69 views | 0 Likes

Replika danau kalimutu bekas galian tambang di kota marmer

4 star (from 1 people)
Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 01 December 2019, 10:50:30
Zhella
Sightseeing

Ditulungagung terdapat replika kalimutu jawa, hasil galian lubang tambang loh? simak yuk review perjalanan saya .

How to Get There

Kabupaten Tulungagung selain memiliki objek wisata pantai dan pegununggan ternyata terdapat wisata baru yang fenomenal. Destinasi ini dahulu merupakan lubang bekas galian tambang yang sekarang membentuk sebuah danau dengan nama replika danau kalimutu . Pasti penasaran dan tak percayakan? yuk simak pengalaman saya menjelajahi wisata ini

 

wisata di tulungagung


 

Objek wisata ini terletak di Bukit Puthuk Krebet , Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi ini dari pusat kota Tulungagung membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit dengan jarak tempuh dari kota sekitar 24 km . Karena letak wisata ini berada di atas bukit.Untuk tiket masuk ke wisata ini pengunjung hanya dikenakan taris sebesar Rp 5.000 untuk jasa penitipan sepeda motor saja.Tempat wisata ini masih baru , sehingga belum bayak fasilitas yang lengkap.Galian penambangan batu ini dimulai sejak tahun 2010 dan aktifitas penambangan berhenti pada tahun 2012.Wisata ini juga sering dijuluki sebagai replika danau kalimutu

What to Do

Kawasan galian ini memiliki luar sekitar 7 ha . Untuk menuju kelokasi kita harus berjalan sejauh 300 meter dari tempat parkiran. jalan pertama menuju ke lokasi kita akan melewati rimbunan pohon - pohon dan semak belukar sepanjang kanan kiri jalan .

 

wisata di tulungagung

wisata di tulungagung



Tips and Trick

Lanjut setelah melewati semak belukan , diepanjang jalan terdapat jalanan berbatu yang terjal , jika ke tempat ini disarankan jangan musim hujan karena medan yang licin. Kalian juga  dianjurkan untuk memakai alas kaki berupa sepatu atau kalian juga bisa membawa payung untuk menghindari teriknya sinar matahari pada siang hari.Meskipun bebatuan terjal dan jalan mendaki hanya setapak, hal tersebut tidak menyurutkan niat pengunjung yang datang.Pengunjung yang datang pun beragam ada yang berasal dari daerah Tulungagung bahkan ada yang luar kota seperti trenggalek kediri dan masih banyak lagi, merek abiasanya mengajak keluarga atau teman mereka.Para pengunjunga tidak lupa mengabadikan eksotisme dengan berselfia ria maupun foto bersama.

wisata di tulungagung


Di wisata ini terdapat beberapa danau, ada yang berwarna coklat kehitaman-hitaman , hijau dan biru, namun saya kali ini memilih untuk menuju danau yang memiliki warna kehijau-hijauan ini. Belum ada penelitian terkait dengan warna - warna yang muncul dari danau ini, Namun menurut beberapa warga warna hijau di danau ini berasal dari pengaruh batu yang ditambang.Jika pengunjung suka dengan batu akik,di lokasi ini banyak yang menjual batu akik seperti batu akik berjenis pirus lazuly yang berasal dari penambang batu.

 

 

Where to Stay

Nah itulah pengalaman saya berkunjung ke replika danau kalimutu ini ,jika kalian berkunjung ke tulungagung jangan lewatkan destinasi ini ya ?

Gallery (4)

Comments (0)