Berkunjung ke Benua Hitam? Nih 10 Oleh Oleh Khas Afrika


prita  February 28, 2021  0 Comment

Afrika memang merupakan sebuah benua dan Negara yang cukup unik di dunia. Afrika seolah menjadi perpaduan dari tren lokal dan Eropa yang kemudian diterapkan pada kebiasaan hingga tradisi masyarakat setempat.

Afrika memang terkenal dengan destinasi wisata safarinya, dimana kamu bisa berlibur sambil melihat lebih dekat dengan aneka satwa unik dan hanya ada di Afrika. Tak hanya bersafari, saat berkunjung ke Afrika pastikan kamu juga membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan jika kamu pernah berkunjung ke Benua Hitam tersebut. Apa saja? Berikut adalah daftar

Rekomendasi oleh oleh khas Afrika yang wajib dibawa pulang

1. Topi Makarapa

Topi Makarapa
en.wikipedia.org

Oleh oleh khas Afrika pertama yang wajib kamu bawa pulang adalah Topi Makarapa. Makarapa merupakan sebuah topi yang dicat dengan berbagai warna mencolok. Biasanya topi ini digunakan oleh penggemar olahraga.

Topi Makarapa ini biasanya dihiasi dengan berbagai bendera tim olahraga dan banyak dijual saat acara-acara olahraga atau kamu bisa menemukannya di toko-toko yang khusus menjual kerajinan Afrika Selatan.

Review makanan

D’Jombang Cafe : Nongkrong Seru Ala Paris Di Jombang!

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

2. Kain Xhosa Shweshwe

Kain Xhosa Shweshwe
brandsouthafrica.com

Oleh oleh khas Afrika yang wajib kamu beli selanjutnya adalah Shweshwe. Shweshwe merupakan kain katun bermotif indah dan berwarna cerah dan secara tradisional digunakan oleh wanita Xhosa.

Kamu bisa membelinya dalam bentuk pakaian jadi, tas, sarung bantal atau lainnya. Tapi kamu pun juga bisa membelinya dalam bentuk potongan kain untuk ibawa pulang dan membuatnya menjadi baju atasan, gaun atau rok sesuai dengan selera kamu.

3. Keramik Ardmore

Keramik Ardmore
youtube.com

Jika kamu ingin membawa oleh oleh khas Afrika yang unik dan tidak ada duanya, kamu wajib membeli kerajinan yang satu ini. Keramik Ardmore ini bisa kamu dapatkan di Ardmore Ceramic Art yang memang telah lama dikenal sebagai sebuah pengrajin keramik paling terkenal di Afrika.

Ardmore Ceramic sebenarnya adalah studio seni rupa yang telah ada sejak tahun 1985. Studio ini didirikan oleh seorang seniman bernama Fee Halsted di kaki Pegunungan Drakensberg, Afrika. Studio ini dikenal menghasilkan keramik dengan potongan-potongan unik, penuh warna yang menarik dan jenisnya beragam. Mulai dari mangkok, piring, teko, asbak, patung, vas bunga hingga set cangkir teh. Istimewanya, keramik-keramik disini dibuat oleh seminal lokal yang mana setiap itemnya benar-banr unik dengan warna yang berbeda dan hampir tidak ada duanya.

4. Produk Burung Unta

Produk Burung Unta
cnn.com

Produk Burung Unta juga bisa jadikan oleh oleh khas Afrika yang wajib kamu beli lho. Di kawasan sekitar Oudtshoorn di Western Cape dikenal sebagai tempat dimana Burung Unta Afrika hidup.

Di kawasan tersebut kamu bisa menemukan berbagai pilihan produk yang berasal dari Burung Unta. Kamu bisa menemukan tas, dompet, telur Burung Unta yang diwarnai hingga kemoceng yang dibuat dari bulu Burung Unta.

5. Manik-Manik

Manik-manik khas afrika
afriliaernes.wordpress.com

Oleh oleh khas Afrika yang wajib untuk kamu bawa pulang selanjutnya adalah Manik-manik. Kerajinan manik-manik ini bisa kamu temukan dimana saja di Afrika, namun salah satu pasar manik-manik paling favorit di Afrika adalah Rosebank Sunday Market yang berada di Rosebank Mall.

