10 Street Food Penang Bikin Wisatawan Nggak Mau Pulang


Reni  January 14, 2020  0 Comment


Penang menjadi salah satu tujuan wisata banyak orang, termasuk dari Indonesia. Tak heran karena memang ada banyak sekali objek wisata alam maupun sejarah yang ada di salah satu pulau di Malaysia tersebut. Tentu saja hal itu menjadikan banyaknya street food must try in Penang mulai dari kuliner khas lokal maupun adopsi dari negeri lain.


Inilah 10 Street Food Must Try in Penang

1. Penang Assam Laksa

penang street food
unileverfoodsolutions.com.my


Jika Anda mampir di kuil Kek Lok Si, maka akan menjumpai banyak sekali padaganh kaki lima atau semacamnya yang menjual Penang Assam Laksa. Memang ini merupakan kuliner khas Melayu yang sangat terkenal. Bentuknya berupa mie putih, bulat, serta tebal. Kemudian dimasak sedemikian rupa dengan bumbu khas yang pedas, asam, dan gurih bercampur jadi satu.
Tak sampai di situ, mie tersebut juga disajikan bersama kuah khusus, sarden, potongan makarel, hingga pasta udang. Hal itu membuat menu mie tersebut sangat istimewa meskipun disajikan dalam wadah sederhana.

Mengeksplor Wonderfood Museum Penang, Awas Tambah Laper

Menikmati Lumernya Kue Keria, “ Jemblem” Kota Malaka, Malaysia

Kelezatan Rasa Es Cendol Durian Jam Besar Bikin Kangen Malaka

2. Char Koay Teow

street food di penang
vkeong.com


Kuliner yang satu ini juga sangat terkenal di Malaysia, khususnya Penang. Anda bisa menemukannya di banyak tempat seperti pinggir jalan hingga sudut kota. Char Koay Teow sendiri merupakan kwetiau yang dimasak dalam kuali dengan cara digoreng, sehingga menghasilkan aroma sedap serta khas.
Kemudian dilengkapi dengan berbagai varian isi seperti udang, terlur, bawang putih tumis, kerang, tauge, hingga potongan daging babi. Jika Anda ingin memperoleh kwetiau tanpa daging babi, bisa mencari warung yang menyediakan daging halal. Dijamin rasanya nikmat dan berbeda dengan yang ada di Indonesia.

3. Rujak Pasembur

penang street food
travel.tribunnews.com


Jika Anda sudah sering mencicipi rujak khas Indonesia seperti rujak cingur, tak ada salahnya mencoba sensasi rasanya rujak ala Penang yaitu Pasembur. Suatu hal yang khas dari rujak Pasembur adalah isian dan penyajiannya yakni berisi irisan mentimun, potongan telur rebus, tauge, tahu, hingga cincin gurita serta dilengkapi kerupuk udang.
Beberapa isian tersebut dihidangkan di atas piring yang membentuk semacam gunung, sehingga tampak menggugah selera. Tak sampai di situ, rujak diberi bumbu khas berupa saus pedas dan kental. Ada banyak varian rasa saus yang bisa Anda coba seperti manis, gurih, asam, dan ekstra pedas.

4. Hokkien Mie

makanan wajob coba di penang
foodadvisor.my


Di Penang, mie ini bisa disebut juga dengan Hae Me. Mulanya kuliner ini berasal dari Tiongkok yang kemudian juga dibuat dengan bumbu khas Melayu hingga menjadi favorit para wisatawan. Bentuknya berupa mie kuning yang terbuat dari campuran tepung dengan daging udang. Kemudian diberi kuah kehitaman, sehingga rasa serta aromanya sangat khas.

5. Nasi Kandar

penang street food
freemalaysiatoday.com


Apabila Anda berjalan-jalan melewati Little Indian of Penang, Labuan Queen, maupun Lebih Chilua, jangan lupa untuk mencicipi nasi Mandar. Pasalnya kuliner tersebut berasal dari India kemudian dibawa ke Melayu dan diberi bumbu khas, sehingga rasanya tiada duanya.
Nasi Kandar seringkali disebut sebagai nasi wangi karena aromanya yang menggoda. Nasi dimasak dengan daun pandan kemudian dilengkapi dengan daging ataupun sayuran tertentu. Tak sampai di situ, kuliner asal India Muslim tersebut diberi bumbu kari dengan berbagai tingkat kepedasan. Ada pula yang memang ditaburi cabai asli ataupun bubuk cabai.

