Liburanmu Makin Seru di 10 Wisata Offroad Paling Menatang di Indonesia


Reni  January 17, 2020  0 Comment

Jenuh dengan jenis liburan yang ‘itu-itu saja’ dan ingin sesuatu yang menantang ? tahukah Anda di Indonesia ternyata ada banyak tujuan wisata offroad ? Indonesia memiliki kondisi alam yang menyediakan kesempatan untuk melakukan berbagai variasi wisata, termasuk offroad. Simaklah uraian daftar offroad paling seru di Indonesia berikut ini. Inilah offroad paling seru di Indonesia sangat memacu adrenalin!

1. Gunung Merapi (Sleman, Yogyakarta)

wisata offroad Gunung Merapi
pesona.travel


Wisata offroad Gunung Merapi ini sudah familiat di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena rute offroadnya yang melalui jalur lahar Gunung Merapi, Wisata offroad ini disebut ‘Merapi Lava Tour.’ Ada beberapa rute yang bisa Anda pilih contoh : rute pentek (1-2 jam) yang meliputi tujuan Museum Bunker Kaliadem, Sisa Hartaku, dan Batu Alien.
Rute terpanjang ditempuh dalam waktu 4-5 jam. Jalur yang dilalui meliputi sungai-sungai yang memiliki hulu di Gunung yaitu Sungai Lamat, Blongkeng, dan Batang. Selain itu lintasan offroad yang harus dilalui juga berupa tebing-tebing dengan jurang curam yang menganga di sebelah kanan dan kiri, agak menyeramkan namun seru untuk dicoba!
Paket wisata Merapi Lava Tour juga memungkinkan Anda untuk ‘menonton’ terbitnya matahari sekitar pukul 04.30 WIB, untuk membuat wisata offroad Anda lebih berkesan dan berbeda! Biaya untuk offroad di Gunung Merapi ini mulai dari Rp. 350,000/jeep untuk rute pendek.

Gotravelly

Offroad Seru Dan Mengedukasi Di Merapi Lava Tour

HeHa Sky View ; Tempat Wisata Baru Di Jogja Yang Tawarkan Pemandangan Dari Ketinggian!

2. Gunung Bromo (Probolinggo)

tempat wisata offroad Gunung Bromo
bromojavatravel.com


Mungkin Anda sudah mengetahui wisata offroad Indonesia saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Bromo. Memang kebanyakan wisatawan Gunung Bromo datang dengan mobil jeep disebabkan medannya yang sulit dilalui oleh kendaraan biasa.
Tanjakkannya begitu curam, tak jarang saat mengendari jeep yang Anda naiki harus berpapasan dari arah berlawanan dengan jeep lainnya. Situasi menantang tersebut tidak menyurutkan para wisatawan untuk berkunjung ke Gunung Bromo, bahkan beberapa wisatawan berani mengendarai motor untuk menerjang medan menuju kaki Gunung Bromo!
Pemandangan Gunung Bromo memang sangat mengagumkan, ditambah ada banyak spot foto yang disa Anda temukan atau sekedar duduk santai melihat panorama yang indah. Biaya untuk offroad Gunung Bromo ini mulai dari Rp.450,000/jeep.

3. Gunung Kelud (Kediri)

wisata offroad Kelud
sinarpos.co.id


Untuk mencapai lokasi bibir kawah Gunung Kelud yang merupakan tujuan utama wisata offroad ini, Anda akan melawati jalur sepanjang 8 hingga 16 kilometer. Dimana jalur ini adalah jalur berbatu yang ambles di sebelah kanan dan kiri.
Bagi warga lokal, Gunung Kelud sudah dikeal sebagai jalur wisata offfroad. Undak-undakan pasir digunakan anak muda untuk balapan motor trail dengan jalur yang sangat menantang dan membuat jantung berdebar bahkan hanya dengan menontonnya ! Penasaran ? biaya untuk wisata offroad Gunung Kelud ini mulai Rp. 275,000/jeep.

4. Cikole (Lembang, Bandung Barat)

wisata offroad Cikole
gravity-adventure.com


Anda akan merasa seperti di ‘dunia lain’ saat berada di wisata offroad yang berada di kota kembang ini. Letaknya memang tidak terlalu jauh dengan perkotaan, jalurnya berupa jalanan berlumpur dengan tebing batu. Ditambah dengan hutan pinus yang akan dilewati sepanjang jalur, offroad ini akan membuatmu lebih dekat dengan alam!
Tak perlu khawatir, kawasan wisata Cikole ini cukup family-friendly. Banyak anak-anak ikut serta dengan rute offroad yang pendek, setelahnya mereka bisa bermain-main di tanah lapang sekitar hutan pinus. Offroad Cikole ini cocok untuk liburan keluarga, dengan biaya mulai dari Rp. 350,000/orang.

5. Bali

offroad Bali
Youtube.com


Ada beragam aktivitas wisata di Bali yang menantang, untuk wisata offroad, ada banyak rute tersedia. Contoh jalur offroad dengan rute pesisir timur Bali yang melalui lembah, pedesaan, dan perkebunan salak. Ada juga rute safari Bali Barat dengan panorama pantai dan sabana.
Apabila Anda memilih rute offroad pesisir timur, di ujung perjalanan Anda akan melihat panorama Gunung Agung. Ada pula rute pendakian Gunung Batur, sehingga Anda tidak perlu repot berjalan kaki, offroad dengan sensasi yang berbeda! Biaya wisata offroad Bali ini mulai dari Rp.800,000/orang.

6. Kasepuhan Ciptagelar (Sukabumi)

 Kasepuhan Ciptagelar
greenindonesia.co


Adalah Sebuah desa adat yang berada di kaki Gunung Halimun yang hijau dan alami. Warga sekitar masih melestrarikan rumah tradisional yang unik dan berbudaya sehingga menjadi objek wisata tersendiri. Bahkan Anda bisa menginap di rumah adat tersebut, menjadikannya wisata yang unik dengan mengenal lebih dekat dengan budaya setempat!
Kondisi jalur dari Pantai Pelabuhan Ratu ke daerah ini belum diaspal, sehingga dijadikan tantangan oleh komunitas motor trail dan penggemar mobil four-wheels drive. Sebelum memasuki persawahan yang asri, Anda harus melewati hutan dan jembatan yang menantang! Biaya untuk offroad di Sukabumi ini mulai Rp.750,000/orang (sudah termasuk Paket Wisata ke desa adat Kasepuhan Ciptagelar).

7. Jeep Station Indonesia Resort (Bogor)

wisata offroad  Jeep Station Indonesia Resort
journeyofindonesia.com


Tempat ini memiliki luas sekitar 32 hektar di kawasan Megamendung, Bogor. Wisata offroad satu ini spesial karena terdapat lintasan yang khusus dibuat untuk penggila offroad dengan rintangan dan rute yang melewati hutan yang masih asri.
Ada banyak kendaraan yang tersedia di Jeep Station Indonesia Resort, mulai dari ‘boogie’ UTV untuk anak-anak ,‘Jimny’, Land Cruiser, dan ATV. Wisata offroad satu ini cocok untuk liburan keluarga! Biaya untuk offroad di Bogor ini mulai Rp.500,000/orang.

8. Offroad di Sentul Bogor

Offroad di Sentul Bogor
darmawanpark.com


Offroad Adventure Sentul menjadi salah satu arena offroad yang menarik dan representative di Sentul. Untuk Anda pencinta offroad bisa mencoba untuk memacu adrenalin di Track Offroad Adventure Sentul di kawasan Puncak, Bogor.
Arena offroad yang baik harus disertai infrastruktur yang terjal dan ekstrim. Offroad bisa didampingi oleh team professional, driver, atau instruktur. Anda bisa menikmati offroad di tengah hutan yang masih hijau dan asri dengan kendaraan yang tangguh dan nyaman.
Setelah menikmati offroad, Anda bisa menginap di penginapan dengan suasana pedesaan. Yaitu penginapan dengan rumah bambu atau camping di Campas Camp. Biaya untuk offroad di Sentul ini mulai daro Rp.375,000/orang.

9. Offroad Safari See The Sky (Baturraden)

Offroad Safari See The Sky
liputan6.com


Berada di daerah Jawa Tengah khusunya Banyumas, wisata bukit Safari The Sky ini mengandalkan keindahan alam, jalur yang dilalui adalah Hutan Pinus Limpakuwus dan pemandangan alam yang indah di sekitar Bukit Teletabis. Jalur yang menantang dan pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik tersendiri. Biaya untuk offroad di Baturraden ini cukup terjangkau, yaitu Rp. 650,000/3 orang.

10. Pantai Cikembang (Sukabumi)

wisata offroad  Pantai Cikembang
sukabuminow.com


Trek offroad di Sukabumi ini melewati sungai, jalan berbatu dan berpasir. Panorama indah akan terlihat sepanjang perjalanan, mulai dari pasir putih yang terhampar luas, biruny laut, dan cuaca khas pantai yang menjadi daya tarik tersendiri. Biaya untuk offroad di Sukabumi ini mulai dari Rp.400,000.
Wisata offroad memang sangat menantang. Menjadikannya wisata yang berkesan dan memacu adrenalin, karena Anda harus melewati jalan berlumpur atau berbatu, jalur yang menanjak, sempit dan tikungan yang tajam. Siapkan fisik Anda dan mental tak takut kotor untuk wisata offroad paling seru di Indonesia!



Leave a Reply