Manik-manik disini bisa kamu temukan dalam berbagai bentuk, mulai dari gelang, tatakan gelas, gantungan kunci, tempat lilin, kalung dan masih banyak lagi lainnya. Semua produk manik-manik ini merupakan buatan tangan dan memiliki banyak motif yang menarik dan berwarna warni. Motifnya pun cukup beragam dan unik, mulai dari hewan seperti Bunglon dan Jerapah sampai bunga seperti bunga Lily dan Mawar.

6. Permata

Permata
4cs.gia.edu

Oleh oleh khas Afrika yang satu ini juga tak kalah penting untuk dibawa pulang, lho. Afrika Selatan memang dikenal sebagai Negara penghasil emas dan berlian sehingga Negara ini menjadi tujuan sempurna untuk membeli perhiasan atau batu mulia.

Kamu bisa memilih untuk membeli perhiasan dalam bentuk gelang tangan yang terbuat dari tembaga atau perunggu karena harganya yang paling ekonomis. Tak hanya itu, kamu juga bisa membeli emas atau berlian dengan berbagai warna dan ukuran.

Namun, kamu harus berhati-hati jika ingin berbelanja perhiasan disini karena adanya pasar gelap. Jadi pastikan kamu membelinya di penjual resmi atau produsen resmi. Beberapa toko perhiasan yang cukup terkenal di Cape Town bisa kamu kunjungi seperti Uwe Koetter dan Philip Wulfsohn Jewellery.

7. Vuvuzela

Vuvuzela
dailydot.com

Vuvuzela juga menjadi salah satu oleh oleh khas Afrika yang tak boleh dilewatkan. Vuvuzela ini merupakan alat music tiup khas Afrika Selatan yang memiliki bentuk seperti terompet sepanjang 1 meter dan terbuat dari plastic.

Alat music ini biasanya dibuat dalam nada warna yang cerah dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yatu sekitar Rp 40.000 per buahnya. Namun, kamu harus meniupnya dengan pelan karena suara yang dihasilkan oleh Vuvuzela ini sangat keras dan memekakkan telinga.

8. Koeksister

Koeksister
manusmenu.com

Tak hanya kerajinan saja, oleh oleh khas Afrika juga bisa berupa makanan, lho. Makanan khas Afrika ini bisa dijadikan oleh oleh karena terkenal sangat khas dan tidak mudah dijumpai di temapt lain. Misalnya seperti Koeksister ini.

Koeksister merupakan makanan ringan khas Afrika yang bentuknya mirip donat. Jajanan ini memiliki tekstur yang renyah karena bagian luar dimasak dengan cara digoreng. Koeksister ini memiliki cita rasa manis saat digigit karena didalamnya terdapat selai seperti madu. Tak heran jika jajanan ini sangat disukai oleh semua kalangan. Untuk harganya sendiri sekitar Rp 50.000 per buahnya dan bisa dinikmati untuk dua orang.

9. Pate

Pate
twiceasgoodshow.com

Oleh oleh khas Afrika yang berupa jajanan selanjutnya adalah Pate. Pate merupakan salah satu hidangan pembuka atau appetizer khas Afrika yang dibuat dari daging hewan asli. Hewan yang digunakan pun cukup beragam, mulai dari Buaya, Zebra, Impala, Springbok, Burung Unta hingga Rusa Kutub.

Daging dari hewan-hewan tersebut dicincang halus kemudian ditaburi dengan bumbu tradisional, kemudian adonan tersebut dicetak dalam cetakan berbentuk persegi panjang barulah dimasak dengan cara dipanggang dalam oven.

10. Biltong

Biltong
tripsavvy.com

Oleh oleh khas Afrika yang terakhir adalah Biltong. Sama halnya dengan Koeksister, Biltong merupakan makanan ringan atau camilan yang cukup populer di Afrika Selatan.

Biltong merupakan daging kering yang diberi bumbu khas. Biasanya Biltong tersedia dalam dua rasa, yaitu pedas dan Kari. Camilan ini juga biasa menggunakan berbagai jenis daging, mulai dari daging sapi, burung unta hingga daging rusa. Harga yang dibanderol untuk Biltong ini mulai dari Rp 200 Ribuan per kilogramnya.

Itulah tadi 10 oleh oleh khas Afrika yang wajib kamu bawa pulang untuk kenang-kenangan atau untuk keluarga dan kerabat. Sebenarnya masih banyak lagi pilihan oleh oleh disana yang bisa kamu bawa pulang, namun 10 daftar diatas adalah yang paling direkomendasikan. Pastikan jika berlibur ke Afrika, kamu membawa oleh-oleh tersebut ya. Selamat berlibur.



Leave a Reply