20 Wisata di Nagasaki Pesonanya Membekas di Hati


prita  November 22, 2021  0 Comment

Berlokasi di Kyushu, Perfektur Nagasaki memang terkenal memiliki keindahan yang mampu menarik banyak wistawan untuk berkunjung. Nagasaki memang terkenal sebagai salah satu tempat bersejarah di Jepang karena pernah terjadi tragedy bom atom yang menghancurkan wilayah ini. Namun, sekarang kamu bisa menemukan banyak sekali destinasi wisata di Nagasaki yang cukup menarik. Mulai dari wisata alam, sejarah, religi hingga budaya pun ada. Penasaran apa saja? Simak selangkapnya disini.

1. Dejima

Dejima
alikgriffin.com

Destinasi wisata di Nagasaki yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Dejima. Selama Periode Edo, Jepang membatasi perdagangannya dengan Negara lain dan Dejima ini merupakan satu-satunya tempat dimana orang asing diizinkan untuk tinggal.

Dejima merupakan sebuah pulau buatan yang dibangun pada tahun 1636, namun sekarang pulau ini telah terhubung ke daerah sekitarnya. Dulunya disini menjadi tempat tinggal pedagang Belanda yang ingin melakukan perdagangan, namun tetap terisolasi disana. Berkunjung ke Dejima ini kamu bisa menikmati indahnya perumahan ala Jepang yang dibuat secara otentik. Bahkan kamu bisa menyewa kimono untuk berjalan-jalan dan berfoto.

Gotravelly

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

Fushimi Inari: Kuil Cantik Dengan Ribuan Gerbang Unik

2. Glover Garden

Glover Garden
japanvisitor.com

Glover Garden merupakan sebuah taman yang berlokasi di puncak bukit di kawasan selatan Kota Nagasaki. Taman yang menjadi salah satu destinasi wisata di Nagasaki ini sebelumnya dimiliki oleh pedagang Skotlandia yang bernama Thomas Glover dan dibangun pada akhir abad ke-19.

Taman ini memiliki latar yang indah dan menjadi tempat terbaik untuk menikmati indahnya bunga-bunga. Tak hanya itu, terdapat enam bangunan bersejarah di lapangan taman ini termasuk bekas Ringer Residence dan bekas Alt Residence. Disini kamu bisa menikmati bunga musiman di taman atau menikmati pemandangan kota Nagasaki dan pelabuhan.

3. Nabekanmuriyama Park

Nabekanmuriyama Park
jldb.bunka.go.jp

Dari gerbang kedua Glover Park, dibutuhkan waktu 10 menit untuk berjalan kaki ke Nabekanmuriyama Park. Nabekanmuriyama Park ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Nagasaki yang populer karena lokasinya yang berada di ketinggian, yaitu 169 meter di atas permukaan laut.

Taman ini menawarkan pemandangan kota dan pelabuhan Nagasaki dari observatorium taman. Apalagi jika kamu berkunjung saat malam hari. Jika kamu berkunjung saat siang hari, dari observatorium ini kamu bisa melihat Glover Residence, Gunkanjima dan lima komponen Situs Warisan dunia. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, maka pastikan kamu mengenakan alas kaki yang nyaman saat berkunjung kesana.

4. Peace Park

Peace Park
japanistry.com

Nagasaki Peace Park atau Taman Perdamaian Nagasaki ini merupakan salah satu wisata menarik di Nagasaki yang wajib untuk kamu kunjungi. Taman yang berlokasi di utara tempat bom atom meledak dibuat dengan harapan bahwa perdamaian berlaku di muka bumi ini dan berjanji bahwa tragedi seperti itu tidak akan terulang kembali.

Disini kamu akan menemukan patung perdamaian setinggi 9,7 meter. Patung ini memiliki makna tersendiri. Tangan kanan patung menunjuk ke langit yang mewakili ancaman senjata atom sementara tangan kiri menunjuk ke arah cakrawala untuk mewakili perdamaian. Mata patung ditutup ringan yang bermakna sedang berdoa untuk korban bom atom. Selain patung, disini juga kamu akan menemukan air mancur yang melingkar dan dibangun untuk mengenang para korban yang meninggal untuk mencari air.

