gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Religious Place
15 Dec 2019


Masjid Cheng Ho: Wisata Religi Penuh Filosofi
Traveling ke Surabaya ngga selalu pergi ke museum lho guys, Kalian juga bisa mengunjungi Wisata Religi yang satu ini. Masjid Cheng Ho ini dikenal memiliki banyak filosofi pada bangunannya lho..

How to Get There

Setelah menjelajah Museum Pendidikan Surabaya, aku pun melanjutkan perjalanan menuju salah satu wisata religi di Surabaya yang cukup populer, yaitu Masjid Muhammad Cheng Ho atau yang akrab disebut sebagai Masjid Cheng Ho. Kebetulan saat itu waktu menunjukkan waktu sholat Ashar.

Masjid Cheng Ho berada di Jalan Gading no 2, Genteng, Surabaya. Lokasinya berada sekitar 1 km dari Balai Kota Surabaya. Untuk menuju ke Masjid Cheng Ho ini, kalian bisa lewat Jalan Kusuma Bangsa atau arah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. Masjid ini berada di area gedung serba guna Persatuan Islam Tionghoa (PITI) Surabaya.

What to Do

Masjid Cheng Ho merupakan sebuah tempat ibadah umat Muslim yang bergaya oriental khas negeri Tirai bambu. Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan pada Laksamana Cheng Ho yang merupakan seorang Laksamana Tiongkok yang menyebarkan agama Islam melalui jalur perdagangan. Kedatangan Laksamana Cheng Ho saat itu disambut baik karena beliau sangat menghormati wilayah yang disinggahi. Beliau juga memiliki misi tersendiri melalui jalur perdagangan, misalnya seperti menjalin persahabatan dan menyebarkan agama Islam. Nah, Masjid Cheng Ho Surabaya ini merupakan masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama Muslim Tionghoa dan juga menjadi simbol perdamaian umat beragama.

masjid cheng ho

Masjid Cheng Ho Surabaya ini dibangun oleh pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Jawa Timur dan juga beberapa tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Masjid ini mulai mulai dibangun bertepatan dengan Isra’ Miraj Muhammad SAW pada 15 Oktober 2001 dan baru rampung pada satu tahun berikutnya, yaitu Oktober 2002. 

Kompleks Masjid Cheng Ho ini menempati area tanah seluas 3070 meter persegi. Uniknya, Masjid ini memiliki gaya arsitektur perpaduan dari gaya Arab dan Tiongkok. Ternyata, arsitektur dari masjid ini terinspirasi dari Majid Niu Jie di Beijing yang dibangun pada 996 Masehi. Arsitek Masjid Cheng Ho Surabaya ini adalah Abdul Aziz.

masjid cheng ho

Menariknya nih guys, setiap bagian dari bangunan Masjid Cheng Ho ini memiliki filosofi tersendiri lho. Misalnya seperti bangunan utama Masjid Cheng Ho yang berukuran 11x9 meter, ukuran ini mengikuti panjang dan lebar Ka’bah saat pertama kali dibangun oleh Nabi Ibrahim yaitu 11 meter. Lalu ukuran 9 meter diambil dari jumlah Wali Songo yang menyiarkan Islam di Pulau Jawa.

masjid cheng ho

Di pintu masuk masjidnya berbentuk menyerupai pagoda dengan relief naga dan patung singa bertuliskan “Allah” dalam huruf Arab di bagian puncaknya. Sementara di sisi kiri bangunan ada sebuah bedug yang digunakan sebagai penanda waktu sholat. Di bagian atas ada semacam bangunan yang juga menyerupai pagoda bertingkat tiga. Bentuknya segi delapan dimana dalam kepercayaan Tionghoa angka 8 atau “Fat” adalah angka keberuntungan. Lalu di bagian teras masjid ada lima buah anak tangga yang merepresentasikan Rukun Islam dan di bagian dalam masjid ada enam buah anak tangga yang merepresentasikan Rukun Iman.

masjid cheng ho

masjid cheng ho

Masjid ini didominasi oleh empat warna, yaitu merah, hijau, kuning dan biru dimana dalam kepercayaan Tionghoa, keempat warna ini merupakan simbol kebahagiaan, kemasyhuran, harapan dan kemakmuran. Masjid ini ternyata mampu menampung hingga 200 jamaah lho guys!

masjid cheng ho

Di bagian samping tempat dimana jamaah wanita sholat, ada sebuah kolam ikan yang ngga cukup besar. Disitu juga terdapat relief Laksamana Muhammad Cheng Ho bersama kapal yang digunakannya saat mengarungi Samudera Hindia. Relief ini juga memiliki makna yang lho guys, salah satunya adalah agar Umat Islam tetap rendah hati dalam menjalani hidup sehari-harinya.

masjid cheng ho

 

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya untuk masuk ke masjid ini. Cukup bayar parkir kendaraan aja.
  • Gunakan pakaian yang sopan.
  • Karena ini tempat ibadah, harap jaga sopan santun dan jangan mengganggu orang yang sedang beribadah.
  • Jaga kebersihan tempat ini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY