10 Oleh Oleh Khas Dumai, Makanan hingga Kain Songket


Fida  November 13, 2023  0 Comment

Dumai merupakan sebutan bagi sebuah kota yang kaya akan budaya dan kuliner khas. Kawasan yang satu ini juga dikenal memiliki beberapa oleh-oleh yang patut dicoba dan dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Dumai yang wajib kamu bawa pulang untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

10 Oleh Oleh Khas Dumai :

1. Dodol Nenas Dumai

dodol nenas
libur.co

Dodol Nenas adalah makanan manis asam yang unik. Oleh oleh khas Dumai yang satu ini dibuat dari buah nenas, gula pasir, santan, dan tepung ketan, makanan ini disajikan dalam bentuk potongan kecil. Dodol Nenas adalah oleh-oleh favorit di Kota Dumai dan biasanya dibuat oleh industri rumahan lokal, sehingga memiliki cita rasa otentik.

2. Bolu Kemojo Dumai

bolu kemojo
shopee.co.id

Bolu Kemojo merupakan salah satu makanan lezat dan mengenyangkan yang sangat khas Dumai. Awalnya, makanan ini hanya dihadirkan dalam acara hajatan, tetapi sekarang kamu dapat menemukannya dengan mudah. Tidak sedikit wisatawan yang berburu makanan ini sebagai salah satu oleh oleh khas Dumai. Bentuknya yang menyerupai bunga kemojo atau kamboja memberikan nama pada kue ini. Bolu Kemojo memiliki warna hijau cerah yang diperoleh dari campuran daun pandan dan daun suji, memberikan cita rasa yang istimewa.

3. Lempuk Durian – Oleh Oleh Khas Dumai

lempuk durian
budaya-indonesia.org

Oleh-oleh selanjutnya yang perlu kamu coba adalah Lempuk Durian, makanan yang sangat istimewa karena berasal dari buah raja, yaitu durian. Tekstur lempuk durian hampir mirip dengan dodol nenas, yaitu kenyal dan lezat. Namun, apa yang membuatnya benar-benar istimewa adalah aroma kuat dan cita rasanya yang sangat khas.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Jogja Harga Murah Cocok Buat Keluarga Rekomended

Lempuk durian dibuat dengan komposisi durian yang mendominasi. Durian yang telah dipisahkan dari bijinya kemudian dimasak bersama gula pasir. Proses memasaknya hampir mirip dengan pembuatan dodol nenas, yaitu terus-menerus diaduk hingga mencapai tekstur yang sangat kental. Setelah matang, lempuk durian dikemas dengan indah menggunakan daun jagung kering.

Makanan ini sangat populer di kalangan wisatawan karena rasanya yang luar biasa. Selain itu, lempuk durian juga merupakan bagian dari warisan kuliner tradisional yang telah ada selama bertahun-tahun. Kelezatan manisnya tentu akan disukai oleh anak-anak dan dewasa. Jadi, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh lempuk durian sebagai kenang-kenangan yang manis dari perjalananmu di Kota Dumai.

4. Keripik Cabe Dumai – Oleh Oleh khas Dumai

keripik cabe dumai
lazada.co.id

Keripik Cabe, dengan namanya yang menggoda, adalah rekomendasi oleh-oleh berikutnya yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Dumai. Makanan gurih dan crunchy ini pasti bukan hal yang asing di teling. Keripik cabe khas Dumai selalu menjadi buruan para wisatawan yang ingin membawa pulang potongan kelezatan kota ini.

Keripik cabe ini memiliki bahan dasar dari singkong yang diolah dengan racikan bumbu dan bubuk cabe yang sangat mantap. Namun, seiring berjalannya waktu dan kreativitas kuliner yang tak terbatas, berbagai jenis keripik lainnya juga telah diciptakan dengan cita rasa yang unik. Bahkan, kamu mungkin akan menemukan keripik buah dengan rasa yang manis dan menggoda.

Dengan setiap gigitan, kamu akan merasakan gurihnya keripik cabe yang memanjakan lidah.. Rasanya yang menggoda, ditambah dengan rasa pedas yang sedap, akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa pulang beberapa bungkus keripik cabe sebagai oleh-oleh yang gurih dan memuaskan.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Wonogiri Mulai Souvenir Hingga Jajanan Lezat

5. Asam Pedas Patin Dumai

asam pedas patin dumai
riauonline.com

Bagi penggemar ikan dan makanan pedas, Asam Pedas Patin khas Dumai adalah pilihan yang sempurna. Hidangan ini memiliki kuah merah pedas yang menggugah selera, diperoleh dari campuran cabai rawit. Rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, serai, dan tomat memberikan rasa segar pada hidangan ini. Asam Pedas Patin juga dapat dijadikan oleh-oleh yang lezat.

