16 Pempek Enak di Jakarta, Cukonya Pedas Mantap!


prita  January 8, 2022  0 Comment

Pempek dikenal sebagai jajanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan tepung sagu. Pempek biasanya disajikan dengan siraman kuah cuka yang asam dan sedikit pedas. Kamu yang tinggal Jakarta, tak perlu jauh-jauh ke Palembang untuk bisa menikmati pempek yang enak, pasalnya kamu bisa menemukan deretan pempek enak di Jakarta yang bisa untuk kamu singgahi. Berikut adalah daftarnya.

Sekilas Tentang Pempek

Dikenal sebagai salah satu kuliner khas Palembang, pempek adalah kuliner yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat kuliner ini digemari banyak orang. Tak heran jika penjual pempek banyak ditemukan hampir di seluruh pelosok negeri. Pempek bahkan dibanderol dengan harga yang paling terjangkau hingga yang paling mahal. Pempek biasa dinikmati dengan kuah cuko yang memiliki cita rasa asam dan pedas yang segar.

Dibalik kenikmatan pempek, ternyata jajanan ini memiliki sejarah yang cukup menarik. Konon, kuliner olahan ikan ini telah ada sejak abad ke-16, lho. Nah, fakta lain dari pempek ini ternyata juga cukup banyak, berikut adalah detailnya.

Pertama, pempek dulunya dikenal dengan nama Kelesan. Pada zaman dahulu, Sultan Mahmud Badaruddin II yang menjadi penguasa kesultanan Palembang Darussalam, pempek ini dikenal sebagai Kelesan. Kelesan menjadi makanan adat dalam rumah Limas. Disebut Kelesan karena makanan ini tahan dikeles atau disimpan dalam waktu yang lama.

Kedua, pempek baru dijual secara luas saat masa pemerintahan kolonial Belanda. Makanan ini dijual oleh masyarakat Tionghoa yang memang sangat pandai berdagang. Nah, para penjual Kelesan di masa itu dikenal dengan sebutan Apek atau pek-pek yang merupakan panggilan untuk lelakit tua dalam bahasa Tionghoa. Saat ingin membeli, pembeli biasa memanggil penjual Kelesan dengan sebutak pek atau empek-empek. Nah, dari situlah lama-lama nama pempek semakin populer dibandingkan dengan nama aslinya, Kelesan. Nama pempek kemudian bertahan sampai saat ini.

Ketiga, pempek dibuat dengan ikan sebagai bahan utamanya. Sekarang, pempek banyak dibuat dari ikan tenggiri, namun di masa lalu pempek ini dibuat dari Ikan Belida. Seiring bergulirnya waktu, ikan Belida semakin langka dan sulit ditemukan sehingga harganya pun melambung tinggi. Setelah itu, pempek dibuat dengan ikan Gabus yang rasanya tetap gurih dan enak. Namun sekarang, semakin banyak ikan yang bisa digunakan untuk membuat pempek. Seperti ikan putak, ikan lele, ikan kakap merah, ikan tuna hingga ikan salmon.

Keempat, pempek memiliki beberapa jenis yang mana masing-masing jenisnya memiliki bentuk yang berbeda, namun rasanya sama-sama enak. Jenis pempek yang bisa kamu nikmati antara lain, kapal selam, lenjer, pistel, adaan, keriting, lenggang, kulit dan pempek panggang. Menariknya, salah satu jenis pempek, yaitu kapal selam, ini memiliki bentuk seperti kantung yang berisikan telur di dalamnya. Dahulu, masyarakat palembang menyebutnya sebagai pempek telok besak. Namun, kemudian berganti sebagai pempek kapal selam karena berhubungan dengan salah satu proses memasak.

1. Pempek Megaria

Pempek Megaria
travel.kompas.com

Pempek enak di Jakarta yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Pempek Megaria. Pempek Megaria ini merupakan salah satu pempek legendaris di Jakarta yang telah ada sejak tahun 1989.

Pempek Megaria ini terkenal dengan kuah cukanya yang nikmat. Kalo kamu pecinta pempek, kamu pasti bisa merasakan jika pempek disini rasanya mirip dengan yang ada di Palembang. Menu pempek andalan disini adalah Lenggang Goreng yang kenyal dan memiliki tekstur yang lembut.

Alamat: Jalan Pegangsaan Timur No 21, Jakarta Pusat

Gotravelly

Aiola Canteen MERR : Nyobain Mie Pitik Hingga Bubur Ayam Mang Dudung Yang Super Lezat!

Backpacker Ke Palembang Penih Kenangan

2. Pempek Sari Sanjaya

Pempek Sari Sanjaya
pergikuliner.com

Pempek Sari Sanjaya juga menjadi salah satu pempek enak di Jakarta yang wajib untuk kamu coba. Pempek Sari Sanjaya ini lokasinya tersebar di beberapa wilayah di Jakarta sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Pempek Sari Sanjaya ini menawarkan ragam menu pempek dengan cita rasa otentik. Ikan yang digunakan sebagai bahan pempek ini pun konon langsung diambil dari Palembang. Tak heran jika pempek ini sangat lezat dan tidak berbau amis. Kuah pempek ini terasa segar dan tidak terlalu pedas sehingga bisa dinikmati oleh segala usia.

Alamat: Jalan Prof Dr Satrio No 18A, Jakarta Selatan

3. Pempek Cawan Putih

Pempek Cawan Putih
zomato.com

Pempek enak di Jakarta yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Pempek Cawan Putih. Pempek Cawan Putih ini juga cukup populer karena memiliki cita rasa yang lezat.

Berlokasi di Pecenongan, disini kamu bisa menemukan pempek belah dan diisi udang kering (ebi) dan cuko. Pempek ini sangat terasa ikannya karena komposisi ikan pada pempek ini adalah 60% dan 40% menggunakan tepung tapioka atau aci. Istimewanya lagi, kuah cuko disini sangat nikmat, yaitu gurih dan pedas.

Alamat: Jalan Sabang No 29B, Jakarta Pusat

4. Pempek Palembang & Otak-Otak 161

Pempek Palembang & Otak-Otak 161
zomato.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyajikan ragam menu pempek dan otak-otak dengan cita rasa khas Palembang. Pempek Palembang & Otak-Otak 161 ini menjadi salah satu tempat untuk menyantap pempek enak di Jakarta yang wajib untuk kamu kunjungi.

Menu pempek disini pun beragam, kamu bisa memesan menu pempek kapal selam, lenjer, pastel, kulit, adaan hingga pempek panggang. Tak hanya pempek dan otak-otak saja, disini kamu juga bisa memesan menu makanan khas Palembang lainnya seperti Burgo, Laksa, Martabak Har dan Tekwan.

Alamat: Jalan Kelapa Gading Boulevard Blok FW No 26, Jakarta Utara

5. Pempek Eirin 10 Ulu

Pempek Eirin 10 Ulu
pegipegi.com

Pempek Eirin 10 Ulu tak hanya menjadi salah satu tempat untuk menyantap pempek enak di Jakarta, namun juga dikenal sebagai kedai pempek paling legendaris di ibukota. Konon, Pempek Eirin 10 Ulu ini telah ada sejak tahun 1970an, lho.

Menariknya, Pempek Eirin 10 Ulu tak hanya dikenal di Jakarta, namun juga di kota asalnya, yaitu Palembang. Disini kamu juga bisa menemukan ragam pilihan menu pempek dengan cita rasa otentik yang bisa membuatmu ketagihan.

Alamat: Jalan Pintu Kecil No 2, Jakarta Barat

6. Pempek G Putra

Pempek G Putra
shopee.co.id

Pempek enak di Jakarta yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Pempek G Putra. Pempek G Putra ini juga dikenal sebagai salah satu pempek yang legendaris di Jakarta karena telak berdiri sejak tahun 1972.

Pempek G Putra ini menawarkan ragam menu pempek yang memiliki cita rasa nikmat juga otentik, seperti pempek kapal selam, pempek sosis, pempek panjang keju dan pempek telor spesial yang ukurannya sangat besar. Istimewanya lagi, pempek disini disajikan dengan kuah cuko yang nikmat karena perpaduan yang sempurna dari bubuk ebi.