6. Dimsum

penang street food
mariefranceasia.com


Tentu Anda sudah sangat sering mendengar atau bahkan mencoba kuliner bernama Dimsum. Di Indonesia memang sudah banyak kafe maupun restoran yang menyediakan menu khas dimsum. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba sensasi ataupun varian lain selagi berada di Penang. Anda bisa menjumpainya di pedagang kecil tepi jalanan raya dan sudut kota.
Ada banyak sekali varian rasa hingga bentuk dimsum yang ada di Penang. Anda bisa mencobanya salah satu sesuai selera.

7. Lor Bak

penang street food
worldofbuzz.com


Lor Bak juga mudah sekali Anda temukan di berbagai sudut kota, khususnya tempat wisata hingga mall. Kuliner ink berupa potongan daging babi yang dibalut dengan tepung serta tahu kemudian digoreng hingga kering. Tentu saja diberikan bumbu rempah khas yang membuat aroma serta rasanya menggoda. Kalau di Penang ini rasanya cenderung lebih manis.
Selain itu dilengkapi dengan beberapa campuran lain seperti telur, ikan, hingga sosis. Selanjutnya dihidangkan di atas piring dalam kondisi masih panas. Hal itu sangat cocok Anda nikmati sebagai camilan makan siang maupun malam.

8. Lok Lok

penang street food
dewapoker.link

Sate celup atau yang biasa disebut Lok Lok ini banyak diburu para pelancong yang berkunjungi ke Penang. Eits, berbeda dengan sate yang ada di Indonesia, sate ini terdiri dari bakso, sosis, bola ikan, udang, dan lain-lain.
Tidak hanya memakan satenya langsung, namun ada juga saus celupnya. Saus celup terbuat dari bumbu kacang yang panas. Harganyapun bervariasi sesuai dengan jumlah tusukan yang Anda makan. Mungkin jika di Indnesia, konsep sate celup atau Lok Lok ini mirip dengan angkringan.

9. Oyister Omelette

penang street food
tummyfull.blogspot.com


Kuliner yang satu ini sering kali disebut sebagai Oh Chien. Banyak sekali pedagang kecil maupun restoran yang menjual makanan tersebut, khususnya di sepanjang Penang. Karena itulah menjadi populer bagi kalangan wisatawan. Tidak ada salahnya Anda juga mencobanya selagi jalan-jalan di Malaysia.
Oyister Omelette juga populer di Singapura, namun ada sedikit perbedaan dengan yang ada di Penang. Bentuknya tak jauh dengan telur dadar, hanya saja campuran bahannya lain seperti tepung beras yang kemudian diberi bumbu khusus. Lalu digoreng hingga kering hingga menghasilkan rasa yang kriuk dan ringan.
Ada pula campuran sedikit tiram yang membuatnya lebih khas. Omelette tersebut kemudian disajikan di atas piring lengkap dengan saus maupun kecap. Cocolkan telur dadar goreng ke saus lalu nikmati sensasi rasanya yang tiada duanya. Sebenarnya kuliner ini cocok dijadikan sebagai makanan pendamping atau camilan saat santai.

10. Teochew Chendul

street food di penang
youtube.com


Merupakan minuman khas seperti halnya cendol, sebagaimana namanya. Layaknya di cendol di Indonesia, Chendul bisa Anda temukan di banyak tempat, khususnya di pusat keramaian, pinggir jalan, hingga mall di Penang.
Minuman dingin dari santan kelapa murni yang dicampur dengan cendol dan isian lainnya ini memang digemari banyak wisatawan di Penang. Anda pun patut mencobanya saat berjalan-jalan di salah satu objek wisata.
Sebenarnya masih banyak sekali kuliner khas yang bisa Anda temui saat berada di Penang, mengingat wilayah tersebut merupakan tujuan banyak wisatawan. Namun beberapa di atas yang paling populer, sehingga menjadi Street Food Must Try in Penang. Soal harga sangat terjangkau dan bersahabat karena dijual di banyak tempat.



Leave a Reply