10 Makanan Khas Demak Tawarkan Cita Rasa Enak


sisil angelin  May 30, 2021  0 Comment

Demak adalah Kabupaten di Jawa Tengan, dan Demak ini terkenal sekali dengan sejarah serta Masjidnya yang megah bahkan Demak juga disebut sebagai Kota Wali. Kabupaten Demak juga menjadi salah satu tempat menyenangkan untuk berlibur di Jawa Tengah, karena disini lumayan banyak destinasi wisata religi, dan beberapa kuliner di Demak juga membuat wisatawan penasaran. Namun untuk kalian yang masih belum pernah ke Kabupaten Demak tentunya masih belum tau kuliner-kuliner khas Demak yang enak, dan wajib dicoba. Nah kalian tidak perlu khawatir, dan bingung karena kali ini GoTravelly bakal kasih tau kalian makanan khas Demak yang autentik. Dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel Makanan khas Demak dibawah ini!

1. Wingko Salem

Wingko Salem
kumparan.com

Makanan khas Demak yang akan kita bahas pertama ini adalah Wingko Salem. Jadi Wingko Salem ini terdiri dari garam, gula, tepung ketan, dan diolah, sehingga memberikan cita rasa yang legit, manis, dan tekstur dari Wingko Salem memang sangat kenyal. Wingko Salem ini menjadi salah satu jajanan khas Demak yang diburu wisatawan saat berkunjung ke Demak. Makanya tak heran jika banyak sekali penjual Wingko Salem, karena memang Wingko Salem yang dibakar diatas tungku ini memiliki aroma yang khas, dan rasanya lezat! Wingko Salem biasanya dibeli untuk oleh-oleh, dan harga dari Wingko Salem masih ramah dikantong! cocok banget untuk kamu yang lagi cari oleh-oleh murah, dan enak di Demak.

Review kuliner

Kue Rangin Dan Kenangan Di Masa Kecil

Baca juga :  Lupakan Diet! Ini Nih 10 Rekomendasi Kuliner Malam di Semarang

Sate Karak, Kuliner Legendaris Surabaya Yang Nyaris Punah

2. Nasi Kropokhan

Nasi Kropokhan
ceroboh.com

Tidak lengkap rasanya jika ke Demak tidak mencicipi Nasi Kropokhan yang menjadi salah satu hidangan kesukaan para Raja pada jaman dahulu, dan hingga saat ini masyarakat Demak masih menjadikan Nasi Kropokhan hidangan favorite mereka. Jadi Nasi Kropokhan ini terdiri dari labu putih, daun kedondong, dagung kerbau, lombok, dan untuk rasa Nasi Kropokhan memang sangat gurih. Selain gurih rasa dari Nasi Kropokhan memang sangat terasa rempahnya, dan tekstur daging kerbau yang digunakan disini sangat lembut. Untuk kalian yang lagi bingung cari menu makan pagi, siang, atau malam bisa cicipi Nasi Kropokhan yang ada di Demak.

3. Nasi Brongkos

Nasi Brongkos
idntimes.com

Selain Nasi Kropolhan kalian juga wajib cobain Nasi Brongkos guys! Jadi Nasi Brongkos ini terdiri dari nasi, kacang merah, tempe, tahu, kentang, buncis, dan lauk selanjutnya semua bahan itu akan disiram dengan bumbu rempah. Sekilas rasa dari Nasi Brongkos mirip dengan gudeg, namun ada yang berbeda dari campuran bumbu Nasi Brongkos yang lebih cendrung ke gurih, dan sedangkan gudeg cendrung kerasa manis. Selain unik Nasi Brongkos ini juga sangat murah meriah hanya dengan 10 ribu saja kalian bisa mendapatkan 1 bungkus Nasi Brongkos.

4. Brayo

Brayo
cookpad.com

Camilan sehat yang ada diurutan keempat ini wajib banget kalian cicipi, dan beli. Karena Brayo ini hanya bisa kalian temukan di Kabupaten Demak, dan Jawa Tengah. Jadi Brayo ini adalah keripik bayam yang dimasukan keadonan tepung, bumbu, dan akan digoreng satu-satu. Untuk menemukan Brayo sangat mudah kalian bisa ke pusat oleh-oleh, dan Brayo bisa menjadi buah tangan untuk teman, keluarga, ataupun orang tersayang.

