25 Makanan Khas Tulungagung Terkenal Kelezatannya dan Oleh-Oleh


Reni  May 19, 2018  2 Comments

Makanan khas Tulungagung memang terkenal memiliki ragam cita rasa yang khas dan nikmat. Disini banyak sekali kuliner yang diolah dan disajikan dengan cara tradisional sehingga memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Anda memang bisa menemukan banyak sekali kuliner khas yang bisa dinikmati sebagai makanan berat atau sekedar untuk camilan. Tak hanya terkenal enak, kuliner khas Tulungagung juga terkenal ramah di kantong, lho. Nah, jika Anda berencana untuk berkunjung ke Tulungagung, Berikut ini adalah daftar makanan khas Tulungagung yang wajib untuk anda cicipi.

1. Sate dan gulai kambing

Sate dan gulai kambing

dinparta.wordpress.com

Mungkin saja di kota Anda ada banyak penjual sate dan gulai kambing. Akan tetapi di Tulungagung memiliki sate dan gulai kambing dengan rasa yang khas dari daerah ini. Hal ini karena bumbu yang diberikan terasa lebih masuk dan meresap ke dalam dagingnya. Selain itu perbedaannya juga ada pada saat proses memasaknya. Proses memasaknya dengan cara dibakar dan juga dicelupkan ke dalam kuah gulainya.

Republik Cafe Dendy , Cafe Baru Dengan Beragam Menu Dijamin Maknyuz

Nirwana Bambu , Makan Enak Sambil Menikmati Kelap – Kelip Lampu

2. Kue sagon

Kue sagon

@scolastica_wedha instagram

Mungkin Anda pernah merasakan kue sagon. Jenis kue tradisional ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat Anda berkunjung ke kota Tulungagung. Rasa dari kue ini lezat, manis, gurih dan memiliki aroma wangi. Bahan dari pembuatan kue ini adalah kelapa, tepung kanji, tepung sagu dan masih banyak lainnya.

3. Ayam lodho

Ayam lodho

infokuliner.com

Masakan ayam londho ini hampir sama dengan opor. Hanya saja ayamnya diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Sehingga saat Anda mencicipinya akan terasa lebih enak dan juga ingin mencobanya kembali. Biasanya masakan ini akan ditemani dengan lontong atau ketupat. Namun apabila tidak ada keduanya bisa menggunakan nasi putih saja.

4. Enting-enting kacang

Enting-enting kacang

youtube.com/channel/UCrMyMJkSbml-VMw58A7uy3w

Enting-enting kacang ini umumnya akan disebut dengan geti. Makanan ini menjaid kudapan ringan yang bisa dinikmati kapan pun. Terbuat dari kacang tanah yang dicampurkan dengan wijen. Kedua bahan ini tercampur rata dalam larutan gula. Jenis makanan ini memiliki rasa manis dan gurih sehingga membuat penikmatnya ketagihan.

5. Getuk pisang

Getuk pisang

negerikuindonesia.com

Hampir sama dengan jenis getuk yang terbuat dari singkong. Jenis getuk pisang ini memakai bahan dasar pisang kepok. Apabila Anda melihatnya sekilas maka penampilannya mirip dengan lontong. Akan tetapi warna yang ada pada bagian dalamnya adalah merah tua.

6. Ayam goreng Tulungagung

Ayam goreng Tulungagung

elrajab.com

Ayam goreng khas dari kota Tulungagung memang menjadi jenis masakan yang lezat. Apabila Anda nongkrong di cafe atau pun sedang menikmati waktu bersama keluarga. Jenis masakan ini memang menjadi menu yang khas dan tidak boleh dilewatkan.

7. Jenang syabun

Jenang syabun

reynoldseptianblog.wordpress.com

Jenis jenang yang satu ini biasanya menjadi oleh-oleh khas kota Tulungagung. Terbuat dari verat keta dan memiliki rasa manis legit dan tekstur yang lembut. Sehingga membuat Anda bisa mengkonsumsinya dengan teman teh tawar.

Berikan oleh-oleh ini untuk seluruh orang yang Anda sayang. Jenis makanan ini juga cocok bagi lansia yang sudah tidak memiliki gigi karena tekstur yang lembut saat dikunyah.

8. Jenang grendol

Jenang grendol

astridavianty.wordpress.com

Bagi Anda yang menyukai jajanan dengan rasa manis bisa menikmati jenang grendol. Jenis camilan yang khas dari kota ini membuat Anda menikmati rasanya. Terbuat dari tepung kanji dan menjadi jajanan tradisional yang senantiasa diletarikan di kota ini. Sehingga Anda bisa menikmati jajanan ini untuk mendapatkan rasa yang khas.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung Yang Enak Dan Murah

9. Sompil

Sompil

sompilsayurlombokijo.blogspot.co.id

Mungkin Anda masih terasa asing dengan nama makanan yang satu ini yaitu sompil. Jenis makanan ini bisa ditambahkan lontong dan lotho untuk menikmatinya. Sedangkan untuk rasa akan menawarkan rasa pedas. Namun Anda yang menyukai cita rasa seperti ini akan membuat lidah menjadi semakin ketagihan.

10. Kerupuk rambak

Kerupuk rambak

life.108jakarta.com

Makan tak lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan kerupuk untuk menambah selera saat mengkonsumsinya. Jika Anda memiliki moto demikian tentu saja kerupuk rambak yang satu ini memang dirasakan nikmat apabila dijadikan sebagai makanan khas yang bisa menjadi oleh-oleh. Untuk rasa yang ditawarkan begitu renyah dan gurih sehingga cocok untuk teman makan.

Setelah Anda mengetahui mengenai sebelas makanan khas Tulungagung yang terkenal karena kelezatannya dan oleh-oleh daerah yang bisa dibawa pulang. Maka mungkin saja Anda berpikir bahwa mungkin saja akan menghabiskan banyak uang. Apabila Anda berpikir begitu dan ingin berwisata dengan hemat namun tetap dapat menikmati segala jenis kuliner ini berikut ini tips untuk Anda yaitu.

11. Kepiting sambal ijo

Kepiting sambal ijo

dentistvschef.wordpress.com

Menggoyang lidah dengan masakan laut yang khas dari kota Tulungagung ini adalah kepiting sambal ijo. Jenis masakan ini membuat lidah Anda menjadi ketagihan jika sekali menikmatinya. Hal ini karena rasa bumbu sambal ijo ini khas dan membuat perut yang lapar menjadi sangat puas dengan menikmati masakan ini.

12. Punten Pecel

Punten Pecel

jatimnow.com

Makanan khas Tulungagung yang wajib untuk anda coba selanjutnya adalah Punten Pecel. Punten Pecel ini memang dikenal sebagai salah satu kuliner tradisional Tulungagung, namun sajian ini juga banyak ditemukan di kawasan sekitar Tulungagung lainnya, seperti Blitar, Malang dan Kediri.

Punten Pecel ini memang mirip dengan pecel Tumpang khas Kediri dan pecel Madiun. Bedanya, jika pecel biasanya disajikan dengan nasi, sementara pecel khas Tulungagung ini disajikan dengan Punten.

Punten ini merupakan salah satu makanan pokok yang terbuat dari beras dan santan kental. Punten biasanya disajikan dengan dipotong-potong seperti lontong, namun memiliki cita rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan lontong. Sehingga perpaduan Antara gurihnya punten dan pedasnya sambal pecel ini bisa menjadikan sajian tradisional ini semakin nikmat.

13. Capar Tape

Capar Tape

facebook.com

Capar Tape tau yang juga dikenal sebagai Tape Pecel juga masuk dalam daftar kuliner enak khas Tulungagung yang tak boleh anda lewatkan begitu saja. Capar Tape ini adalah olahan fermentasi singkong atau tape yang diberi kecambah rebus dan disiram dengan sambal kacang.

Komposisi sajian ini membuat capar tape disebut sebagai pecel. Proses pembuatan capar tape ini memang cukup mudah, namun rasanya sangat nikmat. Mungkin bagi sebagian orang makanan ini terasa agak aneh karena rasa asin, manis dan gurih bercampur menjadi satu.