Alamat: Jalan Garuda No 57A, Jakarta Pusat

7. Pempek Pak Jenggot

Pempek Pak Jenggot
pergikuliner.com

Kalau kamu sedang berkunjung ke kawasan Pasar Minggu, maka kamu wajin untuk mencicipi Pempek Pak Jenggot ini. Pempek Pak Jenggot ini juga menjadi salah satu pempek enak di Jakarta yang terkenal legendaris dan banyak diburu.

Pempek disini memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki cita rasa yang gurih. Ditambah lagi dengan siraman kuah cuka yang memiliki cita rasa agak pedas sehingga bisa membuatmu ketagihan saat pertama kali mencicipinya. Ragam jenis menu pempek bisa kamu temukan disini, seperti pempek lenjer, kapal selam, lenggang, kulit hingga adaan. Menu paling favorit disini adalah pempek kapal selam yang memiliki porsi besar dan cita rasa yang nikmat sehingga bisa membuat siapapun ketagihan.

Alamat: Jalan Ragunan Raya No 17, Jakarta Selatan

8. Pempek Kiara

Pempek Kiara
food.grab.com

Pempek enak di Jakarta yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pempek Kiara. Kedai pempek yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk ini wajib untuk kamu kunjungi saat berada di kawasan PIK.

Meskipun Pempek Kiara tidaj sepopuler pempek lainnya di Jakarta, namun Pempek Kiara ini layak untuk kamu coba. Pempek disini memiliki cita rasa gurih yang lezat dipadukan dengan kuah cuko yang pedas dan asam tentu bisa membuatmu katagihan. Tak hanya pempek, disini kamu juga bisa menemukan makanan khas Palembang lainnya, seperti mie celor dan tekwan.

Alamat: Jalan Pantai Indah Kapuk Blok B No 5, Ruko Metro Broadway The Centro, Jakarta Utara

9. Pempek Sriwijaya

Pempek Sriwijaya
traveloka.com

Pempek Sriwijaya juga menjadi salah satu kedai pempek enak di Jakarta yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pempek Sriwijaya ini memang tidak terlalu populer, namun cita rasa pempeknya yang otentik boleh diadu dengan pempek lainnya.

Menu andalan di Pempek Sriwijaya ini adalah pempek lenggang. Pempek lenggang ini dicampur dengan adonan telur yang kemudian diolah seperti telur dadar. Agar terasa makin nikmat, pempek ini diguyur dengan kuah cuko yang pedas dan asam.

Alamat: Jalan Hadiah 2 No 25, Jakarta Barat

10. Pempek Selamat

Pempek Selamat
food.detik.com

Kalau kamu ingin menikmati pempek enak di Jakarta di resto yang bagus, maka kamu wajib datang ke Pempek Selamat. Pempek Selamat ini merupakan sebuah resto yang menawarkan ragam menu pempek yang nikmat.

Pempek Selamat ini memiliki resto yang cukup keren dengan pendingin ruangan yang kencang dan desain resto yang mirip coffee shop. Disini juga kamu bisa memesan kopi sebagai teman makan pempek kamu. Menariknya, Pempek Selamat ini juga tersedia menu frozen dimana kamu bisa membelinya untuk dibawa pulang untuk dinikmati di rumah atau sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Alamat: Jalan Kemang Raya No 90B, Jakarta Selatan

11. Pempek Salmon PIK

Pempek Salmon PIK
pergikuliner.com

Pempek enak di Jakarta berikutnya adalah Pempek Salmon PIK. Berbeda dengan kebanyakan pempek umumnya, Pempek Salmon PIK ini menawarkan menu pempek yang terbuat dari ikan salmon.

Tak hanya itu, menu yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari pempek keriting hingga pempek kapal salmon, yaitu pempek yang berisikan daging salmon cincang. Keunikannya ini mampu membuat banyak pengunjung untuk datang dan penasaran ingin mencicipi nikmatnya pempek salmon ini.

Alamat: Emporium Pluit Mall Lantai LG EC09

12. Pempek Abing

Pempek Abing
traveloka.com

Pempek Abing ini mungkin kurang populer jika dibandingkan dengan kedai pempek lainnya, namuan Pempek Abing ini layak untuk masuk dalam daftar pempek enak di Jakarta yang wajib untuk kamu kunjungi.

