10 Minuman Khas Semarang Enak Dinikmati Dingin Maupun Hangat


prita  June 23, 2022  0 Comment

Minuman khas Semarang menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana. Semarang memang terkenal dengan deretan kulinernya yang nikmat, mulai dari lumpia, nasi goreng babat hingga kue mochi. Selain makanan, Semarang juga memiliki minuman khas yang tak kalah nikmat. Nah, jika kamu ingin mencicipinya, berikut ini adalah minuman khas Semarang yang wajib untuk kamu coba.

Rekomendasi Minuman Khas Semarang

1. Wedang Kacang Tanah

Wedang Kacang Tanah
suara.com

Minuman khas Semarang yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Wedang Kacang Tanah. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari kacang tanah rebus sebagai bahan utamanya. Karena sudah direbus, kacang tanah yang disajikan dalam minuman ini memiliki tekstur yang lembut.

Kacang tanah rebus itu disajikan dengan kuah yang merupakan sari kacang tanah hasil rebusan ditambah dengan berbagai rempah-rempah. Minuman ini memiliki cita rasa manis yang berasal dari air kuahnya. Biasanya, wedang kacang tanah ini disajikan dalam mangkok kecil dan dinikmati selagi hangat.

Gotravelly

Ayana Gedongsongo : Spot Wisata Unik Yang Instagramable Di Semarang

Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Cafe Unik Nan Romantis Di Kaki Gunung Ungaran

2. Wedang Tahu

Wedang Tahu
suara.com

Masih berupa wedang, selain wedang kacang tanah ada juga wedang tahu. Wedang tahu juga menjadi salah satu minuman khas Semarang yang cukup populer.

Sesuai dengan namanya, Wedang Tahu ini terbuat dari kembang tahu dan disajikan dengan kuah jahe yang hangat. Kembang tahu ini dibuat dari bahan sari kedelai yang direbus selama kurang lebih empat jam hingga menjadi kembang tahu.

Baca juga :  9 Makanan Khas Hungaria Bikin Perut Bergoyang Gembira

Konon, wedang tahu ini awal mula dibawa ke Semarang oleh para imigran Tiongkok pada abad ke-19. Wedang tahu akan tampak seperti bubur sumsum yang agak menggumpal, namun memiliki aroma jahe dan rempah yang khas. Kuah wedang ini terbuat dari jahe, gula pasir, gula jawa dan campuran rempah-rempah lain yang memberi paduan rasa manis, hangat dan agak pedas.

3. Jamu Jun

Jamu Jun
ayosemarang.com

Kamu pecinta jamu? Minuman khas Semarang yang satu ini wajib untuk kamu coba. Berbeda dengan jamu lainnya yang memiliki cita rasa pahit, Jamu Jun ini memiliki cita rasa manis dan terbuat dari perpaduan 21 rempah-rempah yang dicampur dengan gula jawa sehingga tidak terasa pahit.

Jamu jun juga dibuat dengan tepung beras, tepung ketan dan santan yang membuat teksturnya terlihat agak kental. Selain itu, saat disajikan, jamu jun ini biasanya juga ditambahkan bola-bola kecil berwarna cokelat yang disebut dengan krasikan, yang dibuat dari parutan kelapa, jahe dan gula merah. Minuman ini biasa disajikan selagi hangat.

4. Es Puter Conglik

Es Puter Conglik
solopos.com

Minuman khas Semarang tak melulu minuman hangat, tapi ada juga minuman dingin yang tak kalah nikmat, salah satunya adalah Es Puter Conglik. Es Puter Conglik ini menjadi salah sati minuman khas Semarang yang cukup legendaris dan populer.

Nama Conglik ini berasal dari kata kacong yang berarti pesuruh dan cilik yang berarti kecil. Hal ini bermula dari pembuat awal es puter conglik yang dahulu kala sering menjadi pesuruh untuk mengantarkan barang.

Minuman ini disajikan dalam beberapa varian rasa yang bisa dinikmati, mulai dari durian, kelapa muda, coklat dan alpukat. Es puter conglik ini disajikan dengan bahan-bahan lain, seperti potongan roti, kelapa muda, pacar cina dan daging buah siwalan. Minuman ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis.

