10 Rekomendasi Dessert Khas Belgia, Super Menggoda!


Jehan  February 9, 2023  0 Comment

Dessert Belgia – Belgia menjadi salah satu negara kecil di Eropa yang menawarkan beragam atraksi bagi para pelancong. Ada berbagai tempat menarik dari Belgia yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata.

Berbagai landmark klasik seperti kastil dengan usia berabad hingga arsitektur bangunan modern adalah salah satu daya tarik dari Belgia. Disamping tempat wisata yang menarik, Belgia juga menjadi destinasi kuliner yang menggoda.

Selain punya beberapa menu makanan khas, Belgia juga cukup dikenal dengan varian dessertnya yang lezat. Nah, jika kamu pecinta hidangan penutup sepertinya ulasan dari GoTravellly yang dilansir dari Taste Atlas satu ini, akan tepat untuk kamu simak. Yuk, ikuti ulasan dessert dari Belgia yang telah dirangkum oleh GoTravelly hanya untukmu pecinta kuliner!

Dessert Khas Belgia:

1. Lacquemant Waffles

dessert belgia wafel lacquemant
tasteatlas.com

Wafel Lacquemant merupakan dessert khas Belgia yang berasa dari kota yang tak asing dikenal sebagai pemilik wafel mendunia, yakni Liege. Jika biasanya wafel berbentuk tebal, kali ini wafel Lacquemant memiliki bentuk sebaliknya.

Lacquement dibuat dengan bentuk khas yang tipis dan memiliki tekstur renyah dan garing. Lapisan dari dessert Belgia ini biasa diisi dengan sirup gula. Tak sekadar sebagai makanan penutup, Lacquemant juga menjadi camilan yang dapat dinikmati setiap saat.

2. Couque de Dinant

dessert belgia couque de dinant
flickr.com

Pecinta biskuit, makanan yang satu ini merupakan biskuit khas Belgia yang patut untuk dicoba. Couque de Dinant merupakan kue dengan resep tradisional yang dikenal sebagai kue dengan tekstur keras.

Baca juga :  10 Minuman Khas Turki Segar dan Sehat

Dessert Belgia ini memiliki kisah tradisi dibaliknya, yakni sebagai salah satu camilan yang diberikan pada bayi saat sedang memasuki fase usia tumbuh gigi. Biasanya bayi akan berlatih dengan cara menghisap kue Couque de Dinant tersebut.

Biskuit keras ini memiliki rasa manis dari madu yang lezat. Teksturnya yang keras tersebut dicapai karena proses pemanggangan kue dengan suhu tinggi mencapai 300 derajat celcius. Saat ini kue ini banyak dibuat dengan berbagai macam bentuk cetakan yang lucu dan menggemaskan. Selain sebagai camilan, sepertinya Couque de Dinant adalah kue yang layak untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Belgia.

3. Dame Blanche

dame blanche dessert belgia
recettes.campina.be

Dame Blanche merupakan sajian es krim yang menjadi dessert Belgia. Hidangan penutup ini memiliki rasa manis vanila yang ditambahkan dengan krim kocok serta saus cokelat sebagai toping di atasnya.

Dame Blanche adalah jenis dessert Belgia yang cukup popular. Jika kamu ingin mencicipi es krim khas ini, kamu dapat dengan mudah menemukannya di berbagai restoran Belgia. Apa kamu tertarik mencicipi dessert yang satu ini?

4. Antwerpse Handjes

antwerpse handjes dessert khas belgia
flickr.com

Dessert Belgia yang merupakan sajian kue ini dikenal dengan bentuk uniknya yang menyerupai tangan. Antwerpse Handjes adalah kue tradisional yang berasal dari daerah Antwerpen, Belgia.

Kue yang telah ada sejak tahun 1934 ini terbuat dari berbagai bahan, seperti tepung, telor, mentega, gula, dan kacang almond. Lalu adonan tersebut dibentuk menjadi tangan-tangan kecil dan dipanggang hingga menghasilkan warna matang keemasan.

5. Geraardsbergse Mattentaart

geraardsbergse mattentaart dessert belgia
mattentaartatelier.com

Makanan penutup milik Begia selanjutnya adalah Geraardsbergse Mattentaart yang cukup popular. Dessert ini berasal dari Provinsi Timur Flanders yang terkenal. Geraardsbergse Mattentaart merupakan hidangan pai puff pastry berukuran kecil yang memiliki rasa manis.

