20 Pantai Terindah di Indonesia Sedap Dipandang Mata


prita  October 2, 2021  0 Comment

Pantai terindah di Indonesia memang selalu mencuri perhatian tak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang dianugerahi dengan banyak sekali pantai yang menawan dan mampu menarik perhatian wisatawan. Pantai seolah menjadi destinasi wisata paling tepat untuk berlibur karena dengan berkunjung ke pantai kamu bisa menikmati pemandangan indah sekaligus menikmati suasana yang tenang. Bahkan, tak sedikit juga pantai di Indonesia yang terkenal sebagai tempat untuk berolahraga air, seperti snorkeling, diving, surfing dan berenang. Nah, jika kamu ingin berlibur ke pantai, jangan lewatkan pantai yang memiliki pemandangan memukau di Indonesia berikut ini.

1. Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai Ora
indonesiatraveler.id

Pantai terindah di Indonesia yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Pantai Ora yang berada di Maluku Tengah. Keindahan Pantai Ora ini memang tak perlu diragukan lagi, pasalnya pantai ini kerap dijuluki sebagai Maldives-nya Indonesia.

Mirip dengan Maldives, pantai ini memiliki air laut yang jernih dengan pasir putih yang lembut nan bersih. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan penginapan di atas laut layaknya di Maldives bernama Ora Beach Eco Resort.

Gotravelly

Danau Kastoba Salah Satu Paradisenya Pulau Bawean

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

2. Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara

Pantai Ngurtafur
nativeindonesia.com

Masih berada di Maluku, pantai terindah di Indonesia berikutnya dikenal dengan nama Pantai Ngurtafur. Pantai cantik ini berada di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara ini memang memiliki daya tarik tersendiri dengan pemandangannya yang indah.

Pantai Ngurtafur ini menawarkan keindahan hamparan pasir putih yang berkilau di tengah pantai dan pasir ini memisahkan air laut berwarna pirus yang jernih menjadi dua. Hamparan pasir putih tersebut terbentang sejauh 2 kilometer dengan lebar hingga 7 meter yang mana saat terkena sinar matahari tampak bagaikan karpet.

3. Pantai Saleo, Papua Barat

Pantai Saleo
flickr.com

Lebih timur dari Maluku, kamu juga akan menemukan salah satu pantai terindah di Indonesia di kawasan Papua Barat bernama Pantai Saleo. Pantai yang berada dalam gugusan kepulauan Raja Ampat ini mendapat julukan sebagai “surga terakhir di bumi” oleh masyarakat setempat karena keindahan pemandangannya bagaikan di surga.

Pantai Saleo ini memiliki jajaran pohon kelapa yang membuatnya tampak indah, ditambah dengan kilauan air lautnya yang berwarna biru jernih yang membuat siapapun langsung jatuh cinta. Pantai Saleo ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti gazebo dan persewaan sepeda untuk kamu berkeliling.

4. Pantai Kolbano, Kupang

Pantai Kolbano
travel.okezone.com

Pantai terindah di Indonesia yang satu ini juga tak kalah indah dibandingkan dengan pantai lainnya, yaitu Pantai Kolbano. Pantai Kolbano ini berlokasi di kabupaten Timor Tengah Selatan, sekitar 135 kilometer dari kota Kupang.

Pantai ini dikenal memiliki keunikannya tersendiri, yaitu adanya bebatuan kerikil yang berwarna-warni. Kerikil di pantai ini cukup beraneka ragam, yaitu merah, kuning, hijau hingga hitam. Bahkan, kamu akan menemukan kerikil dengan pola khusus dengan tiga warna yang unik. Tak hanya itu, Pantai Kolbano ini juga memiliki daya tarik lainnya berupa pasir putih yang bersih dengan air laut berwarna biru yang jernih. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang sehingga sangat cocok untuk sejenak melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

5. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu
ksmtour.com

Jika berbicara soal pantai terindah di Indonesia, belum lengkap rasanya jika belum memasukkan Pantai Nihiwatu dalam daftar. Pantai yang belakangan ini cukup hits di sosial media ini memiliki akses yang cukup sulit sehingga jarang untuk dikunjungi. Bahkan, pantai ini menduduki peringkat ke-17 sebagai pantai terindah di dunia versi CNN.

Untuk menuju Pantai Nihiwatu ini hanya bisa diakses melalui Nihiwatu Resort sehingga hanya tamu yang menginap di Nihiwatu Resort yang bisa berkunjung ke pantai tersebut. Padahal Nihowatu Resort menjadi salah satu hotel termahal di dunia, lho.

6. Pantai Pink, Flores Barat

Pantai Pink
id-velopedia.velo.com

Pantai terindah di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Pink. Pantai yang berlokasi di Flores Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini termasuk unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Sesuai dengan namanya, Pantai Pink ini memiliki pasir berwarna pink. Uniknya, hanya ada enam pantai dengan pasir pink di dunia ini dan di Flores ini salah satunya. Warna pink pada pasir ini berasal dari Foraminifera, yaitu hewan berukuran mikroskopis yang memberikan warna kemerahan pada pantai ini. Selain pasirnya yang unik, pantai ini juga memiliki perairan yang jernih, tidak terlalu dalam dan tenang sehingga sangat cocok untuk snorkeling. Disini kamu bisa melihat berbagai macam spesies ikan dan koral yang indah.

7. Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah

Pantai Tanjung Aan
ratnadewi.me

Pantai Tanjung Aan juga masuk dalam daftar pantai terindah di Indonesia yang tak boleh untuk kamu lewatkan saat berlibur di Lombok. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih dan memiliki tekstur bagaikan merica. Konon, pasir di Pantai Tanjung Aan ini memiliki khasiat, lho.

Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, pantai ini juga terkenal dengan cerita legenda tentang Putri Mandalika yang menarik, yaitu ritual Bau Nyale yang diselenggarakan pada bulan Februari dan Maret setiap tahunnya.

8. Pantai Kelingking, Klungkung

Pantai Kelingking
pegipegi.com

Jika membahas soal pantai terindah di Indonesia, pastinya kamu ngga bisa melewatkan keindahan pantai-pantai di Pulau Dewata, Bali. Bali memang memiliki banyak sekali wisata pantai yang indah, namun salah satu pantai yang terindah di Bali adalah Pantai Kelingking.

Pantai yang berada di Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung ini memang sangat populer dan kerap menjadi destinasi wisata favorit wisatawan dari berbagai negara. Pantai Kelingking ini terkenal dengan keindahan tebingnya yang menawan dari atas. Namun, kamu juga bisa menikmati panorama pantai ini dengan turun ke bawah. Memang dibutuhkan sedikit perjuangan untuk menuju ke bawah karena tangganya yang curam dan sangat melelahkan, namun semua rasa lelah akan terbayar setelah kamu melihat indahnya Pantai Kelingking yang menawan di depan mata.

9. Pantai G-Land, Banyuwangi

Pantai G-Land
surfingworld.com.au

Di ujung paling timur Pulau Jawa, kamu akan menemukan salah satu pantai terindah di Indonesia bernama Pantai G-Land. Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Plengkung ini berada di Kabupaten Banyuwangi dan terkenal di kalangan peselancar karena memiliki ombak yang cukup menantang untuk berselancar.

Pantai G-Land ini juga mendapat julukan sebagai The Seven Giant Waves Wonder oleh peselancar mancanegara karena pantai ini memiliki tujuh gulungan ombak dengan ketinggian mencapai 6 meter. Tak hanya untuk peselancar saja, pantai ini juga sangat dikunjungi oleh wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan. Pantai G-Land ini memiliki pasir putih yang bersih dengan air laut berwarna biru yang jernih sehingga mampu memikat para pengunjungnya.

10. Pantai Goa Cina, Malang

Pantai Goa Cina
hargatiket.net

Pantai terindah di Indonesia berikutnya juga bisa kamu temukan di Provinsi Jawa Timur, yaitu Pantai Goa Cina. Pantai yang berada di Kabupaten Malang Selatan ini memang cukup populer dan kerap dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang terkenal dengan kisah mistisnya ini.

Pantai Goa Cina ini memiliki pemandangan yang cukup indah dengan tiga pulau karang dengan pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih. Pantai ini juga memiliki suasana yang masih cukup asri dan tenang sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai disana. Tak hanya memiliki pemandangan pantai yang indah, pantai ini juga memiliki sebuah gua yang dikenal dengan nama Gua Cina.

11. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar
travel.okezone.com

Masih di Jawa Timur, ada sebuah pantai terindah di Indonesia selanjutnya yang pemandangannya tak kalah menawan di sebuah kabupaten kecil bernama Pacitan, yaitu Pantai Klayar.

Pantai Klayar ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki gelombang laut yang cukup tinggi, bahkan mencapai tujuh meter. Pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Klayar ini juga tak kalah menawan dengan adanya bebatuan karang yang indah dan air laut yang berwarna biru jernih.

12. Pantai Timang, Gunung Kidul

Pantai Timang
wisatabagus.com

Pantai terindah di Indonesia yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Pantai Timang. Pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini merupakan salah satu pantai yang populer dan sangat cocok bagi kamu yang menyukai tantangan dan memacu adrenalin.

Pantai Timang ini terkenal dengan adanya kereta gantung yang menghubungkan tebing satu dengan lainnya. Kereta ini biasa digunakan sebagai transportasi para pencari lobster, namun bisa juga digunakan oleh wisatawan. Menariknya lagi, Pantai Timang ini memiliki pemandangan indah yang masih alami dengan pasir putih dan air laut berwarna biru yang bernih serta ombak yang tinggi.

13. Pantai Tanjung Gelam, Karimun Jawa

Pantai Tanjung Gelam
pantainesia.com

Pantai Tanjung Gelam yang berada di Pulau Karimun Jawa juga layak untuk kamu kunjungi. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan yang menawan dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan saat berlibur ke Karimun Jawa.