6. Es Samudra Dumai

es samudra
andalastourism.com

Es Samudra adalah minuman segar yang sangat populer di Dumai. Minuman ini cocok untuk dinikmati pada hari yang panas dan bahkan bisa dijadikan takjil saat berpuasa. Es Samudra berisi campuran berbagai tekstur, dengan durian sebagai bahan utama. Isian lainnya termasuk roti dan rumput laut. Minuman ini terbuat dari campuran gula, daging durian, santan, garam, dan coco pandan.

7. Gulai Asam Kuning Dumai

gulai asam kuning
libur.co

Gulai Asam Kuning adalah hidangan pedas yang lezat. Kuah gulai ini kaya akan rempah-rempah yang memberikan cita rasa yang istimewa. Gulai Asam Kuning dapat dipadukan dengan daging ayam atau berbagai jenis ikan, dan sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Gulai Udang Dumai – Oleh Oleh Khas Dumai

gulai udang
tokopedia.com

Gulai Udang adalah salah satu mahakarya kuliner khas Dumai yang tak boleh dilewatkan. Kuliner Dumai memang selalu menjadi topik menarik ketika berbicara tentang cita rasa autentik, dan gulai adalah bintang utamanya. Di kota ini, gulai digunakan sebagai kuah penyedap untuk berbagai jenis hidangan, termasuk gulai udang yang menjadi favorit banyak orang.

Gulai udang khas Dumai adalah hidangan yang sangat terkenal. Salah satu ciri khasnya adalah kuah yang cukup kental. Cita rasa gulai udang ini benar-benar memanjakan lidah. Kombinasi cita rasa gurih dan rempah-rempah yang khas akan membuatmu jatuh cinta pada suapan pertama.

Baca juga :  7 Oleh-Oleh Khas Barito Utara Wajib Bawa Pulang

Selain nikmat disantap di tempat, gulai udang juga merupakan oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang setelah mengunjungi Kota Dumai. Memberikan potongan kecil dari kelezatan kuliner kota ini kepada orang-orang tersayang adalah cara yang sangat baik untuk berbagi pengalaman perjalanamu.

9. Mie Sagu Dumai

mie sagu dumai
cookpad.com

Mie Sagu, yang mungkin masih cukup asing bagi banyak pecinta mie, adalah sebuah pilihan kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kota Dumai. Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang unik, berbeda dari mie pada umumnya, yakni berwarna putih yang lembut.

Mie sagu biasanya dimasak dengan campuran rempah-rempah yang khas, ikan teri yang gurih, dan segar tauge. Satu hal yang menarik adalah, mie ini memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan mie biasa, sehingga cocok untuk menjadi pilihan menu diet. Para pecinta mie, pastikan untuk mencicipi dan membungkus mie sagu ini sebagai oleh-oleh yang lezat dan unik untuk keluarga dan teman-teman terdekat.

10. Kain Songket – Oleh Oleh Khas Dumai

kain songket
riauonline.co.id

Salah satu oleh-oleh khas Dumai yang menarik adalah Kain Songket. Kain tenun khas Melayu ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Dumai. Konon, proses produksi kain songket masih menggunakan mesin kayu tradisional dan dikerjakan dengan tangan oleh para pengrajin terampil. Hasilnya adalah kain yang indah dan penuh dengan detail yang mengesankan.

Apa yang membuat Kain Songket Dumai semakin menarik adalah distribusinya yang tidak hanya terbatas pada wilayah regional, tetapi juga menembus pasar internasional. Ini berarti kamu memiliki kesempatan untuk membawa pulang kain songket khas Dumai yang unik dan berkelas. Setiap helai kain songket ini bukan hanya sekadar pakaian, melainkan juga sebuah karya seni yang menggambarkan keindahan tradisi dan budaya Melayu.

source : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Nah, itulah daftar rekomendasi oleh oleh khas Dumai yang wajib kamu bawa pulang. Dari rekomendasi di atas, oleh oleh manakah yang tampak paling menarik?



Leave a Reply