Baca juga :  5 Filosofi Nasi Tumpeng Yang Biasa Disajikan Di Hari Kemerdekaan

5. Es Pankuk

Es Pankuk
jateng.tribunnews.com

Selain es puter conglik, minuman khas Semarang yang patut untuk kamu coba selanjutnya adalah Es Pankuk. Istilah pankuk pada sajian ini berasal dari kata pancake dalam bahasa Inggris yang merupakan kue dadar dari telur dan tepung terigu.

Es pankuk ini memiliki cita rasa yang segar, ditambah dengan irisan roti tawar, agar-agar serta pankuk yang diiris tipis-tipis. Minuman yang satu ini sudah dikenal sejak tahun 50-an yang mana kala itu pembuatannya masih menggunakan cara tradisional. Sekarang, pembuatan minuman ini sudah banyak menggunakan peralatan modern, namun bentuk dan penyajiannya masih tetap dipertahankan sebagaimana aslinya.

6. Es Marem

Es Marem
youtube.com

Minuman khas Semarang yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah Es Marem. Istilah Es Marem pada minuman ini memiliki arti puas atau sangat kenyang dalam Bahasa Jawa.

Sesuai dengan namanya, kamu memang akan sangat puas saat menikmati minuman ini karena porsinya yang banyak dan isiannya yang beragam, seperti cincau, kolang kaling, kelapa, kacang, cendol, leci hingga tape kering. Tak hanya itu, ada dua kuah yang bisa dipilih pada es marem, yaitu kuah santan dan kuah jeruk. Agar semakin segar, sajian es tersebut diberi tambahan sirup yang manis.

7. Cong Yang

Cong Yang
arahkata.pikiran-rakyat.com

Cong Yang juga masuk dalam daftar minuman khas Semarang yang patut untuk dicoba. Cong Yang merupakan minuman beralkohol khas Semarang yang terlah dikenal sejak tahun 80-an.

Menariknya, minuman ini dibuat oleh seorang peracik obat berdarah Tionghoa. Cong Yang dibuat dari hasil fermentasi beras putih dan gula pasir yang merupakan akulturasi budaya Jawa dan Tiongkok.

Cong Yang sebenarnya adalah evolusi dari minuman beralkohol yang sudah lebih dulu populer di tahun 60-an yang dikenal dengan nama A Djong. Esensinya, Cong Yang ini merupakan jamu kesehatan, namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya berlebihan karena minuman ini memiliki kadar alkohol sebanyak 19,5%.

Baca juga :  7 Oleh-oleh Khas Ambon yang Rekomended Tapi Jarang Orang Tau

8. Kolak Setup Pisang

Kolak Setup Pisang
cookpad.com

Minuman khas Semarang yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Kolak Setup Pisang. Minuman ini dikenal sangat menyegarkan karena terbuat dari pisang yang siolah tanpa tambahan santan.

Sebagai pengganti santan, minuman ini diberi tambahan kayu manis dan pandan. Penggunaan bahan-bahan tersebut membuat minuman ini terasa lebih segar. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang raja nangka atau pisang kepok. Kolak setup pisang ini juga memiliki rasa manis yang berasal dari gula pasir.

9. Es Degan Ketan

Es Degan Ketan
travel.tribunnews.com

Pernahkah kamu mencicipi sajian degan dengan ketan? Jika belum, maka kamu wajib untuk mencicipi minuman khas Semarang yang satu ini.

Di Semarang ada es degan ketan yang merupakan perpaduan dari es kelapa muda dengan tape ketan sehingga cita rasa yang dihadirkan adalah manis dan asam. Itulah yang membuat minuman ini unik dan menarik untuk dicoba.

10. Es Cao

Es Cao
portaljember.pikiran-rakyat.com

Minuman khas Semarang yang terakhir adalah Es Cao. Es Cao dikenal sebagai minuman tradisional Semarang yang berasal dari akulturasi budaya Jawa dan budaya Tionghoa.

Sesuai dengan namanya, minuman ini dibuat dari cao sebagai bahan dasarnya atau yang lebih dikenal dengan nama cincau. Tak hanya berisikan cincau, minuman ini juga sering ditambahkan dengan buah-buahan sebagai pelengkapnya. Es Cao ini kemudian disajikan dengan es Serut dan diberi kuah segar berupa perasan jeruk yang dipadukan dengan sirup. Minuman ini memiliki cita rasa manis dan asam sehingga sangat nikmat bila diminum siang hari saat cuaca Semarang sedang panas-panasnya.



Leave a Reply