13 Makanan Khas Serbia Lezat, Harus Coba!


Jehan  January 19, 2023  0 Comment

Makanan Khas Serbia – Serbia sebuah negara yang terkurung daratan di Eropa Tenggara ini memiliki sejuta atraksi megah yang siap menyambut liburan para turis mancanegara. Selain wisata yang siap mengejutkan negara penuh dengan budaya ini juga memiliki makanan khas Serbia yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana.

Meski jika memikirkan makanan Eropa Sebia bukanlah negara yang dituju pertama kali untuk berwisata kuliner, namun mereka memiliki kuliner klasik yang sangat lezat untuk dicoba oleh mu.

Orang lokal Serbia sangat menyukai makan, bagi mereka makanan adalah rumah yang menaungi mereka. Apa saja makanan yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke negara dengan lanskap kota abad pertengahan ini? Yuk, simak ulasan dari GoTravelly di bawah ini!

Jenis Makanan Khas Serbia:

1. Sarma

sarma makanan khas serbia
flickr.com

Sarma adalah sawi gulung yang diisi dengan berbagai macam varian isian seperti potongan sayur dan daging. Namun Serbia memiliki makanan khas Sarma yang diisi dengan daging babi cincang, nasi atau asinan kubis.

Tak hanya itu saja, di dalam gulungan sawi putih juga ditambahkan saus tomat sebagai pelengkap rasa. Sarma adalah hidangan popular di Serbia yang seringkali dimasak sebagai hidangan dalam perayaan atau selama musim dingin.

2. Cevapi

cevapi
flickr.com

Cevapi makanan khas serbia yang merujuk pada daging panggang. Makanan yang satu ini merupakan hidangan khas di berbagai negara Balkan. Selain itu, Cevapi juga dikenal sebagai hidangan nasional dari negara tetangga, yakni Bosnia dan Herzegovina.

Baca juga :  9 Tempat Makan Romantis di Jogja Wajib Kesini Sama Pasangan Kamu

Makanan yang satu ini sangat mudah kamu temui diberbagai sudut restoran di Serbia. Biasanya mereka memasak dengan menggunakan daging sapi atau daging cincang yang dibentuk menyerupai sosis. Saat menghidangkannya, Cevapi biasa dilengkapi dengan roti pipih dan krim asam.

3. Burek

burek
flickr.com

Burek adalah hidangan yang biasa dinikmati orang Serbia di malam hari. Biasanya makanan Burek ini dijual di toko Burekdžinica. Makanan yang menyerupai roti ini terdiri dari lapisan adonan filum yang diisi dengan berbagai isian gurih.

Makanan yang satu ini masih sering diperdebatkan karena sebagian orang menginginkan isian di dalam lapisannya adalah daging. Namun saat ini Burek telah divariasikan dengan isian keju, bayam atau kentang.

4. Ustipci

ustipci
flickr.com

Ustipci adalah makanan khas Serbia yang memiliki rasa manis. makanan yang satu ini merupakan bola donat dengan bentuk tak beraturan yang sangat lezat sekali. Ustipci memiliki tekstur yang empuk dengan rasa gurih serta manis yang menyatu sempurna.

Biasanya Ustipci disajikan dengan taburan gula icing atau bisa juga ditambahkan selai dengan rasa manis. Kamu bisa menikmati Ustipci sebagai camilan setiap saat.

5. Leskovacki Voz

leskovacki voz makanan khas serbia
flickr.com

Leskovacki Voz merupakan makanan tradisional yang berasal dari Leskovac, Serbia. Sajian yang satu ini merupakan hidangan daging panggang yang cukup popular di kalangan penduduk lokal Serbia.

Biasanya Leskovacki Voz disajikan saat ada perayaan hari besar. Tidak hanya satu iris daging saja, melainkan Leskovacki Voz adalah sajian lengkap dengan porsi besar. Saat menghidangkan makanan ini sering ditambahkan roti pipih atau aneka salad segar sebagai pelangkap.

6. Vanilice

vanilice
flickr.com

Jika kamu pecinta rasa manis Vanilice akan menjadi salah satu makanan khas Serbia yang kamu nantikan. Ini adalah hidangan klasik yang memiliki rasa manis vanila yang sempurna. Kue yang satu ini terbuat dengan bahan utama kue kenari dan vannila yang dicampur dengan selai rasa raspberry atau buah aprikot.

Baca juga :  20 Tempat Wisata di Beograd Dengan Segala Keunikan dan Sejarah

Bentuknya yang mungil akan membangunkanmu dengan rasa disetiap gigitnya. Vanilice biasanya disajikan saat musim dingin di mana hari perayaan Natal akan tiba. Kue yang satu ini tentu harus kamu cicipi setidaknya satu kali saat berkunjung di Serbia.

7. Kajmak

kajmak
flickr.com

Kajmak adalah krim keju popular di Serbia. Berbentuk gumpalan seperti selai, keju mentah ini terbuat dari susu sapi, kambing atau domba yang tidak dipasteurisasi. Biasanya krim keju ini dimakan bersama dengan roti. Namun tak sedikit, orang menikmati Kajmak dengan hidangan favorit mereka yang lain.

8. Bela Corba

bela corba makanan khas serbia
flickr.com

Hidangan yang satu ini adalah makanan tradisional yang cukup popular di Serbia. Bela Corba merupakan sup yang terbuat dari kombinasi daging dada ayam, telor, kentang, wortel, bawang dan tepung.

Biasanya sup ini juga ditambahkan krim asam sehingga menambah kekentalan yang menghasilkan tekstur creamy. Bela Corba adalah hidangan pembuka yang sering disajikan saat musim panas. Sup lezat ini juga biasa disajikan dengan salad kubis sebagai pendampingnya.

Baca Juga:

Rekomendasi 11 Tempat Wisata di Serbia

8 Makanan Khas Inggris Paling Popular!

9. Lepinja

lepinja makanan khas serbia
flickr.com

Makanan khas Serbia ini adalah roti pipih yang dapat dengan mudah kamu temui di banyak tempat. Teksturnya yang kenyal beragi menjadikannya mirip dengan roti pitta. Biasanya Lepinja dinikmati bersama daging cincang atau sosis.

10. Pljeskavica

pljeskavica kuliner serbia
flickr.com

Pljeskavica adalah hidangan nasional yang juga dikenal sebagai burger lokal Serbia. Daging patty yang digunakan terbuat dari daging cincang yang terbuat dari sapi, babi atau campuran dari kedua daging tersebut.

Tidak seperti burger pada umumnya, Pljeskavica memiliki kadar lemak dan daging yang terencana dengan baik. Aroma smoky yang dihasilkan dari patty Pljeskavica sangat khas. Rasa lezat dalam hidangan ini akan semakin sempurna dengan adanya kajmak yang ditambahkan di dalamnya.

Baca juga :  Untuk Muslim Traveller, Nikmati 10 Tempat Makan Halal di Vietnam

11. Ajvar

ajvar makanan khas serbia
flickr.com

Ajvar sebenarnya adalah makanan pendamping berupa saus bumbu yang seringkali dinikmati oleh orang lokal Serbia. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat Ajvar adalah paprika merah.

Namun saus merah ini juga dibuat dengan menggunakan cabai merah, terong, dan bawang putih. Rasa lezat yang dihasilkan dari Ajvar adalah proses pembuatan yang memanggang bahan terlebih dahulu sebelum dihaluskan menjadi pasta.  Tentu Ajvar akan menjadi makanan pendamping yang sangat enak dinikmati dengan berbagai hidangan.

12. Krofne

krofne makanan khas serbia
flickr.com

Siapa yang tak menyukai makanan manis seperti donat dengan tekstur lembut dan empuk ini? Krofne adalah donat khas Serbia yang sangat popular. Sebenarnya makanan yang satu ini adalah jajanan gaya Eropa yang banyak ditiru oleh berbagai negara lain. Awalnya Krofne dibuat polos, namun saat ini seringkali divariasikan dengan isian rasa manis seperti selai buah, cokelat atau vanila.

13. Palacinke

palacinke kuliner khas serbia
flickr.com

Palacinke adalah panekuk super lezat yang seringkali dijual sebagai jajanan pinggir jalan Serbia. Makanan ini adalah salah satu hidangan sederhana yang sangat popular. Rasa yang ada sebagai varian Palacinke dibuat dengan rasa manis dan gurih. Isian yang digunakan dalam Palacinke bisa berupa keju, ham, selai rasa buah, cokelat atau irisan buah-buahan.

Dari ke 13 Makanan khas Serbia di atas, mana yang menjadi favoritmu? Jangan lupa untuk membagikan pengalaman jalan-jalan atau kulineran kalian di GoTravelly ya!



Leave a Reply