10 Oleh-oleh Khas Indramayu Terkenal Enak Wajib Dibawa Pulang


Dila  June 17, 2018  0 Comment

Liburan ke suatu tempat untuk menenangkan pikiran dan juga fisik setelah penat dengan aktivitas sehari – hari tentu saja menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan dan banyak dipilih oleh masyarakat. Dan Indramayu sendiri sering dijadikan sebagai tempat liburan karena memiliki berbagai tempat wisata menarik dan juga kulinernya yang lezat – lezat. Selain itu juga terdapat bebeapa makanan yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh. Bicara tentang oleh – oleh yang bisa dibawa untuk keluarga ataupun saudara di rumah, maka berikut ini adalah beberapa pilihan oleh oleh khas Indramayu yang wajib unuk Anda bawa pulang:

1. Buah Mangga

Buah Mangga

rumahbuah.com

Yang pertama adalah buah mangga, mungkin untuk sebagian orang beranggapan mengapa harus mangga, mengingat mangga dapat ditemukan dimana saja. Namun ada yang berbeda dari mangga yang satu ini, Indramayu sendiri memang terkenal akan buah mangganya. Dalam artian jenis dari buah mangga yang mana menjadi primadona di Indramayu sendiri merupakan mangga gedong gincu dan juga mangga harum manis. Untuk mangga khas Indramayu ini sendiri mempunyai daging buah yang padat dan rasanya juga manis, sehingga tak heran jika menjadi favorit masyarakat sekitar. Dan karena rasanya yang manis dan daging yang padat, maka tak heran jika banyak wisatawan yang ingin membawa pulang mangga tersebut sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah.

Review kuliner

Menapaki Indahnya Coban Rondo, Air Terjun Legendaris Dengan Pemandangan Asri

Jajan Hemat Di Semarang? Cobain Mie Kopyok Yuk!

2. Kerupuk Bonggol Pisang

Kerupuk Bonggol Pisang

bisnisukm.com

Kemudian yang kedua adalah kerupuk bonggol pisang, memang tak dapat dipungkiri jika masyarakat Indramayu ini terbilang kreatif di dalam mengolah berbagai macam bahan makanan, salah satunya adalah bonggol pisang. Bagian dari pohon pisang yang dianggap sebagai sampah ini ternyata dapat diolah menjadi sebuah masakan yang lezat dan renyah, dimana diolah menjadi kerupuk bonggol pusang. Ide yang mana berasal dari Desa Pringcala tersebut sudah terbukti dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan mengemas kerupuk bonggol pisang tersebut sampai dengan kemasan yang kekinian serta modern dan memasarkannya dengan sosial media, sekarang ini makanan khas Indramayu ini banyak dijadikan sebagai oleh – oleh.

Baca juga :  9 Makanan Khas Singapura Terkenal Paling Enak Wajib Di Coba

3. Keripik Tike

Keripik Tike

feedram.club

Lalu yang ketiga adalah keripik tike, selain kerupuk bonggol pisang, ada juga keripik tike, dimana makanan ini merupakan sebuah keripik dengan bahan dasar umbi rumput teki. Makanan ini juga menjadi favorit masyarakat dan para wisatawan. Mungkin saja banyak di antara Anda yang mana penasaran bagaimana rasa dari bahan yang tak biasa tersebut. Namun ternyata keripik tike ini memiliki cita rasa yang enak, dimana renyah, terlebih lagi dengan bumbu – bumbu spesial. Dengan hal tersebut ternyata membuat banyak wisatawan yang penasaran dan juga rela untuk merogoh kocek sampai dengan 120 ribu rupiah untuk bisa mendapatkan 1 kg keripik tike ini.

4. Dodol Raragudig

Dodol Raragudig

budaya-indonesia.org

Yang keempat adalah dodol Raragudig, Daerah Jawa Barat, khususnya Indramayu memang sangat terkenal akan olahan dodolnya sebagai salah satu oleh oleh khas Indramayu. Dan dodol khas Indramayu sendiri memang termasuk kuliner zaman dulu yang dapat bertahan sampai dengan sekarang. Hal tersebut tentu saja tidak lepas dari cita rasanya yang memang selalu terjaga. Terlebih lagi dodol Raragudig memang sengaja dibuat menggunakan gula asli serta tanpa pemanis buatan. Dan untuk rasanya sendiri terkesan alami.

