Jelajahi 10 Danau di Papua Yang Mempesona


prita  June 29, 2022  0 Comment

Danau di Papua juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Papua memang selalu dikenal dengan Raja Ampat yang mendunia, namun siapa sangka jika Papua juga memiliki deretan danau cantik yang indah?

Pulau di Timur Indonesia ini memang banyak sekali menyimpan surga tersembunyi yang memiliki daya tariknya tersendiri sehingga menarik banyak orang untuk datang berkunjung. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Papua dan tertarik untuk menjelajahi keindahan alamnya, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi deretan danau paling cantik di Papua berikut ini.

1. Danau Sentani

Danau Sentani
pegipegi.com

Danau di Papua yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Danau Sentani. Danau yang berada di sebelah selatan Kabupaten Jayapura ini memang menjadi yang paling terkenal di Papua.

Danau seluas 9.360 ha ini memiliki kedalaman hingga 70 meter di bawah permukaan laut. Tak hanya menawarkan pesona alam dan nilai budaya yang tinggi bagi masyarakat sekitar, Danau Sentani ini juga mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Danau Sentani, setahun sekali Pemerintah setempat sering mengadakan Festival Danau Sentani yang cukup meriah.

Gotravelly

Alun-Alun Ponorogo: Alternatif Wisata Murah Tengah Kota

Menengok Wajah Baru Teras Malioboro 2 Jogja

2. Danau Kamakawalor

Danau Kamakawalor
travel.okezone.com

Danau Kamakawalor juga menjadi salah satu danau paling indah di Papua yang wajib untuk kamu kunjungi. Danau yang berlokasi di Kabupaten Kaimana ini sangat mudah diakses sehingga banyak menarik wisatawan untuk berkunjung.

Danau yang cukup luas ini memang memiliki ragam fasilitas pendukung sehingga cocok untuk dijadikan sebagai destinasi rekreasi bagi keluarga. Saat berkunjung kesini, kamu bisa membawa tikar dan makanan ringan untuk piknik dan bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

3. Danau Rombebai

Danau Rombebai
buliran.com

Berada di tepi Sungai Memberamo atau sekitar 20 kilometer dari Samudera Pasifik, Danau Rombebai ini juga menjadi salah satu danau di Papua yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Danau Rombebai ini menjadi danau terbesar kedua di Papua setelah Danau Sentani karena memiliki luas mencapai 137 ha. Lokasinya yang berada cukup dekat dengan Samudera Pasifik, pada musim tertentu masyarakat setempat sering menemukan hiu masuk ke dalam perairan danau air tawar ini. Hal tersebut sering terjadi karena danau ini termasuk danau terbuka dan dekat dengan Sungai Memberamo, sehingga pada musim hujan aliran sungai cukup deras untuk menuju Samudera Pasifik.

4. Danau Tigi

Danau Tigi
ilmugeografi.com

Danau di Papua yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Danau Tigi. Danau Tigi ini juga menawarkan keindahan alam yang bisa membuat siapapun terpesona.

Untuk menuju ke Danau Tigi, kamu harus menuju ke lembah Pegunungan Deiyai. Menariknya, di kawasan ini kamu akan menemukan sebuah pulau kecil yang berada di tengah danau bernama Pulau Duamo. Wisatawan yang datang kesini tak hanya bisa melihat keindahan danaunya saja, tapi juga bisa melakukan ragam aktivitas seru lainnya seperti memancing hingga berkeliling danau menggunakan perahu. Untuk kamu yang suka bersantai, kamu bisa duduk di tepian danau untuk menikmati keindahan alam di sekitar.

5. Danau Love

Danau Love
indonesiatraveler.id

Danau Love atau Danau Imfote juga menjadi salah satu danau di Papua yang cukup menarik untuk dikunjungi. Danau yang berada di Kecamatan Ebungfau, Kabupaten Jayapura ini memiliki bentuk yang indah, yaitu menyerupai bentuk hati atau love. Tak heran jika banyak juga yang menyebut danau ini sebagai Telaga Cinta.

