9 Negara Ini Memiliki Tradisi Makan Dengan Menggunakan Tangan


sisil angelin  July 21, 2019  0 Comment

Peradaban dunia nampaknya memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah cara makan yang menggunakan tangan. Kondisi semacam ini berlangsung cukup lama hingga 50,000-10,000 tahun silam sendok ditemukan. Namun, penampakan sendok zaman dahulu kala hanya sebatas cangkang kerang dengan pegangan. Sekalipun demikian, di era modern ini banyak negara dengan tradisi makan dengan tangan.

Kebiasaan sebagian masyarakat yang ada di negara dengan tradisi makan dengan tangan tersebut dimaksudkan sebagai bentuk untuk mempertahankan tradisi atau budaya yang telah diwariskan secara turun temurun. Di balik itu semua, banyak juga manfaat yang didapatkan dengan makan menggunakan tangan dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Berikut ini beberapa manfaat makan dengan menggunakan tangan yang perlu diketahui.

  1.  Kebiasaan makan dengan tangan akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan adanya pergerakan pada tangan yang memicu aktifnya syaraf yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular.
  2. Membantu dalam memperlancar sistem pencernaan karena saat ujung jari tersebut menyentuh makanan, maka akan mengirimkan sinyal ke otak untuk merangsang pelepasan enzim pencernaan. Tidak mengherankan jika makanan yang disantap dengan tangan lebih lezat rasanya.
  3. Merujuk pada negara dengan tradisi makan dengan tangan, kebiasaan makan dengan tangan juga melindungi lidah dari adanya resiko makanan yang masih panas. Dengan cara ini, nantinya Anda akan bisa meniup makanan hingga tidak terlalu panas.
  4. Karena lancarnya sirkulasi darah, maka hal ini akan memberikan dampak yang signifikan atas kesehatan jantung sehingga banyak orang yang mempertahankan kebiasaan ini.
  5. Mengkonsumsi makanan yang bertulang akan jauh lebih mudah dengan menggunakan tangan dibandingkan dengan sendok sehingga kebanyakan orang akan mempertahankan cara ini saat makan ayam ataupun ikan.

Itulah beberapa manfaat makan dengan menggunakan tangan yang diterapkan oleh beberapa negara dunia. Bukan lagi persoalan gengsi, namun lebih kepada kemudahan dalam menyantap makanan sekaligus manfaat yang ditawarkan sehingga banyak orang yang memilih makan dengan tangan.

Lantas, mana saja yang termasuk dalam negara dengan tradisi makan dengan tangan?

Tidak banyak masyarakat yang tahu negara dengan tradisi makan dengan tangan mengingat sebagian besar masyarakatnya telah mengenal sendok sebagai peralatan makan yang lebih mudah dan bersih. Mengenai beberapa negara yang masih mempertahankan tradisi makan dengan tangan, berikut deretan negara tersebut.

1. Indonesia

Indonesia
image credit : https://www.medcom.id

Tidak dipungkiri lagi jika Indonesia masuk dalam daftar negara dengan tradisi makan dengan tangan. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang sejak dahulu selalu menggunakan tangan. Bahkan, mengingat masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah Muslim, mereka kemudian berkiblat pada ajaran Nabi yang dulunya menggunakan tangan sebelum sendok ditemukan.

Gotravelly

Roti Boy Cafe: Super Tasty And Affordable

JOKOPI: Tempat Nongkrong Seru & Kopi Mantab!

2. Malaysia

Malaysia
image credit : https://blog.reddoorz.com

Selain Indonesia, negara dengan tradisi makan dengan tangan yaitu Malaysia. Kebiasaan yang satu ini kerap kali ditemukan pada masyarakatnya yang sebagian besar merupakan suku Melayu. Dengan kata lain masih serumpun dengan Indonesia. Disebutkan bahwa masyarakat Malaysia memiliki kesukaan untuk menyantap berbagai makanan kering seperti halnya nasi yang disajikan dengan menggunakan sambal serta lauk pauk. Beberapa kuliner yang kerap kali disantap dengan tangan adalah nasi lemak.

3. India

India
image credit : https://www.shopback.co.id

Negara yang ada di kawasan Asia Selatan ini ternyata juga termasuk dalam negara dengan tradisi makan dengan tangan. Menariknya lagi, kebiasaan orang India memiliki kesamaan dengan orang Indonesia yaitu suka menyantap makanan secara beramai-ramai pada satu wadah yang sama. Kegiatan yang demikian ini di Indonesia dikenal dengan sebutan ngeliwet.

Menurut kepercayaan masyarakat pribumi India, bahwa kebiasaan makan dengan tangan sudah ada sejak dahulu. Bahkan sempat beredar di setiap jari tangan merepresentasikan berbagai elemen penting seperti tanah, udara, langit, api hingga air. Tidak mengherankan jika kemudian muncul anggapan jika kebiasaan makan dengan tangan sangat baik bagi pencernaan.

4. Mesir

Mesir
image credit : https://www.idntimes.com

Mesir. Sebuah negara yang sebagian besar masyarakatnya Muslim ini sudah mengenal lebih dahulu terkait dengan tata cara makan dengan tangan. Bahkan, masyarakatnya mengaharuskan untuk makan dengan menggunakan tangan kanan. Mengejutkannya lagi, tindakan menggeser piring yang berisikan lauk dengan menggunakan tangan kiri dianggap sebagai hal yang sangat tidak sopan.

5. Kenya

Kenya
image credit : https://www.idntimes.com

Kenya ternyata juga menjadi bagian yang menganut tradisi tersebut. dikatakan bahawa makanan tradisional Kenya seperti Ugali memiliki bahan dasar tepun ketela atau jagung yang dibuat menjadi layaknya bubur atau adonan tertentu.

Penyajian menu ini dikombinasikan dengan bayam rebus dan cara makannya menggunakan tangan. Hal ini dilakukan dengan membuat bulatan dan cekungan pada bagian tengah serta dicocolkan pada sebuah saus tradisional.

6. Nigeria

Nigeria
image credit : https://www.idntimes.com

Masih ada di wilayah benua Afrika, negara dengan tradisi makan dengan tangan lainnya diketahui adalah Nigeria. Masyarakat berkulit hitam ini hampir memiliki kesamaan dari segi makanan dengan negara Kenya yang dalam hal ini adalah makanan pokok terbuat dari tepung gandum durum yang diolah sedemikian rupa hingga terciptalah semovita atau yang lebih akrab dikenal dengan semolina. Cara mengkonsumsi adonan yang lezat ini dilakukan dengan menggunakan tangan.

7. Amerika Serikat

Amerika Serikat
image credit : https://kumparan.com

Tidak banyak yang mengetahui jika negara maju yang satu ini juga memiliki kebiasaan makan dengan menggunakan tangan. Dikenal dengan negara dengan tradisi makan dengan tangan, masyarakat Amerika Serikat akan menggunakan tangan ketika menyantap beberapa makanan tertentu seperti halnya chicken wings, pizza, kentang goreng, nachos ataupun taco. Selain itu, di negara ini juga mencuat trend yang dikenal dengan finger food yaitu makanan kecil di suatu pesta yang bisa dimakan dalam sekali lahapan.

8. Jepang

Jepang
image credit : https://futuredish.com

Masyarakat Jepang pada umumnya akan makan menggunakan sumpit dan hal semacam ini sudah menjadi suatu kebiasaan sejak lama. Namun demikian, tidak banyak yang menyangka jika Jepang masuk ke dalam negara dengan tradisi makan dengan tangan. Beberapa masyarakat Jepang akan menggunakan tangan ketika menyantap makanan seperti sushi. Tindakan untuk meninggalkan sumpit dilakukan demi menjaga tampilan sushi agar tetap rapi saat akan dimakan.

9. Arab

Arab
image credit : https://pergikuliner.com

Sebuah negara yang menjadi saksi bisu perkembangan ajaran Islam ini ternyata juga menjadi bagian dari negara dengan tradisi makan dengan tangan. Tentu saja kebiasaan makan dengan tangan tersebut muncul dan disunahkan setelah sahabat Nabi Muhammad SAW melihat cara makan beliau. Dari sini, tradisi makan dengan tangan diwariskan secara turun menurun. Menariknya, masyarakat Arab terkenal dengan kebiasaan menjilati sisa makanan yang ada di jari jika sekiranya masih ada nasi yang tersisa.

Itulah beberapa negara dengan tradisi makan dengan tangan. Kebiasaan menggunakan tangan tidak lepas dari tradisi zaman dahulu yang dilestarikan hingga saat ini. Bahkan, beberapa merujuk pada keuntungan dari makan menggunakan tangan sehingga tidak mengherankan jika masyarakatnya lebih memilih menggunakan tangan dibandingkan dengan sendok.



Leave a Reply