14. Nasi Bantingan

Nasi Bantingan

facebook.com

Makanan enak khas Tulungagung yang satu ini dikenal dengan nama Nasi Bantingan. Nasi Bantingan ini memiliki mirip dengan nasi kucing khas Yogyakarta karena porsinya yang sangat kecil naming isinya sangat lengkap.

Biasanya nasi bantingan ini berisikan sayur, tahu, mie dan potongan telur. Namun seiring berkembangnya zaman, isian dari nasi bantingan ini berubah dan semakin variatif. Ada yang mengisinya dengan ayam suwir, ada juga yang mengisinya dengan oseng jamur. Nasi bantingan ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 3.500 saja per bungkusnya dan anda bisa menambahkan dengan berbagai pilihan lauk, seperti sate ampela, sate telur puyuh, sate usus, ayam goreng dan tempe goreng.

15. Nasi Patik

Nasi Patik

cookpad.com

Nasi Patik juga masuk dalam daftar makanan khas Tulungagung yang tak boleh untuk dilewatkan. Nasi Pasti ini terbilang cukup terkenal dan menjadi salah satu makanan favorit warga Tulungagung.

disajikan dengan cara yang sederhana, namun tidak mengurangi kenikmatannya. Nasi Patik merupakan nasi yang disajikan dengan urap urap dan sayur lodeh, lalu diberi lauk berupa ayam dan telur. Penyajian dari nasi patik ini juga cukup tradisional yaitu menggunakan daun pisang atau daun jati sehingga aromanya terasa semakin nikmat. Meskipun tampilannya sangat sederhana, namun cita rasanya sangat nikmat.

Baca juga :  Muslim Traveller, Berikut 10 Rekomendasi Makanan Halal di Hongkong

16. Sayur Pindang Terong Pedas

Sayur Pindang Terong Pedas

cookpad.com

Jika anda pecinta sayur pedas, maka makanan khas Tulungagung yang satu ini juga wajib untuk anda cicipi. Sayur Pindang Terong Pedas ini sangat mudah ditemukan di banyak rumah makan di Tulungagung.

Sayur Pindang Terong Pedas ini memiliki cita rasa pedas dan mirip dengan sarden. Terongnya juga terasa sangat khas karena kaldu pindang yang menyerap dalamnya. Sesuai dengan namanya, sajian ini dibuat dari ikan pindang dan terong yang kemudian diberi bumbu cabai halus. Ikan pindang ini memiliki cita rasa yang gurih sehingga terasa semakin nikmat saat dipadukan dengan cabai halus dan bawang tumis kemudian disiram santan. Sayur Pindang Terong Pedas ini sangat nikmat jika dimakan bersama nasi hangat.

17. Botok Jeroan

Botok Jeroan

tamanan.tulungagung.go.id

Kuliner khas Tulungagung yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Botok Jeroan. Sama halnya dengan sayur pindang terong pedas, botok jeroan ini juga bisa anda temukan dengan mudah di banyak rumah makan di Tulungagung.

Botok Jeroan merupakan sajian berbumbu kuah santan, irisan tomat atau belimbing wuluh, bawang merah, bawang putih, cabai dan jeroan. Jeroan yang digunakan biasanya adalah ati ampela yang telah diolah agar tidak amis. Botok jeroan ini sangat lezat apalagi jika dinikmati dengan nasi putih yang hangat.

18. Ledre

Ledre

tamanan.tulungagung.go.id

Ledre memang menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro yang cukup terkenal, namun Tulungagung juga memiliki olahan khas berupa ledre yang rasanya tak kalah nikmat dengan yang ada di Bojonegoro.

Ledre khas Tulungagung ini cukup berbeda karena terdapat pisang di dalamnya. Untuk bentuk ledre khas Tulungagung ini juga lebih tebal dan memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Ledre sendiri tak hanya menjadi salah satu olahan khas Tulungagung yang wajib dicoba namun juga bisa menjadi oleh oleh khas Tulungagung yang wajib untuk anda bawa pulang.

