10 Oleh Oleh Khas Wonogiri Mulai Souvenir Hingga Jajanan Lezat


Fida  June 22, 2022  0 Comment

Wonogiri merupakan sebutan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan berbagai tempat wisata serta kuliner lezat, tetapi juga memiliki ragam oleh-oleh yang menarik. Penasaran? Inilah daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Wonogiri yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Geti Biji Wijen

geti biji wijen
dapur-enak.web.app

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Wonogiri yang wajib kamu coba adalah geti biji wijen. Pernahkah kamu mendengar Sebutkan olahan makanan yang satu ini? Geti biji wijen merupakan olahan makanan yang dibuat menggunakan wijen sebagai bahan utamanya. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini diantaranya jahe dan gula jawa.

Makanan yang satu ini menawarkan perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas. Geti biji wijen juga sangat cocok dinikmati saat musim hujan tiba. Kamu dapat membeli oleh-oleh yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Wonogiri. Tidak perlu khawatir, geti biji wijen biasa dijual dengan harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- per bungkus.

Gotravelly

Indahnya Pantai Klayar, Pantai Pasir Putih Dari Barat Pacitan!

Menjajal Rujak Cingur Sinar Baru, Kuliner Wajib Saat Berkunjung Ke Pamekasan

2. Tiwul Wonogiri

tiwul wonogiri
shopee.co.id

Bagi kamu pecinta kuliner tradisional, tiwul tentu menjadi salah satu olahan makanan yang tidak asing didengar bukan? Tiwul juga menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Wonogiri yang banyak diburu oleh wisatawan. Tiwul Wonogiri dikenal memiliki ciri khas rasa yang lebih unik dan khas jika dibandingkan dengan tiwul pada umumnya.

Tiwul dibuat menggunakan bahan utama singkong yang dikeringkan dan ditumbuk halus. Hidangan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan parutan kelapa serta irisan gula jawa. Tiwul sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang karena mampu bertahan cukup lama. Tidak hanya itu, tiwul juga biasa dikemas dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang terjangkau.

3. Keripik Tempe Benguk

keripik tempe benguk
tokopedia.com

Ada cukup banyak pilihan rekomendasi oleh-oleh khas Wonogiri yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah keripik tempe benguk. Keripik tempe yang satu ini memiliki sedikit perbedaan dengan keripik tempe pada umumnya sehingga dikenal unik dan khas.

Keripik tempe benguk dibuat menggunakan bahan kara benguk yang dicampur dengan kedelai. Dalam proses pembuatannya, terdapat cara khusus agar benguk tidak terasa pahit. Keripik yang satu ini tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Wonogiri.

4. Sambal Cabuk Wijen

Oleh Oleh Khas Wonogiri
food.detik.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan olahan sambal cabuk wijen? Sambal cabuk wijen merupakan salah satu oleh-oleh khas Wonogiri yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Makanan yang satu ini merupakan olahan sambal yang memiliki tampilan mirip dengan pepes. Olahan sambal yang telah dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian bakar sehingga tidak heran jika memiliki aroma yang sedap dan khas.

Sambal cabuk wijen sangat cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Sesuai dengan namanya, sambal ini dibuat dengan menggunakan bahan ampas pengolahan minyak wijen. Makanan yang kerap dibeli sebagai oleh-oleh ini biasa dijual dengan harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- per porsi.

5. Brem Wonogiri

brem wonogiri
tokopedia.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Wonogiri berikutnya yang sayang untuk tidak kamu coba adalah brem Wonogiri. Brem khas Wonogiri tentu dikenal berbeda dengan Beureum pada umumnya. Jika biasanya brem memiliki bentuk kotak atau persegi panjang, tetapi belum khas Wonogiri memiliki bentuk lingkaran. Selain itu, brem pada umumnya yang biasa memiliki rasa sedikit masam, namun brem khas Wonogiri cenderung manis.

Brem khas Wonogiri memiliki kemasan praktis dan menarik serta dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Wonogiri. Jajanan yang satu ini tentu sangat cocok dipilih untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

6. Kacang Mede khas Wonogiri

kacang mede khas wonogiri
tokopedia.com

Pecinta jajanan kacang mede? Kamu dapat mencoba kacang mede khas Wonogiri yang dikenal memiliki rasa lezat dan menggugah selera. Selain digemari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan, kacang mede juga kerap diburu sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Wonogiri.

Kacang mede khas Wonogiri dikenal memiliki rasa yang gurih sehingga berhasil membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Kacang yang satu ini juga dikenal memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tertarik untuk mencoba lezatnya kacang mede khas Wonogiri?

7. Roti Gaplek Wonogiri

roti gaplek wonogiri
shopee.co.id

Tidak kalah menarik dengan berbagai oleh-oleh khas Wonogiri lainnya, kamu juga dapat mencoba unitnya roti gaplek. Gaplek merupakan sebutan dari ketela pohon ya pembuatan roti gaplek.

Kamu dapat mencoba roti gaplek dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan mulai dari coklat, coklat jahe, kayu manis, dan masih banyak lagi. Kamu tidak perlu khawatir karena roti gaplek dikemas dengan kemasan yang praktis dan sangat menarik sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh bagi keluarga atau kerabat di rumah. Bagaimana, tertarik untuk mencoba lezatnya roti yang satu ini saat datang ke Wonogiri?

8. Emping Melinjo

emping melinjo
shopee.co.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Wonogiri berikutnya yang wajib kamu coba adalah emping melinjo. Emping melinjo memang dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat dengan mudah dijumpai di berbagai daerah, salah satunya daerah Wonogiri.

Emping melinjo dibuat dengan bahan utama biji melinjo yang dipikirkan dan dijemur hingga kering. Setelah dijemur, langkah selanjutnya adalah dengan cara menggoreng hingga menjadi keripik dan memiliki tekstur renyah. Kamu dapat mencoba lezatnya keripik melinjo dengan berbagai varian rasa seperti asin, manis, dan juga pedas.

9. Kaos Singsot

kaos singsot
shopee.co.id

Oleh oleh khas Wonogiri yang tidak boleh ketinggalan berikutnya adalah kaos Singsot. Jika Bali dan Yogyakarta memiliki oleh-oleh kaos yang populer, Wonogiri juga memiliki Kaos Singsot sebagai tempat untuk mendapatkan kaos oblong berkualitas. Tidak sedikit wisatawan yang datang dan menyempatkan mampir untuk membeli kaos sebagai oleh-oleh untuk teman maupun kerabat.

Kaos yang dijual dikenal memiliki desain yang kekinian dan cocok digunakan oleh semua kalangan. Dengan kisaran harga Rp 60.000,-, kamu sudah bisa mencoba kaos dengan kualitas baik.

10. Souvenir khas Wonogiri

souvenir khas wonogiri
libur.co

Saat berburu oleh-oleh khas Wonogiri, kamu tidak hanya akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan makanan atau jajanan. Wonogiri juga menawarkan berbagai souvenir khas yang cocok untuk dibawa pulang. Ada berbagai bentuk souvenir yang ditawarkan dan berhasil membuat wisatawan tertarik untuk membelinya.

Kamu dapat membeli oleh-oleh berupa souvenir yang dibuat dari batu, kayu, hingga akar. Souvenir yang dibuat menggunakan akar wangi menjadi souvenir yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Kamu dapat membeli souvenir ini dengan beragam bentuk seperti pesawat, kapal, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Menarik sekali bukan?



Leave a Reply