Baca juga :  7 Rekomendasi Es krim dan Gelato di Bandung

Pai Belgia ini memiliki isi keju dengan aroma almond. Saat ini kue tradisional yang menggunakan resep kuno sejak tahun 1514 tersebut menjadi salah satu sajian Belgia yang banyak dicari oleh para pecinta kue mancanegara. Jika kamu bertemu dengan pie yang dinamai dengan Mattentaart ini di Uni Eropa, maka dapat dipastikan bahwa kue ini diproduksi di Geraardsbergen. Kue satu ini telah dinyatakan sebagai produk regional yang dilindungi sejak tahun 2006.

6. Sneeuwballen

sneeuwballen dessert khas belgia
openfoodfacts.org

Dessert Belgia ini adalah sajian kue manis yang hanya diproduksi pada bulan September hingga Maret. Kue berbentuk bulat dengan ukuran kecil ini adonan rasa vanila yang dilapisi dengan cokelat lezat Belgia.

Lapisan luarnya yang ditaburi dengan gula icing, membuat Sneeuwballen semakin enak untuk dinikmati. Masyarakat lokal Belgia meyakini bahwa kualitas Sneeuwballen yang baik dan sempurna saat kue tersebut digigit dan retak sebelum akhirnya meleleh di lidah. Terdengar cukup menggiurkan ya.

7. Brussels  Waffels

brussel waffels belgium dessert
flickr.com

Siapa yang menyukai makanan wafel lezat dengan berbagai macam topping di atasnya? Belgia cukup dikenal sebagai negara yang memiliki sajian wafel terlezat di dunia loh! Salah satu wafel yang menjadi andalan mereka adalah Brussels Waffels.

Wafel Belgia ini merupakan salah satu dessert nasional yang banyak dicintai oleh masyarakat setempat. Wafel terbuat dari adonan tipis beragi yang dipanggang di dalam teflon khusus sebagai pencetak khas. Tak hanya itu saja, wafel Brussel juga memiliki tekstur lembut dan empuk dengan pinggiran sedikit garing yang membuatnya semakin terasa sempurna.

Sajian tradisional dari wafel ini biasanya hanya dilapisi dengan taburan gula halus sebagai topping. Namun kini, wafel semakin dikembangkan dengan berbagai macam varian sebagai topping pelengkap. Cukup menggoda, bukan?

Baca juga :  9 Makanan Khas Hungaria Bikin Perut Bergoyang Gembira

8. Speculaas

speculaas dessert belgia
flickr.com

Speculaas adalah kue dengan rasa rempah yang cukup terkenal diseluruh penjuru Belgia. Kue tradisional ini memiliki aroma khas perpaduan dari beberapa rempah, seperti kayu manis, pala, cengkeh, dan jahe.

Baca Juga :

Baca Ini Sebelum ke Belgia! Ini 10 Tempat Wisata Alam di Belgia

Dulunya kue tradisional ini biasa dibuat pada tanggal 5 dan 6 Desember di malam perayaan St. Nicholas. Namun sekarang, Speculaas dapat dinikmati setiap saat. Kue tradisional dari Belgia ini sangat nikmat disandingkan dengan secangkir teh atau kopi. Tertarik mencoba kue tradisional Belgia penuh rasa ini?

9. Liege Waffels

wafel liege dessert belgia
flickr.com

Varian wafel lain dari negara yang identik dengan cokelat ini menjadi salah satu dessert Belgia yang popular. Wafel Liege memiliki tekstur kenyal dan identik dengan bentuk tidak beraturannya yang khas.

Baca Juga:

7 Jajanan Khas Belgia Semuanya Bikin Perut Bahagia

Wafel Liege biasa memiliki campuran gula mutiara yang khas, sehingga saat mencicipi wafel ini setiap lidah akan dimanjakan dengan rasa manis dari gula yang terkaramelisasi dengan sempurna. Apa kamu bisa membayangkan rasa manisnya?

10. Liers Vlaaike

liers vlaaike dessert belgia
flickr.com

Dessert Belgia selanjutnya adalah Liers Vlaaike. Kue yang satu ini memiliki rasa cukup unik, perpaduan asam manis dan sedikit pedas. Apa kamu bisa membayangkan rasa unik tersebut dalam gigitan sebuah kue?

Baca Juga :

9 Makanan Khas Belgia , Sangat Menggugah Selera

Rasa pedas dari kue Liers Vlaaike berasal dari perpaduan rempah-rempah, seperti kayu manis, cengkeh, ketumbar, dan pala. Kue dengan rasa unik khas ini menjadi salah satu menu dengan resep tertua dari Antwerp, Belgia. Dari 10 jenis dessert Belgia di atas tersebut, adakah varian yang pernah kamu coba? Jika iya, yuk, bagikan pengalaman terbaik berkulinermu dengan GoTravelly.  



Leave a Reply