Nih 10 Wisata Alam di Papua Menyejukkan Mata


Fida  June 30, 2021  0 Comment

Wisata alam di Papua dikenal sebagai salah satu destinasi yang menawarkan banyak keindahahn eksotis. Ada cukup banyak pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di berbagai daerah di papua . Untuk menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi salah satu dari banyaknya tempat wisata alam yang menakjubkan.

Papua menjadi salah satu daerah dimana Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 10 tempat wisata alam di Papua yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan.

1. Danau Habema

Danau Habema
kumparan.com

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata alam di Papua, danau habema dapat menjadi destinasi tepat yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata alam yang satu ini berlokasi di daerah kaki gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan danau yang luas dan menakjubkan. Di sekeliling danau terdapat pemandangan gunung yang tentu menjadikan wisata alam yang satu ini semakin menarik untuk dikunjungi. Anda juga dapat menyaksikan burung-burung eksentrik yang hanya terdapat di Papua. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini?

Gotravelly

Replika Danau Kalimutu Bekas Galian Tambang Di Kota Marmer

Sunrise Gunung Batur Yang Memikat Hati

2. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik
tribunnewswiki.com

Berkunjung ke pantai tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa dilakukan saat berlibur. Pantai Bosnik menjadi salah satu tempat wisata alam di Papua yang cukup populer dan ramai dikunjungi wisatawan. Pantai yang satu ini berlokasi di desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang bersih dan luas. Selain itu, perairan di pantai ini juga sangat jernih dan memanjakan mata. Suasana yang sejuk menjadikan banyak orang betah untuk berlama-lama di kawasan pantai ini. Pantai Bosnik juga dikenal dengan sebutan Pantai Segara Indah. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan snorkeling. Meskipun begitu, pengunjung tetap harus waspada dan berhati-hati karena ombak pantai ini cukup kencang.

3. Danau Sentani

Danau Sentani
nativeindonesia.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Danau Sentani. Danau yang satu ini dikenal sangat populer sebagai salah satu wisata alam di Papua. Anda dapat mengunjunginya di daerah Kabupaten Jayapura, Papua.

Danau yang satu ini dikenal sangat luas dan membentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Tidak tanggung-tanggung, danau ini dikelilingi oleh 24 desa. Pengunjung dapat menjumpai berbagai fauna darat maupun laut saat berkunjung ke kawasan danau maupun pulau-pulau kecil di sekitarnya. Anda juga dapat melihat langsung pohon matoa, pohon kayu putih, dan pohon pinang.

4. Pantai Samber

Pantai Samber
idntimes.com

Diantara banyaknya pilihan tempat wisata alam di Papua, Anda dapat datang dan mengunjungi Pantai Samber. Pantai yang satu ini menawarkan keindahan alam luar biasa dan bisa Anda datangi di daerah Biak Barat, Papua.

Kawasan pantai yang satu ini menawarkan keindahan luar biasa dengan air yang sangat jernih. Pengunjung akan dimanjakan dengan keanekaragaman terumbu karang yang indah. Pengunjung dapat mencoba sensasi berenang di laut lepas di kawasan Pantai Samber. Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata alam di Papua, Pantai Samber tentu sayang untuk Anda lewatkan.

5. Air Terjun Karmon

Air Terjun Karmon
tripadvisor.co.id

Air Terjun Karmon merupakan salah satu tempat wisata alam di Papua yang sayang untuk dilewatkan. Anda dapat mengunjungi air terjun yang satu ini di daerah Yawosi, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya aliran air terjun yang mengalir pada tebing yang berundak. Selain deras, aliran air terjun yang satu ini juga sangat bersih dan jernih. Pengunjung harus berjalan kaki dengan jarak 100 meter untuk tiba di lokasi air terjun. Air Terjun Karmon cukup populer dan ramai didatangi wisatawan. Indahnya air terjun dengan tinggi 30 meter ini tentu sangat memanjakan mata.

6. Bukit Jokowi

Bukit Jokowi
ayotraveling.com

Pernah mendengar sebutan Bukit Jokowi? Bukit Jokowi merupakan salah satu tempat wisata alam di Papua yang cukup populer dan ramai didatangi wisatawan. Anda dapat mengunjungi Bukit Jokowi di daerah Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

Dulunya bukit yang satu ini memiliki nama Skyline, tetapi sejak tahun 2014 namanya berubah menjadi Bukit Jokowi. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah serta banyaknya spot instagramable. Suasana yang sejuk juga menjadikan wisata alam yang satu ini sayang untuk tidak Anda datangi.

7. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz
travel.kompas.com

Taman Nasional Lorentz menjadi salah satu tempat wisata alam di Papua yang cukup populer dan tidak asing di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Taman nasional yang satu ini terbentang di antara 4 daerah yakni Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Paniai. Karena memiliki lokasi yang cukup luas, tidak heran jika Taman Nasional Lorenz tetapkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Kawasan ini juga dikenal sebagai salah satu dari 3 daerah di dunia yang memiliki gletser di daerah tropis. Taman Nasional Lorenz juga ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Saat berkunjung ke Papua, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir dan menjelajahi indahnya taman nasional yang satu ini.

8. Lembah Baliem

Lembah Baliem
cnnindonesia.com

Hatimu menentukan tujuan tempat wisata alam di Papua, lembah Baliem dapat menjadi destinasi tepat untuk Anda datangi. Lembah yang satu ini berlokasi di daerah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Wisata alam yang satu ini tentu sangat menarik untuk didatangi karena tidak hanya dikelilingi oleh pegunungan tetapi juga memiliki ketinggian 1600 mdpl sehingga menawarkan suasana yang sangat sejuk. Lembah yang satu ini juga menjadi tempat tinggal bagi suku asli Papua seperti Suku Hubula, Suku Yali, dan Suku Lani. Saat datang di bulan Agustus, Anda dapat menyaksikan Festival Budaya Lembah Baliem yang mempertontonkan aksi kolosal perang antar suku.

9. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
beritapapua.id

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata alam di Papua yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Kawasan yang satu ini menawarkan keindahan alam luar biasa dengan suguhan lebih dari 500 spesies karang.

Pengunjung dapat bebas melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan bawah laut yang ditawarkan. Teluk Cendrawasih juga dikenal sebagai kawasan tinggal bagi hiu paus yang jinak. Warga lokal maupun nelayan sudah terbiasa bertemu dengan hewan laut yang satu ini.

10. Danau Paniai

Wisata Alam di Papua
jejakpiknik.com

Danau Paniai menjadi salah satu tempat wisata alam di Papua yang menawarkan keindahan luar biasa. Wisata alam yang satu ini berada di ketinggian 1700 mdpl sehingga menawarkan suasana yang sangat sejuk dan dingin.

Di kawasan danau ini pengunjung dapat melihat warga sekitar yang melakukan budidaya berbagai jenis ikan seperti seperti ikan nila, ikan mujair, dan masih banyak lagi. Anda dapat mencoba olahan ikan yang sangat lezat dan fresh.



Leave a Reply