Jelajahi 10 Tempat Wisata Sejarah di Malaysia Yang Menarik


Fida  August 22, 2021  0 Comment

Mengunjungi berbagai negara di dunia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Malaysia menjadi salah satu negara yang dikenal menawarkan cukup banyak tempat wisata, termasuk wisata sejarah di Malaysia sehingga tidak jarang negara ini dipilih sebagai tujuan wisata. Tidak hanya wisatawan lokal saja, melainkan juga wisatawan dari berbagai negara lainnya.

Selain tempat wisata alam, Anda juga dapat berkunjung ke berbagai tempat wisata sejarah di Malaysia. Selain menawarkan bangunan-bangunan indah, pengunjung juga akan dimanjakan dengan cerita sejarah serta berbagai spot foto menarik. Berikut daftar Tempat wisata sejarah di Malaysia

1. St Paul Church

Tempat wisata sejarah di Malaysia
tripadvisor.co.id

St Paul Church menjadi salah satu gereja bersejarah yang telah selesai dibangun pada 1521. Selain dikenal sebagai tempat wisata sejarah di Malaysia, gereja yang satu ini juga menjadi gereja tertua di Asia Tenggara. Gereja yang satu ini memiliki lokasi di atas bukit sehingga untuk mengunjunginya pengunjung harus melewati anak tangga yang cukup banyak.

Dari tempat yang satu ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan Kota Tua Melaka. Pengunjung juga dapat melihat batu batu nisan raksasa yang ditulis dengan bahasa Belanda dan Portugis. Yang menjadi daya tarik dari tempat yang satu ini adalah adanya pemakaman tua Belanda.

rekomndasi kuliner enak

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

Telusuri Bangunan Tua Bersejarah Di Malaka, Malaysia

2. Jonker Street

Tempat wisata sejarah di Malaysia
blog.airpaz.com

Jonker Street menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Malaysia yang dapat Anda datangi. Tempat yang satu ini merupakan bagian dari Chinatown di Malaka. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya bangunan toko dengan arsitektur unik dan menarik.

Kawasan yang satu ini juga kental akan budaya Tiongkok. Tidak ada salahnya untuk menyusuri jalanan yang satu ini baik pagi maupun malam hari. Selain arsitekturnya yang unik dan khas, pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya kuliner lezat serta beragam souvenir khas Malaysia.

3. A Famosa Fort

Tempat wisata sejarah di Malaysia
triphobo.com

Ada cukup banyak tempat wisata sejarah di Malaysia, salah satunya adalah A Famosa Fort. Kawasan yang satu ini merupakan benteng peninggalan Portugis yang telah dibangun pada tahun 1511. Benteng Ini juga merupakan bangunan peninggalan Eropa tertua yang ada di Asia Tenggara.

Meskipun memiliki kondisi yang sudah tidak utuh, tetapi pengunjung bisa menikmati bentuk bangunan serta berfoto di sekitarnya. Bagian gerbang benteng yang masih berdiri kokoh menjadi salah satu spot menarik yang kerap dipilih oleh wisatawan untuk berfoto.

4. Baba Nyonya Heritage Museum

wisata sejarah di Malaysia
indephedia.com

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata sejarah di Malaysia, Baba Nyonya Heritage Museum sangat direkomendasikan untuk Anda datangi. Museum yang satu ini menampilkan sejarah lokal etnis Cina Melayu yang telah berdiri sejak tahun 1986.

Anda dapat mendatangi museum yang satu ini di Jalan Tun Tan Cheng Lock. Baba Nyonya Heritage Museum buka tiap hari Senin hingga Sabtu pukul 10.00 – 12.30 dan 14.00 – 16.30.

5. Kellie’s Castle

Tempat wisata sejarah di Malaysia
travelswithsun.com

Kellie’s Castle menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Malaysia yang berlokasi di daerah Batu Gajah, Perak, Malaysia. Tempat yang satu ini dibangun oleh seorang petani terpandang dari Skotlandia di tahun 1910. Jika dilihat sekilas, bangunan ini memiliki kemiripan dengan istana Mughal di India.