Pantai ini berada di ujung pulau sehingga menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Kamu bisa berjalan menyusuri keindahan pantai sejauh 700 meter ini yang memiliki pohon kelapa doyong sebagai ciri khasnya. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut berwarna biru yang jernih. Tak perlu khawatir soal makanan dan minuman karena disini kamu bisa menemukan banyak warung milik penduduk setempat yang menjual gorengan, es kelapa dan makanan.

14. Pantai Sawarna, Lebak

Pantai Sawarna
piknikwisata.com

Pantai terindah di Indonesia yang populer berikutnya bisa kamu temukan di Desa Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten dan dikenal dengan nama Pantai Sawarna. Pantai yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan pegunungan, sungai, goa dan pasir putih yang bersih.

Pantai Sawarna ini sangat cocok untuk kamu menghabiskan waktu akhir pekan dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Bahkan, Pantai Sawarna ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara untuk berlibur.

15. Pulau Derawan, Berau

Pulau Derawan
pegipegi.com

Sudah bukan rahasia lagi jika Pulau Derawan ini menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pulau yang berada di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ini mendapat julukan sebagai Pristine Island atau pulau yang masih asri.

Pulau ini memiliki pantai yang sangat memukau dengan hamparan pasir berwarna putih dengan air laut berwarna biru kehijauan yang jernih. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini, seperti menyelam dan snorkeling.

16. Teluk Tomini, Parigi Moutong

Teluk Tomini
indonesiatraveler.id

Pantai terindah di Indonesia selanjutnya juga tak kalah menawan, lho yaitu Teluk Tomini. Menariknya, Teluk Tomini ini menjadi teluk terluas di Indonesia karena berbatasan langsung dengan tiga provinsi di Pulau Sulawesi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Teluk Tomini ini menyimpan keindahan surga bawah laut yang mampu membius siapapun untuk datang. Di bawah teluk ini kamu bisa menemukan berbagai taman laut dengan ragam biotanya yang indah. Tak heran jika Teluk Tomini ini disebut sebagai jantung dari segitiga karang dunia, yaitu Indonesia-Filipina-Malaysia.

17. Pantai Tanjung Bira, Bulukumba

Pantai Tanjung Bira
piknikasik.com

Masih berada di Pulau Sulawesi, kamu akan menemukan salah satu pantai terindah di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi bernama Pantai Tanjung Bira. Pantai yang berlokasi di Kabupaten Bulukumba ini dikenal sebagai mutiara di ujung selatan Pulau Sulawesi yang memiliki ragam kekayaan laut. Bahkan, disini kamu bisa menemukan spesies yang tidak ada di tempat lainnya, lho.

Pantai Tanjung Bira ini menawarkan keindahan pantai berpasir putih dan air laut berwarna biru jernih. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup tenang sehingga aman untuk kamu berenang atau melakukan snorkeling.

18. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi
highlight.id

Pantai terindah di Indonesia yang satu ini memang cukup terkenal karena menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi ini memang memiliki daya tarik yang bisa membuat wisatawan ingin selalu kembali lagi kesana.

Pantai Tanjung Tinggi ini memiliki perairan yang jernih dan tenang. Uniknya lagi, pantai ini dikelilingi dengan batu granit yang besar sehingga sangat cocok untuk spot berfoto dengan pemandangan matahari terbenam yang terlihat sangat indah di Pantai Tanjung Tinggi ini.

19. Pulau Piugus, Kepulauan Anambas

Pulau Piugus
travelio.com

Pernahkah kamu mendengar tentang Pulau Piugus? Pulau Piugus ini merupakan sebuah pulau yang berada di kawasan Kepulauan Anambas, Riau dan memiliki sebuah pantai terindah di Indonesia.

Pulau Piugus ini menawarkan pemandangan yang menawan dan kesan tropis langsung terasa begitu menginjakkan kaki di pulau ini. Di tepian pantainya kamu bisa melihat deretan pohon kelapa yang banyak dengan pasir putih dan laut yang jernih juga asri. Tak hanya itu, di depan mata kamu juga bisa melihat batu karang besar berjajar sehingga membentuk pemandangan yang eksotis. Bukan hanya pemandangan pantainya saja yang indah, pemandangan bawa laut di pulau ini pun layak untuk kamu selami karena terumbu karang bawah lautnya sangat indah dan menjadi rumah bagi jutaan ikan berwarna-warni.

20. Pantai Sumur Tiga, Aceh

Pantai Terindah di Indonesia
ksmtour.com

Pantai terindah di Indonesia yang terakhir adalah Pantai Sumur Tiga yang berada di Pulau Weh, Provinsi Aceh. Pantai Sumur Tiga ini menawarkan keindahan berupa air laut berwarna biru kehijauan, pasir pantai berwarna putih, deretan pohon palem dengan pemandangan bukit hijau hutan tropis yang mengelilinginya.

Pantai Sumur Tiga ini menjadi tempat yang sempurna untuk snorkeling dan menyelam karena kamu bisa menikmati keindahan bawah lautnya. Tak hanya bawah lautnya saja yang indah, pantai ini juga menawarkan panorama matahari terbenam yang indah dan sangat romantis.



Leave a Reply