19. Kicak

Kicak

cookpad.com

merupakan salah satu jajanan khas Tulungagung yang sampai saat ini masih mudah dijumpai. Kicak dikenal sebagai salah satu jajan pasar yang terbuat dari singkong yang diparut kemudian diletakkan dalam Loyang dan diiris tipis, diberi tambahan gula aren juga parutan kelapa.

memiliki cita rasa manis yang sangat nikmat dan rasa gurih yang berasal dari parutan kelapa. Kicak juga memiliki ragam warna yang cantik sehingga sangat menarik untuk dicicipi.

20. Rujak Cingur khas Tulungagung

Rujak Cingur Tulungagung

foodnesia.net

Rujak Cingur juga menjadi salah satu makanan khas Tulungagung yang patut untuk anda coba, meskipun sebenarnya rujak cingur bisa ditemukan dengan mudah di hampir semua kota di Jawa Timur, namun tak ada salahnya untuk mencoba rujak cingur khas Tulungagung ini.

Seporsi rujak cingur ini berisikan tahu, tempe, lontong, sayur kangkung dan irisan buah segar. Tak lupa juga diberikan potongan cingur yang membuatnya semakin istimewa. Bumbu rujak ini terbuat dari petis yang dihaluskan dengan kacang dan bumbu khas lainnya. Cita rasanya tentu sangat nikmat apalagi jika anda menikmatinya dengan es degan.

Salah satu tempat untuk menikmati rujak cingur paling enak di Tulungagung adalah di depan Stasiun Tulungagung atau di Pasar Sore.

21. Sredek

Sredek

cookpad.com

Pernahkah anda mendengar soal sredek? Mungkin kuliner khas Tulungagung yang satu ini terdengar cukup unik, namun rasanya tentu sangat nikmat dan menjadi buruan banyak wisatawan.

Sredek merupakan sajian yang terbuat dari gethuk ketela putih yang digoreng. Biasanya sredek disajikan dengan tempe goreng dan cabai merah sebagai lalapannya. Untuk mencicipi sredek, anda bisa datang ke warung sompil dan nasi pecel.

22. Kletek

Kletek

karangwaru.tulungagung.go.id

Kletek juga menjadi salah satu makanan enak khas Tulungagung yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh. Kletek ini adalah makanan ringan atau camilan khas Tulungagung yang dibuat dari singkong sebagai bahan utamanya. Singkong tersebut kemudian diberi ragam bumbu, cabe dan daun jeruk.

Baca juga :  7 Dimsum Enak Di Bandung Manjakan Lidah Puaskan Jiwa!

Jajanan ini dibuat tipis dengan tekstur yang empuk dan rasanya perpaduan dari gurih dan pedas yang nikmat. Untuk mencicipi kletek ini anda bisa mencarinya di pusat oleh oleh khas Tulungagung.

23. Kemplang

Kemplang

javatravel.net

Selain kletek, camilan khas Tulungagung yang bisa anda coba adalah Kemplang. Kemplang adalah salah satu makanan ringan yang cukup populer di Tulungagung.

Kemplang ini dibuat dari ketela yang diparut kemudian disajikan dengan bumbu khusus dan dipipihkan. Setelah itu, pada bagian atasnya diberi kacang lotho. Kemplang ini kemudian digoreng barulah disajikan. memiliki cita rasa gurih yang nikmat dan bisa membuat anda ketagihan. Kemplang juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh khas Tulungagung untuk anda bawa pulang.

24. Bakso Kikil Tulungagung

Bakso Kikil Tulungagung

facebook.com

Bakso Kikil juga menjadi salah satu makanan khas Tulungagung yang layak untuk anda jajal. Memang, di daerah lain anda bisa menemukan bakso kikil, namun tidak ada salahnya untuk mencicipi bakso kikil di Tulungagung.

