6 Kuliner Khas Ramadhan di Pakistan Bisa Jadi Inspirasi Menu Berbuka


Fida  April 8, 2022  0 Comment

Bulan Ramadhan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Tidak hanya suasananya yang berbeda, ada cukup banyak pilihan kuliner yang tidak dapat kamu jumpai di bulan selain bulan Ramadhan. Bagi pecinta kuliner, tentu tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu kuliner saat bulan Ramadhan tiba. Di Pakistan juga terdapat beberapa kuliner khas yang sangat mudah dijumpai khususnya saat bulan Ramadhan. Tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, beberapa kuliner khas Ramadhan di Pakistan juga berhasil menarik perhatian wisatawan. Tidak perlu bingung menentukan pilihan menu yang dapat kamu coba, inilah daftar 6 rekomendasi kuliner khas Ramadhan di Pakistan yang populer.

1. Kebab Ghilafi

kebab ghifali
gotravelly.com

Kebab ghilafi dikenal sebagai salah satu kuliner khas Ramadhan di Pakistan yang populer dan menarik untuk kamu coba. Kuliner yang satu ini banyak diburu saat bulan Ramadan sebagai menu untuk berbuka puasa. Selain dapat dibeli langsung, kebab ini juga biasa dibuat sendiri oleh masyarakat Pakistan karena prosesnya yang mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat kebab ini diantaranya campuran daging cincang, sayuran, serta rempah-rempah sebagai penambah rasa lezat. Tidak hanya itu, berbagai bahan yang telah diolah dan dicampur kemudian dibentuk bulat atau lonjong. Kebab ini terlebih dahulu melalui proses penggorengan hingga berwarna coklat keemasan sebelum disajikan.

Biasanya, kebab ghilafi dipilih untuk dinikmati saat berbuka puasa sebelum menikmati hidangan utama. Cita rasanya yang lezat dan khas menjadikan kebab ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

GoTravelly

Nasi Biryani Medan Selera, Nggak Ada Tandingannya!

Cobain Sambal Gami Bu’ Sum, Kuliner Khas Bontang Yang Lagi Happening

2. Sofiani Biryani

sofiani biryani
myfridayfoodswings.com

Rekomendasi kuliner khas Ramadhan di Pakistan berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah sofiani biryani. Kuliner yang satu ini dikenal memiliki tampilan yang sangat menggugah selera. Biryani putih yang dimasak menggunakan pasta almond dan koya menghasilkan cita rasa lezat dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Cabai hijau dan beberapa bumbu lainnya juga ditambahkan untuk memberi rasa hangat pada kuliner yang satu ini.

Hidangan sofiani biryani juga memiliki aroma yang sangat kuat yang berasal dari rempah-rempah. Karena dikenal kaya akan rempah, maka tidak heran jika hidangan ini juga sangat cocok dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Di Pakistan, warna kuning nasi biryani tidak hanya berasal dari rempah kunyit, melainkan juga beberapa rempah lainnya. Adanya tambahan berupa daging ayam atau daging sapi pada nasi Biryani juga menjadikan kuliner ini sayang untuk kamu lewatkan. Saat datang ke Pakistan, tertarikkah kamu untuk mencoba lezatnya sofiani biryani?

3. Tikka Samosa

tikka samosa
butteroverbae.com

Tikka samosa menjadi salah satu kuliner khas Ramadhan di Pakistani yang populer dan banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Jajanan yang satu ini terbilang wajib disajikan untuk menu berbuka puasa bersama keluarga saat berada di Pakistan. Tika samosa sebenarnya merupakan jajanan khas timur tengah yang dapat dijumpai di berbagai negara di dunia.

Jajanan ini menawarkan cita rasa lezat karena memiliki isian daging ayam serta saus tikka masala. Setelah daging ayam dicampur kan dengan saus dan dibungkus dengan adonan yang disebut manda patti, samosa kemudian digoreng hingga berwarna coklat keemasan. Biasanya, jajanan ini dipilih sebagai menu takjil yang sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat. Bagi kamu pecinta pedas, tikka samosa atau samosa ayam dapat ditambahkan dengan sambal. Serta proses pembuatannya yang praktis juga menjadikan tikka samosa dapat dibuat sendiri di rumah. Bagaimana, tertarik untuk mencoba lezatnya jajanan tikka samosa?

4. Roti Gulung Pakistan

roti gulung pakistan
jualanmakanan.com

Saat ingin mencoba salah satu rekomendasi kuliner khas Ramadhan di Pakistan, roti gulung menjadi menu yang cocok untuk kamu coba. Hidangan yang satu ini merupakan kuliner yang populer dan sangat mudah dijumpai di Pakistan. Biasanya roti gulung banyak dinikmati dan dicari saat malam hari untuk bersantai setelah salat tarawih.

Sesuai dengan namanya, roti gulung memiliki tampilan berupa gulungan roti yang dibuat dengan bahan kentang tumbuk. Selain kentang yang ditumbuk, terdapat beberapa bumbu lainnya yang menghasilkan cita rasa lezat diantaranya garam serta tambahan cabai. Olahan kentang yang telah ditumbuk dan memiliki cita rasa lezat ini kemudian ditaruh pada roti dan digulung. Tidak berhenti sampai disitu, roti gulung kemudian diolah dengan cara digoreng sebelum disajikan.

Tentu sangat disarankan untuk menikmati roti gulung dalam keadaan hangat karena lebih terasa nikmat. Biasanya, roti gulung juga disajikan bersama dengan chutney atau bumbu bebas gluten. Hidangan dengan proses pembuatan yang praktis serta menawarkan cita rasa lezat ini tentu sayang untuk tidak kamu coba saat datang ke Pakistan.

5. Karachi Falooda

karachi flooda
kfoods.com

Kuliner khas Ramadhan di Pakistan berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Karachi Flooda. Hidangan yang satu ini merupakan dessert yang populer dan sangat mudah dijumpai saat berkunjung ke Pakistan. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan segar. Bahan pembuatannya yang menggunakan susu dan juga sirup dengan tambahan basil menghasilkan cita rasa enak dan khas. Biasanya, hidangan dessert ini dinikmati setelah makan hidangan utama saat berbuka puasa.

Hidangan yang satu ini disajikan dengan yang terdiri dari bihun gandum, ice cream, buah-buahan, dan juga susu. Selain enak dinikmati, hidangan ini juga dikenal menyehatkan dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Saat datang ke Pakistan, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk menikmati lezatnya karachi falooda.

6. Tandoori Cutlet

Kuliner Khas Ramadhan di Pakistan
taste.com.au

Hidangan berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba sebagai salah satu kuliner khas Ramadhan di Pakistan adalah tandoori cutlet. Jika dilihat sekilas, hidangan ini tampak mirip dengan daging isian burger tetapi sebenarnya tandoori cutlet dibuat menggunakan daging ayam. Daging ayam yang dipotong dengan bentuk bulat dan dimasak dengan deep fry menjadi ciri khas hidangan Pakistan yang satu ini.

Tidak hanya dikenal lezat dan cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, hidangan ini juga dikenal memiliki banyak nutrisi dan manfaat baik bagi tubuh. Masyarakat Pakistan juga mempercayai bahwa tandoori cutlet dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. Adanya tambahan berupa sayuran juga menjadikan hidangan ini semakin menyehatkan dan cocok dinikmati oleh anak-anak. Dilihat dari tampilannya, sangat menggugah selera bukan?

Nah itulah daftar 6 rekomendasi kuliner khas Ramadhan di Pakistan yang menarik untuk kamu coba. Dari beberapa rekomendasi tersebut, kuliner manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply