Weekend Gateway! 10 Taman Hiburan Unik di Jakarta


Altesa  September 3, 2022  0 Comment

Jakarta selain merupakan ibu kota negara Indonesia juga merupakan kota metropolitan yang padat akan penduduk. Banyak sekali orang yang merantau ke tempat ini dari berbagai wilayah untuk bekerja di salah satu wilayah terpadat di Indonesia ini. Merupakan wilayah dengan hiruk pikuk yang tinggi membuat Jakarta imenjadi Wilayah yang menyediakan berbagai fasilitas publik maupun tempat hiburan. Tempat hiburan di Jakarta sendiri sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kestabilan mental maupun fisik. Banyak sekali taman hiburan unik di Jakarta yang dibuka salah satunya yang paling populer adalah tempat hiburan keluarga. Tempat hiburan keluarga bisa berupa taman bermain atau taman hiburan, museum, dan taman hiburan air.

Saat ini di Jakarta banyak sekali taman hiburan yang tidak hanya menyediakan wadah bermain untuk anak – anak dan keluarga tapi juga bisa memberikan edukasi terhadap anak – anak.sehingga memungkinkan anak – anak bisa belajar dengan lebih menyenangkan dan mudah dimengerti. Beberapa taman hiburan unik di Jakarta juga mudah diakses dan dikunjungi, jadi tak heran disaat liburan panjang warga luar daerah juga sering mengunjungi taman hiburan unik di Jakarta. Kali ini Gotravelly akan membantu kamu memberikan list taman hiburan unik di Jakarta yang layak dan recomended kamu kunjungi, bukan hanya oleh warga lokal namun juga warga luar daerah.

Rekomendasi Taman Hiburan Unik di Jakarta:

1. Jakarta Aquarium Safari

Jakarta Aquarium Safari
travel.tribunnews.com

Jakarta Aquarium dan Safari atau biasa di sebut JAQS merupakan salah satu taman hiburan unik di Jakarta karena merupakan Living Planet indoor terbesae di Indonesia. taman hiburan unik di Jakarta satu ini merupakan hasil kolaborasi antara Taman Safari Indonesia dan Aquaria KLCC Malaysia untuk membuat taman hiburan indoor terbesar pertama di Indonesia. Pengunjung dapat langsung berinteraksi dengan hewan – hewan yang ada di JAQS. Tenag saja semua hewan diawasi oleh petugas animal keeper yang sudah berpengalaman sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

Jakarta Aquarium dan Safari

Alamat: Jalan Letjen S. Parman Nomor 106, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jkarta Barat

Jam Buka : Setiap hari pukul 10.00 – 20.00 WIB

Harga Tiket :

Weekday Regular : Dewasa  Rp. 142.500, anak – anak ; Rp. 109.250

Weekday Premium : Dewasa Rp. 190.000, anak – anak ; 142.500

Weekend Regular : Dewasa Rp. 166.250, anak – anak Rp. 142.500

Weekend Premium : Dewasa Rp. 213.000, anak – anak Rp. 166.250

2. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
krjogja.com

Taman Mini Indonesia Indah merupakan taman hiburan unik di Jakarta yang sayang jika dilewatkan Taman Mini Indonesia Indah sudah lama kira – kira tahun 1975. Anak tahun 90 an pasti tau taman hiburna unik di Jakarta satu ini. Taman Mini Indonesia Indah merupakan taman hiburan yang menampilkan 33 provinsi Indonesia. Setiap provinsi ditampilkan dalam bentuk anjingan daerah berarsitektur tradisional sesuai degan gambaran provinsi tersebut. Terdapat aneka busana tradisional, tarian dan tradisi yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Taman Mini Indonesia Indah sangat menyenarik untuk dikunjungi karena selain menghibur juga memberikan edukasi kepada pengunjung tentang toleransi suku dan pengetahuan budaya dari berbagai daerah di Indonesia yang kaya akan suku maupun budaya. Selain bisa mngunjungi tiap anjungan kamu juga bisa menaiki wahana yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Salah satu wahana yang terkenal adalah kereta gantung di Taman Mini Indonesia Indah, wahana ini memungkinkan kamu untuk melihat Taman Mini Indonesia Indah dan sekitarnya dari atas.

Baca juga :  Pemandangan Kebun Binatang Siantar + Spot Foto

Taman Mini Indonesia Indah

Alamat : Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia

Jam Buka : Setiap hari pukul 9.00 – 18.00 WIB

Tiket masuk wisata : Rp. 25.000

3. Dunia Fantasi (DUFAN) Ancol

Dunia Fantasi (DUFAN) Ancol
mediajabodetabek.pikiran-rakyat.com

Dunia Fantasia tau biasa dikenal dengn DUFAN merupakan taman hiburan unik di Jakarta yang memiliki koleksi wahana terbanyak di Indonesia. Di dalam Dunia Fantasi (DUFAN) terdapat puluhan wahana bermain yang bisa di jelajahi dan nikmati. Dunia Fantasi (DUFAN) sendiri sudah dibuka sejak tahun 1985 dan memiliki luas kurang lebih 21 hektar. Di dalam Dunia Fantasi (DUFAN) terdapat banyak sekali pilihan wahana mulai dari untuk anak – anak hingga dewasa bisa menikmati wahana yang ada disini. Terdapat berbagai wahana mulai dari wahana air seperti arung jeram, wahan extream seperti kora – kora, hingga wahana anak seperti istana boneka. Karena memiliki puluhan wahana yang menarik tak heran jika saat musim liburan hingga saat ini Dunia Fantasi (DUFAN) masih menjadi favorit semua kalangan untuk menghabiskan waktu disini.

Dunia Fantasi (DUFAN)

Alamat : Jalan Lodan Timur Nomor 7 Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara

Jam Buka : Setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk : Mulai dari Rp.250.000 untuk tiket regular weekday, kamu bisa memesan tiket dan hari kunjungan kamu melalui website mereka di ancol.com

4. Gelanggang Samudra atau Ocean Dream Samudra Ancol

Taman Hiburan Unik di Jakarta
travelspromo.com

Gelanggang Samudra merupakan taman hibiran unik di Jakarta yang berupa Edutaintment yang memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat binatang yang ada disana. diresmikan pada Juni 1974 oleh Gubernur Jakarta kala itu yaitu Ali Sadikin.  Gelanggang Samudra merupakan taman hiburan yang berkonsep oceanarium terbesar yang menampilkan berbagai pentas aneka satwa. Beberapa pentas satwa yang ada disini adalah pentas lumba – lumba, pentas singa laut, pentas aneka satwa lain, hingga peragaan satwa akuarium laut dan tawar.

Gelanggang Samudra

Alamat : Jalan Lodan Timur Nomor 7, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara

Jam Buka : Setiap hari mulai pukul 9.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Mulai dari Rp. 160.000 untuk tiket regular weekday, kamu bisa memesan tiket dan hari kunjungan kamu melalui website mereka di ancol.com

5. Snow Park Advanture

Snow Park Advanture
travel.tribunnews.com

Snow Park Advanture merupakan taman hiburan unik di Jakarta yang merupakan taman hiburan berkonsep salju. Snow Park Advanture sendiri unik karena seperti yang kita tahu Indonesia merupakan negara tropis yang tidak memiliki musim salju, sementara itu Snow Park Advanture menawarkan masyarakat Indonesia untuk merasakan salju tanpa harus jauh – jauh ke luar negeri.

Merupakan wahana bermain yang mengadirkan berbagai permainan yang hanya bisa kamu lakukan di area bersalju seperti membuat boneka salju hingga berseluncur es di salju. Di Snow Park Advanture pengunjung bisa menikmati dinginnya salju sembari bermain bersama di area salju wahana ini. Untuk pengunjung diwajibkan untuk memakai mantel atau jaket tebal serta kaos kaki dan sarung tangan untuk masuk wahana Snow Park Advanture, karena memiliki suhu yang dingin apalagi masyarakat Indonesia sendiri merupakan masyarakat di negeri tropis yang tidak terbiasa terhadap salju. Untuk kamu yang tidak memiliki jaket dan sarung tangan tebal serta kaoskaki kamu bisa menyewa perlengkapan tersebut dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 10.000 saja.

