10 Oleh Oleh khas Tarakan yang Wajib Kamu Bawa Pulang


Fida  January 5, 2023  0 Comment

Karena menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata, tidak heran jika Tarakan dipilih sebagai tujuan berlibur bagi para wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Selain itu, Tarakan juga dikenal menyuguhkan berbagai kuliner lezat serta oleh oleh yang menarik untuk dibawa pulang. Terdapat banyak pilihan oleh oleh khas Tarakan yang sayang untuk dilewatkan mulai dari makanan, jajanan, hingga kaos dan kain batik. Penasaran? Berikut daftarnya. 

1. Abon Kepiting Soka

abon kepiting soka
shopee.co.id

Saat ingin berburu oleh oleh khas Tarakan, tidak ada salahnya jika kamu membeli abon kepiting soka. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini merupakan abon yang dibuat menggunakan bahan utama daging kepiting soka. 

Di Tarakan, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai abon kepiting soka di berbagai toko oleh oleh. Makanan yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga cocok dipilih sebagai oleh oleh. Selain cocok untuk dinikmati langsung, abon kepiting soka juga cocok dinikmati sebagai lauk saat makan. Cita rasanya yang lezat dan aromanya yang menggugah selera tentu akan membuatmu tertarik untuk mencobanya. 

Menikmati Olahan Kepiting Jumbo Khas Kalimantan Di Resto Kenari

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

2. Kaltara Fried Crab

kaltara fried crab
dherdian.wordpress.com

Selain abon kepiting soka, kamu juga dapat mencoba lezatnya Kaltara fried crab saat berkunjung ke Tarakan. Karena mudah dijumpai, tidak jarang makanan ini diburu wisatawan sebagai salah satu oleh oleh khas Tarakan. 

Sesuai dengan namanya, Kaltara fried crab merupakan makanan yang dibuat menggunakan daging kepiting dan diolah dengan cara digoreng. Makanan yang satu ini dikenal dengan tampilannya yang unik yakni mirip dengan sayap ayam krispi. Kaltara fried crab tidak jarang dipilih sebagai lauk saat makan, tetapi juga tidak sedikit yang menganggapnya seperti camilan. Makanan yang satu ini biasa dihidangkan bersama dengan saus atau sambal. 

3. Amplang Bandeng 

amplang bandeng
shopee.co.id

Saat mendengar sebutan amplang, beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing bahwa makanan yang satu ini banyak dijumpai di daerah Kalimantan bukan? Jika biasanya amplang dibuat menggunakan bahan dasar ikan tenggiri, namun tidak dengan oleh oleh khas Tarakan yang satu ini. Amplang bandeng menjadi oleh oleh yang banyak diburu wisatawan saat datang ke Tarakan. 

Amplang bandeng memiliki tekstur renyah yang tidak berbeda dengan amplang ikan tenggiri. Cita rasa bandeng yang gurih dan khas tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. Amplang bandeng khas Tarakan dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh oleh. Kemasannya yang praktis dan menarik menjadikan amplang bandeng sayang untuk kamu lewatkan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. 

4. Dodol Rumput Laut

dodol rumput laut
pesonanusantara.co.id

Saat ingin membawa pulang oleh oleh khas Tarakan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba lezatnya dodol rumput laut. Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang sangat menarik yakni berwarna warni. Teksturnya yang legit dan cita rasanya yang lezat tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. 

Dodol rumput laut dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh. Kemasannya yang praktis dan menarik menjadikan dodol rumput laut sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh. Makanan yang satu ini juga banyak disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. 

5. Kaos Borneo Indah

kaos borneo indah
kaltim.tribunnews.com

Selain makanan, kamu juga dapat membawa pulang oleh oleh khas Tarakan berupa kaos. Salah satu kaos yang populer di kalangan wisatawan dan banyak diburu adalah kaos Borneo Indah. Yang membedakan kaos ini dengan kaos lainnya adalah dari segi motif. Kaos Borneo Indah menawarkan motif khas Borneo mulai dari batik hingga ikon khas Kota Tarakan. 

