10 Oleh Oleh khas Mojokerto, Makanan hingga Kerajinan Kulit


Fida  December 31, 2022  0 Comment

Selain dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata, Mojokerto juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang menarik untuk dicoba. Saat memutuskan untuk berlibur ke Kota Mojokerto, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu oleh oleh sebelum pulang. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Mojokerto yang wajib kamu coba.

Oleh Oleh Khas Mojokerto :

1. Onde Onde

onde onde
kompas.com

Saat berbicara tentang oleh oleh khas Mojokerto, onde onde merupakan salah satu yang wajib kamu bawa pulang. Bagaimana tidak, Mojokerto sudah sangat melekat dengan jajanan onde onde, bahkan tidak jarang dijuluki sebagai Kota Onde Onde. 

Onde onde merupakan jajanan khas yang dibuat menggunakan bahan utama berupa tepung ketan. Tepung ketan diolah menjadi adonan dan diisi dengan kacang hijau. Selain identik dengan rasanya yang manis, jajanan yang satu ini juga memiliki tampilan unik dengan adanya taburan wijen di bagian luarnya. 

Onde onde khas Mojokerto dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh maupun pasar tradisional. Rasanya yang khas menjadikan onde onde cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. 

2. Sepatu Kulit

sepatu kulit
tokopedia.com

Selain dikenal dengan sebutan Kota Onde Onde, Mojokerto juga dikenal menawarkan berbagai kerajinan kulit yang khas. Sepatu kulit menjadi salah satu oleh oleh khas Mojokerto yang menarik untuk kamu bawa pulang. Kamu dapat mengunjungi Kampung Kwali untuk membeli berbagai kerajinan kulit di Mojokerto. 

Baca juga :  7 Rekommendasi Tempat Mencari Oleh-oleh Khas Papua di Irian Jaya

Pengunjung tidak perlu khawatir karena kualitas sepatu kulit khas Mojokerto sudah terjamin bagus. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam mulai dari Rp 140.000,- hingga Rp 190.000,- per pasang. Sepatu kulit dapat menjadi rekomendasi oleh oleh terbaik yang bisa kamu bawa pulang setelah berlibur ke Mojokerto. 

3. Kerupuk Upil

kerupuk upil
diadona.id

Oleh oleh khas Mojokerto berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dibawa pulang adalah kerupuk upil. Kerupuk upil biasa dikenal dengan sebutan kerupuk asin. Yang menjadikan kerupuk ini unik dan berbeda dengan kerupuk lainnya adalah proses penggorengannya yang tidak menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir. 

Kerupuk upil dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 6.000,- per bungkus. Tampilannya yang berwarna warni juga menjadikan kerupuk ini semakin menarik untuk dicoba. Selain cocok dipilih sebagai camilan saat bersantai, kemasan kerupuk upil yang praktis juga menjadikannya wajib kamu bawa pulang sebagai oleh oleh. 

4. Kerupuk Memble

kerupuk memble
budaya-indonesia.org

Selain kerupuk upil, kerupuk memble juga menjadi salah satu oleh oleh khas Mojokerto yang wajib kamu bawa pulang. Kerupuk yang satu ini dikenal menawarkan tekstur renyah dengan cita rasa yang khas. Tampilan kerupuk memble juga terbilang unik yakni berwarna putih dan berbentuk memanjang. 

Kerupuk yang satu ini dibuat dengan proses yang berbeda dengan kerupuk lainnya. Kerupuk memble harus digoreng dua kali dengan wajan terpisah dengan suhu minyak yang berbeda. Hal itu bertujuan agar tekstur kerupuk lebih renyah. Kamu dapat membeli kerupuk memble di berbagai toko oleh oleh di Mojokerto. 

5. Kerupuk Rambak

kerupuk rambak
kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kerupuk rambak bukan? Kerupuk rambak merupakan kerupuk yang dibuat dengan menggunakan kulit sapi sebagai bahan utamanya. Cita rasanya yang gurih dan renyah menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. 

Baca juga :  15 Oleh Oleh Khas Sukabumi, Ada Sate Aci Hingga Kue Mochi

Kerupuk yang satu ini tidak hanya cocok dinikmati sebagai camilan, tetapi juga sebagai pelengkap saat makan. Kamu dapat membeli kerupuk rambak dalam keadaan mentah maupun siap santap. Biasanya, kerupuk rambak dikemas dengan praktis dan menarik sehingga cocok dipilih sebagai oleh oleh. Kerupuk rambak khas Mojokerto juga dijual dengan berbagai varian rasa. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

6. Keripik Ketela

keripik ketela
lemonilo.com

Oleh oleh khas Mojokerto berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu bawa pulang adalah keripik ketela. Sesuai dengan sebutannya, keripik yang satu ini menggunakan ketela sebagai bahan utamanya. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. 

Keripik ketela khas Mojokerto dapat kamu pilih sebagai oleh oleh untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Selain rasa original, kamu juga dapat mencoba keripik ketela dengan berbagai varian rasa lainnya seperti balado dan sapi panggang. Keripik yang satu ini sangat cocok dinikmati saat bersantai. 

7. Kerajinan Bambu

kerajinan bambu mojokerto
radarmojokerto.jawapos.com

Selain makanan, kamu juga dapat membawa pulang oleh oleh khas Mojokerto berupa kerajinan bambu. Terdapat banyak pilihan kerajinan bambu khas Mojokerto yang dapat kamu bawa pulang, diantaranya tas, meja, guci, keranjang, kursi, dan masih banyak lagi. 

Jika ingin membeli kerajinan bambu khas Mojokerto, kamu dapat menuju ke daerah Kampung Panarib. Disana, kamu akan menjumpai banyaknya pilihan kerajinan bambu dengan kualitas terbaik. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam, tergantung ukuran serta tingkat kerumitan pembuatan kerajinan bambu.  

8. Kerajinan Pahat Batu

travel.kompas.com

Saat berkunjung ke Mojokerto, kamu akan dapat dengan mudah menjumpai berbagai kerajinan yang dibuat menggunakan bahan batu. Kerajinan yang satu ini disebut dengan kerajinan pahat batu. Terdapat berbagai bentuk yang dihasilkan dari kerajinan pahat batu yang satu ini. Tidak jarang wisatawan juga membelinya sebagai salah satu oleh oleh khas Mojokerto untuk dibawa pulang. 

Baca juga :  10 Oleh Oleh khas Purworejo Yang Murah Dan Berkesan

6 Wisata Malam di Mojokerto, Tempat Bersantai hingga Menikmati Bintang

Proses pembuatannya yang terbilang sulit dan memakan waktu lama menjadikan kerajinan ini dibandrol dengan harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan kerajinan lainnya. Biasanya, kerajinan pahat batu ini dibuat dengan menggunakan bahan berupa batu gunung dan batu hijau. Bagi kamu yang suka kerajinan, tidak ada salahnya jika kamu membeli kerajinan pahat batu saat datang ke Mojokerto.

9. Sinom

sinom
javatravel.net

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan sinom bukan? Sinom merupakan minuman yang dikenal segar dan kaya akan manfaat baik bagi tubuh. Minuman yang satu ini juga banyak diburu sebagai salah satu oleh oleh khas Mojokerto yang dapat kamu jumpai di berbagai pusat oleh oleh atau pasar tradisional. 

Baca Juga :

Nyobain Lezatnya Nasi Kebuli Bang Ji Mojokerto

Meskipun memiliki rasa segar dan kaya manfaat, minuman sinom tetap dijual dengan harga yang terjangkau. Kamu dapat membelinya dengan kemasan praktis yakni dalam botol plastik. Saat berkunjung ke Mojokerto, tidak ada salahnya jika kamu mencoba segarnya minuman yang satu ini.

10. Sambal Wader

sambal wader
kompas.com

Sambal wader merupakan salah satu makanan yang dapat dengan mudah dijumpai di Mojokerto. Selain dikenal sebagai makanan khas, tidak jarang sambal wader juga diburu sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Hal itu dikarenakan sambal wader khas Mojokerto memiliki rasa gurih dan lezat.

Baca Juga :

Warung Wader Bu Tin Asli Majapahit. Sambelnya Nagih!

Nah, itulah daftar 10 oleh oleh khas Mojokerto yang populer. Dari daftar rekomendasi di atas, oleh oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang?



Leave a Reply