Tidak jarang tempat yang satu ini dipilih sebagai tempat wisata sejarah oleh wisatawan yang datang dari berbagai negara. Pengunjung dapat Menyusuri ruang bawah tanah serta terowongan rahasia yang dilengkapi dengan lift. Konon katanya lift disini juga menjadi lift pertama di tanah Melayu. Pengunjung juga dapat menikmati luasnya lapangan tenis di lantai dua bangunan ini.

6. Muzium Diraja Negara

wisata sejarah di Malaysia
jmm.gov.my

Malaysia menjadi salah satu negara yang dikenal menawarkan cukup banyak tempat wisata. Museum Diraja Negara menjadi salah satu pilihan tempat wisata sejarah di Malaysia yang ramai didatangi wisatawan. Anda dapat mendatanginya di Jalan Istana, Istana Negara, Kuala Lumpur, Malaysia.

Museum yang satu ini telah dibangun pada tahun 1928 dan dikenal memiliki cerita sejarah yang cukup panjang. Saat datang kesana, pengunjung dapat menikmati 3 bagian dari museum ini yakni halaman, sayap barat dan sayap timur. Tempat yang satu ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin mempelajari tentang Kesultanan Selangor.

7. Thean Hou Temple

Tempat wisata sejarah di Malaysia
travel.detik.com

Sudah tidak asing lagi bahwa Thean Hou Temple menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Malaysia. Anda dapat mendatangi nya di daerah Persiaran Endah, Kuala Lumpur, Malaysia. Pengunjung akan dimanjakan dengan arsitektur kontemporer dan tradisional yang menawan. Berbagai ornamen dan prasasti khas Tiongkok menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Bangunan yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1894 dan menjadi salah satu kuil Buddha terbesar dan tertua di Asia Tenggara. Tidak sedikit yang menyebut bangunan ini sebagai Dewi Surga. Untuk datang dan menyusurinya, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

8. Masjid Jamek Sultan Abdul Samad

Rekomendasi Tempat wisata sejarah di Malaysia
masjidabdulrahmanhasri.wordpress.com

Masjid Jamek Sultan Abdul Samad menjadi salah satu tempat wisata yang tidak asing dan selalu ramai wisatawan dari berbagai daerah. Kawasan yang satu ini dibangun sejak zaman penjajahan yakni pada tahun 1907. Tidak heran jika masjid ini menjadi masjid tertua di Malaysia.

Masjid yang satu ini menawarkan pemandangan luar biasa saat malam hari. Pengunjung akan dibuat takjub dengan desain dan arsitekturnya yang menawan. Arsitektur masjid yang satu ini bergaya Mughal, Islam, dan Moor. Bangunan yang satu ini tentu menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di Malaysia.

9. Melaka Sultanate Palace

wisata sejarah di Malaysia
gomelaka.my

Salah satu tempat wisata bersejarah di malaysia yang sayang untuk dilewatkan adalah Melaka Sultanate Palace. Tempat yang satu ini merupakan replika kayu dari istana abad ke-15 milik Sultan Mansyur Shah.

Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai hal yang disuguhkan di museum di antaranya perhiasan, kostum tradisional, persenjataan, dan masih banyak lagi. Istana kerajaan yang satu ini dibangun pada tahun 1459 dan diklaim sebagai istana paling rumit yang pernah dibangun.

10. The Stadthuys

Tempat wisata sejarah di Malaysia
gomelaka.my

The Stadthuys menjadi salah satu tempat wisata yang sudah cukup dikenal sebagai tempat wisata sejarah di Malaysia. Salah satu ciri khas dari bangunan ini adalah berwarna merah serta memiliki arsitektur yang unik. Karena keindahannya, tidak jarang tempat yang satu ini dipilih sebagai spot menarik untuk berfoto.

Bangunan yang satu ini telah dibangun pada tahun 1650 dan dulunya merupakan pusat administratif Kantor Gubernur Belanda. Anda juga dapat mengenal kawasan ini dengan sebutan Red Square karena seluruh bangunannya berwarna merah. Tidak jarang wisatawan menyusuri kawasan ini dengan berjalan kaki. Tampilan bangunan yang eksotis dan instagramable menjadikan kawasan ini sayang untuk Anda lewatkan.

Nah, itulah daftar 10 tempat wisata sejarah di Malaysia yang sangat direkomendasikan untuk Anda datangi. Wisata sejarah manakah yang paling menarik dan menjadikan Anda ingin mengunjunginya?



Leave a Reply