Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik

otak otak bandeng bu muzanah

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
19 Dec 2019


Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik
Berawal dari penjualan otak otak bandeng yang laris manis, kini toko oleh oleh Bu Muzanah menjadi pusat mencari oleh oleh khas Gresik paling favourit

 

Otak otak bandeng, salah satu makanan khas Gresik ini juga dikenal sebagai  oleh oleh khas Kota Gresik. Kota yang dijuluki kota santri ini memang dikenal sebagai pusat penghasil bandeng dengan kualitas yang bagus. Hal ini karena letaknya berada di pesisir Utara pantai Jawa, jadi bandengnya nggak bau tanah.

Di kota Gresik sendiri, bandeng diolah menjadi beberapa masakan kesukaan. Mulai bandeng asap, bandeng bakar, otak otak bandeng hingga keropok bandeng. Diantara banyaknya olahan bandeng tersebut, otak otak bandeng paling digemari.

otak otak bandeng bu muzanah


otak otak bandeng bu muzanah


Penjual otak otak bandeng khas Gresik banyak dijumpai sepanjangan Jl. Sindujoyo. Dekat pasar Gresik. Tapi ada satu penjual otak otak bandeng yang melegenda dan menjadi favourit masyarakat Gresik juga wisatawan, yaitu Otak Otak bandeng Bu muzanah. Dan paling sering dijadikan oleh oleh hingga keluar kota.

otak otak bandeng bu muzanah


Otak otak bandeng bu Muzanah bisa dibeli di toko oleh oleh Muzanah. Berawal dari otak otak bandeng, toko oleh oleh Muzanah sekarang menjual berbagai oleh oleh khas Gresik. Setiap hari selalu ramai diserbu pembeli. Apalagi hari minggu, bisa bikin macet jalan.

Di toko oleh oleh bu Muzanah  ada berbagai macam olahan bandeng. Selain otak otak bandeng, ada bandeng bakar dan bandeng asap. Juga ada oleh oleh khas Gresik lainnya seperti pudak, jubung, ayas, ubus, kripik rasa krawu, kripik pedas dan masih banyak lagi. lengkap pokoknya.

otak otak bandeng bu muzanah

 

otak otak bandeng bu muzanah


otak otak bandeng bu muzanah



Yang saya suka, otak otak bandeng Bu Muzanah ini selalu dijual fresh. Kita bisa melihat otak otak bandeng masih fresh dikirim dari tempat pembakaran. Kadang masih panas.

Waktu saya datang kemari niatnya beli otak otak badeng saja. Ketika menunggu otak otak bandeng dimasukkan kedalam box, saya melihat sesuatu yang lain. Dan seringnya ketika saya kesini, tidak melihatnya. Ketika saya tanya, pelayannya menjawab itu wedel bandeng. Jerohan bandeng yang ditumis bersama bumbu. Penasaran, saya kemudian membeli juga wedel bandeng.

otak otak bandeng bu muzanah


Otak otak bandeng dikemas dalam box panjang yang sudah dilapisi daun pisang dan kertas roti. Kemudian dimasukkan dalam kantong plastik. Jika beli banyak, disini tersedia kardus besar. Jadi mudah untuk dibawa dan dijadikan oleh oleh.

Rasa otak otak bandeng bu Muzanah ini memang spesial. Otak Otaknya tidak dibakar tapi diasap. Jadi lebih padat dan tahan lama. Rasanya pedas, sedikit manis. Dari luar warnanya seperti ikan bandeng bakar. Tapi ketika dimakan, terlihat daging ikan dengan warna merah bata gelap, karena banyaknya bumbu yang digunakan. Bumbunya memang terasa. Enak dengan rasa tradisional yang pas dilidah.

Otak otak bandeng Gresik ini membuatnya memang sedikit rumit. Pertama, daging ikan diambil. Dipisah dari kulit dan kepala yang masih utuh. Dagingnya yang sudah diambil, dipisahkan dari duri duri kecil. Kemudian dagingnya dihaluskan. Sesudah halus dicampur dengan bumbu tradisional. Kemudian daging yang sudah bercampur dengan bumbu dimasukkan lagi kedalam kulit bandeng. Kemudian dijapit dengan bambu. Proses terakhir, bandeng di asap hingga matang.

otak otak bandeng bu muzanah

otak otak bandeng bu muzanah


Nggak salah jika harga otak otak bandeng sedikit mahal. Prosesnya memang membutuhkan waktu yang lama. Satu otak otak bandeng bu Muzanah harganya Rp. 60.000. Naik, sebelumnya harganya Rp. 50.000. Tapi untuk harga segitu memang lumayan berharga, apalagi ukuran bandengnya juga besar. Dan tentu saja, rasa lezat yang melegenda.

Untuk wedel bandeng.  Ini Jerohan ikan bandeng (usus, jantung, hati, dll) yang ditumis dengan cabe dan berbagai macam bumbu. Rasanya pedas banget. Sedikit berminyak. Dan nggak pahit sama sekali. Gurihnya kebangetan sih. Rasa bumbunya juga nggak terlalu kuat seperti otak otak bandeng. Enak. Dimakan apa adanya enak, dan disantap bersama nasi hangat juga cocok.  Untuk wedel wandeng dijual dengan harga Rp. 10.000 saja.

otak otak bandeng bu muzanah

otak otak bandeng bu muzanah


Kayaknya untuk wedel bandeng ini jumlahnya nggak banyak. Selama ini sering kesini dan nggak pernah lihat. Kemarin saya datang memang pagi ya, sekitar jam 8 gitu. dan saya lihat jumlah hanya sekitar 8 atau 10 wadah wedel bandeng saja. Jadi kalau kamu pingin cobain juga, saya saranin kesini pagi hari.

Kalau datang ke kota Gresik untuk berwisata religi atau berkunjung kerumah saudara, dan berniat mencari oleh oleh, otak otak bu Muzanah menjadi pilihan yang tepat.

 

Opening Hours
07.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY