11 Tempat Makan di Jogja Enaknya Kebangetan


Reni  December 4, 2017  0 Comment

Tempat makan enak di Jogja sangat berlimpah, mulai dari yang mewah hingga kaki lima. Istimewanya, Anda bisa menyantap hidangan lezat sambil menikmati suasana Jogja dengan nuansa budaya yang masih kental. Berikut ini tempat kuliner Jogja 

1. House Of Raminten

House Of Raminten

image credit : @houseoframinten

House of Raminten adalah cafe yang menyediakan aneka kuliner khas Jogja, seperti sate lilit, cunduk, brongkos, tahu bola, nasi kucing, wedang sereh dan sebagainya. Uniknya, semua makanan tradisional tersebut dihidangkan ala western. Tak hanya itu, ruangannya berarsitektur Jawa dengan aroma dupa yang khas. Di cafe yang berlokasi di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta ini, Anda juga akan dihibur oleh alunan gending Jawa dan dilayani oleh pelayan yang menggunakan kemben Jawa. Anda dapat kesana kapan pun, karena House of Raminten buka selama 24 jam.

review kuliner dan tempat wisata

 

2. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

image credit : @glamma_sandra

Walaupun telah berdiri sejak tahun 1960, Nasi Goreng Beringharjo tetap setia dengan resep lawasnya. Tak heran apabila warung yang terletak di Jalan Pabringan 1, Yogyakarta ini setiap hari selalu dibanjiri pelanggan. Saking enaknya, terkadang ada pelanggan yang pesan 1,5-2 porsi sekaligus. Selain nasi goreng, tempat makan yang buka mulai pukul 19.00-habis tersebut menyediakan menu andalan lainnya, yaitu bakmi goreng atau bihun goreng.

Baca juga :  10 Steak Enak di Bintaro, Daging juicy Berpadu Dengan Saus Yang Gurih

3. Manggar Manding

Manggar Manding

image credit : @manggarmanding

Tempat makan enak di Jogja ini memang menyajikan gudeg, tapi tidak terbuat dari nangka muda, melainkan buah kelapa yang masih muda atau lebih dikenal dengan manggar. Dulu, gudeg manggar menjadi menu istimewa di keraton dan biasanya disajikan bersama tempe bacem dan sayur krecek. Jika Anda tertarik, silahkan datang ke Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

4. Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu

image credit : @jogjafood

Kedengarannya seperti makanan dari Negeri Sakura, padahal Bakmi Shibitsu adalah kuliner khas Jogja yang telah ada sejak tahun 1980. Yang istimewa di tempat makan milik Bu Gilah ini, Anda bisa memilih bahan mienya sendiri, apakah pakai mie kuning atau bihun. Selain bakmi, ada nasi goreng, mie goreng, mie rebus, rica-rica ayam dan masih banyak lagi. Bila penasaran, datang saja ke Jalan Bantul No. 106, Bantul, Yogyakarta.

5. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

image credit : @nesyaismipradipta

Jauh-jauh ke Jogja, rugi bila tidak mampir ke Warung Sate Klathak Pak Pong yang beralamat di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta. Sate klathak sendiri terbuat dari daging kambing yang ditusuk-tusuk menggunakan jeruji sepeda agar matang merata. Sejak dulu, hidangan tersebut sudah terkenal dengan rasanya yang nikmat, padahal hanya diolah dengan bumbu-bumbu sederhana, seperti merica, garam dan kecap.

6. Banyu Mili Country Club

Banyu Mili Country Club

image credit : @banyumili_country_club

Bagi Anda yang pernah berekreasi ke Perum Griya Mahkota, tentu tidak asing lagi dengan nama Banyu Mili Country Club. Tempat makan ini menghidangkan berbagai olahan lezat, seperti kepiting telur serta udang bakar madu yang menjadi dua menu andalannya. Kepiting dan udang yang dimasak adalah hasil budidaya sendiri, jadi pasti fresh rasanya. Selain itu, ada ayam goreng, gurame bakar dan cumi bakar yang tidak kalah enak.

Baca juga :  11 Tempat Makan unik di Jakarta Yang Super Keren dan Instagenic

Kapan lagi bisa menikmati hidangan nikmat setelah puas bermain di kolam renang dan wahana lainnya. Anda bisa datang ke Perum Griya Mahkota yang berlokasi di Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta. Resto buka pada pukul 10.00-22.00, sedangkan wahana rekreasinya sendiri buka mulai pukul 07.00-18.00.

 

7. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

image credit : @grabfoodid

Salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang telah ada sejak tahun 1958 adalah Gudeg Pawon. Meskipun terbilang resto jadul, tapi Gudeg Pawon masih bisa mempertahankan pelanggannya hingga kini. Terbukti dengan banyaknya orang yang sudi mengantri panjang demi mendapatkan seporsi gudeg yang rasanya nikmat itu. Keunikan dari rumah makan ini adalah cara penyajiannya yang langsung dari pawon atau dapur.

Tempatnya memang sederhana, tapi kenikmatan Gudeg Pawon tidak bisa ditandingi. Anda bisa datang ke Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta bila ingin mencicipinya. Rumah makan tersebut buka pukul 22.30-habis.

8. Jejamuran

Jejamuran

image credit : @jejamuran.id

Bagi penggemar jamur, tentu akan puas dengan kuliner yang disajikan Jejamuran. Ya, resto yang berada di Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Pandowo Harjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang terkenal dengan olahan jamurnya yang lezat. Mulai dari jamur tumis pedas, telor dadar jamur, sate jamur, fuyunghai dan aneka olahan jamur lainnya bisa Anda cicipi di sana.

9. Sego Pecel Bu Wiryo

tempat makan enak di jogja

image credit : @avilevie

Nasi pecel memang bisa ditemui dimana saja, tapi mungkin tidak ada yang seistimewa Sego Pecel Bu Wiryo. Dari luar terlihat biasa saja, terdapat bahan seperti bayam, kangkung, kacang panjang, tauge dan lainnya yang disiram dengan sambal kacang. Tapi, rasa sambalnya berbeda, ada perpaduan manis dan pedas yang endes di lidah. Untuk lauknya, Anda bisa memilih tempe, tahu, telor ceplok, bakwan, kerupuk aci, kerupuk gendar dan sebagainya. Sego Pecel Bu Wiryo ini berlokasi di sekitar kampus UGM (Universitas Gajah Mada).

Baca juga :  7 Rekomendasi Sate Klopo Enak di Surabaya Rasanya Nampol!

10. Mie Ayam Grabyas

Mie Ayam Grabyas

image credit : @masakjajan

Mie Ayam Grabyas adalah salah satu tempat makan enak yang dekat dengan Malioboro. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati kuliner Jogja di malam hari karena warung ini buka pada tengah malam. Warung yang bertempat di Jalan Malioboro No. 159 Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta ini memiliki mie ayam yang rasanya super lezat. Tak heran apabila setiap harinya selalu ramai pelanggan. Apalagi harganya sangat ekonomis, cocok untuk kantong mahasiswa.

11. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

image credit : @gudeg_yu_djum_pusat

Tempat wisata kuliner terakhir yang direkomendasikan adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg di sana sangat terkenal dengan kelezatannya, meskipun suasananya tergolong sedikit tradisional. Bahkan mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono selalu mampir ke Gudeg Yu Djum setiap kali berkunjung ke Jogja. Jika Anda kebetulan berlibur ke Jogja, sempatkan untuk mencicipi gudeg khasnya Yu Djum yang berlokasi di Jalan Wijilan 31 Panembahan, Kraton, Panembahan, Yogyakarta.

Tips Berwisata Kuliner di Tempat Makan Enak di Jogja

Di antara tempat-tempat kuliner di atas, manakah yang akan Anda incar pertama kali? Carilah info selengkap-lengkapnya mengenai tempat makan tersebut sebelum memulai perjalanan wisata. Baca pula review dari masing-masing restonya, apakah recommended atau tidak. Setelah itu, susun daftar prioritas lokasi yang hendak dikunjungi. Sebab, tidak mungkin, bukan bila semuanya dikunjungi dalam waktu 1-2 hari? Kalau perlu, buatlah susunan jadwal perjalanan wisata kuliner di Jogja agar Anda bisa menikmatinya secara maksimal.

Tapi, yang paling penting adalah menyiapkan anggaran untuk kegiatan tersebut dan mengetahui peta lokasi kota Jogja agar tidak tersesat.

Jogja tak hanya istimewa dari segi budaya dan objek wisatanya, tapi kulinernya pun seolah membuat setiap orang jatuh hati. Nah, bila Anda berkunjung ke sana bersama keluarga jangan lupa untuk singgah ke tempat makan enak di Jogja.



Leave a Reply