5. Ikan Kering

Ikan Kering

bukalapak.com

Ada juga ikan kering, dimana sebagai sebuah daerah yang berada di dekat pantai, tentu saja Indramayu ini menawarkan oleh – oleh seperti ikan kering sebagai khasnya. Banyak dari wisatawan yang menyempatkan untuk membeli ikan kering saat mengunjungi Indramayu. Hal tersebut karena oleh – oleh ini memang sangat mudah untuk dibawa serta cukup awet.
Jadi jika Anda ingin mencobanya, maka bisa membeli jenis teri belah ataupun teri nasi. Anda juga bisa mencoba untuk membeli japu manis yang telah diberikan taburan ketumbar dan juga gula merah.

Baca juga :  Naik Haji? Berikut 10 Kuliner Khas Arab Yang Harus Anda Coba

6. Kue Koci

Kue Koci

sajiansedap.grid.id

Selanjutnya ada juga kue koci yang merupakan sebuah jenis makanan yang sering kali ada di beberapa acara pesta masyarakat sana. Di kawasan Bandung sendiri, kue koci lebih dikenal dengan kue bugis. Selain itu kue koci ini sering kali didampingi dengan kue yang bernama nagasari. Pada dasarnya kue koci ini dibuat dari bahan tepung ketan yang dibentuk prisma. Tepung ketan ini sendiri diisi dengan parutan kelapa yang sudah dimasak bersama dengan gula merah. Selain itu juga sering diisi dengan kacang hijau yang sudah dihaluskan bersama gula. Pada dasarnya kue koci ini sendiri dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Dan untuk proses pematangan dari kue ini sendiri memang lebih lama jika dibandingkan dengan kue nagasari.

7. Sirup Mangga

Sirup Mangga

bukalapak.com

Kemudian ada juga sirup mangga khas dari Indramayu, ini memang banyak diburu oleh para wisatawan yang berlibur di Indramayu. Biasanya sirup mangga ini dibuat dari buah mangga gedong gincu yang diolah dengan menggunakan ahan alami tanpa pemanis buatan. Untuk pembuatannya sendiri adalah buah mangga dikupas dan diblender sampai hancur kemudian diolah menjadi sirup. Biasanya oleh – oleh ini dibanderol dengan harga sekitar 20 ribu rupiah per botol.

8. Kerupuk Kulit

toko oleh oleh terdekat

bukalapak.com

Lalu ada juga kerupuk kulit, dimana terdapat dua jenis pilihan kerupuk kulit khas dari Indramayu, adapun pilihannya sendiri adalah kerupuk kulit yang terbuat dari bahan kulit sapi dan juga dari kulit ikan. Kedua jenis kerupuk kulit tersebut memang terasa gurih dan juga banyak diminati oleh para wisatawan. Tanpa bahan pengawetpun kerupuk kulit ini juga cukup awet sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sebuah oleh oleh khas Indramayu.

Baca juga :  10 Cafe di Sentul, Lokasinya Adem Dengan Pemandangan Kece!

9. Keripik Buah Mangga

Keripik Buah Mangga

tokopedia.com

Satu lagi yang berjenis keripik, Indramayu ini memang terkenal akan buah mangganya, oleh karena itu tak heran jika terdapat berbagai macam olahan dari buah mangga, selain dodol mangga dan sirup mangga, juga terdapat olahan mangga yang lainnya, yaitu keripik mangga. Karena keripik mangga ini lebih awet dan tahan lama, maka banyak diminati oleh banyak wisatawan sebagai oleh – oleh khas dari Indramayu.

10. Cimplo

Cimplo

twitter.com

Selain itu ada juga cimplo yang mana makanan ini sering kali disajikan pada beberapa acara adat yang ada di Indramayu. Bahan yang digunakan untuk membuat cimplo ini sendiri adalah tepung beras, kemudian tape singkong, air kelapa tua dan juga bibit roti. Semua bahan tersebut nantinya akan dibuat menjadi sebuah adonan, lalu untuk cara memasaknya sendiri adalah dikukus. Makanan ini sendiri biasanya akan disajikan dengan menggunakan air gula yang mana terbuat dari gula merah, parutan kelapa dan juga daun pandan. Makanan ini juga sering kali dijadikan sebagai oleh – oleh favorit masyarakat.

Jadi itulah beberapa makanan yang sering kali diburu oleh banyak wisatawan sebagai sebuah oleh oleh khas Indramayu. Jadi saat liburan di daerah Indramayu, Anda jangan hanya menikmati keindahan objek wisata dan juga menikmati kulinernya saja. Tetapi saat akan pulang nanti, tak ada salahnya jika Anda menjadikan beberapa makanan tersebut sebagai oleh – oleh untuk keluarga dan teman di rumah.



Leave a Reply