86 views | 0 Likes

Fushimi Inari: Kuil Cantik dengan Ribuan Gerbang Unik

4 star (from 2 people)
Kyoto, Kyoto Prefecture, Japan
Category: Historical Places

Posted on 22 November 2019, 16:00:00
sugengcool
Tourist

Puas mencicipi street food, perjalanan berlanjut ke sebuah kuil unik yang dipenuhi gerbang-gerbang cantik. Konon gerbang ini berjumlah ribuan lho guys. Seperti apa indahnya? Baca ulasanku yaa

How to Get There

Setelah mencicipi aneka street food di kawasan Fushimi Inari, aku dan teman-teman segera memasuki kawasan Fushimi Inari ini. Ohya, menuju Fushimi Inari ini aku dan teman-teman ngga naik transportasi guys, tapi jalan kaki karena kebetulan kami stay di penginapan yang deket banget sama kawasan ini. 

Fushimi Inari berlokasi di 68 Fukakusa Yabunouchico, Fushimi Ward, Tokyo. Fushimi Inari berada tepat di luar Stasiun JR Inari, stasiun kedua dari Stasiun Kyoto sepanjang Jalur JR. Jadi, kalian bisa naik kereta JR dan kemudian dilanjut dengan jalan kaki sepanjang jalur utama Keihan.

What to Do

Fushimi Inari Taisha merupakan sebuah destinasi di Kyoto yang cukup menarik banyak perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara, termasuk aku. Fusimi Inari adalah sebuah kuil agama Shinto yang cukup penting dan bersejarah di Kyoto. 

fushimi inariSebelum explore, wajib pahami mapnya dulu guys

fushimi inari
Foto dulu di gerbang masuknya cool

Biasanya yang menjadi tujuan utama wisatawan datang ke Fushimi Inari ini untuk menjelajah jalur gunung yang berada di belakang kuil dan menelusuri bangunan suci yang punya desain menarik untuk diabadikan dalam foto. Tak hanya itu lho guys, disini banyak sekali benda bersejarah di sekitar Fushimi Inari. Misalnya seperti di bagian depan pintu masuk kuilnya yang terdapat sebuah Gerbang Romon. Gerbang ini merupakan pemberian dari seorang pemimpin terkenal bernama Toyotomi Hideyoshi pada tahun 1589. lalu, di bagian belakangnya berdiri sebuah bangunan kuil utama atau Honden dan bangunan-bangunan lainnya.

fushimi inariFoto di depan kuilnya


fushimi inari
Kuilnya lagi rame guys

Well, yang paling menarik dari Fushimi Inari ini adalah adanya Gerbang Torii atau Torii Gate. Kalian bisa menemukan torii ini dibelakang kuil guys. Kenapa menarik? Karena bentuk dari Torii ini cukup unik dan lagi disini terdapat banyak sekali torii yang dipasang sepanjang jalur pendakian hingga puncak. Awalnya aku dan teman-teman sempat mikir, siapa sih yang membangun torii sebanyak ini? Tapi ternyata gerbang torii yang berada di sepanjang jalur ini adalah hasil sumbangan dari individu ataupun perusahaan. Ini tertulis disetiap toriinya guys, tapi sayangnya aku ngga bisa bacanya karena semuanya tertulis dalam bahasa Jepang. Bayangin aja berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun torii-torii ini.

fushimi inariSelain torii yang di depan tadi, di belakang kuil juga ada torii nya

fushimi inari
Ini dia deretan torii yang ada di belakang kuil tadi

fushimi inari
Setiap torii ada tulisannya, ada yg bisa baca? 

Ohya, di kawasan Fushimi Inari ini kalian bakal banyak menemukan patung rubah dan beberapa ornamen kayu yang mirip rubah. Patung rubahnya sih punya wajah yang terkesan seram ya guys, tapi beda dengan yang ornamen kayunya. Ornamen kayu dengan bentuk rubah ini digambari dengan wajah lucu. Biasanya ornamen seperti ini bisa dibeli disekitaran kuil yang kemudian digambari dan ditulisi dengan nama pembeli dibelakangnya. Mungkin digunakan sebagai perantara berdoa di kuil ya.. Mungkin lho ya.

fushimi inariPatung rubah mengapit sebuah torii

Anyway, menurut kepercayaan mereka Rubah memang dianggap sebagai utusan Inari yang sakral. Tak heran jika banyak ditemukan patung rubah di sekitaran Fushimi Inari ini, karena dianggap sebagao penjaga kuil ini. Tapi tenang aja guys, kalian ngga bakal nemuin Rubah beneran kok disini hehehe..

Video by ONLY in JAPAN

Tips and Trick

  • Memasuki kawasan Fushimi Inari ini sama sekali ngga dikenakan biaya masuk.
  • Fushimi Inari buka setiap hari selama 24 jam.
  • Karena ini merupakan tempat ibadah, saat ada ritual ibadah diharapkan kalian untuk ngga berisik ya.
  • Bawa kamera buat foto-foto.
  • Pake alas kaki yang nyaman guys, soalnya jalannya cukup menanjak.
  • Jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (8)

Comments (0)