111 views | 0 Likes

Wisata Religi Ke Sunan Giri Gresik

5 star (from 1 people)
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 03 January 2020, 11:00:00
Zulfa
Tourist

Sunan Giri yang dikenal sebagai salah satu dari sembilan Wali penyebar agama Islam di pulau Jawa selalu ramai dikunjungi penziarah dari seluruh Indonesia.

How to Get There

Dalam wisata religi di akhir tahun 2019  ini, setelah berkunjung ke Sunan Maulana Malik Ibrahim perjalanan selanjutnya menuju makam Sunan Giri. Jarak kedua makam tidak terlalu jauh. Waktu itu saya menggunakan kendaraan pribadi, jadi mudah sekali mencapai kedua makam tersebut.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan mikrolet warna hijau.

Atau jika dari dalam kota, gunakan mikrolet warna biru tua atau warna kuning atau mikrolet Surabaya (jembatan merah) – Gresik dan berhenti di perempatan kebomas. Dari perempatan bis melanjutkan perjalanan  dengan menggunakan dokar atau bendi.

sunan giri gresik


What to Do

Makam Sunan Giri berada di puncak perbukitan, jalan yang meliuk dengan pepohonan menjadi daya tarik tersendiri. Sesampainya di pelataran parkir area Sunan Giri, perjalanan masih belum usai. Siapkan tenaga karena kita harus menapaki puluhan tangga untuk menuju makam.

Tangga menuju ke makam lumayan lebar. Di kanan kiri tangga terdapat banyak pohon beringin. Nuansa rindang dan sejuk tersaji di sini. Di bawah pohon rindang juga terdapat beberapa makam tua bersejarah.

sunan giri gresik

sunan giri gresik



Berbeda dengan makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, di makan Sunan Giri banyak dijumpai pengemis. Mereka berderet teratur di tengah jalan tangga. Untung, saya membiasakan diri menyimpan banyak uang kertas yang memang saya niatkan untuk bersedekah, jadi waktu datang kemari tinggal membagikan kepada mereka yang membutuhkan. Pengemis disini baik, maksud saya nggak yang colek colek dan memaksa gitu. Mereka duduk di jalan dengan rapi dan sopan.

Mendekati makam, suara Tahlil dan Tahmid nyaring terdengar. Dari sini kita bisa tahu, banyak sekali penziarah yang berkunjung ke makam yang merupakan satu dari sembilan wali penyebar agama Islam di Jawa. Nggak hanya dari luar kota, saya lihat dari mereka datang dari Lampung.

Berbeda dengan makam Sunan Malik Ibrahim, untuk masuk ke Sunana Giri kita memasuki pendopo kayu berukir dengan arsitektur khas Jawa. Pintunya tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu tinggi. Jadi kalau masuk harus satu persatu dan menunduk.

Pun di dalam kita tidak diperbolehkan mengambila gambar. Kita hanya diperboleh mengmbil foto diluaran saja.

sunan giri gresik

sunan giri gresik

sunan giri gresik




Karena waktu itu ramai, saya memilih berada di luar. Disini juga nggak ramai sekali dengan penziarah. Makam Sunan Giri dikelilingi banyak sekali makam. Jadi perhatikan langkah ketika berada disini. Di area ini juga banyak Al-Quran dan buku Tahlil untuk para pengunjung.

Sunan Giri yang dikenal sebagai salah satu dari Sembilan Wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa dikenal memiliki banyak nama, beliau dikenla dengan nama Raden paku, Raden Ainul Yaqin, dan juga Joko Samudro. Beliau juga menantu dari Sunan Ampel, Surabaya.

Area makam Sunan Giri ini luas sekali. Banyak sekali tempat atau makam yang bisa dikunjungi. Bahkan disini juga terdapat Museum Sunan Giri.

sunan giri gresik


Setelah Tahlilan dan membaca Do’a, ketika turun tangga untuk kembali ke tempat parkir, penziarah akan melewati pertokoan yang menjual pakaian, souvenir dan juga makanan. Di kawasan Sunan Giri ini juga terkenal salah satu kuliner yang khas, yaitu kupat Ketheg. Kuliner ini juga merupakan salah satu peninggalan kerajaan Giri kedaton. Sisa kerajaan Giri kedaton ini berada tak jauh dari makam sunan Giri.

sunan giri gresik
sunan giri gresik




Kupat Ketheg ini spesial, dimasak dengan air spesial yakni air Ketheg. Air dari endapan minyak mentah yang keluar dari sumur minyak tua. Air endapan ini berwarna kehijauan. Air inilah yang memberikan rasa berbeda pada kupat. Dan juga membuat kupat sedikit lebih tahan lama.

 

 

 

 

Tips and Trick

- Gunakan Pakai sopan dan tertutup

- Untuk wanita sebaiknya memakai penutup kepala

- Terdapat puluhan tangga untuk mencapai makam, persiapkan tenaga, gunakan sepatu atau sandal yang nyaman

- Banyak dijumpai pengemis di sekitar tangga, persiapan uang untuk sedekah secara sukarela

- Banyak sekali makam disekitar area makam, hati hati melangkah

- Jaga Lisan dan juga tingkah laku.

Where to Stay

ada beberapa penginapan atau hostel disekitar makam sunan Giri. Untuk Hotel berbintang berada di pusat kota Gresik yang tak Jauh dari makam.

Gallery (9)

Comments (0)