Yuk Cobain Cita Rasa Unik 10 Jajanan Khas Papua


Fida  August 17, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai negara yang menawarkan keragaman wisata, budaya, serta kuliner lezat. Berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia tentu sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba berbagai kuliner khasnya. Seperti halnya Jajanan Khas papua Yang memiliki rasa unik karena menggunakan bahan lokal yang jarang ditemukan di daerah lain.

Papua menjadi salah satu daerah yang kerap didatangi oleh wisatawan untuk menikmati keindahan alam maupun kuliner khasnya. Ada cukup banyak pilihan makanan khas Papua yang bisa Anda coba. Selain makanan berat, Anda juga dapat mencoba berbagai jajanan yang ditawarkan. Berikut daftar Jajanan khas Papua

1. Kue Lontar

Jajanan khas Papua
shopee.co.id

Tentang jajanan khas Papua, kue lontar menjadi salah satu jajanan lezat yang banyak diburu oleh wisatawan. Kue yang satu ini cukup populer dan mudah dijumpai khususnya di daerah Papua Barat. Cita rasa yang lezat serta khas sangat cocok dinikmati oleh lidah orang Indonesia.

Kue lontar memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan pie susu. Anda dapat menjumpai kue yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Papua. Setelah mencobanya, Anda tentu akan ketagihan dengan kelezatannya.

rekomndasi kuliner enak

Akhirnya.. Nemu Tempat Ngopi Dekat Kampus Yang Murah Bangeet!

Puthu Lanang Claket : Kuliner Legendaris Sejak 1935

2. Sagu Lempeng

Rekomendasi Jajanan khas Papua
food.detik..com

Salah satu jajanan khas Papua yang sayang untuk tidak Anda coba adalah sagu lempeng. Jajanan yang satu ini juga mudah dijumpai di daerah lainnya seperti Maluku, Riau, dan Kalimantan. Hidangan yang satu ini biasa dibuat oleh warga Papua untuk konsumsi pribadi.

Sagu lempeng dibuat dengan menggunakan bahan dasar sagu dan memiliki cara pengolahan yang tidak jauh berbeda dengan roti pada umumnya. Sagu lempeng sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat.

3. Kue Bagea

Jajanan khas Papua
cantik.tempo.co

Berkunjung ke Papua tentu sangat disayangkan jika tidak menyempatkan untuk mencoba kuliner lezatnya. Ada cukup banyak kuliner yang ditawarkan termasuk berbagai jajanan khas Papua. Kue bagea menjadi salah satu jajanan yang tidak hanya populer di kalangan warga lokal tetapi banyak diburu oleh wisatawan.

Kue bagea merupakan kue yang dibuat dengan bahan dasar sagu. Kue yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dari perpaduan tepung sagu dan kenari. Kue bagea juga memiliki tekstur yang khas yakni sedikit keras. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh dengan kemasan praktis dan harga cukup terjangkau.

4. Ulat Sagu

Jajanan tradisonal Papua
wowkeren.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan ulat sagu khas Papua. Ulat sagu kerap dikonsumsi sebagai salah satu jajanan khas Papua dan dapat dinikmati langsung maupun dibakar seperti sate.

Ulat sagu juga banyak dipilih sebagai lauk untuk makan. Makanan yang satu ini memiliki banyak kandungan seperti asam oleat, omega 3, omega 6, omega 9, dan juga protein. Tidak hanya dikenal lezat, makanan kaya manfaat ini sayang untuk tidak Anda coba.

5. Abon Gulung

Jajanan khas Papua yang enak
lifestyle.okezone.com

Abon gulung menjadi salah satu jajanan khas Papua yang cukup populer dan dikenal menawarkan cita rasa lezat. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memiliki bentuk gulungan dengan isian abon yang melimpah. Makanan yang satu ini juga dikenal memiliki tekstur yang lembut dan tampilan yang menggugah selera.