Harga yang ditawarkan untuk setiap kaos terbilang cukup beragam, tergantung ukuran serta bahan yang digunakan. Tidak jarang wisatawan berburu Kaos Borneo Indah sebagai oleh oleh untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. 

6. Batik

batik
merdeka.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing bahwa Indonesia memiliki batik dengan motif yang beragam. Biasanya, motif batik dibuat sesuai dengan tema daerah masing masing. Di Tarakan, kamu juga dapat menjumpai batik dengan motif khas. Tidak jarang batik juga diburu wisatawan sebagai oleh oleh khas Tarakan untuk dibawa pulang. 

Kamu tidak perlu khawatir karena harga batik yang ditawarkan terbilang cukup beragam, tergantung ukuran, bahan, serta motif batik. Batik khas Tarakan tidak hanya tersedia dalam bentuk kain lembaran, tetapi juga dalam bentuk siap pakai seperti baju, dan lain-lain. Lengkap sekali bukan? 

7. Tas Motif Etnik

tas etnik
biggo.id

Bagi kamu pecinta barang etnik, tidak ada salahnya jika kamu membeli tas motif etnik saat berkunjung ke Tarakan. Tas dengan tampilan unik ini banyak diburu wisatawan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Selain tas, terdapat beberapa bentuk yang dibuat dengan tampilan motif etnik di bagian luarnya seperti dompet, peci, dan juga aksesoris lainnya. 

Berbagai benda motif etnik dapat kamu jumpai di pusat oleh oleh maupun pasar tradisional. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam, tergantung ukuran serta tingkat kerumitan pembuatan. Saat berkunjung ke Tarakan, tidak ada salahnya jika kamu membawa pulang oleh oleh yang satu ini. 

8. Ikan Asin Pipih

ikan asin pipih
budaya-indonesia.org

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Tarakan yang menarik untuk kamu bawa pulang, salah satunya adalah ikan asin pipih. Sesuai dengan namanya, ikan asin pipih merupakan olahan ikan jenis pepija yang diawetkan dengan cara diasinkan. Oleh karena itu, olahan ikan yang satu ini banyak diburu sebagai oleh oleh karena dikenal mampu bertahan lama. 

Ikan asin pipih khas Tarakan memiliki cita rasa gurih serta keunikan tersendiri yakni tulangnya yang lembek dan tidak keras. Selain banyak diburu sebagai oleh oleh, kamu juga dapat membeli ikan asin pipih untuk diolah menjadi masakan. Ikan asin pipih dapat dengan mudah dijumpai di kawasan pantai hingga pasar tradisional di Tarakan. 

9. Udang Kering

udang kering
shopee.co.id

Selain ikan asin pipih, udang kering juga menjadi salah satu oleh oleh khas Tarakan yang menarik untuk dibawa pulang. Tarakan memang memiliki lokasi yang berbatasan langsung dengan laut sehingga tidak heran jika menawarkan hasil laut yang melimpah. Udang yang telah dikeringkan menjadi salah satu hasil laut yang banyak diburu wisatawan. 

Udang kering dikenal mampu bertahan lama sehingga cocok untuk dibawa pulang setelah berlibur di Tarakan. Selain cocok dinikmati sebagai camilan, udang kering juga cocok diolah menjadi lauk atau hidangan pendamping saat makan. 

10. Kopi Tarakan

kopi tarakan
republika.co.id

Satu lagi rekomendasi oleh oleh khas Tarakan yang menarik untuk kamu bawa pulang yakni kopi. Kopi khas tarakan dikenal memiliki rasa serta aroma yang khas. Minuman yang satu ini biasa dijual dalam bentuk bubuk dan sangat mudah untuk dibawa pulang karena dikemas dengan praktis. Bagi pecinta kopi, tidak ada salahnya kamu mencoba kopi khas yang nikmat saat datang ke Tarakan. 



Leave a Reply