5. Kazagashira Park

Kazagashira Park
sharaku-nagasaki.com

Nagasaki tampaknya dianugerahi dengan deretan taman cantik yang bisa menjadi destinasi wisata di Nagasaki bagi wisatawan, salah satunya adalah Kazagashira Park. Taman yang berada di pusat kota Nagasaki ini memiliki sentuhan ejarah karena adanya patung Sakamoto Ryoma di tengahnya.

Sakamoto Ryoma merupakan salah satu ikon tokoh sejarah yang cukup penting di Nagasaiki. Selain memiliki sentuhan bersejarah, Kazagashira ini menawarkan pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh pohon-pohon sakura yang bermekaran saat musim semi dan memberikan pemandangan setengah kota Nagasaki yang jelas indahnya.

6. Huis Ten Bosch

Huis Ten Bosch
id.japantravel.com

Jika kamu suka berkunjung ke theme park, kamu wajib untuk mampir ke Huis Ten Bosch yang berada di Sasebo. Huis Ten Bosch ini merupakan sebuah taman hiburan ala Belanda terbesar di Jepang yang akan menyambut wisatawan dengan bunga musiman.

Taman bermain ini juga memiliki 44 paviliun yang menawarkan semua jenis permainan sehingga cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Terlebih lagi, disini kamu juga bisa menikmati pertunjukan langsung yang diadakan sesuai jadwal. Saat malam hari, taman ini akan dihiasi dengan lampu-lampu yang cantik dan wisatawan bisa menikmati indahnya kastil, deretan rumah ala Belanda, kanal dan bunga-bunga yang bermandikan cahaya yang indah.

7. Oura Church

Oura Church
kyoukaigun.jp

Tempat wisata menarik di Nagasaki yang satu ini tergolong wisata religi yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Gereja Oura. Gereja yang dibangun pada tahun 1865 ini merupakan gereja bergaya Gothic tertua di Jepang yang dibangun oleh seorang Imam Perancis.

Gereja ini memiliki eksterior putih yang menarik dengan kaca patri yang indah sebagai hiasannya. Nama resmi gereja ini adalah The Church of 26 Martyrs karena didedikasikan untuk 26 orang suci yang dieksekusi oleh Toyotomi Hideyoshi. Di gereja ini juga ditemukan Kakure Kirishitan, yaitu pengikut Kristen tersembunyi yang mengakui keyakinan mereka di gereja ini.

8. Sanno Shrine

Sanno Shrine
lifeofdoing.com

Destinasi wisata di Nagasaki selanjutnya juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Sanno Shrine. Sanno Shrine merupakan sebuah kuil yang cukup terkenal di kota Nagasaki karena adanya lengkungan tori berkaki satu.

Terdapat empat lengkungan tori di kuil ini dan lokasinya sekitar 900 meter dari pusat hipo bom atom, namun hanya ni-no-torii yang rusak dan berdiri di atas pilar tunggal. Di tahun 2013, tori ini ditunjuk sebagai Registered Monument oleh Pemerintah Jepang.

Uniknya lagi, disini kamu bisa melihat sebuah pohon kapur barus di lahan kuil yang terbakar oleh ledakan bom atom, namun entah bagaimana berhasil bertahan hidup. Pohon ini kemudian dianggap sebagai simbol kebangkitan oleh warga setempat.

9. Chinzei Taisha Suwa Shrine

Chinzei Taisha Suwa Shrine
jpshrine.net

Chinzei Taisha Suwa Shrine merupakan salah satu wisata di Nagasaki yang pernah hancur akibat ledakan bom atom. Kuil ini dibangun kembali pada tahun 1625 setelah terbakar.

Chinzei Taisha Suwa Shrine ini disebut sebagai kuil yang memiliki kekuatan mistis. Legenda mengatakan jika Gan-kake Komainu, yaitu patung berbentuk singa-anjing yang bisa mengabulkan permintaan, akan membantu untuk mengabulkan segala permintaan sang pemohon. Bahkan, jika kamu ingin berhenti untuk merokok atau minum minuman keras, kuil ini juga bisa membantumu.

Ditambah lagi, ada Sumur Komainu yang diyakini jika kamu mencuci uang dengan air, nilainya akan berlipat ganda. Lalu jika air dari sumur tersebut diminum bisa membantu wanita saat persalinan. Percaya atau tidak percaya, tak ada salahnya untuk kamu berkunjung ke kuil ini.

