20 Tempat Wisata di Beograd Dengan Segala Keunikan dan Sejarah


prita  January 22, 2022  0 Comment

Serbia merupakan salah satu negara yang mungkin tidak sepopuler negara-negara di Eropa lainnya di kalangan wisatawan. Namun, siapa sangka ternyata Serbia memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang layak untuk dikunjungi, salah satunya ada di Beograd. Sebagai ibukota Serbia, Beograd memang menjadi salah satu destinasi menarik dan wisata di Beograd memang cukup banyak dan sayang sekali untuk dilewatkan. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Beograd, berikut ini adalah tempat wisata di Beograd yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Benteng Beograd

Benteng Beograd
belgradeatnight.com

Wisata di Beograd yang pertama adalah Benteng Beograd. Benteng ini menjadi wisata yang cukup populer karena tak hanya bersejarah tapi juga memiliki bangunan yang indah.

Benteng yang berlokasi di pusat kota ini dibangun pada awal abad ke-15 dan beberapa sisi temboknya berasal dari zaman Romawi. Benteng Beograd ini pernah menjadi perebutan beberapa negara di Eropa Tengah, seperti Monarki Habsburg dan Kesultanan Utsmaniyah.

Gotravelly

Staycation Ala Jepang Di Kontena Hotel, Vibes Nya Jepang Banget!

One Day Trip Silalahi Sumatera Utara

2. Gereja St Sava

Gereja St Sava
serbia.com

Gereja St Sava juga menjadi salah satu destinasi wisata di Beograd yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Gereja St Sava ini merupakan gereja Ortodoks terbesar di wilayah Balkan dan menjadi yang terbesar kedua di dunia.

Tak hanya menjadi tempat ibadah, Gereja St Sava ini juga menjadi landmark Beograd yang mampu menarik wisatawan dari berbagai negara. Gereja ini berada di dataran tinggi Vracar dan disana kamu bisa melihat granit putih dan dinidng marmer serta memiliki lonceng yang berbunyi di siang hari yang suaranya akan terdengar di seluruh kota.

3. Gereja St Markus

Gereja St Markus
locationscout.net

Destinasi wisata di Beograd yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Gereja St Markus. Gereja Neo-Bizantium ini memang cukup luas dan menjadi salah satu gereja terbesar di Serbia.

Gereja yang dibangun pada tahun 1930an ini memiliki gaya bangunan yang cantik dengan bingkai terbuat dari marmer dan terdapat ikon di dalamnya berupa lukisan yang dibuat oleh byuro Radulovic, seorang seniman dari Beograd.

4. Katedral St Michael

Katedral St Michael
eyesonbelgrade.com

Tampaknya Beograd memang memiliki deretan gereja dan katedral yang cukup menarik untuk di jelajahi, salah satunya adalah Katedral St Michael. Katedral ini merupakan katedral Neklasik yang telah berdiri sejak tahun 1830an dan memiliki peran penting bagi kemerdekaan Serbia.

Katdral ini sempat berulang kali diruntuhkan selama Kekaisaran Ottoman namun berhasil kembali hingga saat ini. Bangunan katedral ini sangat indah dengan penggunaan daun emas dalam ikon dan mural yang dilukis oleh Dimitrije Avramovic.

5. Menara Gardos

Menara Gardos
destinelo.com

Wisata di Beograd yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Menara Gardos. Menara Gardos ini merupakan sebuah monumen dari zaman Kekaisaran Austro Hungaria yang berada di tepi Sungai Danube.

Menara Gardos ini juga disebut sebagai Menara Milenium karena dibangun pada tahun 1896 untuk merayakan 1000 tahun penyelesaian Hongaria di Dataran Pannonia. Menara ini memiliki desain Eclecticist dan dibangun di atas reruntuhan benteng abad pertengahan. Disini pengunjung bisa naik ke atas untuk melihat pemandangan Sungai Danube dari ketinggian dan kota Beograd dari atas.

6. Menara Avala

Menara Avala
wander-lush.org

Selain Menara Gardos, ada juga sebuah menara yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Menara Avala. Menara ini merupakan sebuah menara komunikasi dengan struktur tertinggi di Balkan yang juga menjadi salah satu destinasi wisata di Beograd.

Menara ini berada di atas Gunung Avala yang merupakan simbol lain bagi kota Beograd. Pembangunan menara ini selesai di tahun 1965 namun dihancurkan selama pemboman NATO di Beograd yang terjadi di tahun 1999. Setelah itu, menara direkontruksi dan baru selesai di tahun 2010. Disini kamu juga bisa menaiki menuju dek observasi yang tingginya 135 meter dan menikmati keindahan Beograd dari atas sembari menikmati secangkir kopi di café panoramik.

7. Museum Nikola Tesla

Museum Nikola Tesla
romplacetoplace.travel

Wisata di Beograd yang tak boleh untuk lewatkan selanjutnya adalah Museum Nikola Tesla. Museum ini memang cukup menarik bagi banyak orang, khususnya bagi mereka yang ingin menggali lebih dalam tentang kehidupan penemu dan pahlawan Serbia yang hebat ini.

Museum ini memiliki dua bagian utama yang cukup menarik, yaitu studi tentang Tesla, sumber, foto dan korespondensi untuk melukiskan gambaran yang jelas tentang perjalanan kehidupan Nikola Tesla. Kedua, kamu bisa melihat pameran karyanya yang interaktif. Baik itu dengan aslinya maupun dalam bentuk 3D. Jika kamu ingin meneliti secara ilmiah lebih dalam, kamu bisa mengikuti tur berbahasa Inggris yang dipandu dengan mahasiswa dari Departemen Teknik Universitas Beograd.

8. Museum Sejarah Serbia

Museum Sejarah Serbia
noviapartmani.com

Selain Museum Nikola Tesla, kamu juga bisa mengunjungi museum lainnya yang tak kalah seru, yaitu Museum Sejarah Serbia. Museum Sejarah Serbia ini menjadi salah satu destinasi wisata di Beograd yang cukup menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi kamu yang menyukai sejarah.

Museum ini menjadi tempat terbaik untuk mengetahui tantang kisah masa lalu Serbia dan terdapat salah satu pameran yang baru-baru ini didedikasikan untuk pangeran dan biarawan abad ke-13 St Sava yang juga mendirikan Gereja Ortodoks Serbia. Tak hanya itu, museum ini juga menceritakan tentang kehidupan Serbia selama Perang Dunia Pertama, sementara itu di bagian lain kamu juga akan melihat ragam topik lainnya seputar Pemberontakan Serbia Pertama di awal abad ke-19 dan patung Serbia.

9. Museum Militer Beograd

Museum Militer Beograd
balkanhistory.org

Tampaknya selain wisata religi, wisata di Beograd yang layak untuk kamu jelajahi selanjutnya adalah museum. Tak hanya ada Museum Nikola Tesla dan Museum Sejarah Serbia, kamu juga bisa menemukan Museum Militer Beograd.

Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan ragam benda dan koleksi militer Serbia digunakan untuk berperang hingga saat ini. Kamu bisa melihat jajaran ranjau yang telah dinonaktifkan, panzer Jerman, torpedo hingga ada merian antik yang bagian luar museum. Semua koleksi senjata disini telah ada sejak tahun 1878, bahkan ada tumpukan senjata yang akan membuatmu seolah kembali ke masa Romawi Kuno yang usianya lebih dari 2.000 tahun. Kamu bisa melihat helm, pisau, perisai, kapak, baju besi hingga pedang.

10. Museum Sejarah Yugoslavia

Museum Sejarah Yugoslavia
visitserbiabelgrade.com

Wisata di Beograd yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Museum Sejarah Yugoslavia. Museum ini memiliki daya tarik yang cukup kontroversial namun informatif, yaitu makam mantan Presiden Josip Broz Tito yang terkenal otoriter.

Museum yang didirikan sekitar tahun 2000an ini mencakup sejarah bekas negara Yugoslavia yang bisa kamu lihat dalam koleksi benda-benda bersejarahnya. Museum ini layaknya perpustakaan kepresidenan yang mana memamerkan semua hadiah yang dikumpulkan oleh Tito semasa pemerintahannya di tahun 1953 hingga 1980. Total terdapat 200.000 artefak dan salah satu yang cukup menarik perhatian adalah tongkat upacara yang digunakan untuk relay.

11. Museum Penerbangan

Museum Penerbangan
itinari.com

Jika kamu tertarik dengan dunia aviasi, maka kamu wajib untuk berkunjung ke salah satu wisata di Beograd yang satu ini, yaitu Museum Penerbangan. Museum ini berlokasi di gedung kaca geodesuk yang mencolok, tepat di sebelah bandara kota.

Museum yang telah berdiri sejak tahun 1989 ini memiliki lebih dari 200 pesawat militer milik Serbia dan kolektor. Disini kamu akan menjumpai biplan seperti Yugoslavia Zmaj Fizir dan Soviet Polikarpov. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan artefak yang berasal dari pemboman NATO di tahun 1999, termasuk puing-puing pesawat F-117 dan drone Predator MQ-1.

12. Republic Square

Republic Square
id.wikipedia.org

Wisata di Beograd yang sayang sekali untuk dilewatkan selanjutnya adalah Republic Square. Republic Square atau Alun-Alun Republik ini merupakan sebuah spot di tengah kota dimana kamu bisa menemukan banyak landmark terkenal seperti Museum Nasional Serbia, Patung Pangeran Mihailo dan Teater Nasional.

Alun-alun ini berada di kawasan bisnis dengan lokasi yang cukup strategis karena lebih dari 20 jalur bus menuju tempat ini. Kawasan alun-alun ini seolah menjadi tempat sempurna untuk berjalan-jalan juga untuk nongkrong. Pasalnya, kawasan alun-alun ini menjadi tempat pilihan untuk pertemuan banyak mahasiswa Belarusia.

13. Teater Nasional

Teater Nasional
suemtravels.com

Berlokasi di Republic Square, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Teater Nasional yang juga menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Beograd. Teater Nasional ini menjadi tempat yang sempurna untuk kamu yang ingin menikmati pesta budaya dengan harga yang sangat terjangkau.

Dibuka pertama kali pada tahun 1869, gedung Teater Nasional ini pernah mengalami kerusakan saat perang sehingga dilakukan beberapa pembaharuan arsitektur untuk tetap menjadi suar budaya Serbia yang masih bisa dinikmati.

14. Zemunski Kej

Zemunski Kej
youtube.com

Kalau kamu ingin menikmati keindahan alam namun lokasinya masih berada di tengah kota, maka kamu wajib berkunjung ke Zemunski Kej. Zemunski Kej atau yang juga dikenal sebagai Kej Oslobodenja ini memiliki arti Quay of Liberation, yaitu sebuah kawasan pejalan kaki di tepu Sungai Danube.

Kawasan ini seolah menjadi tempat terbaik untuk bersantai sambil menikmati keindahan Sungai Danube. Kamu bisa memulainya dari bawah Menara Gardos yang mana ada area hijau yang panjang dengan pepohonan rindang serta pemandangan langsung menuju sungai terpanjang kedua di Eropa. Selain bisa berjalan-jalan, disini kamu juga bisa menemukan beberapa restoran untuk menikmati ragam sajian juga ada banyak kapal tua yang bersandar di dermaga kecil yang bisa kamu sewa untuk menjelajahi Sungai Danube. Tak heran jika Zemunski Kej ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Beograd.

15. Splavovi

Splavovi
travel-guides-blogs.com

Destinasi wisata menarik di Beograd berikutnya adalah Splavovi. Splavovi ini menjadi salah satu wisata malam di Beograd yang cukup menarik karena wisata ini adalah berupa tongkang dan kapal yang ditambatkan secara permanen di Sungai Danube dan Sungai Sava.

Disini kamu bisa berkunjung ke restoran terapung, bar atau klub malam yang terapung. Disini kamu bisa memilih untuk berdansa semalaman di klub atau menikmati makan dengan tenang di restoran yang ada di tepi Sungai Danube. Jika kamu berkunjung saat musim panas, kamu bisa mengikuti pesta disini yang digelar selama tujuh hari seminggu.

16. Ada Ciganlija

Ada Ciganlija
westend61.de

Ada Ciganlija ini merupakan sebuah pulau di Sungai Sava yang telah direklamasi dan diubah menjadi semenanjung. Tak hanya itu, Ada Ciganlija ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Beograd yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Meskipun berada di tengah kota, namun kawasan ini masih sangat terjaga alamnya. Pulau ini masih banyak ditumbuhi oleh pohon elm dan oak, sementara di sisi selatan Sungai Sava ada sebuah danau yang bernama Savasko Jezero. Ragam aktivitas bisa kamu lakukan disini, seperti bermain golf, jogging, tenis, bermain basket, mendayung perahu atau hanya sekedar berjemur.

17. Jalan Knez Mihailova

Jalan Knez Mihailova
we-modernflaneurs.com

Jika kamu suka berjalan-jalan sambil berbelanja, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Jalan Knez Mihailova ini. Kawasan ini juga menjadi salah satu wisata di Beograd yang cukup menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, khususnya bagi kamu yang suka nongkrong dan berbelanja.

Jalan Knez Mihailova ini melintang melalui Stari Grad dari benteng hingga Republic Square. Bisa dibilang jalanan ini merupakan salah satu jalan termahal karena memiliki deretan butik kelas atas dan bermerk, seperti Gap, Zara hingga Sephora. Tak hanya bisa berbelanja, disini kamu juga bisa menemukan sejumlah restoran dan bar yang selalu ramai dikunjungi. Di jalanan ini kamu juga bisa menemukan beberapa bangunan yang telah dibangun sekitar akhir tahun 1870an.

18. Kalemegdan Park

Kalemegdan Park
erasmusu.com

Wisata di Beograd yang satu ini bisa dibilang sebagai wisata wajib dan sangat populer di kalangan wisatawan, yaitu Kalemegdan Park. Kalemegdan Park ini adalah sebuah taman terbesar di Beograd dengan memiliki sebuah monumen bersejarah paling penting di ibu kota Serbia ini.

Kalemegdan Park ini berada di tebing dengan ketinggian hingga 125 meter sehingga menawarkan pemandangan yang indah. Taman ini sangat hijau dan asri saat musim semi dan musim panas sehingga menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati indahnya Sungai Danube dan Sungai Sava.

19. Zeleni Venac

Zeleni Venac
apartmani-u-beogradu.com

Apabila kamu gemar berbelanja di pasar terbuka, maka Zeleni Venac adalah destinasi yang tepat. Di Beograd memang banyak sekali outdoor market yang bisa kamu temukan, namun Zeleni Venac ini dikenal sebagai Queen of the Markets. Tak heran jika pasar ini juga kerap menjadi salah satu tujuan wisata di Beograd.

Zeleni Venac ini telah beroperasi sejak tahun 1847 dan memiliki lokasi yang cukup strategis. Disini kamu bisa menemukan banyak pedagang buah dan sayuran yang masih segar. Selain itu, kamu juga bisa menemukan toko roti di sepanjang sisi pasar yang menjual kue-kue segar khas Serbia, seperti tulumbe, baklava, kadaif dan krempita.

20. Istana Putri Ljubica

Tempat Wisata di Beograd
travelexpert.wiki

Wisata di Beograd yang terakhir adalah Istana Putri Ljubica. Istana ini telah berdiri sejak tahun 1830an pada pemerintahan pertama Pangeran Milose Obreniovic.

Istana ini memiliki gaya bangunan yang indah dengan gaya Ottoman dan dekorasi ala Eropa barat yang populer di abad ke-19. Disini kamu bisa melihat pameran permanen berupa deretan kamar dan ragam koleksi barang-barang bersejarah milik keluarga bangsawan Beograd.

Itulah tadi daftar wisata di Beograd yang tak boleh untuk lewatkan begitu saja. Banyak sekali wisata bersejarah beserta wisata alam. Cukup menarik sekali, kan? Kira-kira wisata mana saja yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply