10 Kedung atau Laguna Paling Cantik di Indonesia Bikin Betah Berendam


Reni  May 27, 2019  0 Comment

Kedung atau laguna cantik di Indonesia merupakan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Fenomena kedung sendiri cukup unik karena berupa perairan yang terpisah oleh bebatuan karang atau pasir dari perairan utama sehingga menimbulkan sensasi layaknya kolam renang pribadi di tengah laut. Artikel kali ini akan merangkum sepuluh laguna paling cantik yang patut untuk disertakan dalam daftar perjalanan saat liburan nanti.Berikut Kedung atau Laguna Paling Cantik di Indonesia

1. Kedung Tumpang Tulungagung

Kedung Tumpang Tulungagung

KSMTour.com

Laguna cantik pertama yang tidak boleh dilewatkan berada di Desa Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur. Namanya adalah Kedung Tumpang. Sudah tersohor hingga ke seantero negeri berkat keindahan panoramanya di mana laguna ini terpisah dari perairan Samudera Hindia. Tapi saat mampir kemari, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi, antara lain :

Pengunjung dilarang berenang atau bermain di sekitar kedung mulai pukul 10.00 WIB pagi, karena saat itu air mulai pasang sehingga dikhawatirkan dapat terseret ombak. Jadi, sebaiknya datang pagi-pagi sekali agar dapat mengeksplorasi Kedung Tumpang sepuas hati.

Jangan berfoto-foto di atas bebatuan karang karena ombak dari Samudera Hindia sangat ganas agar wisatawan tidak sampai terseret arus.

Dilarang membawa jeruk karena masyarakat sekitar percaya bahwa buah tersebut mengundang malapetaka jika sampai dibawa ke arah laguna.

Untuk dapat menikmati keindahan panorama Kedung Tumpang yang cantik ini, pengunjung yang datang tidak diharuskan membayar tarif tiket masuk, hanya biaya parkir kendaraan saja sebesar Rp. 15.000,-.

Review tempat wisata

Bersantai Sore Di Hutan Pinus Wanus Kediri

Kuliner Murah Di Kota Surabaya Nasi Goreng Mak Sore, Nasgor, Mie, Dan Capjay Cuma 5 Ribuan Aja!

2. Bias Tugel Bali

Bias Tugel Bali

Kalau ingin berkunjung ke kawasan pantai berlaguna yang tenang dan nyaman di Pulau Dewata Bali, maka Laguna Bias Tugel merupakan pilihan yang tepat. Arti nama dari Bias Tugel sendiri adalah ‘potongan pasir’ karena bentuk lautnya yang lebih menyerupai teluk kecil. Di tengah laut itulah terdapat kedung kecil nan cantik.

Kawasan Bias Tugel aman dikunjungi bersama keluarga, termasuk anak-anak. Sebab, selain permukaan airnya tenang, daerah ini juga masih sepi pengunjung karena selama ini tersembunyi dan baru populer setelah unggahan salah satu wisatawan di akun jejaring sosial. Untuk menikmati sensasi kolam renang pribadi dari kedung Bias Tugel, pengunjung diwajibkan membayar biaya pemeliharaan sebesar Rp. 5.000,- saja per orang.

3. Angel Billabong Bali

 Angel Billabong Bali

IndoSurfLife.com

Masih dari Bali, ada satu kedung lain super cantik lain yang tidak boleh sampai dilewatkan, yaitu Angel Billabong. Lokasi tepatnya berada di kawasan Nusa Penida. Uniknya, jika laguna lain terbentuk akibat surutnya air laut, justru kedung Angel Billabong dihasilkan oleh air lautnya ketika pasang. Sebab itu, waktu terbaik untuk berkunjung kemari adalah pada saat siang hari untuk berenang, berendam, atau sekedar menikmati panorama sekitar.

4. Teluk Bidadari Malang

Teluk Bidadari Malang

wisata-tanahair.com

Laguna paling cantik di Indonesia selanjutnya adalah Teluk Bidadari yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Kedung ini terbentuk di tengah Pantai Mbehi. Kemudian disebut Teluk Bidadari berkat pantulan warna airnya yang merupakan kombinasi dari hijau dan biru, menghasilkan pemandangan sesempurna kecantikan bidadari. Tidak dipatok retribusi apa pun untuk pengunjung yang datang kemari, hanya saja lokasinya agak sulit dijangkau sehingga lebih baik menggunakan jasa pemandu lokal.

5. Karawapop Raja Ampat

 Karawapop Raja Ampat
observerid.com

Beralih ke daerah di ujung timur Indonesia, Kepulauan Raja Ampat, juga memiliki sebuah laguna yang cantik dan sangat unik karena berbentuk hati. Namanya Karawapop. Perpaduan antara eksotisme dan keunikannya membuat genangan air asin yang satu ini masuk dalam daftar sepuluh kedung atau laguna cantik di Indonesia.

