10 Sup Khas China Yang Menyehatkan


prita  September 13, 2022  0 Comment

Sudah bukan rahasia lagi jika China memiliki ragam kuliner khas yang enak. Sup khas China bisa jadi salah satu rekomendasi kuliner yang patut untuk kamu coba saat berlibur ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Chinese soup terkenal dengan cita rasanya yang segar dan otentik di setiap suapannya. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk berlibur ke China, jangan lupa untuk mencicipi sajian sup yang nikmat berikut ini.

1. Wonton Noodles

Wonton Noodles
seonkyounglongest.com

Wonton Noodles merupakan sup khas China pertama yang wajib untuk kamu coba. Wonton Noodles atau Mie Wonton ini merupakan salah satu sajian yang cukup populer dengan banyak variasi regional yang mudah sekali ditemukan di kawasan Asia Tenggara.

Sup ini biasanya terdiri dari mie telur yang kenyal dan pangsit yang digabung menjadi satu. Kedua bahan tersebut disajikan dalam kuah kaldi ayam, babi atau seafood yang beraroma. Untuk pangsitnya sendiri biasanya berisikan kombinasi daging babi cincang dan udang yang diberi bumbu minyak wijen, kecap dan parutan jahe.

Gotravelly

Enaknya Makan Steak Di KQ5 Steak & Ricebowl: Murah Banget!

Waroenk Ramen : Ramen Hits Kekinian Di Jombang

2. Winter Melon Soup

Winter Melon Soup
thespruceeats.com

Sup khas China yang tak kalah nikmat berikutnya adalah Winter Melon Soup atau Sup Melon Musim Dingin. Winter Melon Soup ini merupakan sup paling sederhana yang biasa disajikan untuk sehari-hari ataupun saat jamuan makan serta acara-acara khusus.

Sup ini merupakan hidangan klasik Kanton yang cukup populer di seluruh Asia Tenggara. Meskipun melon musim dingin matang saat musim panas, biasanya mereka memiliki umur simpan yang panjang dan dapat disimpan hingga satu tahun. Itulah yang membuat labu ini menjadi salah satu sayuran yang tersedia saat musim dingin. Tak hanya nikmat, sup ini juga terkenal sangat baik bagi tubuh karena mampu meningkatkan kekebalan.

3. Hot and Sour Soup

Hot and Sour Soup
madewithlau.com

Berasal dari Sichuan atau Beijing, hot and sour soup ini merupakan salah satu sup khas China yang cukup populer. Sup ini merupakan makanan klasik yang cocok disajika pada setiap kesempatan, terutama saat musim dingin.

Hot and Sour Soup ini mengandung bahan-bahan seperti kuncup bunga bakung hari, potongan bambu, tahu, jamur kuping kayu dan kaldu rasa darah babi. Sup ini memiliki cita rasa pedas yang berasal dari paprika merah, sementara rasa asam diperoleh dengan menggunakan cuka. Biasanya hot and soup soup ini dinikmati setelah makan besar atau sebagai obat mabuk.

4. Bird’s Nest Soup

Bird's Nest Soup
atlasobscura.com

Sup khas China yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah bird’s nest soup atau sup sarang burung. Sarang burung seringkali disebut sebagai caviar of the east karena menjadi kelezatan dalam banyak masakan Asia.

Di China, mengonsumsi sarang burung merupakan sebuah tradisi yang berasal dari lebih dari ribuan tahun lalu. Sup sarang burung tentu menjadi salah satu kuliner yang terkenal cukup nikmat. Tak hanya enak, sarang burung dipercaya sangat baik bagi tubuh karena sangat bergizi dan bisa mencegah penuaan.

5. Cantonese Slow-Cooked Soup

Cantonese Slow-Cooked Soup
whetstonemagazine.com

Slow-cooked merupakan sebuah teknik memasak ala Kanton dan sup ini dibuat dengan cara merebus daging secara perlahan dan bahan-bahan lainnya di atas api kecil. Biasanya, Cantonese Slow-Cooked Soup ini sering ditemukan di jamuan makan, tapi juga tak jarang dikonsumsi untuk obat karena sangat berkhasiat.