5. Kerupuk Catak

Kerupuk Catak
tokopedia.com

Untuk kamu yang suka kerupuk wajib banget cobain Kerupuk Catak. Jadi Kerupuk Catak ini ternyata bahan dasarnya adalah paru-paru ikan yang berukuran besar seperti ikan patin, dan ikan manyung. Selanjutnya paru-paru ikan itu akan dibumbui, dan dijemur sampai kering. Setelah dioleh paru-paru ikan itu akan digoreng, dan disebut sebagai Kerupuk Catak. Jadi tektur dari Kerupuk Catak memang sangat gurih, asin, dan Kerupuk Catak juga kaya akan protein. Makanya tak heran jika Kerupuk Catak ini dijual sampai 100 ribu lebih. Namun meskipun mahal Kerupuk Catak sangat lezat, dan bikin nagih!

Baca juga :  18 Tempat Wisata di Jawa Tengah Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

6. Botok Telur Asin

Botok Telur Asin
sajiansedap.grid.id

Jika di Pulau Jawa memang tidak asing lagi dengan Botok sayur, dan botok ikan. Namun Jawa Tengah megolah botok dengan bahan yang unik yaitu terdiri dari Telur Asin, bumbu, cabai, parutan kelapa, Tahu, dan semua bahan itu akan dibungkus menggunakan daun pisang lalu akan dikukus. Setelah matang Botok Telur Asin ini akan dimakan dengan nasi hangat. Memang rempah-rempah dari Botok Telur Asin sangat strong jadi bumbu dari Botok Telur Asin terdiri dari kencur, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan garam. Jadi kalian bisa bayangkan rasanya ada manis, asin, pedas, dan gurih. Memang Botok Telur Asin ini bikin nagih, dan pastinya wajib kalian coba saat berada di Kabupaten Demak.

7. Kue Rangin

Kue Rangin
doripos.com

Kue Tradisional Indonesia ini memang biki rindu, dan bikin nagih. Kue Rangin ini juga menjadi salah satu camilan khas Demak yang wajib kalian cicipi saat berada di Demak. Jadi Kue Rangin ini memang memiliki tekstur yang gurih, dan bikin nagih! Kue Rangin terdiri dari parutan kelapa muda, tepung beras, garam, gula, dan Kue Rangin ini memiliki rasa yang legit! Untuk menemukan Kue Rangin ini sangatlah mudah di Kabupaten Demak. Jadi kalian bisa membelinya dipinggir jalan, dan harga 1 box Kue Rangin biasanya sekitar 20 ribu. Gimana tertarik mencobanya?

8. Sop Balungan

Sop Balungan
inibaru.id

Sop Balungan ini cocok banget dinikmati saat udara dingin, dan Sop Balungan ini memang memiliki kuah yang khas. Sop Balungan ini terdiri dari Tulang Iga Sapi, Kol, Wortel, Kentang, Kacang Merah, dan kuah yang terdiri dari kaldu sapi. Kalian bisa bayangkan Sop Balungan yang hangat dengan rasa yang gurih, manis, asin, dan tekstur iga sapi yang bisa kalian gigit ini pastinya bikin nagih bukan? Sop Balungan ini biasanya dimakan bersama nasi hangat, namun untuk kamu yang ingin menikmati Sop Balungan dengan kuah saja juga boleh, dan Sop Balungan juga bisa menjadi oleh-oleh kalian untuk dibawa pulang.

Baca juga :  10 Air Terjun di Jawa Tengah Yang Indah + Rute Lokasi

9. Kerupuk Udang Tambak

Kerupuk Udang Tambak  demak jawa tengah
bisnisukm.com

Kerupuk Udang Tambak ini rekommended banget untuk kamu yang lagi cari oleh-oleh di Kabupaten Demak, dan Kerupuk Udang Tambak ini memang memiliki tekstur yang gurih. Jadi Kerupuk Udang Tambak ini memang terbuat dari udang yang segar, dan Kerupuk Udang Tambak ini akan diolah sehingga memberikan tekstur yang sangat crunchy. Untuk kamu yang suka banget Kerupuk Udang wajib banget cobain Kerupuk Udang Tambak khas Demak. Penjual Kerupuk Udang Tambak memang sangat mudah ditemukan di Demak, dan agar lebih mudah kalian bisa membelinya di pusat oleh-oleh di Demak.

10. Nasi Ndoreng

Makanan khas Demak
jejakpiknik.com

Makanan khas Demak yang akan kita bahas terakhir ini adalah Nasi Ndoreng. Memang Nasi Ndoreng ini sering disebut mirip dengan nasi brongkos, namun Nasi Ndoreng ini dicampur dengan botok, dan bumbu kelampa yang melimpah sehingga mendapatkan rasa manis, gurih, serta khas! Jadi untuk kamu yang lagi berada di Demak wajib banget nih cobain Nasi Ndoreng. Karena rasanya unik, dan pastinya bikin kulineran kalian di Demak berkesan!



Leave a Reply