Jika kamu ingin melihat bentuk danau ini, kamu bisa melihatnya dari atas bukit yang ada di sekeliling danau. Tak heran jika bukit di sekitar danau ini menjadi tempat pilihan wisatawan yang ingin berburu foto untuk mengabadikan indahnya Danau Love ini.

6. Danau Teluk Youtefa

Danau Teluk Youtefa
genpi.co

Danau di Papua yang satu ini juga tak kalah cantik dan menjadi salah satu destinasi wisata di Jayapura yang wajib untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, danau ini sebenarnya adalah teluk yang dikelilingi oleh tanjung.

Danau Teluk Youtefa ini berada di Enggros, Kota Jayapura dan berada di antara Tanjung Saweri dan Tanjung Pie. Pemandangan yang ditawarkan oleh danau ini sangat asri dan menyejukkan mata. Ditambah lagi dengan adanya hutan mangrove dan hutan sagu yang menjadikan pemandangan Danau Teluk Youtefa ini semakin indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan pulau kecil yang berada di bagian tengah danau, yaitu Pulau Engros dan Pulau Tobati.

7. Danau Anggi

Danau Anggi
indonesiakaya.com

Danau Anggi juga masuk dalam daftar danau di Papua yang menawarkan keindahan tersendiri. Danau ini juga bisa kamu jadikan salah satu destinasi wisata saat menjelajahi Papua.

Danau Anggi ini berada di kawasan pegunungan Arfak dan memiliki dua nama yaitu Anggi Ginji dan Anggi Gita yang keduanya terpisahkan oleh gunung. Menurut legenda masyarakat Arfak, konon terdapat sepasang anak manusia yang tinggal di Pegunungan Arfak, Manokwari. Mereka hidup berdua dan memadu kasih hingga kekuatan cinta mengabadikan diri mereka menjadi dua buah danau besar yang ada sampai saat ini. Konon, kedua danau tersebut masih ditinggali oleh seekor naga jantan dan betina.

Namun, dibalik kisah legenda yang ada di Danau Anggi ini, kamu bisa menikmati keindahan danau yang menawan dan layak untuk diabadikan dalam bingkai foto.

8. Danau Habema

Danau Habema
ksmtour.com

Danau di Papua yang satu ini juga tak kalah indah dan wajib untuk masuk dalam daftar wisata di Papua yang wajib dikunjungi. Danau Habema ini berada di kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Danau Habema ini juga menjadi salah satu danau tertinggi di Indonesia sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai danau di atas awan karena memang lokasinya yang berada di ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut. Danau ini juga dianggap sebagai tempat keramat yang menjadi sumber kesuburan dan kehidupan.

9. Danau Paniai

Danau Paniai
tribunnewswiki.com

Sesuai dengan namanya, Danau Paniai ini berada di Kabupaten Paniai, Papua. Danau ini cukup terkenal memiliki keindahan alam yang indah, alami dan terawat dengan baik.

Awalnya, danau ini diberi nama Wisselmeren, yang mana nama tersebut diambil dari nama orang pertama yang menemukan danau ini di tahun 1938, yaitu seorang pilot berkebangsaan Belanda.

Danau Paniai ini memiliki luas mencapai 14.500 hektar sehingga memberi cukup ruang kepada wisatawan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan keinginannya saat berwisata ke danau tersebut.

10. Danau Rawa Biru

Danau Rawa Biru
beritapapua.id

Danau di Papua yang terakhir adalah Danau Rawa Biru. Danau Rawa Biru ini merupakan sebuah danau cantik yang berada di Taman Nasional Wasur yang berada di Kabupaten Merauke.

Danau Rawa Biru ini memiliki daerah aliran sungai seluas 4.791,671 kilometer persegi dengan luas badan air aktualnya adalah 95 Ha. Danau Rawa Biru ini merupakan ekosistem amphibius yang sangat dipengaruhi oleh musim.



Leave a Reply