Salah satu tempat untuk menikmati bakso kikil enak di Tulungagung adalah di Pasar Sore Tulungagung. Bakso kikil disini memang cukup populer dan banyak pelanggannya. Baksonya terkenal kenyal dan enak, apalagi isian dagingnya sangat pas dan banyak, ditambah dengan kuah kaldu yang super gurih dan segar.

25. Brondong Ketan

Brondong Ketan

budaya-indonesia.org

Makanan khas Tulungagung yang terakhir adalah brondong ketan atau yang dikenal dengan nama Jipang. Jipang merupakan salah satu jajanan tradisiona yang berasal dari Tulungagung dan telah ada sejak tahun 80an.

Brondong ketan ini memiliki bentuk yang halus dan kering, namun pada campurannya terdapat rasa manis yang nikmat menempel pada lidah. Rasa manis tersebut berasal dari gula aren yang mengandung gula pasir yang juga berfungsi sebagai perekat ketan. Brondong ketan juga bisa anda jadikan sebagai oleh oleh khas Tulungagung bagi keluarga di rumah karena mampu bertahan lama.

Demikianlah daftar makanan khas Tulungagung yang wajib untuk anda coba saat berkunjung kesana. Bergam sekali, bukan? Nah, jika anda sudah berancana untuk pergi ke Tulungagung berikut ini adalah tips untuk berlibur dan mencari kuliner khas disana:

• Mulailah dengan menjalani survey mengenai kota Tulungagung. Beberapa survey yang bisa menjadi hal yang penting misalnya saja tempat makanan yang murah atau memberikan promo, tempat menginap, transportasi untuk menjangkau tempat wisata dan masih banyak lainnya. Jika ada promo gunakan untuk membuat Anda menjadi lebih hemat.

• Usahakan untuk membawa uang dalam bentuk cash. Hal ini sangat penting karena tidak semua tempat memberikan atm. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan saat ingin membeli sesuatu. Tentu saja Anda tidak mengetahui mengenai letak atm di tempat yang dikunjungi.

• Mulailah mencari tiket pesawat jauh-jauh hari. Hal ini karena umumnya akan memberikan banyak promo. Selain itu Anda juga bisa menggunakan pembelian melalui toko online. Persiapan jauh hari akan membuat Anda menjadi lebih mudah mempersiapkan segalanya. Segera catat maskapai penerbangan dan juga tanggal keberangkatan.

• Pastikan Anda memilih perjalanan yang sesuai dengan kenyamanan. Misalnya saja perjalanan dengan menggunakan pesawat dirasakan lebih cepat dan nyaman. Maka bisa memilih menggunakan pesawat atau jenis pilihan lainnya.

• Jika Anda ingin mendapatkan harga yang murah mulai dari penginapan, tempat makan, transportasi dan juga tidak sesak orang berlibur. Sehingga liburan Anda menjadi sangat padat dan tidak bisa menikmatinya. Maka usahakan untuk memilih jenis liburan dalam waktu hari kerja.

• Manfaatkan penawaran khusus yang diberikan oleh pihak hotel atau penginapan. Usahakan untuk menggunakannya dengan baik. Misalnya saja menginap gratis satu malam, spa gratis dan masih banyak lainnya. Gunakan dengan baik agar Anda mendapatkan kemudahan untuk menghemat anggaran yang dikeluarkan.

• Mulailah menyewa mobil untuk perjalanan selama berada di Tulungagung. Dengan demikian Anda akan lebih mudah dan aman dalam membawa barang apapun. Anda juga tidak perlu untuk senantiasa was-was mengenai barang bawaan yang dibawa.

• Membeli oleh-oleh secukupnya akan menjadi pilihan bijak untuk Anda. Dengan demikian akan membantu dalam membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mendapatkan hasil terbaik. Sehingga usahakan dalam memilih oleh-oleh harus dilakukan dengan memiliki anggaran sendiri yang dipersiapkan sebelum berangkat.

Setelah segala informasi Anda dapatkan dengan baik. Maka usahakan untuk menggunakan cara ini agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan untuk mempersiapkan dengan baik sebelum berangkat agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.



Leave a Reply

2 Comments
  1. ardi ardiono says:

    Joss makanannya