15 Fakta Menarik Tentang Maroko


Jehan  December 16, 2022  0 Comment

Negara Maroko yang menjadi perhatian dunia dalam ajang FIFA World Cup 2022 ini adalah salah satu negara yang terletak di sudut barat laut Afrika. Tidak hanya itu saja, negara yang memiliki lanskap indah tersebut juga memiliki beberapa fakta menarik yang patut untuk disimak. Apa saja fakta menarik tentang Maroko? Yuk simak ulasan di bawah ini.

15 Fakta Menarik Tentang Maroko:

1. Maroko Memiliki Lebih dari Satu Bahasa Resmi

unsplash.com

Ternyata Maroko tidak hanya memiliki satu bahasa yang digunakan dalam sehari-hari, melainkan ada beberapa bahasa yang biasa mereka gunakan untuk berkomunikasi. Bahasa utamanya adalah bahasa Arab Standar Modern.

Namun untuk beberapa komunikasi yang dibuat untuk urusan pemerintah banyak yang menggunakan bahasa Prancis. Selain itu, jika di rumah orang-orang Maroko biasa berbicara dengan bahasa Arab Maroko dengan dialek Berber. Beberapa juga ada yang menggunakan bahasa Spanyol untuk berinteraksi sehari-hari.

2. Maroko Punya 4 Kota Kekaisaran

maroko kota kekaisaran
unsplash.com

Fakta menarik tentang Maroko selanjutnya adalah punya 4 kota kekaisaran, yakni Rabat, Marrakesh, Fez, dan Meknes. Keempat kota kekaisaran tersebut dapat dinikmati oleh pengunjung saat datang ke Maroko. Kota-kota kekaisaran Maroko menjadi pusat agama, budaya serta politik kuno.

Baca juga :  10 Pohon Natal Terindah di Dunia, Ada yang Berlokasi di Gunung

Selain itu, 4 kota kekaisaran juga telah menjadi situs warisan dunia UNESCO dan tentunya akan sangat menarik untuk dikunjungi. Budaya Arab di sana sangat kental dengan madrasah dan masjid yang mudah terlihat di setiap sudutnya. Tidak hanya itu saja, di 4 kota tersebut juga terkenal dengan pusat perbelanjaannya yang cukup menarik perhatian para wisatawan.  

3. Maroko Negara Paling Beragam di Dunia

perbedaan maroko
unsplash.com

Fakta menarik tentang Maroko lainnya adalah negara ini dihuni oleh beragam etnis, sehingga membuatnya menjadi semakin menarik. Kelompok utama yang ada di Maroko adalah penduduk asli Afrika barat laut, Berber dan Arab. Tetapi ada juga orang Spanyol, Romawi, Prancis, dan Yahudi.

Hal tersebut membuat Maroko menjadi salah satu negara istimewa. Mereka memiliki budaya yang beragam, bahasa, makanan, seni, gaya fesyen hingga bentuk arsitektural yang menarik banyak perhatian dunia.

4. Maroko Merayakan 3 Perayaan Tahun Baru

Negara Maroko merayakan 3 perayaan tahun baru yang terpisah setiap tahunnya. Hal itu meliputi tahun baru dengan kalender Gregorian, tahun baru Amazigh atau Yennayer, dan tahun baru Islam Fatih Muharram. Tidak hanya itu saja, pada saat ketiga tahun baru itu berlangsung semua masyarakat Maroko turut merayakan semuanya.

5. Islam Agama Dominan di Maroko

muslim
unsplash.com

Pemeluk agama Islam memiliki persentase terbesar di Maroko. Dilansir dari U.S Department of State mengenai data demografi keagamaan di Maroko, tertulis lebih dari 99 persen populasi adalah Muslim Sunni.

Kurang dari 0,1 persen populasi adalah Muslim Syiah. Selanjutnya, kelompok keagamaan lainnya yang berjumlah kurang dari 1 persen dari populasi Maroko adalah pemeluk agama Kristen, Yahudi, dan Baha’i.

6. Fez Medina, Perkotaan Bebas Mobil di Maroko

fez medina
unsplash.com

Maroko punya perkotaan terbesar di dunia yang bebas dari mobil, Fez El Bali (Old Fez). Kota tersebut adalah salah satu fakta menarik tentang Maroko yang unik. Fez memiliki jalanan yang berliku-liku. Selain itu, kota tersebut menjadi kota dengan monumen dan masjid tua yang memiliki usia berabad-abad.

Baca juga :  Promo Agustus 2023 Hari Kemerdekaan: Wisata dan Hiburan

Menjelajahi Fez adalah salah satu yang menjadi rekomendasi menarik untuk para wisatawan. Mereka akan disambut dengan ikon kota yang memiliki arsitektural kuno dengan usia sangat tua.

7. Ada Oukaimeden, Salju di Maroko

oukaimeden maroko
unsplash.com

Mungkin banyak yang tak menduga jika Maroko memiliki pegunungan salju yang bisa digunakan sebagai jalur ski. Ini menjadi salah satu fakta menarik yang ada di sana. Tepatnya 80 kilometer dari Marrakesh terdapat resor ski Oukaimeden. Gunung tersebut menjulang hingga 3.200 meter, puncak tertingginya Jebel Attar.