Baca juga :  21 Wisata Alam di Semarang Pesonanya Bikin Nggak Mau Pulang

Alamat : Jalan Boulevard Raya, Kecamatan Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB

Harga Tiket ;

Weekdays ( Senin – Kamis), durasi 45 menit Rp.100.000, All Day Rp. 175.000

Weekend ( Jumat – Minggi, dan Libur Nasional), durasi 45 menit Rp. 125.000, All day Rp. 200.000

6. Wisata Pendidikan Pinisi

Wisata Pendidikan Pinisi
liburananak.com

Wisata Pendidikan  Pinisi merupakan taman hiburan unik di Jakarta merupakan taman hiburan keluarga yang memberikan berbagai kegiatan dan pembelajaran tentang budaya, seni, dan sains. Di dalam Wisata Pendidikan  Pinisi anak akan belajar tentang pengetahuan teknologi, lingkungan, hingga budaya yang bisa di eksplorasi dan belajar dengan alat yang interaktif sehingga anak juga bisa melakukan praktek langsung dalam ilmu pengetahuan sains. Terdapat berbagai macam galeri yang mengajarkan berbagai seni drama, wayang, membatik, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat Science Centeryang yang berisi koleksi penemuan teknologi manusia yang berkembang dari waktu ke waktu. Di science Centeryang anak – anak juga bisa melakukan eksperimen langsung mengenai teori – teori ilmu pengetahuan, yang membuat belajar semakin menyenangkan.

Alamat: Kebayoran Pasaraya Grande Blok. M Lantai 8 dan 9, Jalan Sultan Iskandarsyah, Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam Buka: Mulai pukul 10.00 – 19.00

Harga Tiket : Weekdays Rp. 125.000, Weekend Rp. 160.000

7. KidZania

KidZania
travelspromo.com

Kidzania merupakan taman bermain unik di Jakarta yang memungkinkan anak – anak untuk mewujudkan cita – cita mereka dalam profesi tertentu. KidZania sendiri meruoakan wadah atau dunia anak – anak dimana mereka bisa mandiri dan bertanggung jawab untuk membuat keputusan atas Tindakan mereka sendiri. Di KidZania anak – anak akan diberikan kebebasan dan hak – hak untuk mewujudkan keinginan mereka mulai dari mengetahui sesuatu, menciotakan sesuatu, hingga bersosialisasi. KidZania sendiri tidak hanya ada di Indonesia, awalnya KidZania pertamakali dibuka pada tahun 1999 di Santa Fe Mexico. Selain di Mexico KidZania juga adadi Tokyo Jepang, Toronto Kanada, Paris Perancis, dan masih banyak lagi kota – kota di dunia. Antusiasme anak – anak dan keluarga itulah yang membuat KidZania ramai dikunjungi oleh masyarakat dunia. Selain itu, di dalam KidZania anak – anak akan bisa benar – benar bermain sembari belajar memperaktekan langsung tanggung jawab atau tugas – tugas kewajiban mereka hingga selesai.

Alamat; Pacific Place LG – 601 Sudirman Central Business, Jalan Jendral Sudirman Nomor 52 – 53, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

Jam Buka: Senin – Jumat Pukul 10.00 – 17.00 WIB, Weekend dan Hari Libur Nasional Pukul 10.00 – 19.00 WIB

Harga Tiket Masuk ;

Senin – Jumat One Day Pass Anak (4 – 16 tahun) Rp. 295.000, Dewasa (17 – 59  tahun) Rp. 250.000

Senin – Jumat Half Day Pass Anak (4 – 16 tahun) Rp. 235.000, Dewasa (17 – 59  tahun) Rp. 205.000

Weekend dan Libur Nasional One Day Pass Anak (4 – 16 tahun) Rp. 325.000, Dewasa (17 – 59  tahun) Rp. 275.000

Weekend dan Libur Nasional Half Day Pass Anak (4 – 16 tahun) Rp. 275.000, Dewasa (17 – 59  tahun) Rp. 225.000

Baca juga :  6 Roller Coaster Paling Menantang di Dunia Bikin Jerit jerit Nggak Karuan

