10 Oleh-oleh Khas Serbia, Unik dan Layak Dipilih!


Jehan  February 17, 2023  0 Comment

Oleh-oleh khas Serbia – Ada yang bilang, jika Serbia adalah tempat yang baik untuk berbelanja karena memiliki beragam barang yang dapat ditebus dengan harga murah. Setelah ulasan mengenai tempat menarik yang dapat dikunjungi dari Serbia, kini Go Travelly akan membagikan rekomendasi mengenai suvenir yang dapat kamu bawa pulang.

Serbia memiliki berbagai macam suvenir menarik, namun rata-rata adalah hasil kerajinan tangan yang bernilai. Bukankah itu akan menjadi hadiah yang sangat berharga untuk dijadikan sebuah cindera mata?

Penasaran apa saja rekomendasinya? yuk, simak terus di bawah ini.

Oleh-oleh Khas Serbia:

1. Tembikar khas Serbia

tembikar oleh-oleh serbia
flickr.com

Suvenir yang banyak diminati para wisatawan mancanegara saat berkunjung ke salah satu negara di Eropa ini adalah kerajinan tembikar. Apabila kamu berkunjung ke negera ini dan ingin mendapatkan tembikar cantik dari sana, datanglah ke Zlakusa.

Zlakusa merupakan salah satu desa di sisi Barat Serbia yang cukup terkenal dengan kualitas dari karya tembikarnya. Ada banyak pengrajin dengan beragam hasil karya cantiknya yang mungkin akan membuatmu merasa bimbang untuk memutuskan tembikar mana yang akan kamu pilih.

Hal spesial dari Zlakusa adalah para pengrajin setempat masih menggunakan teknik yang sama persis seperti para nenek moyang mereka. Hal itu membuat Zlakusa sangat terkenal dan dihargai lebih. Apa kamu berharap membawa pulang karya tembikar khas mereka?

2. Anggur Serbia

wine khas serbia
unsplash.com

Bermet menjadi salah satu minuman beralkohol yang cukup terkenal dari Serbia. Saat mencicipi Bermet, kamu akan merasakan taste khas yang tak akan kamu dapatkan dari minuman alkohol lainnya.

Baca juga :  Ragam 9 Oleh Oleh khas Parepare yang Unik

Minuman lokal ini memiliki rasa aromatik dengan hint manis dan pahit yang berpadu. Hingga saat ini Bermet masih menjadi idola para pecinta minuman. Namun apabila kamu tidak sempat membelinya, Serbia juga masih memiliki berbagai macam varian wine yang sempurna untuk dibawa pulang. Cobalah dengan anggur lokal Serbia yang berasal dari wilayah Danube atau Fruska, kedua wilayah itu juga menjadi salah satu rumah produksi wine yang cukup terkenal. Tertarik membelinya?

3. Ratluk

ratluk
flickr.com

Apa kamu ingin membawa pulang sesuatu dengan rasa legit? Ratluk adalah jenis permen yang terbuat dari pati dan gula dengan perpaduan berbagai macam bahan lainnya, seperti kurma, pistachio, hazelnut, atau kenari.

Ada banyak gerai toko menjual Ratluk yang dapat dengan mudah kamu temui di sana. Tentu saja, jika pilihanmu jatuh ke pada permen manis Ratluk, ini akan sangat memudahkanmu untuk membawanya di perjalanan pulang.

4. Madu

madu khas serbia
unsplash.com

Oleh-oleh khas Serbia selanjutnya yang dapat kamu pilih adalah madu. Ya, salah satu olahan dengan rasa manis yang penuh manfaat ini dapat kamu bawa pulang sebagai suvenir spesial dari Serbia.

Serbia memiliki beberapa varian madu yang dapat kamu pilih, namun yang terkenal dari negara ini adalah madu Kacerski Med, Derdapski Med, dan Fruskogorski Lipov Med. Ketiga madu Serbia ini dikenal sebagai cairan yang banyak memiliki manfaat tak terbatas.

Kacerski Med adalah madu yang berasal dari Sumadija yang terbuat dari bunga black locust, linden, dan tanaman herbal. Derdapski Med merupakan madu Serbia yang diproduksi dari Golubac. Hal yang membuat madu Derdapski ini spesial adalah proses ekstraksi dari sarang lebah yang dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Selanjutnya ada Fruskogorski Lipov Med, yakni madu yang berasal dari Fruska Gora. Madu ini dikenal sebagai cairan yang diekstraksi secara ekslusif di wilayah Taman Nasional Fruska Gora. Yuk, tentukan pilihanmu!

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Asahan Yang sangat Berkesan!

5. Pirot Kilim

pirot kilim permadani
itinari.com

Pirot Kilim merupakan salah satu oleh-oleh daerah Serbia yang sarat dengan nilai tradisi cukup tinggi. Terbuat dari wol dengan kualitas terbaik dari dataran tinggi Stara planina. Memiliki sorot motif dan ornamen yang sangat indah tentu akan memikat hati siapa saja.

Motif dan ornamen tersebutlah yang membuat Pirot Kilim menjadi salah satu benda berharga dari Serbia. Karpet ini dibuat dengan proses pembuatan yang sangat panjang dan rumit, sehingga dapat dikatakan bahwa para pengerajin adalah seniman yang memiliki kemampuan luar biasa. Apa kamu tertarik untuk membawa pulang mahakarya Pirot Kilim sebagai oleh-oleh khas Serbia?

6. Ajvar

ajvar makanan serbia
freepik.com

Setelah menyimak beberapa rekomendasi benda atau minuman, kini ada rekomendasi dari salah satu saus atau pasta khas dari Serbia yang sangat terkenal. Namanya adalah Ajvar, sebuah pasta bumbu yang terbuat dari paprika manis dan terong.

Bumbu ini menjadi salah satu bumbu popular di seluruh wilayah Balkan serta Eropa Timur lainnya. Jadi, saat berkunjung ke Serbia sepertinya itu adalah waktu yang pas untuk membawa satu toples Ajvar ini. Apa kamu tertarik menjadikan saus ini sebagai salah satu bahan masakanmu di kampung halaman?

Baca Juga:

Rekomendasi Makanan Khas Serbia yang Super Lezat!

15 Fakta Menarik Tentang Maroko, Traveler Harus Tahu!

7. Licider

licider biskuit oleh-oleh khas serbia
serbia.com

Melihat tampilannya, terlihat seperti sebuah aksesoris, bukan? Licider merupakan biskuit yang dapat kamu pilih sebagai oleh-oleh. Kue dengan bentuk hati ini menjadi salah satu suvenir terpenting di Serbia.

Pasalnya, Licider bukanlah sekadar biskuit melainkan juga menjadi salah satu produk hadiah tradisional yang dapat dijadikan sebagai medium untuk mengungkapkan perasaan. Jika memperhatikan bentuknya yang berpola hati tersebut, tentu saja kamu mengerti perasaan seperti apa yang dimaksudkan, bukan?

Baca juga :  Oleh Oleh Khas Gorontalo yang Paling Terkenal

Orang-orang Serbia tentu akan menyarankan padamu untuk mengungkapkan perasaan bahagia seperti ucapan cinta, kasih sayang atau kado ulang tahun untuk orang yang terkasih. Di buat khusus sebagai salah satu hadiah penuh perasaan romantis ini, Licider dibuat dengan sedikit ruang yang memungkinkannya untuk ditulisi dengan kata-kata singkat di bagian atasnya. Ide yang cukup unik ya!

8. Sweater Dataran Sirogojno

sweater sirogojno oleh-oleh khas serbia
unsplash.com

Salah satu oleh-oleh khas Serbia yang cukup menarik dan layak dibeli adalah sweater mereka. Sirogojno menjadi salah satu daerah di Serbia yang memproduksi sweater dengan kualitas baik.

Cobalah mengenakannya dan rasakan kenyamanan yang akan kamu dapatkan segera setelahnya. Pilih motif yang menarik hatimu! Ini akan menjadi salah satu suvenir sekaligus benda penuh kenangan yang patut untuk disimpan dari Serbia.

9. Frula

frula alat musik suvenir
flickr.com

Oleh-oleh istimewa yang cukup unik dan sangat layak untuk dimiliki selanjutnya adalah sebuah alat musik bernama Frula. Kamu tak perlu mengerti akan sebuah nada atau musik, karena tentu saja tujuan utamamu adalah mendapatkan suvenir berharga.

Frula merupakan sebuah seruling dengan ukuran kecil dengan enam lubang. Alat musik ini merupakan instrumen tiup dengan suara merdu. Apa kamu setuju untuk memilih alat musik ini sebagai cindera mata?

10. Cokanjcici

cokanjcici botol
ebay.com

Cokanjcici merupakan sebuah botol berukuran kecil yang dapat kamu beli sebaga salah satu wadah untuk di isi dengan pilihan minuman favoritmu. Bentuknya yang mungil tentu akan sangat membantumu untuk menghindari proses sortir dari bea cukai ketika akan membawa minuman beralkohol yang dibatasi.

Botol-botol kecil ini menjadi salah satu cindera mata yang cukup menarik dari Serbia. Selain karena memiliki bentuk mungil, Cokanjcici juga dibuat dengan berbagai desain yang menarik. Apa kamu tertarik menyimpan Cokanjcici di rumahmu?



Leave a Reply