babi, namun seiring berjalannya waktu daging isian bakpau tersebut semakin beragam dan disesuaikan dengan selera. Bahkan sekarang tak hanya daging yang digunakan untuk isian bakpau, ada juga kacang hijau atau kacang merah. Tak hanya itu, sekarang banyak sekali ditemukan penjual bakpau lucu yang tak hanya bentuknya saja yang menggemaskan namun rasanya juga enak.

5. Bakcang

Bakcang
yogyakarta.panduanwisata.id

Bakcang atau yang sering disebut sebagai Bacang adalah salah satu Chinese food paling populer di Indonesia. Sajian yang berbentuk seperti lontong ini jarang dijual bebas karena biasanya hanya disajikan saat ada acara khusus.

Bakcang merupakan sebuah makanan yang dibuat dari beras atau ketan yang kemudian dibungkus dengan daun bambu. Bakcang biasanya diberi isian daging ayam, sapi, babi atau jamur, tergantung selera. Sajian ini memiliki bentuk segitiga dan rasa yang sangat nikmat.

6. Fuyung hai

Fuyung hai
herstory.co.id

Sajian yang satu ini juga pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua. Fuyung Hai merupakan salah satu Chinese food paling populer di Indonesia.

Fuyung Hai adalah sajian yang terbuat dari telur yang dicampur dengan wortel kemudian disiram dengan saus tomat manis sebagai pelengkapnya. Biasanya fuyung hai dinikmati dengan nasi. Makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di rumah makan yang menyajikan Chinese Food.

7. Lumpia

Lumpia
kulinerkota.com

Lumpia memang dikenal sebagai kuliner khas kota Semarang yang sering dibeli untuk oleh-oleh. Namun, Lumpia ternyata juga menjadi salah satu Makanan Khas Tiongkok paling populer di Indonesia, lho.

Lumpia merupakan jajanan yang terbuat dari rebung, daging udang dan ayam yang telah diberi bumbu, kemudian dibalut dengan kulit gandum tipis dan digoreng sampai renyah. Lumpia biasanya dinikmati dengan saus sambal. Lumpia memiliki rasa gurih dan krispi yang pastinya bisa membuat siapapun ketagihan. Jika kamu ke Semarang, kamu bisa menemukan banyak penjual lumpia goreng namun yang paling terkenal adalah Lumpia Gang Lombok.

8. Kung Pao Chicken

Kung Pao Chicken
jessicagavin.com

Makanan Khas Tiongkok populer di Indonesia yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Kung Pao Chicken atau Ayam Kung Pao. Kung Pao Chicken menjadi salah stau menu andalan banyak restoran Chinese Food di Indonesia.

Kung Pao Chicken atau Gong Bao merupakan salah satu menu khas Tiongkok yang berupa potongan daging ayam berbalut bumbu pedas gurih, lengkap dengan potongan cabai merah kering dan kacang mete. Ayam Kung Pao ini memiliki tekstur renyah namun dagingnya tetap terasa lembut dengan rasa pedas manis yang nikmat.

Resep tradisional dari Kung Pao Chicken ini berasal dari Sichuan yang menggunakan potongan ayam, sayuran, cabai merah kering dan lada Sichuan. Ciri khas dari sajian ini adalah adanya kacang mete goreng. Meskipun Kung Pao Chicken bisa ditemukan di hampir seluruh restoran Chinese food di dunia, namun Kung Pao Chicken versi Sichuan memiliki rasa yang lebih gurih dan pedas.

9. Bakmie

Bakmie
makassarkuliner.com

Bakmie atau Mie juga menjadi salah satuMakanan Khas Tiongkok paling populer di Indonesia. Sajian yang satu ini memang menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia selain nasi.

Bakmie cukup banyak ditemukan di Indonesia karena proses pengolahannya cukup mudah, bisa dengan cara direbus atau digoreng. Bakmie biasanya disajikan dengan tambahan topping ayam dan sayuran. Kamu bahkan bisa menemukan berbagai jenis bakmie di Indonesia yang memiliki ciri khas berbeda di setiap daerahnya. Meskipun begitu, bakmie dikenal sebagai makanan yang tak pernah salah karena cocok dinikmati segala kalangan dan harganya cukup terjangkau.

10. Cakwe

Cakwe
inews.id

Makanan Khas Tiongkok populer di Indonesia yang terakhir adalah Cakwe. Cakwe merupakan makanan ringan dengan rasa nikmat yang sangat erat kaitannya dengan sejarah Bangsa Tiongkok. Cakwe konon melambangkan kebencian rakyat Tiongkok pada Perdana Menteri Qin Hui yang telah memfitnah Jendral Yue Fei hingga meninggal.

Cakwe di Indonesia banyak dijual oleh pedagang kaki lima bersamaan dengan Odading. Setiap daerah di Indonesia disajikan dengan cara yang berbeda, kebanyakan kudapan ini disajikan bersamaan dengan saus encer yang rasanya pedas asam. Namun, ada juga yang menyajikan cakwe ini dengan susu kedelai atau menjadikannya campuran dalam bubur ayam.

Demikianlah 10 chinese food paling populer di Indonesia yang wajib untuk kamu coba. Mana nih yang jadi favorit kamu?



Leave a Reply