Sama halnya dengan kedai pempek lainnya, Pempek Abing ini juga menawarkan ragam menu pempek yang nikmat, seperti pempek kapal selam, lenjer, pistel, kulit dan adaan. Kedai pempek ini juga menawarkan pempek dengan harga terjangkau dan pastinya bisa dinikmati oleh seluruh kalangan.

Alamat: Jalan Professor Doktor Satrio No 16C, Jakarta Selatan

13. Pempek Belida Mas Internasional

Pempek Belida Mas Internasional
andrewwiradinata.com

Pempek enak di Jakarta selanjutnya adalah Pempek Belida Mas Internasional. Pempek ini cukup populer di kalangan penikmat kuliner Palembang karena menawarkan ragam menu pempek yang lezat.

Istimewanya, disini kamu bisa mencoba beberapa inovasi pempek. Seperti salted egg yolk pempek, pempek lenjer cumi, pempek seaweed, pempek mozarella dan yang terbaru adalah pempek mozarella. Meskipun begitu, pempek disini sama sekali tidak berbau amis, memiliki tekstur kenyal dengan rasa ikan yang kuat. Pastinya kuah cukonya sangat nikmat,

Alamat: Jalan Garuda No 34, Jakarta Pusat

14. Pempek Apy

Pempek Apy
pergikuliner.com

Satu lagi pempek enak di Jakarta yang tidak terlalu populer, yaitu Pempek Apy. Pempek Apy ini menyajikan beragam jenis pempek dengan cita rasa otentik yang lezat. Tak hanya itu, Pempek Apy ini terkenal dengan harganya yang terjangkau.

Jenis pempek yang ditawarkan disini pun cukup beragam, mulai dari pempek kapal selam hingga pempek dengan isian pepaya. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 7.000,- per bijinya. Terjangkau sekali, kan? Untuk itu, Pempek Apy ini bisa kamu jadikan jujugan jika ingin menikmati pempek khas Palembang yang enak dengan harga terjangkau.

Alamat: Jalan Kavling Polri Blok B7 Nomor 707B, Jakarta Barat

15. Pempek Garuda

Pempek Garuda
traveloka.com

Pempek Garuda juga layak untuk masuk dalam daftar pempek enak di Jakarta. Pempek ini cukup populer di kalangan pecinta pempek karena tawarkan ragam menu pempek dengan harga terjangkau dengan varian yang cukup lengkap.

Varian pempek yang bisa kamu nikmati disini mulai dari pempek keriting hingga pempek panggang. Harga yang dibanderol berkisar Rp 7.500 hingga Rp 20.000. tak hanya menawarkan menu pempek, disini kamu juga bisa menikmati menu tekwan dan pempek model dengan harga Rp 21.000,-. Pempek Garuda ini memiliki tempat yang sederhana, namun cita rasanya bisa membuat siapapun ketagihan. Untuk itu, jika kamu ingin mencobanya, kamu harus datang lebih awal agar tidak kehabisan.

Alamat: Jalan Garuda No 38, Jakarta Pusat

16. Pempek Pak Raden

Pempek Enak di Jakarta
idntimes.com

Pempek enak di Jakarta yang terakhir adalah Pempek Pak Raden. Pempek Pak Raden ini memang menjadi salah satu pempek yang terkenal di Palembang. Namun, kamu tidak perlu jauh-jauh kesana untuk mencicipi pempek ini karena bisa kamu temukan di Jakarta.

Pempek Pak Raden ini terkenal dengan kuah cukonya yang segar karena dibuat dari bahan yang fresh. Menu andalan disini adalah pempek kapal selam yang porsinya sangat besar dan bisa membuatmu kenyang. Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 25.000,- saja per porsinya.

Alamat: Jalan Meruya Ilir No 40, Jakarta Barat

Itulah tadi daftar 15 tempat makan pempek di Jakarta yang enak. Pastinya kamu tidak perlu jauh-jauh ke Palembang untuk bisa menikmati pempek dengan cita rasa otentik. Bahkan, beberapa diantaranya cukup legendaris, lho. Selamat mencoba.



Leave a Reply