10 Oleh-oleh Khas Tenggarong Ada Jajanan Hingga Kain Tenun


Fida  May 18, 2021  0 Comment

Tenggarong menjadi salah satu daerah di Kalimantan Timur yang dikenal kaya akan budaya, kuliner, serta banyak tempat wisata. Saat berkunjung ke daerah yang satu ini, tentu sangat disayangkan bagi Anda jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh khas Tenggarong berikut ini

1. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang
shopee.co.id

Kerupuk amplang menjadi salah satu oleh oleh khas Tenggarong yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Kerupuk yang satu ini menawarkan cita rasa yang sedikit berbeda dengan kerupuk pada umumnya karena dibuat dengan bahan dasar ikan. Ikan yang biasa digunakan ikan tenggiri, ikan gabus, atau ikan belida.

Selain berbahan dasar utama ikan, kerupuk yang satu ini juga dibuat dengan berbagai bahan lain diantaranya sagu serta rempah-rempah. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat dengan tekstur yang sangat renyah. Aroma khas ikan yang menggugah selera juga menjadikan kerupuk amplang sayang untuk tidak Anda coba saat berkunjung ke Tenggarong, Kalimantan Timur. Anda dapat dengan mudah menjumpai kerupuk amplang di berbagai toko oleh-oleh di Tenggarong.

Gotravelly

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, Krupuk Ikan Di Pantai Kenjeran, Surabaya

2. Iwak Rabuk Tenggarong

Iwak Rabuk Tenggarong
cookpad.com

Saat ingin mencoba salah satu oleh-oleh khas Tenggarong, tidak ada salahnya jika Anda membeli iwak rabuk Tenggarong. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memiliki tampilan seperti pupuk atau rabuk.

Abon ikan yang satu ini biasa dibuat dengan bahan dasar ikan haruan atau ikan gabus. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat saat mengkonsumsinya. Iwak rabuk Tenggarong dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Tenggarong dengan kemasan praktis serta harga yang cukup terjangkau. Selain cocok untuk dinikmati langsung, Anda juga dapat menjadikan abon ikan yang satu ini sebagai campuran makanan berat.

3. Gula Gait

 Gula Gait
shopee.co.id

Pernah mendengar sebutan gula gait? Gula gait merupakan salah satu oleh oleh khas Tenggarong yang sayang untuk tidak Anda coba. Makanan yang satu ini merupakan permen tradisional khas Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Gula gait dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Tenggarong. Anda dapat mencobanya dengan berbagai varian rasa diantaranya wijen, kacang, green tea, dan lain-lain. Kemasannya yang praktis juga menjadikan gula gait dapat dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Tenggarong.

4. Jajak Cincin

 Jajak Cincin
prokor.kukarkab.go.id

Jajak cincin merupakan nama salah satu oleh oleh khas Tenggarong yang cukup populer. Jejak cincin sangat digemari oleh warga karena menawarkan cita rasa manis dan gurih yang khas. Tidak heran jika jajanan yang satu ini juga kerap diburu oleh para wisatawan yang datang ke Tenggarong.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung beras, gula pasir, tepung terigu, gula merah aren, dan minyak goreng. Anda tentu dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Tenggarong. Selain dijual dengan harga yang cukup terjangkau, kemasan yang praktis juga menjadikan jajanan yang satu ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Kue Keminting

Kue Keminting
shopee.co.id

Salah satu oleh oleh khas Tenggarong yang sayang untuk dilewatkan adalah kue keminting. Kue yang satu ini dikenal dengan bentuknya yang mirip dengan buah kemiri dengan ukuran kecil dan bulat.

Kue keminting dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung terigu, tepung kanji, gula kelapa, gula pasir, sagu, dan santan kelapa. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan tekstur yang khas saat mencobanya. Anda dapat membeli kue yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Tenggarong dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Ulap Doyo

 Ulap Doyo
kaltim.tribunnews.com

Salah satu oleh oleh khas Tenggarong yang sayang untuk dilewatkan adalah ulap doyo. Ulap doyo merupakan kain tenun suku Dayak yang dibuat dari serat daun doyo.

Ulap doyo dijual dengan berbagai motif yang eksotis dan sangat menarik. Anda juga dapat membelinya dalam bentuk kain maupun yang sudah siap pakai. Beberapa jenis barang yang terbuat dari ulap doyo diantaranya pakaian, hiasan dinding, dompet, kopiah, dan lain-lain. Motifnya yang khas tentu menjadikan ulap doyo cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

7. Miniatur Patung Lembuswana

Miniatur Patung Lembuswana
bukalapak.com

Saat bingung mencari salah satu oleh oleh khas Tenggarong yang bisa dibawa pulang, Anda dapat membeli miniatur patung Lembuswana. Lembuswana merupakan binatang yang dijadikan sebagai lambang Kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kartanegara.

Miniatur patung Lembuswana tentu dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh atau toko souvenir di Tenggarong, Kalimantan Timur. Karena dikenal sangat khas dan menjadi simbol dari Provinsi Kalimantan Timur, maka miniatur patung Lembuswana tentu menjadi rekomendasi tepat sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Kue Pisang

 Kue Pisang
cookpad.com

Kue pisang juga dikenal sebagai salah satu makanan sekaligus oleh-oleh khas Tenggarong, Kalimantan Timur. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue pisang hampir mirip dengan bingka. Berbagai bahan yang digunakan diantaranya telur, tepung terigu, santan, gula, dan garam. Adanya tambahan irisan pisang tentu menjadikan kue yang satu ini semakin menarik untuk dicoba. Pisang yang digunakan diantaranya adalah pisang talas dan pisang raja. Selain cocok untuk dinikmati langsung, kue pisang juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

9. Nasi Bakepor

Nasi Bakepor
cookpad.com

Nasi bakepor menjadi salah satu makanan sekaligus oleh-oleh khas Tenggarong yang cukup populer tidak hanya dikalangan warga lokal saja melainkan para wisatawan. Pada zaman dahulu, hidangan yang satu ini hanya disajikan kepada keluarga Kerajaan saja. Tetapi kini Anda dapat dengan mudah menjumpainya di restoran atau warung makan.

Nasi bakepor dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya beras, minyak sayur, bumbu, rempah-rempah, dan potongan ikan asin. Selain memiliki tampilan yang menggugah selera dengan aroma yang khas, hidangan yang satu ini juga dikenal menawarkan cita rasa lezat yang sayang untuk tidak Anda coba.

10. Gence Haruan

Toko oleh oleh terdekat
ibukotakita.com

Gence haruan menjadi salah satu makanan sekaligus oleh oleh khas Tenggarong yang menawarkan cita rasa lezat dan khas. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan gabus yang tentu banyak dijumpai di daerah Tenggarong.

Ikan yang telah dimasak dan ditambahkan dengan bumbu-bumbu khas disajikan dengan tampilan yang sangat menggugah selera. Selain memiliki aroma yang sedap, makanan yang satu ini juga menawarkan cita rasa khas dan lezat. Anda dapat membelinya untuk dinikmati langsung maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh.



Leave a Reply