10 Minuman Khas Pakistan Nikmat dan Bergizi


prita  May 9, 2020  0 Comment

Pakistan adalah sebuah negara yang banyak dihuni umat Muslim. Negara yang merupakan bagian dari sub-benua India ini sangat terkenal dengan pawisata dan budayanya. Tak hanya itu, wisatawan yang pergi ke Pakistan juga tak lupa untuk mencicipi kulinernya yang unik dan juga lezat. Sajian khas di Pakistan memang tak jauh berbeda dengan sajian khas India yang mana memang karakteristiknya sama. Selain makanan, minuman khas Pakistan juga sangat terkenal enak dan menyegarkan tentu patut untuk Anda coba. Penasaran apa saja?

Berikut Minuman Khas Pakistan wajib coba

1. Lassi

lassi
ratlamee.com

Minuman khas Pakistan yang pertama dan wajib Anda coba adalah Lassi. Minuman ini adalah salah satu minuman yang paling terkenal di Pakistan yang mana mirip dengan minuman khas India.

Lassi adalah minuman segar yang terbuat dari yoghurt dan campuran air dingin serta gula. Tak jarang pula masyarakat Pakistan menambahkan buah-buahan untuk menambah kesegarannya. Minuman ini bisa Anda temukan dengan mudah diberbagai sudut kota Pakistan. Saat membelinya, Anda pun bisa langsung melihat proses pembuatan Lassi yang unik.

Gotravelly

Glek: Segarnya Minuman Kekinian Sambil Berbagi Dengan Yang Membutuhkan

Es Sirsak Susu Cimalaya: Segarnya Ngga Ketulungan!

2. Noon Chai

Noon Chai
mirchitales.com

Bila Jepang memiliki Matcha sebagai minuman khasnya, maka Pakistan memiliki Noon Chai. Noon Chai adalah minuman the berwarna pink yang berasal dari Kashmir, namun minuman ini juga sangat populer di Pakistan, sehingga tak jarang banyak orang menyebutkan minuman ini sebagai minuman khas Pakistan.

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Keraton Jogja

Noon Cha sebenarnya minuman the yang berbahan utama teh hijau yang kemudian dicampur dengan susuk, garam dan baking soda. Teh ini memiliki cita rasa yang cenderung asin, untuk itu biasanya di masyarakat Pakistan memberi tambahan  gula agar rasa asinnya tidak terlalu dominan.

3. Falooda

falooda
thismuslimgirlbakes.com

Minuman khas Pakistan yang wajib Anda cicipi selanjutnya adalah Falooda. Minuman ini berbahan utama sirup atau air mawar, susu, selasih dan vermicelli atau sejenis pasta yang mirip dengan bihun. Minuman ini memiliki kekentalan yang sama dengan smoothie ataupun milkshake, tak heran jika minuman ini juga digemari oleh orang-orang barat.

Untuk menikmatinya, biasanya orang Pakistan menambahkan es krim agar rasanya lebih nikmat. Minuman ini biasa dinikmati sebagai hidangan penutup dan tak hanya terkenal di Pakistan, tapi juga di negara-negara lain yang ada di sub benua India.

4. Masala Chai

masala chai
masterchefmagazine.com.pk

Masala Chai merupakan salah satu minuman khas Pakistan yang nikmat dan patut Anda coba. Sama halnya dengan minuman lainnya, Masala Chai juga tak hanya terkenal di Pakistan tapi juga di berbagai negara di sub benua India. Bahkan minuman ini juga telah mendunia karena telah disajikan di banyak kedai kopi dan teh.

Masala Chai adalah minuman teh rasa yang terbuat dengan daun teh hitam yang dipadukan dengan aneka rempah dan herbal khas India. Misalnya seperti kapulaga, cengkeh, jahe dan lada.

5. Doodh Soda

Doodh Soda
dailyjiddat.com

Doodh Soda merupakan minuman khas Pakistan yan rasanya terkenal sangat unik. Minuman ini terbuat dari susu, soda dan biji kemangi. Agak mirip dengan minuman yang sering kita temui di Indonesia yang bernama Soda Gembira.

Doodh Soda ini menjadi salah satu minuman yang sangat populer di kalangan anak muda karena memiliki rasa yang segar dan menyenangkan. Biasanya Doodh Soda dinikmati saat musim panas tiba ataupun sebagai menu untuk berbuka puasa.

Baca juga :  10 Tempat Makan Kerak Telor Paling Enak di Jakarta

6. Sattu

Sattu
lifealth.com

Selain Doodh Soda, Sattu juga menjadi minuman khas Pakistan yang juga banyak digemari. Seperti halnya minuman lainnya, minuman ini juga berasal dari negara-negara sub benua India dan salah satunya adalah Pakistan.

Sattu merupakan minuman dingin yang terbuat dari biji jelai dan sereal yang kemudian dicampur dengan air dan gula. Biasanya air untuk membuat Sattu juga bisa digantikan dengan susu dan kemudian ditambahkan dengan lemon atau buah lainnya. Minuman ini bisa ditemui di banyak pedagang kaki lima di Pakistan, namun jika Anda tak ingin jauh-jauh kesana untuk mencobanya, tentu Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

7. Rabri Doodh

Rabri Doodh
id.pinterest.com

Jika Anda belum pernah mencoba minuman yang terbuat dari mentega, maka Anda wajib mencoba Rabri Doodh ini. Minuman khas Pakistan ini merupakan minuman kental dan manis yang biasa dinikmati sebagai pencuci mulut.

Rabri Doodh terbuat dari susu yang kemudian dicampur dengan bihun, mentega yang kemudian diberi topping buah-buahan kering. Minuman ini biasa disajikan di setiap acara penting di Pakistan. Penyajiannya bisa langsung diminum atau disajikan dalam mangkok, tergantung pada tingkat kekentalan Rabri Doodh itu sendiri.

8. Shinkaji

Shinkaji
icampinmykitchen.com

Minuman khas Pakistan yang merupakan limun tradisional dan berasal dari daerah Punjab namun juga sangat populer di Pakistan. Minuman ini terbuat dari jus lemon atau jeruk nipis, kemudian diberi tambahan gula dan jahe. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan air dingin. Beberapa juga menambahkan jinten atau garam pada minuman ini untuk menambah cita rasa.

Shinkaji merupakan minuman dingin yang paling sering dinikmati saat musim panas. Selain menyegarkan, minuman ini sangat kaya akan vitamin C sehingga mampu memperkuat imun Anda. Hal ini dikarenakan lemon yang m

Baca juga :  6 Kuliner Khas Ramadhan di Pakistan Bisa Jadi Inspirasi Menu Berbuka

9. Rooh Afza

rooh afza
shalinivyas.com

Rooh Afza merupakan sirup yang cukup populer di Pakistan. Minuman ini merupakan kombinasi dari buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, sayur-sayuran, ekstrak alami bunga jeruk dan gula. Diciptakan di tahun 1906, sirup ini telah menjadi salah satu minuman khas Pakistan yang sangat mudah ditemukan, bahkan di negara lain.

Rood Afza ini memiliki warna merah yang membuatnya sangat menarik untuk dinikmati. Biasanya Rooh Afza dinikmati bersama dengan air dingin ataupun susu dingin. Tak jarang juga minuman ini digunakan untuk membuat sharbat, yaitu minuman manis yang terbuat dari buah atau kelopak bunga.

10. Falsa Juice

Falsa Juice
sooperchef.pk

Minuman khas Pakistan yang terakhir adalah Falsa Juice atau jus buah Falsa. Minuman ini juga menjadi salah satu minuman favorit warga Pakistan karena rasanya yang manis dan asam, terlebih lagi jus ini memiliki segudang manfaat.

Falsa merupakan buah berry berwarna ungu gelap yang banyak tumbuh di Pakistan. Jus ini dibuat hanya dengan mencampurkan buah Falsa dengan air.

Jus Falsa ini dikenal kaya antioksidan serta mampu mengontol tekanan darah dan kolesterol. Tak hanya itu, Falsa juga kaya akan vitamin C dan rendah natrium sehingga minuman ini juga sering direkomendasikan bagi penderita asma dan infeksi dada karena sangat baik untuk sistem pernafasan.

Nah, demikianlah 10 minuman khas Pakistan yang wajib Anda coba. Beberapa dari minuman tersebut tak hanya memiliki rasa yang unik dan rasa yang menyegarkan, namun juga sangat bermanfaat bagi daya tahan tubuh juga kesehatan. Jika tak bisa pergi untuk mencicipi langsung kesana, Anda tentu bisa dengan mudah untuk membuatnya sendiri di rumah sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Selamat mencoba!



Leave a Reply