Osaka Castle, Istana yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan di Jepang

osaka castle

sugengcool | Traveler
Osaka, Kansai, Japan | Historical Places
13 Nov 2019


Osaka Castle, Istana yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan di Jepang
Osaka tak hanya ada Shinsabaishi dan Dotonburi saja yang wajib dikunjungi. Kalian juga wajib berkunjung ke sebuah istana yang legendaris di Osaka yaitu Osaka Castle. Sekeren apa sih?

How to Get There

Dari Kuromon Market, perjalanan kita berlanjut ke salah satu wisata sejarah yang wajib banget untuk dikunjungi saat liburan di Osaka, yaitu Osaka Castle. Osaka Castle ini berlokasi di 1-1 Osakajo, Chuo Ward. Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kereta JR Osaka Loop Line dan turun di Stasiun Osakajokoen denga waktu tempuh sekitar 10 menit.

Kalo kalian dari Kansai Airport Osaka, kalian bisa naik kereta rapid JR atau kereta ekspres Haruka sampai Tennoji Station. Dari Tennojo Station, naiklah kereta JR Osaka Loop Line dan turun di Stasiun Osakajokoen.

 

What to Do

Osaka Castle adalah sebuah istana kerajaan Jepang pada awal abad ke 16. meskipun disbut sebagai istana, tapi tempat ini merupakan sebuah museum modern yang menceritakan perjalanan Toyotomi Hideyoshi, yang merupakan pendiri istana yang semasa hidupnya menjadi penguasa di Osaka.

osaka castleTiket masuk Osaka Castle

Jika kalian pergi ke Osaka Castle ini, pastikan untuk naik ke atas menaranya untuk melihat panorama kota Osaka dari ketinggian. Sebenernya menara ini adalah hasil rekonstruksi yang dilakukan pada tahun 1931 dengan sumbangan dari masyarakat Kota Osaka. Meskipun begitu, masih ada sekitar 13 bangunan dalam kompleks istana ini yang merupakan bangunan asli, diantaranya adalah Sumur Kinmeisui dan Kinzo Storehouse yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan emas dan perak. Dinding perlindungan yang mengelilingi Osaka Castle ini pun bangunan asli dan dikenal sebagai dinding batu terbesar di Jepang.

osaka castleBagian depan Osaka Castle

osaka castle
Pemandangan Kota Osaka dari ketinggian

osaka castle
Pemandangan dari atas Osaka Castle

Setelah kalian puas berkeliling bangunan istananya, saatnya untuk kembali ke bawah dan menikmati suasana di Taman Nishinomaru. Taman ini juga cukup ikonik lho guys karena berada masih dalam satu kawasan dengan Osaka Castle. Biasanya saat musim semi, di taman ini kalian bisa menyaksikan light up sakura dimana pohon-pohon sakura diterangi oleh lampu sorot sehingga membuat tempat ini semakin cantik di malam hari. 

osaka castleTaman Nishinomaru dari atas Osaka Castle

Tak hanya itu, kalian juga bisa bersantai di bangunan yang menjadi tempat untuk upcara minum teh. Kalian yang ingin menyaksikan Event Light Up Sakura di Taman Nishinomaru, bisa datang di bulan Maret hingga April, acaranya mulai jam 6 sore hingga jam 9 malam. Catat jadwalnya ya guys!

Video by Yellow Productions

Sayangnya, aku datang di akhir musim panas menuju musim gugur sehingga kita hanya bisa melihat pohon ginkgo di sebelah timur, mulai dari Omoide No Mori yang ada di seberang Osaka Bussiness Park hingga ke Osakajo Hall, Shimin No Mori, hingga ke Morinomiya Station sepanjang 1 kilometer.

osaka castleSuasana Taman Nishinomaru menjelang Musim Gugur

Sebelum meninggalkan Osaka Castle ini, ngga lupa aku menyempatkan untuk berfoto dengan menggunakan baju perang khas Jepang. Keren banget!

osaka castleBaju perang ala Jepang

Tips and Trick

Nah, buat kalian yang pengen berkunjung ke Osaka Castle ini, ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan:

  • Osaka Castle bisa dikunjungi mulai jam 09.00 hingga 17.00.
  • Harga tiket masuknya 600 Yen untuk dewasa, sementara untuk anak-anak Gratis.
  • Kalo kalian pengen berkunjung ke Taman Nishinomaru aja, tiketnya seharga 200 Yen. Jika musim sakura, harga tiket masuknya menjadi 350 Yen per orang.
  • Lebih baik berkunjung kesini di pagi hari guys, soalnya jalanan dari stasiun kereta kesini lumayan jauh.
  • Jangan lupa untuk naik ke tingkat yang paling atas dan mencoba menggunakan pakaian perang Jepang.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jaga kebersihan tempat ini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY