10 Kue Tradisional Indonesia Yang Banyak Dijumpai di Pasar


Fida  August 9, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai negara yang tidak hanya kaya akan tempat wisata alam tetapi juga berbagai Kue Tradisional Indonesia lezat. Ada cukup banyak kuliner khas Indonesia yang dapat Anda coba di berbagai daerah. Jajanan serta kue tradisional juga menawarkan cita rasa lezat dan khas yang sayang untuk Anda lewatkan. Berbagai jajanan tradisional sangat sulit dijumpai tetapi juga ada yang mudah dijumpai hingga saat ini. Berikut daftar Kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar

1. Klepon

Klepon Kue tradisional Indonesia
kompas.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan klepon. Klepon merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar. Meskipun termasuk jajanan tradisional, sangatlah tidak sulit untuk menjumpai klepon di berbagai pasar tradisional.

Jika dilihat dari tampilannya, klepon memiliki ciri khas yakni berbentuk bulat dan berbalut kelapa parut. Jajanan yang satu ini juga dikenal dengan warnanya yang hijau. Klepon merupakan jajanan yang dibuat dari beras ketan yang diisi dengan gula merah. Anda akan merasakan sensasi gurih dan manis saat menikmati jajanan yang satu ini.

paket wisata termurah

Puthu Lanang Claket : Kuliner Legendaris Malang Sejak 1935

Kue Rangin Dan Kenangan Di Masa Kecil

2. Onde-onde

Onde-onde
kompas.com

Onde-onde juga menjadi salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar. Sama seperti klepon, onde-onde juga memiliki bentuk bulat tetapi berwarna coklat dan berbalut wijen di bagian luarnya. Onde-onde diolah dengan cara digoreng.

Yang menjadi ciri khas jajanan yang satu ini adalah isiannya yang lezat. Onde-onde memiliki isian yang khas yakni kacang hijau. Onde-onde tentu sangat mudah dijumpai tidak hanya di berbagai pasar tradisional juga di beberapa pusat oleh-oleh.

3. Kue Cucur

Kue Cucur
piknikdong.com

Salah satu jajanan tradisional yang cukup populer hingga saat ini adalah kue cucur. Kue cucur memiliki ciri khas yakni berbentuk bulat pipih dan menawarkan cita rasa manis. Jajanan yang satu ini tentu sangat menggugah selera dan sayang untuk tidak dicoba.

Cucur menjadi salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar hingga saat ini. Kue cucur dibuat dengan berbagai bahan diantaranya tepung beras, gula merah, daun pandan, tepung terigu, garam, dan juga air. Cita rasa manis yang khas menjadikan kue yang satu ini sangat menarik untuk Anda coba.

4. Kue Lumpur

Kue Lumpur
kompas.com

Saat ini masih cukup banyak kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar, salah satunya adalah kue lumpur. Kue lumpur memiliki bentuk bundar dan biasa menggunakan kismis sebagai topping-nya. Kue lumpur memiliki tekstur yang sangat lembut dan lezat saat dinikmati.

Kue tradisional yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung terigu, kentang, santan, dan juga telur. Kue lumpur juga tergolong kue basah sehingga tidak tahan lama.

5. Kue Lapis Basah

Kue Lapis Basah Kue tradisional Indonesia
selerasa.com

Salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar hingga saat ini adalah kue lapis basah. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kue yang satu ini. Sesuai dengan namanya, kue lapis memiliki tampilan yang berlapis-lapis dan biasa dibuat dengan berbagai warna menarik. Kue yang satu ini juga termasuk kue basah sehingga tidak bertahan lama.

Kue lapis memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dengan cita rasa manis. Kue yang satu ini dibuat dengan bahan utama tepung beras. Meskipun termasuk kue tradisional, tetapi cukup mudah untuk menjumpai kue lapis basah.

6. Putu Ayu

Putu Ayu
merdeka.com

Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan tampilan Putu Ayu bukan? Putu ayu merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar hingga saat ini. Kue yang satu ini memiliki ciri khas yakni berwarna hijau dengan toping parutan kelapa.

Putu ayu memiliki tekstur mirip dengan kue bolu. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis yang berpadu dengan gurihnya parutan kelapa. Selain menawarkan cita rasa lezat, kue yang satu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Tekstur yang lembut tentu menjadikan Anda ingin mencobanya lagi dan lagi.

7. Talam

Talam
yummy.co.id

Pernah mendengar sebutan kue talam? Talam menjadi salah satu jajanan tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar hingga saat ini. Talam sendiri dibuat dengan berbagai bahan diantaranya tepung beras, santan, gula pasir, garam, dan lain-lain.

Talam memiliki bentuk yang cukup unik dengan hiasan potongan daun pandan di atasnya. Cita rasa manis dan gurih tentu sangat cocok dinikmati dan memanjakan lidah. Tidak hanya mudah dijumpai, talam juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, Anda dapat membelinya di berbagai pasar tradisional maupun penjual kue basah.

8. Apem

Apem
kompas.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan kue apem. Apem merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar hingga saat ini. Bentuk dan tampilan Apem memang cukup beragam, salah satunya adalah berwarna coklat.

Apem yang berwarna coklat dibuat dengan berbagai bahan diantaranya tepung beras, telur, santan, gula, dan juga tape. Apem diolah dengan cara dikukus dan disajikan bersama dengan taburan kelapa parut. Anda akan merasakan tekstur yang lembut serta cita rasa gurih dan manis saat menikmati jajanan yang satu ini. Anda dapat membelinya di berbagai pasar tradisional jika penasaran dengan cita rasa apem.

9. Kue Bugis

Kue Bugis
yummy.co.id

Saat mencari kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar, kue bugis menjadi salah satu yang bisa Anda coba. Kue bugis merupakan kue yang memiliki tampilan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kue yang satu ini dibuat dengan berbagai bahan diantaranya kelapa parut, gula merah, garam, tepung beras, santan, dan lain-lain.

Saat mencoba kue bugis, anda akan merasakan sensasi gurih di luar dan manis di dalam. Kue bugis memiliki isian kelapa parut manis yang sangat lezat saat dinikmati. Kue yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional maupun penjual kue basah.

10. Gethuk

Gethuk
sejarahunik.net

Gethuk merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di pasar hingga saat ini. Ada berbagai macam pilihan getuk diantaranya getuk lindri, getuk gulung, dan getuk trio. Meskipun memiliki nama yang berbeda-beda, tetapi sebenarnya bahan utama pembuatan jajanan ini adalah sama yakni singkong.

Singkong diolah dengan cara dikukus dan dihaluskan dengan cara ditumbuk. Jajanan tradisional yang satu ini biasa disajikan bersama dengan parutan kelapa dan tidak jarang ditambahkan dengan gula merah maupun gula pasir. Anda dapat merasakan sensasi citarasa gurih dan manis saat menikmati jajanan tradisional yang satu ini. Tidak hanya lezat, gethuk juga dikenal sehat dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.



Leave a Reply