Pemandangan dari Oukaimeden terlihat sangat indah, terlebih saat matahari menyemburkan cahayanya. Lanskap sebuah pegunungan ditambah dengan rumah-rumah tua para penggembala menjadi salah satu pemandangan yang mengisi Oukaimeden.

8. Maroko Punya Pantai yang Cantik

pantai maroko
unsplash.com

Negara yang berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Mediterania membuatnya dikaruniai pantai cantik. Pantai di Maroko menjadi salah satu kekayaan alam yang menarik para wisatawan mancanegara.

Maroko memiliki dua garis pantai yang membuatnya dilengkapi panorama yang luar biasa. Warna air biru yang menyegarkan ditambah dengan pasir putih tentu akan menjadi penawar terbaik dari Maroko.

9. Ada Lebih Banyak Ponsel Aktif daripada Orang di Maroko

ponsel
unsplash.com

Saat ini lebih dari 44 juta ponsel aktif digunakan di Maroko. Sedangkan jumlah penduduk Maroko hanya 35 juta. Jumlah ponsel yang lebih dominan tersebut merujuk pada kebiasaan orang Maroko yang lebih aktif mengakses internet dalam negeri dengan menggunakan banyak ponsel. Hal tersebut juga menjadi salah satu indikasi yang memperlihatkan bahwa warga negara Maroko sangat paham teknologi.

10. Maroko menjadi Negara Ekspor Pertanian Besar

pohon argan
unsplash.com

Negara Maroko memiliki pertanian yang beragam. Pertanian terbesar di negara ini menghasilkan buah-buahan, biji-bijian, atau sayuran. Salah satu perkebunan besar yang ada di sana adalah perkebunan jeruk mandarin dan celentine.

Hasil dari pertanian Maroko banyak diekspor ke luar negeri. Tidak hanya itu saja, mereka juga menjadi salah negara yang juga mengekspor kurma, setiap tahunnya bisa mencapai lebih dari 100.000 ton. Fakta menarik dari Maroko tentang ekspor lainnya adalah mereka memiliki pohon endemik yang menghasilkan minyak rambut yang cukup popular, yakni argan.

Baca juga :  JCC dan Festival Peneleh Pesta Rakyat yang Meriah

11. Djellaba adalah Pakaian Tradisional Maroko

djellaba maroko
choukranemarrakech.com

Satu yang tentunya mudah dilihat saat berkunjung ke Maroko adalah pakaian yang dikenakan oleh penduduk di sana. Pakaian mereka yang disebut dengan Djellaba tersebut, adalah sejenis jubah panjang dengan model yang longgar.

Djellaba juga memiliki tudung (qob) yang melekat di belakang bagian leher, sebagai penutup kepala. Biasanya Djellaba untuk pria memiliki warna polos, sedangkan wanita memiliki warna cerah dengan hiasan manik-manik yang membuatnya semakin terlihat gemerlap. Pakaian ini bisa dikenakan di setiap waktu atau kesempatan yang ada.

12. Proyek Tenaga Surya Berukuran Lebih Besar dari Ibu Kota

tenaga surya maroko
dlr.de

Pembangkit listrik Noor adalah salah satu fakta menarik tentang Maroko. Negara ini memiliki pembangkit listrik dengan tenaga surya terbesar di dunia.  Pembangkit Noor ini adalah proyek unggulan yang dibuat di bawah kebijakan energi kerajaan Maroko.

Pembangkit yang terletak di distrik Agadir, Maroko ini mencakup area dengan luas sekitar 2.500 hektar. Di mana ukuran tersebut jauh lebih besar dari ibu kota Maroko, yakni Rabat.

13. Makanan Menjadi Bagian Budaya Maroko

makanan maroko
fesfoodtours.com

Apabila berkunjung ke Maroko, maka kamu harus tahu mengenai keragaman makanan yang mereka miliki. Makanan Maroko menjadi salah satu bagian penting yang terikat dengan budaya dan kehidupan keluarga di Maroko.

Mereka memiliki gaya kuliner yang khas dengan berbagai macam campuran buah-buahan, sayuran yang diolah dengan rempah-rempah pekat dan menghasilkan rasa lezat. Kuliner dari Maroko adalah sajian yang cukup terkenal di banyak mancanegara.

Baca Juga:

Ulasan Wisata Pantai Jogja

Ulasan Kuliner di Surabaya

14. Maroko Negara Kucing

kucing tidur
unsplash.com

Saat menjelajahi negara ini, tentu siapa saja akan melihat kucing sebagai binatang yang lebih banyak terlihat di jalanan. Kucing jalanan yang ada di Maroko tersebut menjadi binatang peliharan penduduk lokal. Beberapa penduduk juga memiliki binatang anjing, namun itu bukan jenis binatang yang dapat ditemui dengan mudah di jalanan.

15. Lokasi Syuting Favorit Film Layar Lebar

syuting film
unsplash.com

Negara yang satu ini cukup terkenal dengan lanskapnya yang memikat sehingga membuatnya berhasil menjadi salah satu negara yang seringkali dijadikan tempat untuk syuting film-film besar. Tidak hanya itu saja, Maroko juga menjadi rumah besar kedua sebagai set film di dunia. Bermula dari film terkenal yang ada di tahun 1942 film Casablanca klasik, kini semakin melebar dengan berbagai deret judul film nasional hingga internasional ternama yang mendunia.



Leave a Reply