10 Makanan Khas Wonogiri Yang Wajib Kalian Cicipi


sisil angelin  April 27, 2021  0 Comment

Wonogiri adalah kabupaten di Jawa tengah yang memiliki banyak sekali destinasi wisata dari gunung, pantai, air terjun, telaga, goa, danau, hutan, dan masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa kalian jelajahi saat berada di kabupaten Wonogiri. namun selain memiliki banyak sekali destinasi wisata ternyata kabupaten Wonogiri juga memiliki banyak sekali kuliner yang lezat, dan unik tentunya hal ini juga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten Wonogiri. nah untuk kalian yang lagi berkunjung ke kabupaten Wonogiri tentunya wajib sekali mencicipi beraneka hidangan khas kabupaten ini. untuk kamu yang berada di luar kabupaten Wonogiri tentunya masih tidak paham apa sih kuliner yang enak di Wonogiri, kalian tidak perlu khawatir karena kali ini GoTravelly bakalan jelasin bagaimana rasanya, dan apa saja makanan khas Wonogiri yang wajib kalian cicipi saat berada di kabupaten Wonogiri. daripada penasaran berikut artikel Makanan khas wonogiri dengan kelezatan menggoyang lidah

1. Geti Wijen khas Wonogiri

Geti Wijen khas Wonogiri

Geti Wijen khas Wonogiri ini merupakan camilan khas Wonogiri yang sangat populer di telinga wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Wonogiri. untuk kalian yang lagi berkunjung ke Wonogiri wajib banget membeli Geti Wijen khas Wonogiri untuk dijadikan oleh-oleh, atau untuk kalian yang ingin mencicipi camilan khas Wonogiri. jadi Geti Wijen khas Wonogiri ciri dari jahe, wijen, gula jawa yang diolah sedemikian rupa agar memiliki rasa yang lezat. Geti Wijen khas Wonogiri memiliki tekstur yang gurih, rasa yang manis, dan adanya jahe pada Geti Wijen khas Wonogiri membuat camilan yang satu ini terasa hangat saat ada dilidah. untuk membeli camilan ini kalian bisa mampir ke toko oleh-oleh ada di kabupaten Wonogiri, dan harga satu bungkus Geti Wijen khas Wonogiri sekitar Rp. 7.000 saja loh!

paket wisata hemat

Milenial Glow Garden, Wahana Baru Super Instagenic Yang Memadukan Proyeksi Cahaya!

Gore Gore Batagor Surabaya

2. Brem Wonogiri

Brem Wonogiri
tokopedia.com

Jika berada di pulau Jawa tentunya Brem sudah tidak asing ditelinga kalian, Yups! camilan ini berasal dari pulau Jawa. salah satunya bisa kalian temukan di kabupaten Wonogiri, dan berbagai kota yang ada di Jawa tengah. jadi di setiap daerah biasanya memiliki bentuk yang berbeda-beda untuk sajian brem, dan brem dari Wonogiri ini memiliki bentuk bundar dengan rasa yang manis. tentunya sangat berbeda dengan Brom yang berasal dari Madiun yang memiliki rasa asam serta bentuk yang berbeda. jadi saat kalian berada di kabupaten Wonogiri tentunya wajib banget mencoba Brem khas Wonogiri. satu bungkus Brem ini dijual sekitar Rp.8.000 saja.

3. Pindang Kambing

pindang kambing Makanan khas wonogiri
cookpad.com

kuliner yang akan kita bahas di urutan ketiga ini memang terbilang unik, jika biasanya pindang hanya menggunakan bahan dasar ikan, berbeda saat berada di Wonogiri jadi bahan yang digunakan untuk memasak pindang adalah jeroan, dan kikil kambing. Pindang Kambing ini menjadi hidangan kesukaan orang Wonogiri, dan tidak dipungkiri rasanya memang sangat lezat! jadi tunggu apa lagi ayo cobain hidangan yang satu ini! memang dari tampilan pindang kambing terlihat tidak menarik, namun dari segi rasa pindang kambing memang paling mantap! untuk kalian yang berkunjung ke kabupaten Wonogiri tentunya wajib banget berburu hidangan khas Wonogiri yang satu ini. selain rasanya yang lezat pindang kambing juga memiliki harga yang bersahabat dikantong.

4. Lentho khas Wonogiri

lentho khas wonogiri
aakuliner.blogspot.com

Lentho menjadi salah satu camilan khas kabupaten Wonogiri yang sangat populer, menjadi salah satu cemilan kesukaan orang Wonogiri. jadi Lentho terdiri dari kacang tolo, singkong parut, dan bawang putih serta bumbu khas Nusantara. untuk rasa dari Lentho gurih, asin, dan teksturnya yang kriuk memang bikin nagih! untuk menemukan camilan ini kalian bisa membelinya di warung yang ada di Wonogiri, dan harga Lentho biasanya sekitar Rp. 1.000 saja.

5. Besengek Tempe

 Besengek Tempe
travel.kompas.com

Besengek Tempe memang menjadi kuliner khas Wonosobo yang sudah ada sejak dahulu, dan menjadi hidangan pelengkap bagi masyarakat Wonosobo. Besengek Tempe biasanya dimasak dengan cabai, bawang, dan pete. Besengek Tempe memang menjadi hidangan tradisional khas Wonosobo yang langka, namun beberapa warung di Wonosobo masih menjual Besengek Tempe loh! memang Besengek Tempe berbahan dasar tempe, namun tempe yang digunakan sangat berbeda dengan tempe pada umumnya, jadi tempe yang digunakan untuk Besengek Tempe adalah tempe Cina yang memiliki tekstur lembut daripada tempe pada umumnya. daripada kalian penasaran yuk cobain Besengek Tempe.

6. Emping khas Wonogiri

emping khas wonogiri
anekawisataseru.net

Siapa yang suka emping? tentunya pada suka ya tekstur emping yang gurih… Nah kalian berkunjung ke kabupaten Wonogiri, wajib banget cobain empingnya yang lezat! Yang membuat emping ini berbeda ialah, jika di beberapa daerah mengolah emping menggunakan biji melinjo, lain halnya jika berada di Wonogiri, karena masyarakat sana mengolah emping menggunakan tepung yang mengandung pati. makanya tak heran jika emping dari Wonogiri ini selalu menjadi buruan wisatawan, dan memang rasanya sangat berbeda dari emping lainnya. nah dari pada penasaran langsung aja yuk cari emping ini di pusat oleh-oleh yang ada di kabupaten Wonogiri.

7. Kacang Mete

Kacang Mete
alodokter.com

kabupaten Wonogiri memang terkenal sekali dengan penghasil jambu monyet terbanyak di Jawa tengah, makanya tak heran jika banyak sekali penjual kacang mete di Kabupaten Wonogiri. kacang mete sendiri merupakan biji dari jambu monyet, dan diolah sedemikian rupa agar memiliki rasa yang gurih. uniknya kacang mete yang ada di kabupaten Wonogiri ini menggunakan campuran coklat sehingga memberi rasa yang sempurna saat masuk lidah. kuliner yang satu ini bisa kalian beli untuk oleh-oleh loh! karena selain lezat camilan ini menawarkan harga yang murah.

8. Sambal Cabuk Wonogiri

sambal cabuk wonogiri
food.detik.com

Sambal Cabuk Wonogiri ini berbahan dasar biji wijen yang dicampur dengan merang padi, dan akan dibungkus menggunakan daun pisang. sehingga memberikan tekstur yang sangat gurih, dan aroma yang sedap pada sambal ini. Jadi saat kalian berada di Kabupaten Wonogiri wajib banget cobain Sambal Cabuk Wonogiri, dan Sambal Cabuk bisa kalian beli untuk oleh-oleh. harga yang ditawarkan pun masih murah meriah yaitu sekitar Rp.20.000 saja.

9. Sego Tiwul

Sego Tiwul
cookpad.com

Sego Tiwul menjadi makanan kesukaan orang Wonogiri, dan selalu menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Wonogiri. jadi sego tiwul ini berbahan dasar singkong yang diolah gaplek. caranya mengolah menjadi gaplek singkong akan dijemur, ditumbuk, dan akan dikukus. Jadi menciptakan hidangan yang disebut sego tiwul. Sego tiwul sendiri biasanya dimakan bersama lalapan atau urap-urap serta lauk. sego tiwul menjadi makanan kedua pengganti nasi di Kabupaten Wonogiri loh! makanya tak heran jika banyak sekali warung yang menjual sego tiwul di Kabupaten Wonogiri. kalian tertarik mencobanya?

10. Ikan Wader

Ikan Wader
cookpad.com

Hidangan yang akan kita bahas terakhir ini adalah ikan wader, jadi ikan wader ini menjadi hidangan khas Kabupaten Wonogiri yang sangat disukai masyarakat, dan sangat mudah sekali ditemukan dibeberapa tempat makan yang ada di Wonogiri. jadi untuk kalian yang ingin mencari menu makan siang bisa membeli nasi ikan wader yang yang lezat! ikan wader ini adalah ikan tawar yang memiliki ukuran kecil. Jadi ikan tersebut akan bumbui, dan akan dilumuri dengan tepung sehingga saat digoreng memberikan tekstur yang gurih. daripada penasaran sama rasa ikan wader buruan yuk mampir ke warung pinggir jalan yang ada di Kabupaten Wonogiri untuk mencicipi lezatnya Ikan Wader.



Leave a Reply