Tapi, wisatawan yang ingin mengeksplorasi tempat ini harus siap secara mental dan fisik. Sebab, medan yang harus dilalui cukup sulit, terutama keterjalan bebatuan karang yang licin di mana pasti berisiko tinggi. Namun tidak perlu cemas, karena Karawapop terkelola dengan baik. Pengelola bahkan menyediakan banyak spot foto yang instagramable untuk para wisatawan yang datang.

6. Wedi Ombo Yogyakarta

Wedi Ombo Yogyakarta
brobali.com

Tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, terdapat sebuah kedung alami yang cantik, yaitu Laguna Wedi Ombo. Arti kata Wedi Ombo adalah ‘pasir yang luas’, tetapi fakta di lapangan justru menunjukkan kedung tersebut didominasi oleh bebatuan karang di sekelilingnya dan hanya sedikit pasir. Wisatawan bisa mengeksplorasi laguna ini secara gratis untuk bermain air hingga berendam sepuas hati layaknya kolam renang pribadi.

7. Lorong Mati Maluku Tenggara

 Lorong Mati Maluku Tenggara

Travelingyuk.com

Meskipun nama laguna yang satu ini terkesan menyeramkan, tetapi sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti dari tempat ini. Justru, wisatawan dijamin akan dibuat terpana dan tidak mampu mendeskripsikan keindahan kedung yang berlokasi di Kota Tual tersebut. Laguna ini dapat terbentuk berkat bukit karang yang menjulang tinggi dan memisahkannya dari laut utama.

Tampak sekilas, bentuk tempat ini menyerupai sebuah lorong yang sempit di mana kemudian mengilhami penamaannya. Di sini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti ; berenang, snorkeling, hingga menyusuri kawasan pantai menggunakan perahu sewaan. Untuk menikmati paket liburan di kawasan laguna ini memang pengunjung harus menyiapkan dana yang cukup besar, yakni Rp. 200.000,- untuk akomodasi lengkap berupa transportasi dan penginapan.

8. Laguna Ngade Ternate

 Laguna Ngade Ternate

Pegipegi.com

Kedung berbentuk seperti danau, definisi itulah yang tepat untuk mendeskripsikan Laguna Ngade yang berada di Ternate. Laguna tersebut diapit oleh perbukitan dan dibaliknya terdapat laut biru membentang. Tidak cukup sampai di situ, keindahan panoramanya semakin dipercantik dengan keberadaan Gunung Maitara dan Gunung Tidore yang berdiri kokoh di tengah laut. Luar biasa sekali bukan?

Menyadari potensi panoramik yang dimiliki oleh Laguna Ngade, pengelola pun menyediakan beberapa spot foto strategis di mana dapat menghasilkan foto dengan lanskap terbaik. Sehingga selain datang untuk mengeksplorasi laguna tersebut, pengunjung juga dapat sekaligus melakukan aktivitas hunting foto untuk dipamerkan di akun sosial media pribadi yang dimiliki.

9. Laguna Dodo Lampung

cantik di Indonesia

Kedung yang satu ini diperuntukkan bagi wisatawan yang memiliki nyali cukup besar karena terjangan ombak sekitar sangat kencang. Letaknya di titik paling ujung Teluk Kiluan, cukup tersembunyi sehingga menjangkaunya pun agak sulit. Tetapi tidak perlu takut untuk mengeksplorasi Laguna Dodo karena masih termasuk dalam kawasan aman untuk bermain air. Terlebih, pengunjung tidak dipungut biaya apa pun di tempat ini.

10. Weekuri Sumba

Weekuri Sumba

KSMTour.com

Hampir mirip dengan Laguna Ngade, Weekuri juga merupakan sebuah kedung yang memiliki bentuk menyerupai danau. Tapi kedalaman air di Weekuri lebih rendah, hanya 2,5 meter saja sehingga relatif lebih terjangkau untuk wisatawan. Keunikan dari laguna yang disebut sebagai harta karun dari NTT ini adalah gradasi warna airnya yang terdiri dari 3 warna sekaligus, yakni : hijau, biru, dan putih. Apalagi di saat matahari tenggelam, dasar danau tampak seolah berubah warna menjadi kemerahan.

Sebenarnya masih banyak lagi kedung-kedung cantik yang ada di Indonesia. Tetapi kesepuluh laguna di atas rasanya sudah mewakili sebagai yang terbaik dan tentunya membuat tidak sabar untuk segera dikunjungi. Semoga referensi kedung atau laguna cantik di Indonesia dapat membantu para wisatawan untuk menentukan destinasi wisata terbaiknya.



Leave a Reply