8. Atlantis Water Adventure Ancol

Atlantis Water Adventure Ancol
traveling.bisnis.com

Atlantis Water Adventure merupakan salah satu taman hiburan unik di Jakarta yang merupakan taman rekreasi air. Atlantis Water Adventure memiliki konsep taman hiburan air tematik dengan konsep peradaban di kota kuno Mediterania yang sudah lenyap akibat meleturnya gunung berpai serta gempa bumi. Dulunya sebelum menjadi Atlantis Water Adventure tempat rekereasi air ini bernama Gelanggang Renang Ancol yang dibuka tanggan 28 Juni 1974 dan diresmikan oleh Gubernur Dki yang saat itu menjabat yaitu Let.Jend Marinir Ali Sadikin. Atlantis Water Adventure memiliki luas sekitar 7 hektar, dan dilengkapi dnegan berbagai wahana air yang menyenangkan. Wahana air yang tersedia disini adalah kolam arus, Kolam Ombak, Crazy Slide, Kolam Tanding, Skybox, Kolam Anak, Water Outbond, Dragon Rice dan masi banyak lagi. Untuk para orang tua yang menunggu anaknya bermain tak perlu khawatir karena terdapat fasilitas persewaan gazebo di sekitaran kolam bermain yang bisa di sewa dan pastinya nyaman untuk ditempati sembari menunggu anak bermain.

Atlantis Water Adventure

Alamat : Jalan Lodan Timur Nomor 7, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara

Jam Buka : Setiap hari mulai pukul 8.00 – 16.30 WIB

Harga Tiket: Mulai dari Rp. 110.000 untuk tiket regular weekday, kamu bisa memesan tiket dan hari kunjungan kamu melalui website mereka di ancol.com

9. Waterbom Jakarta

Waterbom Jakarta
metro.tempo.co

Waterbom Jakarta taman bermain unik di Jakarta yang juga menawarkan taman hiburan air dengan berbagai wahana yang menarik. Waterbom sendiri tidak hanya ada di Jakarta namun juga ada di Pulau Dewata Bali. merupakan salah satu waterbom terbaik di Jakarta yang banyak digemari dan dikunjungi tidak hanya warga lokal tapi juga warga luar kota. Lokasinya yang ada di wilayah strategis Jakarta membuatnya mudah di jangkau. Memiliki konsep arsitektur urban cool membuat Waterbom Jakarta memberikan suasana santai dengan seluncuran airnya yang beranekaragam. Beberapa wahana yang ada di Waterbom Jakarta adalah the wizard, aquatube, twister, the hairpin, speed slide, kiddy pool, 4 kkiddy slides, dan wild river, dan masih banyak lagi wahana yang menarik.

Baca Juga :

Mengenal Sejarah Kepolisian di Museum Polri

Waterbom Jakarta

Alamat : Jalan Pantai Indah Kapuk Kecamatan Penjaringanm Kota Jakarta Utara

Jam Buka : Setiap Hari mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB

Harga Tiket: Mulai dari Rp.100.000

10. Allianz Ecopark Ancol

Allianz Ecopark Ancol
keuangan.kontan.co.id

Allianz Ecopark Ancol merupakan taman hiburan unik di Jakarta yang menwarkan aktifitas petualangan dan edukasi seru di alam terbuka. Allianz Ecopark Ancol memiliki luas lahan hamper 34 hektar yang dulunya merupakan kawasan Padang Golf Ancol. Taman hiburan unik di Jakarta satu ini merupakan wadah untuk pengunjung bisa mengeksplorasi pengetahuan botani. Terdapat berbagai jenis tanaman pesisir yang telah ditanam di area ini untuk dijadikan Ecopark dan wilayah kawasan hijau untuk masyarakat. Allianz Ecopark Ancol memiliki berbagai zona yang dibagi berdasarkan fungsi dan fasilitasnya yang berbeda. Di Allianz Ecopark Ancol terdapat zona Eco Care, Eco Nature, Eco Art, dan Eco Energy.

Baca Juga :

Jelajahi Pulau Tidung

Allianz Ecopark Ancol

Alamat : Jalan Lodan Timur Nomor 7, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara

Jam Buka : Setiap hari mulai pukul 6.00 – 18.o0 WIB

Harga Tiket: Mulai dari Rp. 25.000, kamu bisa memesan tiket dan hari kunjungan kamu melalui website mereka di ancol.com

Bacaa Juga :

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

Itulah beberapa taman hiburan unik di Jakarta yang bisa kamu kunjungi, mulai dari taman hiburan aneka satwa, mengenal budaya dan wilayah Indonesia, bermain air, hingga taman bermain edukasi yang membiarkan anak berkreasi serta bereksperimen. Dari beberapa taman hiburan diatas, mana taman hiburan yang pernah kamu kunjungi, dan kamu rekomendasikan, yuk tulis rekomendasi kamu di kolom komentar ya.



Leave a Reply