10 Oleh Oleh khas Gresik Cocok Dibawa Pulang!


Fida  December 27, 2022  0 Comment

Selain dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan tempat wisata, Gresik merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang juga menawarkan banyaknya pilihan kuliner lezat. Saat berkesempatan datang dan berlibur ke Gresik, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh oleh sebelum pulang. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Gresik yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Oleh Oleh Khas Gresik :

1. Pudak

pudak
gresspedia.id

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar kata pudak? Pudak merupakan makanan sekaligus oleh oleh khas Gresik yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Dijual dengan tampilan yang unik dan menarik yakni dibungkus menggunakan pelepah pinang, pudak berhasil menarik perhatian wisatawan untuk membelinya. 

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa tepung beras yang ditambahkan dengan gula jawa serta santan. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan rasa manis serta tekstur yang khas. Pudak juga sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang karena mampu bertahan lama. Makanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai pusat oleh oleh di Gresik. 

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Wisata Setigi, Tawarkan Wisata Alam Diantara Tebing Bebatuan Kapur Putih Nan Artistik

2. Kue Jubung

kue jubung
akurat.co

Selain pudak, kue jubung juga merupakan salah satu oleh oleh khas Gresik yang populer dan bisa kamu coba. Kue yang satu ini juga merupakan kue tradisional yang disajikan dengan dibungkus menggunakan daun pisang atau pelepah pinang. Meskipun merupakan makanan tradisional, tetapi kue jubung masih banyak diburu hingga saat ini. 

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Purbalingga, Mulai Kue Hingga Kerajinan

Disajikan dengan tampilan berwarna cokelat kehitaman, kue jubung memang dibuat menggunakan bahan utama berupa ketan hitam. Di bagian permukaannya, kue ini ditaburi dengan wijen sehingga tampak semakin menggugah selera. Saat berkunjung ke Gresik, kamu dapat memutuskan untuk berburu kue jubung di berbagai pasar tradisional atau pusat oleh oleh di Gresik. 

3. Kue Bonggolan

kue bonggolan
javatravel.net

Terdapat cukup banyak pilihan oleh oleh khas Gresik yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah kue bonggolan. Kue yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa yang unik dan khas yang hanya dapat kamu jumpai di kota semen, Gresik. 

Bahan utama pembuatan kue bonggolan adalah dengan menggunakan daging ikan yang dipadukan dengan berbagai rempah. Biasanya, kue bonggolan dijual di pinggir jalan di Gresik. Tampilannya yang masih sangat sederhana dengan dibungkus menggunakan daun pisang juga menjadi ciri khas tersendiri. Tidak perlu khawatir soal harga, kue bonggolan biasa dijual dengan harga yang terjangkau. 

4. Keripik Bayam

keripik bayam
kompas.com

Tidak hanya diolah menjadi sayur untuk makan, bayam juga dapat diolah menjadi camilan lezat yakni keripik bayam. Camilan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di daerah Gresik. Tidak jarang wisatawan memutuskan untuk berburu keripik bayam sebagai salah satu oleh oleh khas Gresik untuk dibawa pulang. 

Sesuai dengan namanya, keripik bayam hanya dibuat menggunakan bahan utama berupa bayam dan juga tepung sebagai lapisan luarnya. Keripik bayam diolah dengan cara melumuri bayam dengan adonan tepung kemudian digoreng. Cita rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan kamu tidak bisa berhenti mengkonsumsinya. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan keripik ini sangat cocok untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. 

Baca juga :  6 Oleh Oleh Khas Manokwari Yang Menarik Hati

5. Kopi Gresik

kopi gresik
merdeka.com

Pecinta kopi? Tidak ada salahnya jika kamu mencoba lezatnya kopi khas Gresik. Jenis kopi robusta yang disajikan dengan cita rasa serta aroma khas ini berhasil menarik perhatian masyarakat lokal maupun wisatawan untuk mencobanya. Tidak jarang kopi ini diburu sebagai oleh oleh khas Gresik untuk dibawa pulang. 

Kamu tidak perlu khawatir karena kopi Gresik dijual dengan kemasan praktis dan menarik. Kopi Gresik dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai pusat oleh oleh di Gresik. 

6. Petis Gresik

petis udang
bukalapak.com

Petis udang dikenal sebagai salah satu bahan masakan khas Jawa Timur yang identik dengan rasa serta aromanya yang khas. Gresik menjadi salah satu daerah dimana kamu dapat membeli petis udang dengan kualitas terbaik. Tidak jarang juga wisatawan memutuskan untuk berburu petis udang sebagai salah satu oleh oleh khas Gresik untuk dibawa pulang. 

Petis udang dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga sangat memudahkan bagi kamu yang ingin membelinya sebagai oleh oleh. Cita rasa dan aromanya yang khas menjadikan petis udang yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. 

7. Bandeng Asap

bandeng asap
tokopedia.com

Saat berkunjung ke Gresik, olahan bandeng menjadi salah satu oleh oleh yang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satu olahan bandeng yang populer adalah bandeng asap. Oleh oleh khas Gresik yang satu ini tidak hanya banyak disukai masyarakat lokal, tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan. 

Sesuai dengan sebutannya, bandeng asap merupakan olahan bandeng yang dibuat melalaui proses pengasapan. Karena melalui proses tersebut, bandeng memiliki aroma khas serta lebih awet. Bandeng asap biasa dijual dengan kemasan praktis. Selain cocok untuk dinikmati langsung, bandeng asap juga biasa dipilih sebagai bahan untuk membuat masakan. Kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai bandeng asap di berbgaai toko oleh oleh di Gresik. 

Baca juga :  12 Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Unik dan Berkesan

7. Otak Otak Bandeng

otak otak bandeng
shopee.co.id

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa lezat dan sangat cocok untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai lauk saat makan. 

Otak otak bandeng biasa dijual dengan kemasan yang menarik sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Dengan tekstur yang lembut serta rasa yang gurih, otak otak bandeng khas Gresik akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. 

9. Kerajinan Tangan Damar Kurung

kerajinan tangan damar kurung
surabaya.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan kerajinan tangan damar kurung? Kerajinan tangan yang satu ini merupakan salah satu oleh oleh khas Gresik yang menarik untuk kamu bawa pulang. Kerajinan yang satu ini merupakan kerangka lampion dengan lukisan khas Kota Gresik. Motifnya yang unik dan bermakna juga menjadikan oleh oleh yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. 

10. Kaos Gresik

kaos gresik
blibli.com

Satu lagi rekomendasi oleh oleh khas Gresik yang tidak boleh kamu lewatkan yakni kaos Gresik. Kaos dengan berbagai motif dan tulisan khas Gresik ini banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Harga yang ditawarkan terbilang cukup beragam tergantung ukuran serta bahan kaos.

Nah, itulah daftar 10 oleh oleh khas Gresik yang populer dan harus kamu tahu. Jika berkesempatan datang dan menghabiskan waktu berlibur di Gresik, oleh oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang? 



Leave a Reply