Secara tradisional, Cantonese Slow-Cooked Soup ini dibuat dari daging tanpa lemak, ikan, sayuran dan campuran rempah. Tentu saja butuh waktu yang agak lama untuk membuat sup ini. Meskipun begitu, Cantonese Slow-Cooked Soup ini memiliki cita rasa yang nikmat dan sangat baik untuk kesehatan.

6. Shark Fin Soup

Shark Fin Soup
thediplomat.com

Sup khas China yang tak kalah nikmat berikutnya adalah shark fin soup atau sup sirip hiu. Bisa dibilang, sup ini cukup kontroversial di China populasi hiu mulai berkurang.

Sup ini dibuat dari sirip hiu dan dibumbui dengan ayam sebagai kaldunya. Sirip hiu memiliki rasa yang sedikit netral dan digunakan dalam hidangan untuk menambah tekstur. Sup sirip hiu ini pertama kali ditemukan oleh seorang kaisar pada masa Dinasti Sung yang ingin memamerkan kekuatan, kekayaan dan kemurahan hatinya pada para tamunya. Sup ini menjadi salah satu hidangan yang mewakili kesehatan dan kemakmuran dalam budaya China karena biasa disajikan di acara-acara khusus.

7. Tomato and Egg Soup

Tomato and Egg Soup
asianfoodnetwork.com

Tomato and egg soup juga menjadi salah satu sup khas China yang wajib untuk kamu coba. Sup ini merupakan hidangan China klasik yang dibuat dari tomat cincang kasar dan daun bawang yang direbus dengan kaldu bab beraroma khas. Sementara telur diaduk ke dalamnya menjelang proses memasak selesai.

Tomato and Egg Soup ini sering dibumbu dengan acar sawi China yang disebut sebagai zha cai atau saus ikan, yang mana keduanya menambah rasa asin. Sup ini memiliki cita rasa yang ringan dan menyegarkan dan biasa disajikan setelah makan, terutama setelah menikmati makanan berat dan berminyak.

8. Egg Drop Soup

Soup Khas China
simplyrecipes.com

Sup khas China yang satu ini juga tak kalah populer karena kelezatannya, yaitu Egg Drop Soup. Sesuai dengan namanya, sup ini dibuat dengan menjatuhkan telur yang dikocok dalam kuah kaldu yang panas, yang seharusnya membentuk tekstur halus seperti bunga.

Meskipun sup ini pembuatannya cukup sederhana, namun sup ini banyak dinikmati karena bisa jadi menu pendamping yang enak. Umumnya, kaldu yang digunakan dalam sup ini adalah kaldu ayam, meskipun kaldu sayuran juga bisa digunakan. Bahan tambahannya adalah tahu, daun bawang dan minyak wijen. Namun, sayuran seperti kacang polong dan tomat juga bisa dimasukkan ke dalamnya.

9. Crossing-the-Bridge Noodles

Crossing-the-Bridge Noodle
wildchina.com

Crossing-the-Bridge Noodles atau yang sering dikenal sebagai guo qiao mi xian merupakan salah satu sup khas China yang berasal dari Yunnan. Sup ini merupakan sup bihun yang terdiri tak hanya dari bihun, namun juga ayam, irisan daging dan sayuran serta beberapa bahan untuk hiasan dan bumbu.

Sup yang berasal dari Kabupaten Mengzi lebih dari 100 tahun lalu. Uniknya, proses pembuatan sup ini dibuat dengan semangkuk sup panas, semangkuk bihun dan sepiring bahan-bahan yang diiris dan dibawa ke meja tempat hidangan mulai dimasak.

10. Paomo

Paomo
idntimes.com

Sup khas China yang terakhir adalah Paomo. Paomo merupakan sajian yang terdiri dari roti kukus dan ragi yang direndam dalam sup daging kambing. Bahan tambahan pada sup ini bisa berupa bihun dan sayuran cincang.

Sementara penambahan acar bawang putih dan pasta cabai manis memiliki peran utama dalam meningkatkan cita rasa hidangan. Ada dua variasi pada sup ini, pertama adalah yangrou paomo yang dibuat dengan daging domba. Sementara yang kedua adalah niurou paomo yang dibuat dengan daging sapi.



Leave a Reply