10. Nagasaki Confucian Shrine

Nagasaki Confucian Shrine
touristinjapan.com

Tempat wisata di Nagasaki yang satu ini juga sayang sekali untuk kamu lewatkan begitu saja, yaitu Nagasaki Confucian Shrine. Kuil ini dibangun di tahun 1893 oleh Penduduk Tiongkok yang berada di Jepang dengan dukungan pemerintah Tiongkok. Tujuan pembangunan kuil ini adalah untuk menyembah Konfusius, yaitu pendiri Konfusianisme.

Kuil ini memiliki gaya bangunan tradisional Tiongkok dengan warna warni yang cerah. Kuil ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur, yaitu Gerbang Gimon di pintu masuk dan Jembatan Hekisui. Jika kamu suka sejarah, kamu juga bisa berkunjung ke The Historical Museum of China yang berada kuil ini. Museum Sejarah Tiongkok ini menampilkan koleksi barang berharga dan bersejarah.

11. Nagasaki Atomic Bomb Museum

Nagasaki Atomic Bomb Museum
japanistry.com

Berlibur ke Nagasaki tentunya belum lengkap jika belum berkunjung ke Nagasaki Atomic Bomb Museum ini. Sesuai dengan namanya, museum ini menampilkan tak hanya bahan-bahan seputar atom, namun juga akibat, sejarah, bagaimana pengeboman diatus, rekonstruksi dan harapan menuju dunia tanpa senjata nuklir.

Di lantao bawah terdapat ruang video dengan subtitle Bahasa Inggris yang menampilkan video tentang warga yang terpapar radiasi saat itu dan documenter tentang sejarah pengujian senjata nuklir. Museum ini menawarkan kesempatan bagi generasi muda untuk belajar seputar senjata nuklir dan tentang perdamaian.

12. Siebold Memorial Museum

Siebold Memorial Museum
community.snapwire.co

Satu lagi tempat untuk kamu yang suka berwisata sejarah, kamu bisa berkunjung ke Siebold Memorial Museum. Siebold Memorial Museum ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Nagasaki yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Museum ini dibangun untuk menghormati Philip Siebold, yang mengajar Rangaku atau studi tentang ilmu-ilmu barat pada Zaman Edo di Nagasaki. Museum ini dibangunan dengan bata merah selayaknya gaya rumah Siebold di Leiden, Belanda. Siebold Memorial Museum ini menyimpan benda berharga seputar kehidupan Siebold dan berbagai barang yang pernah ia gunakan. Butuh sekitar 1 jam untuk menjelajah museum ini dan mempelajari setiap koleksinya dengan hati-hati.

13. Mount Inasa

Mount Inasa
id.zekkeijapan.com

Wisata alam di Nagasaki yang satu ini juga layak untuk masuk dalam rencana perjalanan kamu, yaitu Mount Inasa. Gunung yang memiliki ketinggian 333 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan yang mirip dengan Nabekanmuriyama Park. Bahkan pemandangan malam harinya dipuji sebagai Ten Million Dollar Nightscape.

Wisata ini sangat populer di kalangan pasangan karena pemandangannya sangat romantic. Saat cerah, kamu bisa melihat Unzen, Amakusa dan Kepulauan Goto yang indah. Untuk menuju kesini, kamu bisa berjalan kaki, menggunakan kereta gantung atau berkendara dengan mobil.

14. Unzen Onsen

Unzen Onsen
fun-japan.jp

Destinasi wisata di Nagasaki yang satu ini pastinya juga sayang sekali untuk kamu lewatkan begitu saja, terlebih jika kamu lelah menjelajah Nagasaki yang indah, yaitu Unzen Onsen. Onsen adalah mata air panas yang cukup populer karena mengandung belerang dan memiliki kualitas asam yang tinggi.

Onsen ini disebut sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit kulit dan mempercantik kulit. Banyak wisatawan yang menyempatkan untuk berendam disini terutama setelah lelah seharian menjalajah Nagasaki yang indah. Di kawasan onsen ini juga terdapat ragam fasilitas, seperti penginapan dan museum yang menarik untuk kamu kunjungi.

15. Gunkanjima

Gunkanjima
thegate12.com

Gunkanjima atau yang juga dikenal sebagai Battleship Island ini merupakan sebuah julukan untuk Hashima. Pulau ini dikembangkan untuk tambang batu bara pada tahun 1870 dan ada lebih dari 5.000 orang yang tinggal disini saat masa keemasannya. Namun, saat minyak menjadi sumber energi utama, tambang batu bara ini kemudian ditutup di tahun 1974 dan pulau ini menjadi sepi.

Sejak saat itulah pulau ini menjadi sebuah destinasi wisata menarik di Nagasaki yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Kamu bisa mengikuti tur dimana kamu akan diajak untuk melihat prototype bangunan apartemen beton bertingkat dan fasilitas pertambangan. Di tahun 2015, Gunkanjima kemudian ditetapkan sebagai salah satu Situs Revolusi Industri Meiji Jepang.

16. Goto Archipelago

Goto Archipelago
voyapon.com

Goto Archipelago atau Kepulauan Goto juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Nagasaki. Kepulauan yang terdiri dari lebih dari 140 pulau dan berada 100 kilometer sebelah barat Pelabuhan Nagasaki.

Kepulauan ini dulunya menjadi lokasi persembunyian pengikut Kristen saat ajaran Kristen dilarang di Jepang. Keindahan kepulauan ini dikelilingi oleh samudera tropis yang biru dan jernih. Kamu juga bisa menemukan berbagai taman di lingkungan alam yang kaya dan menjadi daya Tarik dan Goto Archipelago ini.

17. Shimabara Castle

Shimabara Castle
japan-guide.com

Tempat wisata di Nagasaki yang satu ini dikenal dengan nama Shimabara Castle karena lokasinya yang berada di daerah Shimabara, Perfektur Nagasaki. Kastil ini dibangun oleh Matsukura Shigemasa di tahun 1624 dan terkenal memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Di tempat ini pernah terjadi pertikaian Antara penguasa dengan penganut agama Nasrani di zaman itu. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam benda-benda bersejarah pada abad pertengahan. Tak hanya itu, kamu juga bisa berpakaian ala ninja atau mengenakan samurai dengan menyewa kostum agar terasa layaknya berada di zaman kuno Jepang.

18. Hirado Castle

Hirado Castle
flickr.com

Selain Shimabara Castle, disini kamu juga bisa menemukan kastil lainnya bernama Hirado Castle. Hirado Castle ini juga masuk dalam daftar wisata di Nagasaki yang menarik untuk dikunjungi.

Hirado Castle berada di wilayah Iwanokami, Perfektur Nagasaki dan dikenal memiliki latar belakang sejarah yang panjang. Bangunan kastil ini dibangun pada tahun 1718 oleh Matsura Takashi. Kastil ini memiliki peran yang sangat penting saat era samurai dan merupakan salah satu saksi sejarah pasang surut Jepang. Sampai sekarang, Hirado Castle ini masih terlihat indah dan terawat dengan baik.

19. Nagasaki Shinchi Chinatown

Nagasaki Sinshi Chinatown
japan-guide.com

Jepang memiliki tiga kawasan Pecinan yang cukup populer, salah satunya adalah Nagasaki Shinchi Chinatown. Kawasan Chinatown ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Nagasaki yag cukup menarik untuk dikunjungi.

Saat tiba disini kamu akan disambut dengan gerbang bergaya Tiongkok yang berdiri di empat titik cardinal. Di kawasan ini, kamu akan menemukan restoran dan toko souvenir khas Tiongkok yang berjajar di tepi jalan. Disini tentunya kamu bisa berwisata kuliner, belanja hingga menikmati festival. Kawasan ini menjadi tempat diselenggarakanya Festival Lentera Nagasaki yang berlangsung selama dua minggu pada setiap musim dingin.

20. Ikitsuki Sunset Way

Ikitsuki Sunset Way
discover-nagasaki.com

Destinasi wisata di Nagasaki yang terakhir adalah Ikisuki Sunset Way. Destinasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka road trip atau ingin mencoba road trip di Nagasaki.

Ikitsuki Suset Way ini sebenarnya merupakan sebuah jalanan yang terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang indah. Jalan panjang ini tentunya cukup akrab bagi sebagian dari kita karena jalanan ini kerap menjadi tempat pengambilan gambar iklan mobil Jepang.

Kamu bisa mengendarai kendaraan di jalanan yang indah berlatarkan Tebing Shiodawara dan tentunya pemandangan matahari terbenam yang indah.



Leave a Reply