Ukurannya yang cukup besar menjadikan Anda cepat kenyang saat menyantapnya. Tidak hanya cocok dinikmati di Papua, abon gulung juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Karena abon gulung tidak bertahan cukup lama, saat ingin membelinya sebagai oleh-oleh Anda harus membeli abon gulung mendekati jadwal pulang.

6. Keripik Keladi

Jajanan khas Papua terkenal
yummy.co.id

Saat berkunjung ke Papua, tentu sangat disayangkan bagi Anda jika tidak mencoba kuliner dan jajanan khas Papua. Keripik keladi menjadi salah satu jajanan yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Anda dapat membeli keripik yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Papua.

Keripik keladi biasa dijual dengan kemasan yang cukup praktis sehingga cocok dipilih untuk dibawa pulang. Sesuai dengan namanya, keripik yang satu ini dibuat dari umbi-umbian yang bernama keladi. Teksturnya yang renyah dan empuk tentu membuat Anda ketagihan saat mencobanya. Keripik yang satu ini juga cocok dipilih sebagai camilan saat menonton film. Biasanya keripik yang satu ini dijual dengan 2 pilihan rasa yakni pedas dan gurih.

7. Martabak Sagu

Jajanan tradisional Papua
nurahmanafandi.wordpress.com

Saat ingin menikmati salah satu jajanan khas Papua, martabak sagu menjadi jajanan yang tepat untuk Anda pilih. Sesuai dengan namanya, martabak yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar sagu. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih dan manis dengan tekstur yang khas.

Martabak sagu banyak dijumpai di daerah Fak-fak, Papua. Cita rasa martabak yang satu ini tentu sedikit berbeda dengan martabak pada umumnya. Martabak sagu menjadi hidangan khas yang cocok untuk Anda coba saat berkunjung ke Papua.

8. Sarang Semut

Jajanan khas Papua yang enak
tokopedia.com

Saat berkunjung ke Papua, tentu sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba salah satu jajanan khas Papua yang ditawarkan. Kue yang satu ini memiliki bentuk seperti sarang semut. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan rasa rempah khas kayu manis dan cengkeh.

Jika dilihat bentuknya, kue yang satu ini juga sekilas tampak mirip dengan kue khas Medan yakni bika ambon. Kue unik dan khas yang satu ini banyak diminati oleh warga lokal dan juga diburu oleh banyak wisatawan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 30.000,- untuk ukuran 1 loyang sedang. Saat datang ke Papua, sarang semut cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

9. Cacing Laut

Jajanan khas Papua
sumber.com

Ada cukup banyak jajanan khas Papua yang bisa Anda coba, salah satunya adalah olahan cacing laut. Apa yang terlintas dipikiran Anda saat mendengar sebutan cacing laut? Cacing laut merupakan cacing yang banyak ditemukan di pasir putih timbul. Cacing tersebut memiliki panjang 30 hingga 40 cm.

Sudah tidak asing lagi bahwa cacing laut banyak diolah dan dinikmati sebagai salah satu makanan atau jajanan khas Papua. Proses pembuatannya yang panjang dan berbagai rempah yang digunakan menghasilkan cita rasa lezat. Tampilan dari makanan yang satu ini juga sangat menggoda dan menggugah selera.

10. Aunu Senebre

Jajanan khas Papua
lifestyle.okezone.com

Aunu Senebre menjadi salah satu jajanan khas Papua yang unik dan khas. Olahan yang satu ini dibuat dari ikan teri yang dicampur dengan nasi lalu digoreng. Sebelum dikukus, olahan yang satu ini terlebih dahulu ditambahkan daun talas dan kelapa parut.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dan lezat. Tidak jarang hidangan ini dinikmati bersama papeda khas Papua. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 25.000,- per porsi.

Nah itulah daftar 10 jajanan khas Papua yang sayang untuk tidak Anda coba. Beberapa jajaran tersebut tentu cocok Anda pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Hidangan manakah yang paling terlihat menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply