10 Oleh Oleh Khas Purbalingga, Mulai Kue Hingga Kerajinan


Fida  June 15, 2022  0 Comment

Purbalingga merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang menawarkan banyaknya tempat wisata serta berbagai kuliner lezat. Oleh karena itu, tidak heran jika Purbalingga kerap dipilih sebagai lokasi untuk menghabiskan waktu berlibur bagi beberapa wisatawan. Saat datang ke Purbalingga, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu oleh oleh sebelum pulang. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Purbalingga yang menarik untuk kamu coba.

10 Oleh Oleh Khas Purbalingga :

1. Kue Toso

kue toso
inibaru.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan kue Toso? Kue Toso merupakan salah satu camilan khas Purbalingga. Makanan yang satu ini juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh khas Purbalingga untuk dibawa pulang bagi para wisatawan.

Kue Toso memiliki tampilan dan bentuk yang unik yakni berbentuk pipih bundar menyerupai cakram yang terlipat menjadi dua. Kamu dapat membeli kue ini dengan berbagai pilihan rasa yang ditawarkan mulai dari keju, bawang, kacang, hingga coklat. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras, gula, serta kacang hijau. Cita rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencoba kue Toso.

2. Sandal Batok

sandal batok
bukalapak.com

Selain dapat membawa oleh-oleh khas Purbalingga berupa makanan, kamu juga dapat memutuskan untuk berburu uniknya sandal batok. Jika biasanya sandal dibuat menggunakan bahan karet atau plastik, namun tidak dengan sandal khas Purbalingga yang satu ini.

Sandal batok dibuat dengan menggunakan bahan utama tempurung kelapa. Tempurung kelapa dibentuk hingga menjadi sandal yang nyaman untuk dipakai. Sandal ini dibuat dengan cara menyusun batok kelapa dan direkatkan menggunakan lem. Sandal batok juga dikenal unik karena motif yang khas. Meskipun merupakan kerajinan tangan, sandal yang satu ini tetap dijual dengan harga terjangkau yakni berkisar Rp 25.000,- per pasang. Sandal batok khas Purbalingga dapat kamu jumpai di berbagai pasar tradisional atau toko kerajinan tangan.

Baca juga :  11 Oleh-oleh Khas Semarang Terkenal Paling Mantap

3. Kacang Umpet

kacang umpet
yummy.co.id

Camilan yang juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh khas Purbalingga salah satunya adalah kacang umpet. Sesuai dengan namanya, camilan yang satu ini kacang yang tersembunyi di dalam kulit atau adonan. Kacang umpet memiliki tekstur yang renyah dan sayang untuk tidak kamu coba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit kacang umpet yakni tepung terigu dan margarin. Bahan tersebut kemudian ditambahkan dengan air dan diaduk hingga kalis. Kacang umpet yang telah dilapisi dengan adonan kemudian digoreng menggunakan minyak yang telah dicampur dengan gula pasir. Oleh karena itu, tidak heran jika makanan yang satu ini menawarkan rasa manis serta tekstur yang gurih. Kacang umpet dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Purbalingga.

4. Kue Manco Wijen

kue manco wijen
kulinear.hops.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Purbalingga berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah kue manco wijen. Kue yang satu ini tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, tetapi juga berhasil membuat banyak wisatawan penasaran. Kue manco wijen dibuat menggunakan bahan utama tepung beras ketan. memiliki ciri khas yakni bagian dalam kue yang kempong atau kosong.

Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memang dilapisi dengan wijen di bagian luarnya. Sebelum diberi taburan wijen, kue terlebih dahulu dilapisi gula merah cair sehingga menawarkan rasa manis yang memanjakan lidah. Banyak yang membeli kue ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang karena dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang terjangkau.

5. Makaroni Keju

makaroni keju
id.carousell.com

Saat bingung mencari rekomendasi oleh-oleh khas Purbalingga yang cocok untuk dibawa pulang, kamu dapat memutuskan untuk berburu lezatnya makaroni keju. Camilan yang satu ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan karena menawarkan rasa yang gurih dan tekstur yang renyah.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Binjai Yang Banyak Diminati

Karena mampu bertahan cukup lama, tidak heran jika makaroni keju kerap dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang bagi para wisatawan. Camilan yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang terjangkau. Kamu dapat membeli lezatnya makaroni keju di berbagai toko oleh-oleh di Purbalingga.

6. Kerajinan Batik Ecoprint

batik ecoprint
banyumas.tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Purbalingga berikutnya yang tidak kalah unik dan menarik adalah kerajinan batik ecoprint. Kerajinan batik yang satu ini dikenal sangat ramah lingkungan dan berhasil membuat wisatawan penasaran.

Batik ecoprint merupakan batik yang dibuat menggunakan bahan pewarna alami dari tumbuhan. Karena dikenal ramah lingkungan, maka tidak heran jika batik yang satu ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Batik ecoprint dijual dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

7. Sambel Knalpot

sambel knalpot
shopee.co.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Purbalingga lainnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah sambel knalpot. Sambal yang satu ini sudah sangat populer di daerah Purbalingga dan tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan. Sambal knalpot dibuat menggunakan bahan cabai asli serta tanpa bahan pengawet. Kamu dapat membeli sambal ini dengan berbagai varian rasa seperti sambel ijo, sambal teri, sambal tongkol, belut, udang, dan masih banyak lagi.

Karena dijual dengan kemasan praktis, maka tidak heran jika sambal ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada kerabat atau keluarga di rumah. Pecinta pedas? Sambal knalpot khas Purbalingga tentu sayang untuk kamu lewatkan.

8. Kacang Mirasa

kacang mirasa
shopee.co.id

Kacang mirasa juga menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Purbalingga yang menarik untuk kamu coba. Kacang yang satu ini dikenal sangat legendaris karena telah diproduksi sejak tahun 1958. Kamu dapat membeli kacang mirasa dengan 2 varian rasa yakni kacang asin dan kacang bawang.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Kampar Yang Menarik Dan Diburu Wisatawan

Baca Juga :

Rekomendasi 7 Sate Enak di Malang Dengan Bumbu Kacang Mantap!

Kacang mirasa diolah dengan cara tradisional sebelum dikemas. Kacang yang satu ini lebih dahulu melalui proses sangrai menggunakan pasir. Menghasilkan cita rasa yang gurih, ini juga mampu bertahan hingga 2 bulan. Kacang mirasa biasa dijual dengan berbagai ukuran kemasan. Saat datang ke Purbalingga, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba lezatnya kacang yang satu ini.

9. Nopia dan Mino

nopia dan mino
portalpurwokerto.pikiran-rakyat.com

Nopia dan Mino merupakan camilan yang kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Purbalingga. Camilan yang satu ini dibuat menggunakan cara tradisional yakni dengan cara dibakar di atas tungku tanah liat. Kamu dapat membeli kue ini dengan berbagai varian rasa seperti durian, strawberry, nanas, dan lain-lain.

Baca Juga :

Nikmatnya Campur Lorjuk, Kuliner Khas Pamekasan Yang Wajib Dicoba

10. Sapu Hamada

Oleh Oleh Khas Purbalingga
inibaru.id

Sapu hamada salah satu oleh-oleh khas Purbalingga yang cocok untuk kamu bawa pulang. Sapu yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal telah diproduksi sejak tahun 1969. sudah diekspor ke beberapa negara salah satunya adalah negara Jepang. Menarik sekali bukan?

Baca Juga :

Good Karma Hostel Yogyakarta : Penginapan Esetik Di Tengah Kota Yogyakarta



Leave a Reply